Rabu, 21 Februari 2018

Metode KB Alami





OLeh   : Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes

Assalamu'alaikum wr.wb.

Makasih mba lely yang insya Allah
Allah kasih kesehatan kepada semuanya.

Rasanya kalau 2 kurang ya tapi inilah logo....  2 anak saja cukup. Semoga yang belum memiliki anak atau yang ingin memiliki anak kembali Allah mudahkan....  amin.

بسم الله الرحمن الحيم

Mencegah kehamilan bisa dilakukan dengan memakai alat kontrasepsi seperti pil KB, KB suntik, dan KB spiral. Namun ternyata ada metode kontrasepsi tanpa alat yang bisa mencegah kehamilan yaitu dengan KB alami.
KB alami bisa dijadikan opsi untuk mereka yang tidak mau tubuhnya dimasuki benda asing, tidak cocok memakai alat kontrasepsi atau takut dengan efek sampingnya. Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kehamilan dengan KB alami yaitu tidak berhubungan seksual di masa ovulasi, memberikan ASI eksklusif dan mengeluarkan penis sebelum ejakulasi.

Tidak Berhubungan Seksual di Masa Ovulasi. Peluang hamil sangat tinggi ketika Anda berhubungan seksual pada masa subur atau saat ovarium melepas sel telur (ovulasi). Kehamilan dapat terjadi saat sperma membuahi sel telur pada masa tersebut.

Untuk mencegah kehamilan dengan KB alami, yang perlu Anda lakukan adalah tidak berhubungan seksual ketika wanita sedang dalam masa ovulasi. Meski begitu, peluang hamil masih bisa terjadi ketika Anda berhubungan seksual sebelum atau setelah masa ovulasi karena sperma dapat bertahan di dalam tubuh wanita selama dua hingga tiga hari atau bahkan lima hari, sementara sel telur dapat bertahan tiga hingga empat hari setelah ovulasi.

Jadi, untuk amannya Anda bisa berhubungan seksual di luar masa tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengetahui kapan seorang wanita mengalami ovulasi setiap bulannya?

🔹Cara pertama: Menggunakan metode penghitungan kalender

Untuk memakai metode ini, Anda harus melacak sejarah periode menstruasi Anda untuk memprediksi kapan Anda akan berovulasi. Namun hal ini tidak akan bekerja jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu kapan Anda akan mengalami menstruasi berikutnya. Setelah mengetahui harinya, Anda bisa menghitung mundur sebanyak 12 hari lalu ditambah hitungan mundur sebanyak empat hari.

Anda bisa dianggap sangat subur dan sepertinya akan berovulasi selama rentang lima hari ini. Jika Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka kemungkinan Anda berovulasi pada hari ke-14. Hari ke-1 adalah hari pertama menstruasi Anda dan hari ke-28 adalah hari terakhir sebelum hari pertama menstruasi Anda selanjutnya.

🔹Cara kedua: Ukur suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh adalah temperatur ketika tubuh dalam keadaan sepenuhnya istirahat. Ovulasi dapat menyebabkan sedikit peningkatan suhu basal tubuh.

Untuk mengetahui suhu basal tubuh, Anda bisa memakai termometer digital oral . Namun hasil lebih akurat jika menggunakan termometer yang khusus didesain untuk mengukur suhu basal tubuh. Ukur suhu basal tubuh setiap hari agar Anda bisa mengetahui perubahan temperatur tubuh Anda. Saat ovulasi mungkin suhu basal tubuh akan meningkat kurang dari 0.3 derajat Celcius. Jika suhu tersebut tetap sama selama tiga hari atau lebih, Anda bisa mengasumsikan bahwa tubuh telah berovulasi.

Waktu pengukuran suhu basal tubuh terbaik adalah di pagi hari sebelum Anda beranjak dari tempat tidur. Pastikan Anda tidur nyenyak dan lakukan metode yang sama setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual? Anda dikatakan berada di zona sangat subur untuk hamil pada hari kedua hingga ketiga sebelum suhu tubuh Anda naik hingga tiga sampai empat hari setelahnya. Jadi hindari bercinta pada waktu tersebut karena sperma bisa bertahan di tuba falopi selama beberapa hari.
Berhubungan seksual bisa dilakukan tiga hingga empat hari setelah suhu basal tubuh naik.

🔹Cara ketiga: Metode lendir serviks

Metode ini mengharuskan Anda untuk mengecek pola lendir serviks selama siklus menstruasi. Sebelum ovarium melepas sel telur, Anda akan mengeluarkan lebih banyak lendir yang lebih encer dari biasanya. Untuk mengetahui perubahan lendir serviks, Anda bisa mulai memerhatikan dan mencatat kondisi cairan yang keluar dari vagina sejak satu hari setelah menstruasi selesai.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah melihatnya di celana dalam atau menyeka organ intim sebelum dan sesudah buang air kecil. Lap bagian intim dari depan ke belakang dengan tisu. Perhatikan warna dan kekentalannya. Anda dikatakan sangat subur ketika cairan yang keluar sangat banyak, berwarna bening, encer, atau mirip seperti lendir putih telur.

Hindari membersihkan vagina dengan sabun khusus pembersih wanita karena bisa menghilangkan lendir serviks dari vagina Anda.

Untuk mencegah kehamilan, hindari berhubungan seksual sejak hari pertama lendir serviks keluar dengan tekstur berbeda hingga empat hari setelah hari puncak kesuburan Anda.

Memberikan ASI Eksklusif Bisa Mencegah Kehamilan

Selain bermanfaat untuk bayi, memberikan ASI eksklusif juga bisa berdampak baik untuk Anda yang ingin mencegah kehamilan. Memberikan ASI eksklusif bisa menghambat ovulasi dan menstruasi pada ibu yang baru melahirkan.

Untuk menggunakan cara ini, Anda harus siap menyusui si Kecil kapanpun dia membutuhkannya, baik pada siang dan malam hari. Jeda menyusui sebaiknya tidak lebih dari empat jam (saat siang hari) dan enam jam (saat malam hari).

Cara ini tidak bekerja jika Anda memerah ASI karena proses pengisapan bayi menjadi penting pada metode ini. Segera gunakan metode kontrasepsi lain jika Anda telah menstruasi karena ini berarti memberikan ASI sudah tidak bisa mencegah kehamilan.

Mengeluarkan Penis Sebelum Ejakulasi

Jika Anda ingin berhubungan seksual di waktu yang Anda inginkan tanpa hamil, Anda bisa menerapkan metode ini. Cara ini mengharuskan seorang pria untuk menarik penisnya dari vagina sebelum dia mengeluarkan sperma atau ejakulasi. Teknik ini disebut senggama terputus.

Untuk menyukseskan metode ini, dibutuhkan kontrol diri yang sangat kuat dari diri pria dan perkiraan waktu yang tepat saat menarik penisnya. Kedua hal tersebut bisa jadi sulit dilakukan oleh pria.

KB alami tidak akan menguras kantong Anda, namun metode ini tidak seefektif alat kontrasepsi. Meski begitu KB alami bisa mencegah risiko kehamilan jika Anda memiliki motivasi dan ketekunan serta seberapa kuat Anda menahan hasrat untuk bercinta dengan pasangan. Konsultasikan ke dokter jika Anda masih belum mengerti mengenai metode KB alami seperti cara mengetahui masa ovulasi.

MAL (metode amenore laktasi)
🔹Metode kontrasepsi dengan menyusui :
◼ Laktasi- berkaitan dengan menyusui
◼ Amenore- tidak mendapatkan haid
◼ memakai MAL berarti menyusui sedemikian rupa dengan menghentikan ovulasi.

🔹MAL berarti sering beri ASI, siang dan malam, dan bayi tidak diberi makanan dan minuman selain ASI
◼ HANYA memberi ASI pada bayi (tanpa makanan lain) memberi perlindungan terbaik terhadap kehamilan dan makanan terbaik untuk kesehatan bayi.

🔹 Efektif selama 6 bulan sejak persalinan
◼ Jika belum mendapat haid kembali 
◼ Sangat efektif jika di pakai dengan benar
◼ Namun bila jarang menyusui, metode ini menjadi kurang efektif

🔹ASI adalah makanan terbaik untyk bayi
◼ Cara memberi makanan paling sehat untyk bayi selama 6 bulan pertama. ASI mengandung gizi yang tepat yang di butuhkan oleh bayi serta membantu melindungi bayi terhadap infeksi. cara ini juga memberik manfaat kesehatan bagi ibu
◼ Menyusui harus dimulai 1 jam setelah persalinan, dan bayi tidaj di beri makanan/ susu lain sampai berusia 6 bulan.
◼ Menyusui dapat merupakan makanan utama selama dua tahun atau lebih bagi bayi.

🔹 Tidak melindungi terhadap HIV/IMS
◼ Untuk perlindungan terhadap HIV/IMS, pakai kondom
◼ Menyusui juga bisa menularkan HIV dari ibu ke bayi.

*Saat menggunakan MAL
Bila sedang menyusui bisa memakai MAL jika :*
1. Usia bayi kurang dari 6 bulan
◼ ASI sangat baik bagi bayi di berikan sampai 2 tahun
◼ SETELAH BAYI BERUSIA 6 BULAN ATAU LEBIH, ibu harus memakai metode KB lain
◾ Jika ibu terus menyusui, sebaiknya memakai metode nonhormonal. klien bisa juga memakai metode hormon progestin ( suntik 3 bulan dan AKBK)
2. Bayi tidak di beri makanan atau minuman lain selain ASI
3. Belum mendapat haid
◼ Tidak bisa memakai MAL jika telah mendapat haid 2 hari berturut2 atau lebih.( perdarahan 8 minggu pertama setelah persalinan tidak di anggap)
tetapi tolong beritahu kami
jika :
anda menderita AIDS? atau terinfeksi HIV atau virus AIDS
◼ HIV bisa di tularkan pada bayi melalui ASI
◼ Jika sudah ada makanan pengganti yang aman ( baik buatan sendiri atau beli) ibu sebaiknya berhneti MAL dan menggunakan metode lain
◼ Ibu harus memberi ASI ekslusif. setelah 6 bulan, atau jika sudah ada makanan pengganti dia harus berhenti MAL

Cara Memakai MAL
1. Bisa memakai MAL segera setelah persalinan
• setelah persalinan berikan ASI secepatnya, demi kesehatan bayi sekaligus mencegah kehamilan

2. Selalu berikan ASI ekslusif
• ibu harus menyusui setiap saat bayi lapar, baik siang maupun malam
• tanpa makanan/minuman tambahan apapun bagi bayi, baik nasi pisang atau air putih.
• jika jeda waktu menyusui lebih dari 4 jam pada siang hari, lebih dari 6 jam pada malam hari, ibu harus mempertimbangkan metode KB lain
• ibu harus tetap menyusui bahkan jika bayi atau ibu sedang sakit

HAL yang harus dilakukan setelah berhenti memakai MAL :
• rancanakan KB lain jika bayi berusia lebih dari 6 bulan atau telah mendapat haid.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Atik
Bagaimana usaha atau tips untuk mendapatkan anak perempuan ?

🌐 Jawab:
Cara untuk mendapatkan Bayi Wanita
Hal-hal yang harus dilakukan :
◼ Setiap kali hendak mengadakan persetubuhan, vagina harus dicuci dengan campuran 250 cc air dan 2 sendok makan asam cuka (yang biasa dipakai di dapur). Larutan ini sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan ibu. Pencucian vagina dengan larutan asam cuka tadi gunanya untuk menciptakan lingkungan asam yang dapat menghilangkan sperma yang akan menjadi bayi laki-laki.
Catatan : alat untuk Spul vagina dapat dibeli pada apotik dengan nama : irrigator vagina.
◼  Dua atau tiga hari sebelum ovulasi, jangan mengadakan hubungan kelamin. Masa ovulasi ialah masa si ibu mengeluarkan sebutir telur, waktunya kira-kira pertengahan siklus haid. Bila siklus haid ibu 28 hari maka ovulasi terjadi kira-kira 14 hari setelah haid pertama.
◼ Sedapat mungkin orgasme (kepuasan)  ibu dihindarkan, karena orgasme wanita itu meninggikan derajat basa (Ph >7) vagina. Sedangkan kita berusaha membuat vagina bereaksi asam.
◼ Sebaiknya sikap coitus atau persetubuhan yang "biasa" saja dilakukan. Sikap ini menghindari risiko adanya sel mani bayi laki-laki masuk dalam kandungan.

Cara untuk mendapatkan Bayi Laki-laki
Hal-hal yang harus dilakukan :
◼ Hubungan kelamin sebaiknya dilakukan sekitar masa ovulasi (pertengahan masa haid)
◼ Sebelum bersetubuh, vaginanya dicuci dengan campuran 250 cc larutan air soda kue (cara membikinnya ialah 2 sendok makan soda kue).
◼ Sedapat mungkin agar pihak wanita mencapai orgasme (kepuasan).  Karena bila mencapai maka reaksi basa (Ph >7) vagina akan meningkat sehingga akan menghilangkan sel-sel.
◼ Sebaiknya bersetubuh sebaiknya si bapak melakukan dari pantat si wanita (wanita menghadap kasur), dengan demikian air mani akan bertumpah di daerah yang reaksinya paling basa dan paling dekat kepintu masuk kandungan.
◼ Masa antara haid dan ovulasi sama sekali tidak boleh mengadakan hubungan kelamin (bila siklus haid 28 hari, maka sejak haid pertama sampai hari ke 14 janganlah bersetubuh).

0⃣2⃣ Lela
Makanan apa yang di pantang bagi wanita yang sedang promil ?

🌐 Jawab:
 Makanan dan mimunan yang dilarang saat program hamil, diantaranya:

1. Minuman Bersoda
Jika Anda saat ini tengah melakukan program hamil, Anda harus menahan diri dari nikmatnya minuan bersoda. Pasalnya, soda mengandung zat gula dalam jumlah yang sangat tinggi dan menyebabkan terbentuknya gas sehingga menimbulkan bahaya obesitas bagi orang yang mengonsumsinya. Terlebih soda sangat sensitif dan berbahaya bagi perut Anda.

Minuman bersoda juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia sintetik yang akan menimbulkan produksi racun pada tubuh kita dan kadar gula dalam darah kita. Lambat laun, racun-racun yang terbentuk akan sangat menghalangi proses detoksifikasi dalam tubuh yang akan menghambat kesuburan Anda. Tentu, mengonsumsi soda saat Anda tengah program hamil sangat tidak dianjurkan.

2. Makanan yang masih mentah
Namun, hal ini terlihat sepele dengan gaya hidup yang saat ini tengah marak dalam memakan makanan yang masih mentah bagi sebagian kalangan masyarakat. Dengan fenomena tersebut, dikiranya mengonsumsi makanan mentah menjadi hal yang biasa dan wajar yang tidak dapat menimbulkan apa-apa bagi yang memakannya. Tidak sedikit orang yang mempunyai kebiasaan dengan gemar mengonsumsi makanan mentah seperti ikan, daging dan beberapa jenis makanan lainnya.

Meskipun marak dengan banyaknya orang yang mengonsumsi makanan mentah, namun jenis makanan ini sangat tidak dianjurkan oleh seseorang yang sedang melakukan program hamil. Pasalnya, makanan mentah seperti daging dan ikan yang belum dimasak masih mengandung virus dan bakteri salmonella yang sangat berbahaya bagi kesehatan rahim dan janin Anda. Selain bagi seseorang yang tengah melakukan program hamil, mengonsumsi makanan mentah juga tidak baik bagi tubuh seseorang karena akan meningkatkan resiko terkenanya penumpukan bakteri yang akan menyerang organ penting tubuh seseorang.

3. Makanan hasil laut yang mengandung merkuri
Bahaya merkuri tentu tidak dapat kita abaikan lagi, terlebih bagi seseorang yang tengah melakukan program hamil. Makanan hasil laut seperti marlin, todak, ikan tuna sirip biru dan ikan hiu telah terbukti dengan kandungan merkuri yang sangat tinggi. Seperti yang kita tahu merkuri merupakan sejenis zat yang sangat berbahaya yang dapat mengendap dalam tubuh seseorang terutama di dalam darah.

Zat yang terus menerus mengendap ini tentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda dan rahim Anda terutama bagi janin yang tengah Anda kandung. Penumpukan merkuri yang sangat banyak didalam tubuh  akan menyebabkan kehamilan Anda terganggu yang berdampak pada gangguan sistem perkembangan otak dan syaraf janin.

Jika Anda seorang pecinta kuliner seafood, tentu ini bukan untuk memberhentikan kesukaan Anda. Terdapat beberapa jenis seafood yang aman bagi Anda yang sedang program hamil seperti udang, salmon, cumi-cumi, kepiting dan tiram. Namun, hal yang harus Anda ingat, jangan mengonsumsi makanan seafood dengan jumlah yang terlalu banyak agar kadar merkuri dalam darah Anda tetap terjaga.

4. Makanan dengan karbohidrat olahan
Makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil merupakan makanan yang terbilang berbahaya bagi tubuh seseorang. Seperti contohnya makanan fast food yang mengandung karbohidrat olahan yang jika dikonsumsi akan berdampak pada terganggunya program kehamilan Anda.

Alasan mengapa karbohidrat olahan sangat berdampak buruk pada tubuh Anda karena proses karbohidrat olahan akan melepaskan gula kedalam aliran darah dengan sangat cepat sehingga akan terlepasnya hormon insulin oleh organ pankreas. Tentunya, jika berbicara hal gizi yang terkandung didalam makanan junk food, maka gizi tersebut hampir tidak ada sama sekali bahkan mengandung asupan makanan yang berbahaya seperti kadar gula dan kadar lemak yang tinggi. Akibatnya, kondisi ini akan menyebabkan tubuh seorang wanita memproduksi hormon testosteron yang sangat tinggi yang akan berpengaruh pada tingkat ketidakseimbangan hormon yang akan mengganggu proses ovulasi. Beberapa makanan dengan karbohidrat olahan diantaranya burger, pizza dan makanan junk food lainnya.

5. Konsumsi MSG
Zat aditif MSG yang dikonsumsi oleh seseorang yang tengah hamil akan berpengaruh pada tingkat kesuburan baik pria ataupun wanita. Pasalnya, MSG adalah zat yang sangat berpengaruh pada produksi hormon esterogen  didalam tubuh seorang wanita. Hal ini akan menyebabkan hormon esterogen menjadi sangat tidak seimbang yang tentu berdampak pada tingakt kesuburan wanita. Jadi, berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan terutama yang mengandung zat MSG dengan kadar yang sangat tinggi.

6. Kafein
Nikmatnya kopi memang sudah tidak diragukan lagi bagi setiap orang. Kopi dapat dikatakan sebagai minuman yang dapat meningkatkan rasa semangat dan terhindar dari kantuk. Namun, kafein yang terkandung pada kopi sangat tidak baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang melakukan program hamil. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian tentang bahaya kafein yang dapat menimbulkan resiko penyempitan pembuluh darah sehingga terhambatnya aliran darah yang akan menuju rahim. Jika ini terjadi, tentunya sel telur akan mengalami kesulitan untuk bertahan. Sebaiknya, jika Anda tengah mendambakan seorang anak, Anda harus bersikeras untuk menghindari kopi dengan jumlah yang banyak.

7. Makanan dengan lemak trans
Tubuh dengan lemak memang mengindikasikan kondisi tubuh yang tidak sehat. Terlebih  jika lemak ini terdapat pada tubuh seseorang yang sedang menjalani program hamil. Lemak trans atau yang disebut dengan lemak yang terhidrogenasi memiliki peran yang cukup andil pada tingkat kesuburan Anda. Hal ini terbukti pada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi lemak trans dengan jumlah sekitar 4 gram akan meningkatkan masalah kesuburan hingga 30%. Untuk itu, Anda sebaiknya menghindari konsumsi lemak trans seperti yang terdapat pada gorengan, minyak berkali-kali penggunaan dan makanan lainnya.

8. Terong
Jika Anda seseorang yang gemar mengonsumsi terong, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi terong, terutama jika Anda sedang melakukan program hamil. Kenapa terong dimasukkan pada kategori makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil?

Jawabannya karena terong mengandung zat solanin yang menekan proses ovulasi yang tentu menghambat kesuburan Anda. Terlebih jika terong dikonsumsi sebagai lalapan mentah, maka akan berdampak buruk bagi kesuburan Anda.

9. Kedelai
Kenapa juga kedelai sebagai makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil? Padahal kita tahu bahwa kedelai termasuk kacang-kacangan yang sangat baik sebagai asupan nutrisi dan kandungan karbohidrat komplek bagi ubuh Anda. Namun, lain ceritanya jika Anda tengah melakukan program hamil, sebaiknya mengonsumsi makanan dengan bahan utama kedelai wajib dihindari terutama susu kedelai.

Hal ini dikarenakan kedelai mengandung hormon estrogen tanaman yang tentu akan menyebabkan perubahan siklus haid pada seorang wanita. Mengonsumsi segelas susu kedelai perhari akan menyebabkan kemnadulan pada wanita.

10. Makanan dengan kandungan xenoestrogen
Makanan yang mengandung zat toksin denngan struktur kimia yang mirip dengan esterogen acapkali membuat kita tertipu. Pada awalnya kita mengira bahwa itu zat esterogen padahal kenyataannya zat tersebut xenoestrogen yang sangat berbahaya bagi anda yang sedanng program hamil. Xenoestrogen akan berdampak pada sistem metabolisme tubuh yang bekerja dengan menempati sel-sel estrogen sehingga akan  mengirimkan sinyal toksinnya termasuk pada proses ovulasi.

11. Makanan yang manis-manis
Jika Anda gemar mengonsumsi makanan yang manis-manis, tentu Anda harus mengalah dengan kesukaan Anda ini. Pasalnya, makanan yang manis-manis seperti coklat, donat, permen susu atau es krim akan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat yang tentu akan melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain itu, kadar gula berlebih akan berdampak buruk seperti merusak sistem syaraf, osteoporosis, diabetes, sakit ginjal dan panyakit kardio vaskular.

Jika Anda menderita salah satu penyakit diatas, tentu akan berdampak pula pada kesulitan dalam proses kehamilan. Maka, sebaiknya Anda mengindarkan diri dari konsumsi makanan yang manis-manis.

12. Alkohol
Makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil tidak lain adalah alkohol. Seperti kita tahu, alkohol adalah salah satu jenis zat yang berbahaya bagi tubuh seseorang terutama jika Anda sedang program hamil. Senyawa yang menyebabkan menurunnya jumlah produksi hormon esterogen dan testostron pada tubuh seseorang. Hal ini berkaitan pula dengan hormon seks baik pria maupun wanita. Alkohol sangat berbahaya pada proses ovulasi dimana akan mengganggu proses ovulasi itu berlangsung. Jika pada pria, alkohol akan merusak kualitas sperma yang akan menghambat proses pembuahan pada uterus. Jika Anda benar-benar mendambakan seorang anak, maka sebaiknya Anda menghindari salah satu makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil ini.

Makanan dan minuman memang sangat bermanfaat bagi tubuh seseorang terutama bagi mereka yang sedang merencanakan program kehamilan. Namun, terdapat pula makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil yang justru akan menghambat tercapainya keberhasilan pada sebuah program hamil tersebut. Itulah beberapa makanan dan minuman yang dilarang saat program hamil. Jagalah kesehatan kita dan teruslan melakukan yang terbaik dalam program hamil agar impian kita mendapatkan keturunan bisa tercapai. Semoga bermanfaat

Tapi saya juga menyarankan jangan makan buah pepaya muda karena kandungan getahnya tidak bagus, tapi kalau pepaya matang amat sangat bagus karena tinggi vit C nya.

0⃣3⃣ Meri
Bagaimana ingin punya anak kembar sementara tidak ada keturuan kembar?

🌐 Jawab:
1.  Berdoa dan ANDA DAN PASANGAN PERLU PERSIAPAN MENTAL MAUPUN FISIK
Langkah pertama tentu saja mempersiapkan diri. Anda dan pasangan perlu persiapan mental maupun fisik untuk kehamilan anak kembar. Hamil bayi kembar bisa menjadi pekerjaan yang sulit sehingga persiapan mental diperlukan, terutama bagi calon ibu.

EDITORS' PICKS
Inilah Cara Menghadapi Anak Yang Nakal, Bandel Dan susah diatur Inilah Pentingnya Peran Seorang Ayah Untuk Kecerdasan AnakOrang Tua Wajib Tahu! Inilah Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyiapkan Dana Pendidikan AnakSetiap Anak Memiliki Bakat yang Beragam, Begini Melihat Bakat Dan Membimbing Potensi Anak.

Mampukah anda menangani dan merawat dua bayi sekaligus? Satu bayi bisa sangat merepotkan, apalagi dua bayi. Jika jawabannya anda siap, maka lanjutkan! Namun jika anda ragu-ragu, sebaiknya tidak perlu program anak kembar. Selain mental, fisik harus disiapkan karena mengandung 2 jabang bayi tentu berbeda dengan 1 bayi.

Berat beban saat anda mengandung harus anda pikirkan. Anda harus sehat, bugar dan memiliki fisik yang bagus. Jika anda malas merawat kebugaran, urungkan niat anda karena beresiko pada bayi dalam kandungan anda.

2. OBAT-OBATAN UNTUK KESUBURAN DAPAT MENINGKATKAN KESEMPATAN UNTUK MELAHIRKAN ANAK KEMBAR
Obat yang dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk segera hamil kemungkinan juga memberikan peluang untuk melahirkan anak kembar. Obat kesuburan membuat seorang perempuan menghasilkan lebih dari satu telur selama ovulasi yang dapat menggabungkan dua sperma berbeda.

3. RIWAYAT KELUARGA PEREMPUAN
Salah satu faktor yang menyebabkan kehamilan kembar adalah faktor keturunan. Maksudnya, Jika dalam keluarga seperti ibu, nenek atau sepupu pernah melahirkan bayi kembar, maka Anda juga lebih mungkin untuk melahirkan anak kembar.

4.  PEREMPUAN YANG BERUSIA LEBIH DARI 35 TAHUN KEATAS
Perempuan yang berusia lebih dari 35 tahun keatas saat melahirkan cenderung melahirkan anak kembar. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang lebih tua tampaknya lebih besar kesempatannya untuk hamil anak kembar dibanding perempuan yang lebih muda.

5. PEREMPUAN DENGAN BERAT BADAN IDEAL MEMPUNYAI PELUANG MEMILIKI ANAK KEMBAR LEBIH BESAR
Cara mendapatkan anak kembar berikutnya adalah memiliki berat dan tinggi badan yang ideal. Perempuan dengan berat badan ideal atau agak besar (tidak terlalu gemuk) mempunyai peluang memiliki anak kembar lebih besar dibandingkan perempuan yang kurus.

Menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Obstetri & Ginekologi juga mengatakan bahwa perempuan yang bertubuh tinggi juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melahirkan kembar.

Jadi bentuk badan ideal Anda mulai sekarang. Tetapi harus tetap disertai dengan olahraga dan pola hidup yang sehat. Dengan melakukan olahraga dan pola hidup sehat akan membuat hormon di dalam tubuh meningkat. Sehingga bisa mempengaruhi percepatan proses ovulasi.

6. BANYAK MENGONSUMSI UBI DIKARENAKAN OVULASI LEBIH LANCAR DAN MENINGKAT
Untuk mendapatkan anak kembar bisa berasal dari makanan yang anda konsumsi. Jika anda banyak konsumsi umbi, kemungkinan besar untuk mendapatkan anak kembar lebih besar. Hal ini dikarenakan ovulasi lebih lancar dan meningkat.

Makanan ini sangat dipercaya untuk meningkatkan produksi hormone didalam tubuh. Ubi mampu merangsang sel telur untuk berbuah lebih cepat dan lebih dari satu telur. Sehingga kemungkinan besar mendapatkan anak kembar lebih besar dibandingkan anda yang jarang mengkonsumsi ubi dan kentang.

Menurut penelitian, ubi memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan kelahiran kembar. Namun, tidak diketahui berapa banyak ubi yang Anda butuhkan untuk bisa mengandung anak kembar.

7. MENGKONSUMSI PRODUK SUSU MEMILIKI PELUANG LIMA KALI LEBIH TINGGI KEMUNGKINAN HAMIL KEMBAR
Menurut Dokter Medis Long Island dikenal karena penelitiannya pada perempuan hamil dan beberapa kelahiran, perempuan yang mengonsumsi produk susu dan olahannya, terutama susu dari sapi memiliki peluang lima kali lebih tinggi kemungkinan hamil kembar. Menurut studi yang sama, seorang yang vegetarian memiliki sedikit kemungkinan hamil kembar.

8. KONSUMSI ASAM FOLAT DAPAT MEMBANTU PROSES OVULASI MENINGKAT SEHINGGA KEMUNGKINAN MENDAPAT ANAK KEMBAR LEBIH BESAR
Jika anda ingin mempunyai anak kembar, perbanyaklah konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat bagus untuk perempuan yang masih dalam program hamil dan dalam masa hamil.

Untuk perempuan yang masih dalam program hamil dapat membantu proses ovulasi meningkat sehingga kemungkinan mendapat anak kembar lebih besar. Ada banyak sekali makanan yang mengandung asam folat seperti ikan laut, sayuran hijau, brokoli, alpukat, kacang merah, dan masih banyak lainnya. Asam folat ini juga bisa didapatkan dalam bentuk suplemen yang bisa anda beli di apotik.

9. MENGKONSUMSI TIRAM DAPAT MEMBANTU PRODUKSI SPERMA
Mendorong pasangan (suami) untuk makan beberapa tiram. Mitos perkotaan tentang khasiat tiram, bukanlah sama sekali tanpa dasar.

Tiram mengandung Seng (Zinc) tinggi dan ini membantu dengan produksi sperma, lebih sehat dan mempercepat gerakan sperma. Dimana gerakan sperma yang cepat memiliki kemungkinan mampu untuk membuahi dua sel telur. Selain tiram, suplemen yang mengandung seng antara lain sayuran berdaun hijau, sereal, roti, benih dan gandum.

10. HAMIL SAAT MENYUSUI KARENA PEREMPUAN YANG HAMIL SAAT MENYUSUI SEMBILAN KALI LEBIH MUNGKIN UNTUK HAMIL KEMBAR
Kebanyakan orang berpikir bahwa anda tidak bisa hamil saat anda masih menyusui bayi (ASI) yang beberapa bulan baru lahir. Namun, banyak ibu kembar tidak setuju dengan gagasan tersebut.

Beberapa penelitian telah mendukung teori bahwa kesempatan mendapatkan anak kembar meningkat jika seorang perempuan hamil lagi saat sedang menyusui. Studi oleh Dr. Gary Steinman, mengklaim bahwa perempuan yang hamil saat menyusui sembilan kali lebih mungkin untuk hamil kembar daripada perempuan yang hamil namun tidak menyusui bayinya.

11. POSISI MENENTUKAN PRESTASI, POSISI BERHUBUNGAN INTIM MENENTUKAN BAYI KEMBAR
Cara membuat anak kembar berkaitan dengan posisi dalam hubungan intim. Ada beberapa posisi hubungan yang akan membantu mendapatkan bayi kembar, antara lain;
1) Side By Side. Posisi berdampingan, suami berada di belakang istri;
2) Stand. Berhubungan dengan cara berdiri, suami berada di belakang
Yang paling utama dari posisi penetrasi adalah bagaimana sperma mampu menembuh jauh dan menemukan sel telur dengan cepat. Anda bisa mencoba posisi yang menurut anda bisa melakukan penetrasi yang sempurna.

12. MENDAPATKAN BAYI KEMBAR BISA DARI LOKASI DAN CUACA DIMANA PASANGAN TERSEBUT TINGGAL
Berdasarkan MD Health, cara mendapatkan bayi kembar juga dipengaruhi oleh lokasi dan cuaca dimana pasangan tersebut tinggal. Peluang lebih besar untuk memiliki bayi kembar adalah pasangan yang hidup di daerah dengan cuaca yang hangat dan panas serta paparan sinar matahari yang cukup.

Ilmuwan meyakini bahwa cahaya dan cuaca yang hangat meningkatkan sekresi FSH (follicle stimulating hormone). Jadi jika anda ingin memiliki anak kembar, tidak ada salahnya menerapkan cara ini.

13. MENGHENTIKAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI
Jika saat ini anda memakai alat kontrasepsi segera hentikan. Tubuh memerlukan penyegaran ulang untuk memproduksi sel telur.

Saat periode anda berhenti menggunakan alat kontrasepsi, disinilah biasanya sel telur ‘kelebihan’ produksi. Nah, anda bisa berhubungan pada masa-masa ini, karena peluang munculnya dua sel telur adalah pada periode ini.

14. PROGRAM FERTILISASI atau PROGRAM BAYI KEMBAR
Tips yang kesepuluh bukanlah cara alami. Cara medis pun bisa anda lakukan untuk mendapatkan anak kembar yaitu dengan cara fertilisasi.

Teknologi ini memang sedang banyak digunakan dan dikembangkan. Cara ini memang lebih terbukti ampuh untuk mendapatkan anak kembar. Untuk cara ini anda memang tidak bisa melakukan sendiri. Harus dibantu oleh dokter dan tenaga medis khusus menangani program bayi kembar.

Nanti caranya akan ada embrio yang ditanamkan pada rahim perempuan dan ingin berapa anak yang di dapatkan. Untuk program fertilisasi ini memang harus mengeluarkan banyak uang karena harganya yang mahal.

0⃣4⃣ Sinda
Apakah pemakaian obat hormon itu efektif dan aman ?
Karena saya  sudah 4x minum obat hormon (resep dari dokter SPOG) tetapi efeknya selalu jadi pendarahan hebat darah haid yang keluar sangat banyak (tidak normal untuk ukuran haid) dan sangat sakit sampai membuat saya tidak kuat untuk beraktivitas, bahkan hanya untuk menggerakkan badan di tempat tidur.
Jazakillah jawabannya bu bid Devi

🌐 Jawab:
Sebaiknya pindah dari kandungan bun,  karena saat saya pelatihan KB ter Update. Pemberian penyubur tidak boleh lebih 3x pemicu kanker rahim.

Coba ibu Konsulkan ke dokter  yang lain.

0⃣5⃣ iBu iRna
Sebenarnya bagaimana melihat aman tidak nya sebuah alat kontrasepsi bagi seseorang?
Saat ini saya pakai IUD dan itu sudah berlangsung lama setelah melahirkan pertama saya pakai IUD selama 5 th dan setelah melahirkan yang ke 2 sampai saat ini saya pakai IUD selama 12 th dengan beberapa kali penggantian dan kontrol minimal 6 bulan sekali.

Kalau tidak pakai Alat kontrasepsi takut jebol , dan tidak berani juga pakai sistem kalender, suka kebelet see.
Terimakasih atas penjelasannya bu bidan.

🌐 Jawab:
Kalau IUD yang paling lama 10 tahun. Bunda sampai 12 tahun?
Dengan beberpa pergantian (aman) apakah bunda pernah USG juga untuk memastikan posisinya juga.
Observasi saat mens.... Apakah terlalu banyak?
Apakah ada nyeri hebat di abdomen?
Keputihan patologis tidak?

Dan usahakan juga saat bongkar pasang lihat minta di lihat portio Nya ada  sariawan mulut rahim tidak.

💎 Setiap kontrol dilakukan cek dalam, haid dari awal haid itu saya banyak dan lama, jadi apa bisa diobservasi juga?
Rasa nyeri sejauh ini tak ada, keputihan kadang kadang ada, setiap muncul keputihan itu selalu langsung ditangani dokter,  jadi tidak berkelanjutan. Jadi kalau sudah 10 tahun apa harus ganti alat kontrasepsi?
Untuk iud sendiri saya ganti 3-4 th sekali

🌐 Berarti bunda pakai IUD dari bayer yang hanya 4-5 thn kalau yang pemerintah 8-10 thn, dilihat dari  cerita aman bun. Maksud saya IUD bukan tidak boleh lebih dari 10 thn tetapi Batas maksimal IUD pemerintah.
Bahkan ada IUD mirena yang luar biasa mahalnya untuk terapi pengobatan.

💎 ooww kirain 10 th harus setop  untuk teraphy apakah itu bu bid?

🌐 Untuk kista bun ± diatas 3 jutaan.

0⃣6⃣ Ana Zahidah
1. Apakah azl ada dampaknya terhadap kesehatan laki laki ? Rumor yang didengar akan menyebabkan gangguan penyakit pada peredaran darah!
2. Apakah Azl juga masih dapat memungkinkan terjadinya kehamilan ?
3. Dari beberapa metode KB alami berapa persentase keberhasilannya dan yang mana yang paling mendekati ketepatan nya?

🌐 Jawab:
1 dan 2
Mengenai hubungan intim yang dilakukan dengan cara sperma dikeluarkan di luar vagina, hal ini dikenal dengan senggama terputus, hingga saat ini belum ditemukan dampak negatifnya. Kehamilan dapat terjadi meskipun peluangnya jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan sperma yang dikeluarkan di dalam vagina. Perlu diketahui bahwa sebelum ejakulasi, pria sudah mengeluarkan cairan yang juga mengandung sedikit sperma, sementara hanya dibutuhkan satu sperma sehat untuk membuahi sel telur dan kemudian terjadi kehamilan. Kegagalan metode kB ini 4 dari 100 orang. Jadi dari 100 orang yang mengunakan KB ini 4 diantara akan hamil.

3. Untuk segama terputus
Kegagalannya 4 dari 100
Kalau KB kalender
Tingkat kegagalan cukup tinggi yaitu di atas 20 %. Angka kegagalan penggunaan metode kalender  14 per 100 wanita per tahun.

Kalau metode MAL... KegagalanNya 1-2 %

0⃣7⃣ Khoirini
Kalau misal kita mau promil kan tidak boleh makanan yang mengandung MSG dsb, tapi makanan-makanan zaman now sudah banyak yang mengandung micin.
1. Jadi baiknya konsumsi nya yang bagaimana ?
2. Apakah Roy** atau masa** juga mengandung MSG kah ?

🌐 Jawab:
1. Makanan sehat dan olahan sehat Bun. Cara buat bunda bisa lihat dan cari tau di google... Banyak

Temen saya suaminya ada DM, nah karena dia mengikuti pola makan sehat Alhamdulillah DM bisa diatasi dan beliau dapat bonus hamil.

2. Mengandung mom
Untuk itu memang susah tapi bismillah jika ada tekat dan kuat Bunda juga bisa ganti MCG dengan me Mix bumbu. Bunda bisa lihat metode pola makan hugest dia mengkomben makanan sama sekali no MCG cukup gula dan garam.

0⃣8⃣ Key
Saya belum dapat haid laktasi sampai saat ini adek usia 8 bln tidak apakah bund? Saya pake iud.

🌐 Jawab:
Tidak apa tapi saat pemasangan agak sedikit terasa dibandingkan saat sedang menstruasi.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

Carilah dan tanyakan metode KB apa yang tepat untuk PUS pasangan usia subur.
Kepada Nakes karena setiap PUS memiliki kebutuhan yang berbeda masing-masing.
Dan Hak setiap PUS untuk memilih metode itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar