Selasa, 31 Maret 2020

MAKANAN TEPAT DI MUSIM CORONA



OLeH  : Rif'atul Amini, S.Gz

         💎M a T e R i💎

Assalamu'alaikum warrahmatulloh wabarrakatuh

Akhwatifillah semua...

Hari ini temanya masih corona yang semakin meningkat prevalensinya di dunia dan Indonesia.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk mbak moderator yang sudah membuka sharing kita pada malam ini.

Malam ini saya lebih ke sharing gambar dan info dari berbagai sumber ilmiah, karena mungkin banyak dari teman-teman semua sudah mendapatkan lebih banyak info terkait konsumsi makanan yang baik saat wabah virus melanda.

🔷CORONAVIRUS
Keluarga virus yang menyebabkan:

~ Flu biasa
~ Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV)
~ Severe Acute Respiratory Syndrome(SARS-CoV
~ Coronavirus Disease (COVID-19) disebabkan novel coronavirus (2019-nCoV)

◼Transmisi :
√ Hewan - manusia
√ Manusia - manusia (dari manusia bergejala maupun yang tidak bergejala).

🔷Proses Penyakit Akibat Coronavirus pada Manusia

√ Proses pada COVID-19 secara rinci belum diketahui.

√ Pada SARS-CoV:
Menginfeksi paru- virus berkembangbiak- respons pertahanan tubuh- peradangan- cidera paru- gejala penyakit (sesak napas).

🔷Mekanisme Penyebaran

1. Droplet

2. Fekal- Oral.
~ Virus ditemukan di mulut dan lubang dubur pasien COVID-19.

3. Kontaminasi Lingkungan
~ Data kemampuan hidup 2019-nCoV saat ini belum dipublikasikan.

~ Virus (SARS-CoV) dapat hidup di lingkungan:

√ Air limbah : 14 hari pada suhu 4° C, 2 hari pada suhu 20°C

√ Tempat kering : 5 hari pada suhu 22-25° C dan kelembaban relatif 40-50% , 24 jam pada suhu 38°C dan kelembaban relatif 80-90%

Sebelumnya kita review kembali terkait virus COVID 19 yang tengah melanda saat ini. Bahwa virus Corona Virus 2019 adalah keluarga virus sama seperti SARS dan MERS yang menginfeksi bagian saluran pernafasan. Penyebarannya bisa melalui hewan-manusia, serta manusia-manusia.

◼Faktor yang Mempengaruhi Kerentanan terhadap Infeksi Virus:

1) Genetik (faktor keturunan).
2) Daya tahan tubuh.
3) Usia.
4) Kesehatan secara umum (kondisi hygiene sanitasi secara umum).

🔷Makanan Bergizi untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Konsumsi makanan bergizi yang baik sangat penting dalam membentuk sistem kekebalan yang kuat. Dengan gizi baik dapat dibangun perlindungan tubuh dari penyakit seperti flu dan masalah kesehatan lain termasuk radang sendi, alergi, dan lainnya. Bantu lindungi diri anda dari infeksi dan tingkatkan kekebalan anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi dalam makanan anda sehari-hari.

Meskipun makanan bukan sepenuhnya sebagai penangkal virus, tetapi dengan gizi yang baik, sistem kekebalan akan lebih kuat sehingga akan memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh anda. Fokuslah pada konsumsi makanan bergizi seimbang dan perilaku hidup sehat dapat membantu anda dan keluarga terlindungi dari penyakit.

Jaga kesehatan diri dengan melakukan cuci tangan setiap saat, misalnya setelah memegang benda, bersentuhan dengan fasilitas umum, saat hendak makan mempersiapkan dan mengolah makanan setelah memegang hewan peliharaan, menerapkan etika batuk dengam benar dan menggunakan masker jika sakit akan meminimalkan kontaminasi virus dan bakteri.

🌸🌷🌸
Mengapa Makanan Perlu Bergizi?

Hal ini dikarenakan makanan adalah mengandung zat-zat gizi yang diperlukan untuk tubuh dan organ berkegiatan sehari-hari. Makanan yang bergizi baik, maka akan memengaruhi kondisi gizi dan kesehatan seseorang, termasuk imunitas tubuhnya.

Seseorang yang mengonsumsi makanan beragam, berarti setiap harinya kebutuhan akan zat gizi baik KH, protein, lemak, vit dan mineralnya terpenuhi.

Makanan apa saja yang sangat dianjurkan dikonsumsi untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh?

Diantaranya makanan tinggi protein, seperti daging sapi, ayam, ikan. Makanan tinggi antioksidan seperti vit A (minyak ikan, hati sapi, dan hati ayam), vitamin C (jambu biji, brokoli, pepaya, jeruk), Sumber seng seperti hati sapi, hati ayam, kerang.

🔷Contoh Bahan Makanan Yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

√ Kandungan protein per 100gr (g)
Telur bebek : 13
Susu full cream : 14,3
Kerang : 14,4
Ikan Mas : 16
Udang : 16,7
Daging Kambing :16,9
Ikan Kembung : 21,3
Daging Sapi : 24,9
Daging Ayam : 26,9

√ Kandungan Vitamin A per 100gr (ug)
Minyak Ikan : 24.242
Hati Sapi : 20.357
Hati Ayam : 11.325
Wortel : 1.942
Kuning Telur : 810
Mentega : 749
Bayam : 519
Labu Kuning : 401
Kangkung : 303
Ubi Jalar : 191

√ Kandungan Vitamin C per 100gr (mg)
Jambu Biji : 184
Brokoli : 75
Pepaya : 62
Jeruk : 61,5
Lemon : 53
Strawberry : 53

√ Kandungan Vitamin E per 100 gr (ug)
Minyak Zaitun : 14
Margarine : 15
Minyak Jagung : 21
Almond : 25,3
Kuaci Bunga Matahari : 26,1
Minyak Bunga Matahari : 51

√ Kandungan Seng per 100gr (mg)
Hati Sapi : 6,1
Hati Ayam : 4,3
Susu Full cream : 3,5
Kacang Merah : 2,9
Kuning Telur : 2,1
Tempe : 1,8
Daging Ayam : 1,8
Kacang Hijau : 1,3
Udang : 1,3
Tahu : 0,9

Makanan tinggi seng menurut penelitian terbaru sangat baik dikonsumsi dalam mempertahankan tubuh dari virus corona.

√ Vitamin A dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan sebagai pelindung terhadap berbagai infeksi dengan cara menjaga permukaan kulit dan jaringan di mulut, lambung, usus, dan sistem pernapasan agar tetap sehat.

Dapatkan vitamin A sebagai penambah kekebalan tubuh ini dari berbagai makanan seperti ubi jalar, wortel, brokoli, bayam, paprika merah, aprikot, telur, atau makanan yang diberi label "vitamin A yang diperkaya" seperti susu atau sereal.

√ Vitamin C membantu melindungi anda dari infeksi dengan cara merangsang pembentukan antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Konsumsilah makanan sumber vitamin C ini dengan mengkonsumsi jeruk medan, jeruk bali, dan jeruk keprok, atau paprika merah, pepaya, stroberi, jambu biji, jus tomat, atau buah-buahan lainnya.

√ Vitamin E berfungsi sebagai anti oksidan, tugasnya menetralkan radikal bebas dan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Sertakan vitamin E makanan anda dengan mengkonsumsi sereal yang diperkaya, biji bunga matahari, almond, minyak sayur, sayuran hijau, kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya.

√ Seng (Zinc) tugasnya  membantu sistem kekebalan tubuh agar bekerja dengan baik dan dapat membantu menyembuhkan luka.

Seng dapat ditemukan dalam bahan makanan antara lain daging tanpa lemak, ayam, makanan laut, susu, produk gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kandungan gizi lain dalam bahan makanan memiliki manfaat, misalnya B6, folat, selenium, zat besi, serta prebiotik dan probiotik, juga dapat mempengaruhi respons imun dan terdapat dalam makanan yang sehat.

Konsumsi lima hingga tujuh porsi sayuran dan buah buahan setiap hari untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh.

🔷Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Gizi Seimbang

Konsumsi zat gizi yang cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang akan melindungi kita dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan mencegah penyakit lainnya. Bantu lindungi diri anda dari infeksi dan tingkatkan kekebalan atau imunitas anda dengan mengkonsumsi Gizi Seimbang.

◼Contoh:
Menu :
150 gr nasi putih
100 gr ikan
50 gr tahu
150 gr sayur bayam
150 gr pepaya

◼Kandungan Gizi pada makan siang:
Energi : 700 kkal
Protein : 44,2 gr
Vit A : 1572 ug
Vit C : 101 mg
Vit E : 4,1 mg
Zn : 2,2 mg
B6 : 0,4 mg
As. Folat : 184,5 ug
Iron : 6,6 mg

◼Contoh menu sehari yang sehat dan bergizi seperti di atas: Dua pertiga piring adalah nasi atau sumber Karbohidrat (KH), sepertiga piring lauk hewani dan nabati, setengah piring adalah sayur dan buah.

◼Contoh menu sehari:
√ 06.00 Sarapan Pagi
Nasi putih, telur mata sapi, stup wortel.

√ 09.00 Snack Pagi
buah 1 porsi misalnya pisang atau jeruk atau jambu biji.

√ 12.00 Makan Siang
Nasi putih, Ikan Goreng, Tahu Goreng Sayur bening bay, jeruk manis.

√ 15.00 Snack Sore
Buah 1 porsi misal pepaya 1 potong.

√ 18.00 Makan Malam
Nasi putih, opor ayam, tempe bacem, tumis daun singkong, duku.

√ Minum air putih 8 gelas per hari.

🌸🌷🌸
Saat ini sedang dalam pengmbangan penelitian bahwa jambu biji direkomendasikan berpotensi menangkal virus karena kandungan vitamin dan senyawa aktif lain di dalamnya yang tinggi.

FKUI bekerja sama dengan IPB mengembangkan penelitian terkait jambu biji (guajava). Buah tersebut di dapuk sebagai kandidat potensial untuk pencegahan Covid-19. Penelitian menggunakan metode penelitian bioinformatika. Memanfaatkan basis data milik Laboratorium Komputasi Biomedik dan Rancangan Obat Fakultas Farmasi UI. Ditemukan bahwa jambu biji memiliki kandungan senyawa yang cukup lengkap untuk menangkal penyebaran Covid-19.

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan beberapa golongan senyawa pada jambu biji yang berpotensi untuk menghambat dan mencegah Covid-19. Golongan senyawa tersebut diantaranya hesperidia, rhamnetin, kaempferol, kuersetin, dan myricetin.

🔷Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh untuk Perlindungan terhadap Virus dengan Himbauan sebagai berikut :

√ Cuci Tangan dengan benar menggunakan sabun dan air yang mengalir atau jika tidak ada air mengalir dapat menggunakan hand sanitizer.

√ Tidur Cukup menjaga sistem kekebalan tubuh, tidur membantu sel T untuk melakukan fungsinya. Sel T adalah kelompok sel darah putih yang berperan pada kekebalan tubuh, sebagai antibodi dan sel T bekerja menyerang virus. Kurang tidur menyebabkan sel T berkurang dan tidak kuat melawan virus. Tidur yang cukup 7 sampai 9 jam per hari.

√ Dianjurkan untuk tidak panik karena jika merasa cemas atau panik dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Stress membuat tubuh mengeluarkan ekstra hormon kortisol yang mempengaruhi kualitas tidur dan sistem kekebalan tubuh.

√ Tetaplah aktif melakukan aktifitas fisik.

√ Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, banyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yakni: Rajin mencuci tangan, tidur yang cukup, konsumsi suplemen vit C dan E jika diperlukan, serta menghindari stres.

Demikian materi pada malam ini, jika masih ada yang ingin didiskusikan dipersilakan.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Sinda ~ Depok
Mb Rifa, tadi disebutkan kalau makanan tinggi seng bagus buat menangkal corona. Kemudian juga ada gambar tentang manfaat mengonsumsi jambu biji.

Nah, jadi lebih baik yang mana? Hati sapi atau jambu biji buat menangkal corona?

Jazakillah

🌸Jawab:
Menangkal ini dalam artian meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh ya bun. Keduanya baik di kategori sumber zat gizi masing-masing.

Jadi, lebih bagus jika keduanya dikonsumsi lebih sering. Karena hati sapi dan jambu biji tidak saling menggantikan tapi saling melengkapi bun.

0⃣2⃣ Rafika ~ Bangil
Bagaimana dengan mpon-mpon dan rempah-rempah yang bisa dipercaya bisa menangkal Covid-19?

🌸Jawab:
Rempah-rempah seperti kunyit, temu putih sudah dipercaya sebagai anti peradangan atau inflamasi.

Balai penelitian obat dan rempah pun telah merilis khasiat-khasiat dari banyak rempah-rempah yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan.

Selama konsumsi tidak berlebihan dan diolah dengan tepat saya rasa tidak mengapa. Tapi fungsinya dalam menangkal virus corona belum ada bukti ilmiahnya.

0⃣3⃣Mala Hasan ~ Lampung
Bunda, mana yang lebih baik suplemen Vit C dan E atau vitamin murni yang kita dapatkan dari buah dan sayur yang banyak mengandung Vitamin tersebut?

Dan berapa banyak sebaiknya kita komsumsi vitamin tersebut?

🌸Jawab:
Keduanya adalah sumber antioksidan, dan keduanya baik dikonsumsi jika dalam kondisi diperlukan seperti saat sakit, saat tubuh drop, atau saat musim wabah seperti sekarang.

Kebutuhan Vit C per hari 60 mg, jadi bisa disesuaikan dengan dosis suplemennya.

Lebih baik pangan asli, namun terkadang kita belum bisa menakar dengan tepat konsumsi hariannya sehingga perlu suplemen untuk memenuhinya.

0⃣4⃣ Nurbaiti ~Turki
Di Turki ajaib sekali kalau bisa beli jambu biji.  Adakah pengganti makanan yang setara nutrisinya dengan jambu biji?

Jazakillah khayron

🌸Jawab:
Pepaya, jeruk, berries, sesekali bisa di mix.

0⃣5⃣ Rafika ~ Bangil
Bagaimana jika konsumsi air jeniper hangat atau air lemon hangat?

🌸Jawab:
Konsumsi jeruk nipis setiap pagi selama 6 hari berturut-turut berdasarkan hasil penelitian dapat menurunkan kadar kolesterol total. Apalagi jika dibarengi dengan olahraga.

0⃣6⃣ Wita ~ Bandung
Bagaimana cara yang tepat pemberian makanan untuk asupan gizi yang baik untuk anak usia 8 bulan?

🌸Jawab:
Makanan yang tepat bagi anak harus memiliki beberapa syarat:
(1) Pemilihan bahan tepat.
(2) Waktu pemberian benar.
(3) Pengolahannya juga benar.

Bagi anak 8 bulan pilihlah makanan yang segar, hindari makanan olahan atau pabrikan, pemberian makan disesuaikan kondisi bayi. Karena lambungnya masih berkembang maka pemberian makan sering namun dalam porsi kecil (2 jam sekali).
Tidak harus menunggu anak menangis terlebih dahulu.

Makanan diolah sesuai usia, untuk usia 8 bulan jenis makanan adalah makanan dengan tekstur lembik dan sudah beragam dalam 1 porsi makan.

0⃣7⃣ Evi ~ Jaksel
Assalamualaikum,

Bagaimana mensiasati makanan-makanan yang kurang anak-anak sukai? Seperti hati ayam, anak-anak saya tidak suka, katanya pahit?

Terimakasih

🌸Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Bisa dicoba-coba terus sampai anak terbiasa, dalam jarak waktu yang panjang ke pendek. Sambil di sela-sela makanan tersebut bisa digantikan dengan sumber lain yang kandungan gizinya tidak jauh berbeda.

0⃣8⃣ Fatimah ~ Bandung
Apa boleh minum air kelapa muda untuk anak umur 9 bulan, madu juga boleh tidak?

Terimakasih

🌸Jawab:
Untuk anak bayi lebih disarankan dipilihkan dari gula sederhana, madu termasuk sumber fruktosa (gula kompleks) jadi tidak disarankan bagi bayi. Untuk kelapa muda saya kurang tahu bun afwan.

Tapi sebaiknya untuk bayi sebelum 1 tahun minuman-minuman seperti ini dihindari dulu saja.

0⃣9⃣ Evi ~ Jaksel
Apa makanan frozen food yang dikonsumsi anak-anak seperti kentang, nugget, sosis boleh dikonsumsi terus-menerus dikarenakan anak-anak suka dengan rasanya? Adakah makanan alternatif makanan pengganti? Anak saya hanya suka ikan dan ayam?

🌸Jawab:
Makanan olahan pabrikan yang tahan lama biasa mengandung pengawet bun, sehingga sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumi anak. Kalau mau bunda bisa membuat nugget, kentang goreng sendiri di rumah dengan bahan yang lebih alami tanpa pengawet buatan.

1⃣0⃣ Fatimah ~ Bandung
Untuk imunisasi campak, apakah harus tepat 9 bulan, atau boleh lebih? Karena kan situasi sekarang lagi rentan ke tempat umum?

Terimakasih

🌸Jawab:
Bun, maaf untuk ini bukan kompetensi saya untuk menjawab.

1⃣1⃣ iRna ~ Bukittinggi
Bagaimana mensiasati kurang tidur disaat kondisi seperti sekarang ini mba?  Kan seharusnya waktu tidurnya 6-8jam sehari, sementara kadang kita tidur dibawah itu!

Terimakasih

🌸Jawab:
Kurangi aktivitas di luar, lebih banyak aktivitas di dalam. Lalu untuk relaksasi bisa perbanyak konsumsi susu hangat dan buah pisang yang memberi efek menenangkan.

Kalau aktivitas di luar cukup berat, harus seimbang sama istirahatnya.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Saya mengutip tulisan dari Prof. Hardinsyah, Guru Besar FEMA IPB.

Tips Meningkatkan Imunitas Di Musim Wabah...

1. Makanlah aneka ragam pangan seperti anjuran isi piringku.

2. Tingkatkan konsumsi ikan, telur, buah segar, madu, air kelapa, dan minuman hangat.

3. Gunakan rempah seperti jahe, temu lawak, kunyit, sereh, bawang putih, kayu manis dan cengkeh.

4. Konsumsilah makanan dan minuman yang aman dan berhenti sebelum kenyang.

5. Biasakan berolahraga dan tidur cukup, serta minum suplemen bila perlu.

Semoga Alloh ﷻ jagakan kita semua dan seluruh masyarakat Indonesia.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar