Selasa, 31 Maret 2020

TEROR COVID-19



OLeH  : Ustadz Syahrawi Munthe

          💎M a T e R i💎

🌟TEROR COVID-19


Sungguh mengerikan pandemik ini, cepat sekali menyebabkan orang meninggal dunia dan menyebar ke berbagai negara. Mungkin sudah lebih 3000 orang meninggal di seluruh dunia dalam waktu singkat dan puluhan ribu terinfeksi. Belum ditemukan antivirus yang bisa melawan covid-19 ini, sehingga penyebarannya semakin mudah. Semoga saja pandemik ini biasa diatasi, sehingga tidak menyebabkan kematian yang luas seperti tahun 1918, yaitu pandemik flu (flu spanyol) yang menewaskan sekitar 20-50 juta jiwa di seluruh dunia. 

Covid-19 menjadi fenomena yang menyita perhatian. Sebab masing-masing daerah yang terjangkit virus ini akan diisolasi demi memutus sebarannya. Para ahli kesehatan terus berikhtiar untuk menemukan obatnya agar penyakit ini bisa disembuhkan. 

Dalam Islam, semua fenomena dunia tidak bisa dilepaskan dari ketentuan Alloh ﷻ. Sebab tidak satu detik waktupun atau peristiwa terlewat dari pengetahuan Alloh ﷻ. Firman Alloh ﷻ :

وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

"Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)." (QS. 6 : 59)

Maka dalam aqidah Islam, covid-19 ini adalah bagian dari takdir.  Bahkan sudah 'tertulis' siapa saja yang akan sakit dan meninggal karenanya. Harus dipahami bahwa penyakit itu adalah ciptaan Alloh ﷻ dan setiap penyakit ada obatnya. Sabda Nabi ﷺ:

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR. Bukhari).

Mungkin saja ada rencana Alloh ﷻ yang manusia tidak tahu, sehingga usaha manusia untuk menemukan penawarnya belum didapat. Tapi yang pasti setiap penyakit akan ada obatnya (dari Alloh ﷻ).  Ketika nanti ada penawarnya, darimanapun asalnya maka sesungguhnya itu dari Alloh ﷻ. Yang menyembuhkan penyakit adalah Alloh ﷻ,  sebagaimana Nabi Ibrahim katakan:

وَ إِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ

“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku.”
(QS. 26 : 80)

Adapun banyaknya yang meninggal karena covid-19 ini, maka (tanpa mengabaikan ikhtiar manusia), sudah juga bagian takdir. Hidup dan mati kita sesungguhnya ditangan Alloh ﷻ entah dengan cara apa dan dalam kondisi bagaimana. Mudah saja bagi Alloh ﷻ untuk memusnahkan umat manusia dan menggantinya dengan umat yang lain. 

إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ أَيُّهَا النَّاسُ وَيَأْتِ بِآخَرِينَ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ ذَٰلِكَ قَدِيرًا

"Jika Allah menghendaki, niscaya Dia musnahkan kamu wahai manusia, dan Dia datangkan umat yang lain (sebagai penggantimu). Dan adalah Allah Maha Kuasa berbuat demikian." (QS. 4 : 33)

Keyakinan pada kekuasaan Alloh ﷻ pastinya akan menenangkan hati.  Hanya Alloh ﷻ yang kuasa atas segalanya. Sakit, sehat, tetap hidup atau akan segera mati adalah kekuasaan-Nya. Inilah yang membuat orang-orang shalih terdahulu tidak hanya sekadar ikhtiar dengan dokter atau obat. Tetapi juga,  'mengundang' kekuasaan Alloh ﷻ untuk menghilangkan penyakit. Mereka me-ruqyah penyakit itu dengan ayat-ayat Al Qur'an doa-doa yang ma'tsur sebelum berobat. 

Dikisahkan oleh ulama Ibnul Qayyim dalam bukunya, Zadul Ma’ad (4: 178),  “Suatu ketika aku pernah jatuh sakit namun aku tidak menemui dokter atau obat penyembuh. Lantas aku berusaha mengobati diriku dengan surat Al Fatihah, akupun melihat pengaruh yang sangat menakjubkan. Aku mengambil segelas air zamzam dan membacakannya surat Al Fatihah berulang kali, lalu aku meminumnya sehingga aku mendapatkan kesembuhan total."

"Diriwayatkan bahwa salah seorang sahabat pernah meruqyah dgn membacakan surat Al Fatihah kepada penghulu suatu kampung yang tersengat kalajengking, setelah dibacakan surat Al Fatihah, seketika itu juga sembuh. Berita itupun akhirnya diceritakan kepada Rasulullah ﷺ, lalu beliau berkomentar, “Apa yang membuatmu tahu bahwa Al Fatihah adalah ruqyah?” (HR. Bukhari)

Semoga Alloh ﷻ menjaga kita dari penyakit ini, menentukan takdir lain agar tidak mewabah di negeri Indonesia tercinta, dan segera ditemukan obatnya.
Amiin. 

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Fia ~ Bekasi
Assalammualaikum ustadz,

Bagaimana cara melawan kekhawatiran berlebih terhadap virus corona ini? Banyak media yang kadang bikin kita semakin ketakutan.

🌸Jawab:
Wa'alaykumussalam wr wb. 

Khawatir mungkin normal-normal saja sebab virus ini sangat mematikan. Namun tetap menggunakan akal sehat agar bisa tetap mengantisipasi atau mencegah virus ini. Agar tidak simpang siur,  lihat saja update resmi dari pemerintah. Biasanya ada link yang disediakan untuk update berita tentang corona. 

0⃣2⃣ Atin ~ Pekalongan
Assalamualaikum Ustadz,

Virus Corona penyakit yang baru ditemukan. Artinya dulu belum ada.
Apakah ini kemajuan ilmu kedokteran atau hukuman dari Allah?

🌸Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Allah pasti Maha Tahu.  Apakah ini hukuman Allah? Wallahu'alam. 

Semua peristiwa yang terjadi di muka bumi,  semua atas pengetahuan Allah, tidak ada satupun yang luput. Lalu apakah itu hukuman, atau azab?  Bisa jadi iya, atau tidak. 

Yang jelas ini ujian dari Allah untuk umat manusia sedunia. Dan tidak ada yang tahu, skenario Allah seperti apa terkait dengan corona ini.

Wallahu'alam

0⃣3⃣ Nurbaiti ~ Turki
Assalamu alaykum ustadz,

Saat Allah membiarkan virus super kecil untuk membuktikan kebenaran syariat-Nya,
Ikhtilat membawa mudharat.
Niqab pelindung muslimah.
Wudhu pembersih diri.
Doa pelindung diri.

Seiring perkembangan, ada berbagai hadis yang menjadi berseliweran dan populer di dunia maya. Ada yang doa, ada yang  bukan doa.

Bagaimana kita menyikapi hadis-hadis tersebut, Padahal kita tidak tahu keabsahannya.

Jazakumullah khayr.

🌸Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Terkait dengan hadist tersebut,  sebaiknya di cek kembali keabsahannya dan keshahihannya.  Atau bisa ditanyakan ke ulama ahli hadist, supaya bisa menenangkan hati. 

Wallahu'alam

0⃣4⃣ Atin ~ Pekalongan
Ustadz, ada pertanyaan teman begini:

Apakah kamu percaya kalau kematian karena virus corona itu takdir?
Atau itu karena kecerobohan, tidak bersegera mengantisipasi segala kemungkinan?

Mohon bantu jawab Tadz.

🌸Jawab:
Kematian karena corona adalah takdir, jika sudah terjadi. Takdir Allah tidak ada yang tahu. Takdir hanya ketahuan setelah terjadi. Makanya kita ikhtiar yang sungguh-sungguh dan optimal untuk meraih yang terbaik, sebelum takdir itu terjadi pada kita. Takdir itu adalah kepastian, tapi hanya Allah yang tahu. Jika ingin takdir baik, maka berusahalah, jangan meremehkan atau mengabaikan.

Misal virus corona ini,  ikhtiarnya kuatkan. Ikuti saran dan petunjuk dari ulama dan pemerintah,  terutama tenaga kesehatan. Semoga Allah jaga kita dari virus mematikan ini.

0⃣5⃣ Ruri ~ Lumajang
Ustadz ada teman nih yang bilang sudah saya pasrah saja sama Allah mau dikasih sakit atau tidak, tanpa dia berikhtiar untuk melakukan upaya pencegahan. Bagaimana dengan sikap tersebut?

🌸Jawab:
Sikap ini kurang pas.
Ikhtiar tetap, baru pasrah atau tawakal pada Allah.  Lihat jawaban nomor 4 ya, hampir sama. 

0⃣6⃣ Nurgy ~ Ponorogo
Assalamualaikum,

Alhamdulilah saya sekarang berada di China tempat munculnya virus corona pertama kali muncul, masker dan bahan makanan jadi rebutan karena takut akan virus. Disitu saya pernah membaca mereka berlomba-lomba mencari masker takut tertular tetapi nanti bila hari kiamat tiba mereka akan berlomba-lomba mencari hijab penutup aurat. Bacaan apa yg bisa kita baca agar kita bisa terhindar dari virus atau penyakit? 

Terima kasih pak ustadz.

🌸Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Baca doa saja, tidak perlu sebenarnya doa khusus. Dia dengan bahasa sendiri juga bisa. 
Misal "Ya Allah kami berlindung kepada-Mu dari penyakit yang mematikan dan menular ini, jauhkan kami darinya,  jaga kami, tolong kami,  berilah kami kesehatan agar kami bisa hidup normal seperti biasa."

0⃣7⃣ Ratna ~ Belopa
Bagaimana pandangan ustadz kalau Covid-19, katanya adalah Azab bagi orang-orang di Wuhan karena sudah membantai orang-orang Islam?

🌸Jawab:
Wallahu'alam, mungkin bisa juga. Ada beberapa ustadz berpendapat demikian, tapi hanya Allah yang Maha Tahu. 

0⃣8⃣ Evi ~ Jaksel
Ustadz, bagaimana kita seharusnya sebagai umat Islam menyikapi dan menanggulangi wabah penyakit ini melihat orang-orang pada ketakutan menimbun makanan, masker sampai hand sanitizer?

🌸Jawab:
Sebagai muslim, tetap waras dan berpikir positif. Bantu sesama muslim semampu kita. Virus ini cobaan dari Allah. Tidak usah khawatir berlebihan, jaga diri, terus berdoa kepada Allah agar kita terhindar darinya. Amin.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Semoga sehat semua ya.... 

Jangan lupa ikhtiar selalu dalam menjaga diri dan jiwa. 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar