Selasa, 25 Agustus 2020

GERAKAN HATI



OLeH  : Mukhtar Azizi, S.Pd.I

      💘M a T e R i💘

بسم ﷲ الرحمن الرحيم

HATI adalah organ paling inti bagi kehidupan manusia. Secara fisiologis, hati memiliki fungsi menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh melalui darah. Tetapi ia juga tempat menyimpan segala bentuk perasaan manusia yang pernah dialaminya. Hati akan berdegup kencang ketika kita bertemu dengan orang yang telah lama kita rindukan, ia juga akan merasakan kesedihan yang mendalam ketika kita mendengar atau melihat berita buruk.

Hati pada kenyataannya merespons rangsangan fisik yang diterima oleh manusia dalam bentuk emosi. Situs Scienceandnonduality merilis hasil riset berkaitan dengan hubungan antara rangsangan fisik dan hati manusia yang menimbulkan emosi sebagai bentuk respons. Banyak peneliti beranggapan bahwa suatu saat seseorang akan mampu mengendalikan emosi mereka dengan mengatur ritme detak jantung atau hati mereka.

Hati dalam Islam tidak hanya dinalar sebagai organ fisik namun juga non-fisik. Terdapat ilustrasi menarik yang dipaparkan oleh al-Hakim al-Tirmidzi (320 H) dalam karyanya Bayan al-Farq Baina al-Shadr wa al-Qalb wa al-Fuad wa al-Lubb berkaitan dengan hati manusia. Diskursus yang dibangun oleh al-Tirmidzi sendiri didasarkan kepada Al Qur'an dan Hadis.

Menurutnya, hati manusia ibarat pelita, ia memiliki lapisan yang setiap bagiannya memiliki perannya tersendiri. Pelita memiliki lapisan kaca di bagian terluarnya, di dalamnya terdapat nyala api, tempat sumbu dan sumbu. Cahaya dipancarkan oleh sumbu yang muncul dari dalam dan sumbu tersebut tidak akan bersinar tanpa adanya minyak. Jika salah satu saja dari beberapa komponen tersebut tidak bekerja dengan baik, maka sinar tersebut akan redup.

Bagian terluar dari hati manusia adalah shadr, lapisan kedua adalah qalb, ketiga adalah fuad dan lapisan terdalam adalah lubb. Shadr adalah bagian di mana rasa dengki, hasud, syahwat, angan-angan, dan keinginan-keinginan dan rasa was-was manusia bersemayam.

Hal itu sebagaimana dalam beberapa firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang menyebutkan, setiap rasa was-was dan rasa sempit bersemayam di dalam shadr bukan qalb, sebagaimana berikut, “Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam shadr manusia.” (QS. Annas: 5)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala pun berfirman, “Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu (shadr) karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir), dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Ala’raf: 2).

Qalb yang berada di lapisan kedua memiliki peran sama seperti sumbu, dari sanalah muncul nyala api. Di tempat ini bersemayam cahaya keimanan, kekhusyukan, kecintaan, keridaan, keyakinan, rasa takut kepada Alloh ﷻ, rasa berharap kepada Alloh ﷻ, sabar, dan rasa menerima dengan lapang dada.

Qalb juga tempat bersemayamnya pengetahuan, ia ibarat mata air dan shadr sebagai kolam yang menghimpun air tersebut. Qalb mengeluarkan pengetahuan dan shadr yang menghimpun dan menyalurkannya. Qalb-lah yang menimbulkan keyakinan kepada sesuatu, sumber pengetahuan dan keimanan.

◼️Tambahan Materi:

Yang ketiga,
Hati yang berlapis adalah hati orang yang di dalamnya terdapat iman dan kemunafikan. Perumpamaan iman di dalam hati itu adalah seperti sayur-sayuran yang disiram air bersih.

Sedangkan perumpamaan kemunafikan dalam hati adalah seperti luka yang dilumuri nanah dan darah. "Mana diantara keduanya (iman dan kemunafikan) yang mengalahkan yang lainnya, maka dialah yang mendominasi." (HR. Ahmad).


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0️⃣1️⃣ Riyanti ~ Yogja
Mohon maaf, bahasan tentang fuad dan lubb sebagai lapisan ketiga dan terdalam kok belum ada ya tadz? 

Maaf

💎Jawab:
Telah di muat dalam materi tambahan.

0️⃣2️⃣ Setyaning ~ Karanganyar
Assalamualaikum,

Macam-macam emosi itu apa saja Ustadz?

Syukron

💎Jawab:
Wa'alaikum salam,

Emosi berada pada jiwa yang cenderung hal yang tidak disukai.

Emosi ada dua macam yaitu:

√ Emosi murni tanpa ada sebab.

√ Dan emosi non murni ada unsur paksaan yang timbul dan menyadari bahwa hal tersebut ada kekeliruan dalam bertindak.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣3️⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualaikum ustadz,

Ciri-ciri orang yang hatinya telah mati seperi apa?

💎Jawab:
Wa'alaikum salam,

Adanya sifat takabur dan berat pada dosa besar. Hatinya tertutup, kecuali dengan bertaubat hati ya akan pulih dan sehat kembali.

🌷Dengan cara apa supaya kita bisa buat seorang itu bertaubat?

💎Memohon petunjuk kepada Alloh ﷻ. Sebab hanya Alloh ﷻ yang Maha Kuasa akan menerima hal yang baik.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣4️⃣ Erty ~ Bekasi
Bagaimana dengan orang yang ibadahnya terlihat istiqomah tapi melakukan kemaksiatan juga, bagaimana mengobati hati orang yang seperti itu. Mengingat orang tersebut seperti mengerti agama tapi kelakuannya demikian?

💎Jawab:
Ini ada pada Amaliahnya, tidak sebatas paham agama. Melainkan menundukkan hawa nafsu ya. Agar iman dan takwa terjaga, mengobatinya dengan cara membersihkan jiwa lewat akidah yang lurus dan pemahaman Islam yang lurus serta dengan perbuatan yang mulia.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Hati yang bergerak senantiasa iman dan takwa terjaga mengikuti petunjuk jalan ilahi.

Hidup menjadi mulia bahagia dunia dan akhirat.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar