Rabu, 21 Februari 2018

Usir Setan Dari Rumah



OLeh   : Ustadz Djundi & Ustadz Aris F.

JIKA SETAN PENGGANGU DI RUMAH KITA
H. Aris Fathoni SpdI
Rumah Ruqyah Indonesia
081384422754

Pertanyaan;
Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Ustadz saya mau bertanya beberapa mengenai hal gaib;

🌸 Seandainya Ustadz diminta mengusir  makhluk gaib yang mengganggu suatu rumah, apa yang dapat dilakukan? Selain memperbaiki keislaman di rumah tersebut, misal hal aneh yang dilakukan orang: menabur garam, memasang penangkal baik dari dukun ataupun menempelkan ayat di dinding, membakar kemenyan, memanggil dukun, dan sebagainya.

🌸 Kalau Menyetel Mp3 Al Qur'an dengan sengaja bagaimana?

🌸 Apakah bisa setan membawa manusia ke alamnya? Karena pernah ada anak-anak bermain -yang satu orang mencari teman lain yang bersembunyi- pada malam dan salah satunya hilang, dan kata “orang pintar” dia dibawa setan ke alamnya, kemudian dengan bantuannya bisa diambil lagi orang tadi, cerita ini dari ibu saya yang mengetahui kejadian ini!

🌸 Jadi hal apa yang dibenarkan Islam untuk menyelamatkan orang itu? Sedangkan kalau orang yang agamanya benar tidak akan mengetahui tentang ilmu seperti itu. Sama saja kalau mau minta diurut karena salah urat, biasanya kebanyakan tukang urut memiliki ilmu -yang saya tahu mungkin berbau syirik-. Jadi apa yang seharusnya dilakukan?

🌸 Apakah pasti perbuatan syirik, jika orang Islam, mempunyai kemampuan yang aneh walaupun tujuannya baik dan tidak untuk berbuat kejahatan, seperti kebal atau bisa melihat, melawan, sampai memasukkan jin ke dalam botol -seperti acara “ustadz-ustadz” pemburu jin di TV-, atau menyembuhkan orang sakit dengan memindahkan penyakit ke ayam?

Jawaban;
➖➖➖➖

💎A. PENGOBATAN

Maksud kami adalah mengusir jin itu dengan segera. Cara yang paling efektif dalam hal ini adalah membacakan surat Al-Baqarah, satu surat penuh. Ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.”  (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)
Sahabat Ibnu Mas’ud mengatakan:

إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ، خَرَجَ مِنْهُ

“Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” (HR. Ad-Darimi 3422, At-thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir 8642).

Hanya 3 hari?
Terdapat keterangan bahwa setan meninggalkan rumah itu selama 3 hari. Ini berdasarkan hadis dari Sahl bin Sa’d radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ فِي بَيْتِهِ لَيْلًا لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ ثَلَاثَ لَيَالٍ

“Siapa yang membaca surat Al-Baqarah di malam hari maka setan tidak akan memasuki rumahnya selama tiga hari..” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya 780).

Hanya saja, keterangan tambahan tiga hari dalam riwayat tersebut di nilai lemah oleh al-Albani, sebagaimana keterangan beliau di Silsilah Ad-Dhaifah no. 1349

Hanya Setan yang Mengganggu
Setan yang lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah adalah setan yang mengganggu secara zahir. Sebagaimana keterangan yang dinukil Ibnu Hibban, dari Imam Abu Hatim:

قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ»، أَرَادَ بِهِ مَرَدَةَ الشَّيَاطِينِ دُونَ غَيْرِهِمْ

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “setan tidak akan memasuki rumahnya” maksudnya adalah setan yang membangkang (mengganggu) bukan yang lainnya. (Shahih Ibnu Hibban, 3:59)

Siapa yang Membaca?
Siapa saja, tidak harus tuan rumah. Lebih-lebih, jika tuan rumah sendiri tidak bisa membaca Al Qur'an. Karena lafal dalam hadis: “yang dibacakan surat Al-Baqarah” dengan bentuk kalimat pasif. Artinya siapapun yang membaca, selama dilakukan di dalam rumah, telah memenuhi syarat untuk mengusir setan.
Hanya saja tidak boleh menggunakan rekaman Mp3 atau sejenisnya. Karena membaca butuh niat, dan audio player atau komputer tidak bisa berniat.

Tanda-tanda
◼Mencium bau tertentu.
◼Penampakan.
◼Suara ribut atau gaduh.
◼Perkakas sering rusak bergantian.
◼Sering mengganggu tidur atau tindihan.

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan bahwasanya mereka mengubah diri ke dalam berbagai bentuk seperti di antaranya:

🔹Menjadi seorang lelaki miskin,
🔹Menjadi seorang Syaikh dari Najd,
🔹Berbentuk ular,
🔹Berbentuk tikus dan lain-lain.

Dari Ibrahim dari Ibnu Mas’ud, katanya:  “Bunuhlah semua ular kecuali jin putih yang bentuknya seperti tongkat perak." (H.R. Abu Daud) Al Mudziri berkata hadits ini munqothi’ sebab Ibrahim tidak pernah bertemu Ibnu Mas’ud, Rasulullah Saw bersabda:  “Ular-ular itu adalah jin yang mengubah rupa dan bentuknya sebagaimana Bani Israil yang berubah bentuk menjadi rupa monyet dan babi.”  (H.R. Thabrani dengan sanad yang sahih)

💎B. PENCEGAHAN

1. Rajin baca Al Qur'an dan ibadah apapun di dalam rumah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Dalam hadis dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

اجْعَلُوا فِي بُيُوتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا

“Jadikanlah bagian shalat kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan.”  (HR. Bukhari 432, Muslim 777, dan yang lainnya).
Maksud shalat di sini adalah shalat sunah yang dikerjakan sendiri dan tidak berjamaah. Sebagaimana dinyatakan dalam hadis:

إِنَّ أَفْضَلَ صَلاَةِ المَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الصَّلاَةَ المَكْتُوبَةَ

“Susungguhnya shalat seseorang yang paling utama adalah shalat yang dikerjakan di rumahnya, kecuali shalat wajib.” (HR. Bukhari 7290 dan yang lainnya).

2. Jangan pedulikan segala bentuk gangguan.

Dari Abul Malih dari seseorang, dia berkata, “Aku pernah diboncengi Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu tunggangan yang kami naiki tergelincir. Aku pun mengatakan, "Celakalah setan." Namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang,

لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

“Janganlah kamu ucapkan ‘celakalah setan”, karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dengan sombongnya mengatakan, ‘Itu semua terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi,  ucapkanlah “Bismillah”. Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai-sampai dia akan seperti lalat.” (HR. Ahmad 5:95 dan Abu Daud 4982 dan dishahihkan al-Albani).

3. Baca do'a ketika masuk rumah.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.”  (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

4. Baca doa ketika hendak makan.

Hadis dari Jabir di atas menegaskan hal ini,

وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، فَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Tapi apabila dia tidak mengingat Allah ketika masuk maka setan mengatakan: "Kalian mendapatkan tempat menginap’. Dan jika dia tidak mengingat Allah ketika makan maka setan akan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

5. Baca do'a ketika tutup pintu.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan banyak saran agar kita tidak terganggu setan. Salah satunya:

وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

“Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya)

Sekali lagi, hanya dengan membaca: Bismillah...

6. Berdoa ketika keluar rumah.

Satu doa ketika keluar rumah. Ringkas, mudah dihafal, tapi khasiatnya besar:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

7. Jauhkan rumah Anda dari gambar makhluk bernyawa.

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَنَّ المَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ

“Sesungguhnya malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada gambar.” (HR. Bukhari 3224, Nasai 5348 dan yang lainnya).

8. Jauhkan rumah Anda dari musik.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

فِي الْجَرَسِ مِزْمَارُ الشَّيْطَانِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tentang lonceng: musik setan. (HR. Abu Daud 2556)

Di kesempatan yang sama, malaikat penebar rahmat menghindari rumah yang dipenuhi dengan musik. Dari Ummu Salamah radhiallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَا تَصْحَبُ رُفْقَةً فِيهَا جَرَسٌ

“Sesungguhnya malaikat tidak akan menyertai rombongan yang di sana ada loncengnya.” (HR. Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, 1001).

CARA MENYIMPANG DARI ISLAM

◼Menempel tulisan al-Qur’an.
◼Tanam jimat di sudut-sudut rumah.
◼Menempel wifik dan sejenisnya.
◼Tanam kepala binatang.
◼Tabur garam.
       a. Telur angsa tembelang atau busuk 4 buah.
       b. Taik besi 4 gumpal.
       c. Kain putih 4 helai kecil.
       d. Bibit kunyit molai atau bungle dan bibit jerangau.

◼Masukin botol
◼Dan lain-lain.

Referensi
^ Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina konsultasisyariah.com
^ "http://id.wikipedia.org/wiki/Jin#Wujud_fisik
^ Pengalaman sejak 2004

Semoga kita bisa mengatakan: بيتي جنتي


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Evi
1. Apa yang membuat jin betah dirumah kita padahal kita sudah melaksanakan shalat 5 waktu dan mengaji?

2. Apakah bisa disebut syirik orang yang mengamalkan zikir pelancar rezeki dengan menyebutkan nama kiai setelah membaca zikir itu?
Terimakasih.

🌷Jawab:
Jika penghuni rumah taat insyaallah setan tidak bisa masuk rumah.

Kedua haram mengamalkan ibadah ya yang tidak ada contohnya dari islam.

Menyambung judul materi kita, ada beberapa hal yang perlu difahami. Bahwa sesungguhnya Jin hidup disekitar kita. Hanya saja jin diberikan kelebihan oleh Allah yaitu tidak terlihat. Itu bagian dari salah satu cara pertahanan dirinya dari gangguan selainnya. Untuk mnjawab point no 1. Kita perlu mengetahui rumah seperti apa sih yang disukai Jin dan syaithon!!!

◼Rumah yang penghuninya tidak membaca basmalah saat masuk rumah dan makan.
◼Rumah yang ada foto, patung, gambar, atau lukisan mahluk bernyawa.
◼Jangan biarkan anjing masuk rumah dan jangan gunakan lonceng.
◼Jika junub usahakan langsung bersuci.
◼Ahsan rutin dibacakan al Qur'an, untuk rumah baru usahakan dibacakan QS Al Baqoroh.
◼Sering-seringlah melakukan sholat sunnah di dalam rumah.
◼Jauhi memasang jimat, rajah, dan benda-benda yang dapat mengundang jin.
◼Dan Lain-lain.

0⃣2⃣ Fia
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Afwan ustadz Saya belum sempat baca materinya tapi ini udah ada titipan pertanyaan.

1. Kira-kira ciri-cirinya seperti apa jika rumah kita ada jin nya?

2. Katanya kan kalau ruqyah rumah itu dengan menggunakan surat Al Baqarah dibaca smpai habis, nah kira-kira apakah cukup sekali itu saja kita baca?

🌷Jawab :
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Ciri-ciri ganggu jin dalam rumah seperti yang di makalah itu kemudian baca Al-Qur'an surat albaqoroh dari ayat 1-286.

0⃣3⃣ Saptawati
Alhamdulillah saya pribadi dan anggota keluarga lainnya tidak pernah melihat hal-hal yang aneh di rumah, padahal saya sering terbangun dan suka keluar teras.  Apa karena rumah kami tidak ada syaithonnya ya ustadz?

🌷Jawab:
Alhamdulillah Bu..
Tetap waspada..

Mari kita perbanyak jalani sunnah-sunnah di dalam dan luar rumah..

0⃣4⃣ Fatma
Apakah benar rumah yang tidak ada gangguan jin atau setan tidak ada semut atau cicak?

🌷Jawab:
Wallaahu A'lam bu fatma...
Mungkin karena rumahnya bersih.

0⃣5⃣ Serra
Assalamualaikum ustadz,
1. Jika sakitnya seperti vertigo yang katanya bisa di sembuhkan dengan ruqyah apakah akan keluar juga yang ada dalam diri kita !

2. Jika  rumah ramai tapi tidak dengar salam kita apakah jin akan masuk?

3. Kalau sudah masuk jinnya tapi kita bismilah dalam segala sesuatu apakah akan sama saja kita sudah usir?

🌷Jawab:

وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selain ruqyah lakukan bekam kepala..

Sepemahaman saya, Jika sakit utamakan penyelesaian medis dulu Bu. Jika tidak di temukan masalah atau penyebab sakitnya baru lewat ruqyah. Jadi tidak mesti penyakit itu karena gangguan jin.

Untuk nomor 2 dan 3, Tetap lakukan saja salamnya, itu disunnah ada hadits yang menyebutkan;
"Jika ia masuk tanpa salam (asma Allah) berkata syaithon pada teman-temannya kalian mendapatkan tempat bermalam* dan apabila dia tidak menyebut nama Allah saat hendak makan, maka setan berkata lagi kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam (muttafaqun alaih)."

0⃣6⃣ iNka
Saya punya teman yang indigo. Pas saya ajak main ke rumah, katanya di halaman belakang rumah itu ada 2 harimau dan rumah saya ini dikitari oleh ular besar tapi alhamdulillah saya dan keluarga tidak pernah merasa mendapat gangguan, lantas apa yang harus saya lakukan? Alhamdulillah di rumah sering di gunakan untuk mengaji.

🌷 Jawab:
Teman yang indigo yang harus di ruqyah. Baca al Baqoroh setiap hari semoga bermanfaat.

🔹Kenapa?

🌷Iya Bu, indigo itu bukanlah kelebihan melainkan gangguan jin.

0⃣7⃣ Adha
1. Cara menjauhkan rumah dari makhluk ghaib yang suka ambil uang bagaimana? Karena yang punya rumah mualaf belum lancar baca Qur'an nya!

2. Ada yang bilang orang yang bisa lihat setan atau jin, hanya orang yang bersekutu dengannya atau setan sendiri yang mau menampakkan wujudnya,? Mohon penjelasannya!

3. Ada yang bilang orang di sukai Jin atau setan, kalau sudah cinta mati tidak dilepasin sama Jin atau setannya. Memang bisa ya Ustadz cinta semacam itu. Kan beda makhluk?

🌷 Jawab:
1. Lakukan sunnah-sunnah seperti yang kami jelaskan pada  jawaban pertanyaan no 1. Seperti salam, basmallah, sholat sunnah, termasuk belajar baca Al Qur'an.

2. Sudah terjawab dipertanyaan ke 6 ya.

3. Bisa Bu.

0⃣8⃣ Siti
Assalamualaikum wr.wb.
Saya mau tanya, kalau di rumah terdapat foto apa menyebabkan banyak syeitan?

🌷Jawab:
Ini ada 2 pendapat ulama..
Ada yang membolehkan, ada juga ulama yang mengharamkan. Masing-masing punya dalil yang sama kuat.

Ulama yang mengharamkan salah satu kekhawatirannya itu. Selain juga karena menyerupai.
Wallahu'alam..

0⃣9⃣ Erna
Ustadz kalau rumah Dekat kuburan apakah ada indikasi rumah tersebut menjadi sarang setan?

🌷Jawab:
Belum tentu juga tergantung nyali penghuni rumah.

Waktu tsunami aceh saya pernah ketiduran diatas kuburan. Ada beberapa ulama juga yang di samping rumahnya kuburan. Saya kira pernyataannya tidak beralasan mbak.

1⃣0⃣ Shoffia
Afwan ustadz, itu kan di sampaikan bahwa rumah yang di sukai jin itu adalah rumah yang tidak di bacakan basmalah ketika memasukinya...

Terus penghuni rumahkan tidak cuma satu orang nah itu kalau salah satu orang kalau masuk baca do'a tapi yang lain tidak bagaimana. Apakah setan juga bisa masuk dan suka? Terus orang kan keluar masuk rumah tidak cuma sekali dan memungkinkan lupa tidak berdoa pun bisa terjadi. Bagaimana dengan itu Ustadz? Terimakasih.

🌷 Jawab:
Rasulullah memberikan banyak saran cara mengusir syaithon dari rumah kita salah satunya adalah dengan membaca basmallah saat menutup pintu. Hal itu bertujuan agar para syaithon tidak dapat membuka pintu tersebut dan tidak bisa masuk ke dalam rumah. Jadi pesan saya, lakukan saja. Semoga anak dan keluarga yang lain jadi ikut mencontoh.

1⃣1⃣ Dii
Wah rumah saya banyak jin nya nih tadz. Secara ibu saya budhis. Ada patung, ada gambar, kalau sembayang pakai dupa, masih suka nyalain musik. Saya hanya bisa membentengi kamar saya saja. Belum mampu membaca Al Baqarah penuh, tapi saya murotal Quran dari hp. Bagaimana itu tadz?
Jazakumullahu khair.

🌷Jawab:
Lakukan saja sunnah-sunnah tersebut semampu mbak...
Boleh jadi itu akan juga menjadi pintu hidayah bagi keluarga. Tetap semangat mbak.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

Sebagai muslim...
Kita wajib mempercayai bahwa keberadaan syaithon atau jin itu ada.

Oleh karena itu, kita harus senantiasa mengingat Allah dengan membaca do'a (basmallah) di setiap kegiatan yang kita lakukan.

Dan jangan lupa, posisikan selalu syaithon sebagai musuh kita yang nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar