Rabu, 21 Februari 2018

Peran Muslimah Bagi Keuangan Keluarga




OLeh   : Ustadzah Rizqi Maulidia A.

Peran Muslimah dalam Ketahanan Keuangan Keluarga

Sebagai muslimah, ibu, madrasah keluarga, pendampimg setia suami, berbagai peran dapat dijalankan dalam rangka berkhidmat kepada Allah. Memainkan peran yang Allah amanahkan dengan baik.

Jika kita tenggok kisah ummahat dan Shahabiyyah terdahulu sudah banyak sekali tauladan bagi kita saat ini sebagai Muslimah, ibu zaman now.

Misalnya: Ibunda Khadijah Al kubro, beliau well known sebagai business women yang sukses, tetapi di sisi Lain, dengan suka rela dan ikhlas men support suaminya untuk berdakwah. Bahkan rela harta nya dihabiskan untuk dakwah islamiyyah ini. Demikian pula banyak tauladan Dari para Shahabiyyah Lain yang hartanya total di gunakan untuk ZIS dan dakwah.

Di antara yang dapat dilakukan muslimah untuk men support keuangan keluarga adalah:
1.  Mengatur pengeluaran Rumah tangga
2.  Mencari penghasilan tambahan
3.  Mengajarkan uang pada anak.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan rumah tangga sakinah :
1.  Penghasilan
2.  Pengeluaran
3.  Surplus, Defisit, Asset.

Kesemuanya harus memperhatikan pula cara mendapatkan dan penggunaannya, harus dengan jalan yang halal lagi thayyib dan berkah...

Prinsipnya jika bisa 4, kenapa harus 1 yaitu :
1.  Menjadi karyawan
2.  Menjadi professional atau pekerja mandiri
3.  Menjadi pemilik usaha
4.  Menjadi investor.

Cash flow : pemasukan.
Prinsip cash flow for Muslim:
1.  Qanaah
2.  QS Al Baqarah 168
3.  Tidak Boros, tidak kikir, infaq, bayar hutang.

Water flow: ZIS, hutang, tabungan dan investasi, kebutuhan hidup.

Tips menabung dari Rasulullah:
"Allah akan memberikan Rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yg baik, membelanjakan uang secara sederhana dan dapat menyisihkan kelebihan utk menjaga saat dia miskin dan membutuhkan." (H.R. Muslim dan Ahmad).

Menabung = sumber dari yang baik ditambah belanja yang sederhana.

Menyiapkan investasi;
🔹Khusus : tabungan pendidikan, asuransi pendidikan
🔹Umum : reksa Dana, unit link.
🔹Lain : tanah atau emas, bisnis.
   

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Dian
1. Bagaimana pengaturan keuangan untuk keluarga yang istri lebih banyak bekerja dan mendapatkan uang daripada  suami? Sedangkan ada kalimat uang istri adalah milik istri!

2. Bagaimana jika sebelum menikah istri mempunyai tanggungan hutang? Apakah ketika menikah hutang istri menjadi kewajiban suami juga?

🌷Jawab :
1. Istri yang memiliki penghasilan lebih besar dari suami, tetap yang menafkahi Rumah tangga adalah suami. Adapun istri boleh bermurah hati membantu keluarga nya. Tetapi kewajiban tetap di suami. Benar uang istri adalah milik istri. Istri yang memberikan sedekah untuk keluarga pahala kebaikan akan kembali pada nya, tetapi tidak wajib. Suami wajib dan agar kemampuan qowwam nya tetap terjaga. Hal ini merupakan perekat bagi Rumah tangga yang Sakinah Mawaddah Warahmah.

2. Hutang istri sebelum menikah, jika bisa dilunasi sendiri itu lebih baik. Tetapi jika suami dapat membantu adalah kebaikan untuk suami.

0⃣2⃣ Serra
1. Jika belum juga punya aset tapi boros untuk liburan bagaimana mengelolanya? Jika tidak punya kartu kredit tapi debit mengunakannya bagaimana? Inti pertanyaanya tidak boros sih. Soalnya boros di saat liburan.

2. Bagaimana menahan tidak belanja makanan baru meskipun buat persedian. Soalnya kalau liburan makanan itu yang buat boros juga!

🌷Jawab :
1. Kendalikan diri, kita buat list rencana dan budgetnya. Buat skala prioritas, ingat dengan sesautu yang jangka panjang, bukan yang sesaat. Perlu juga dipikirkan konsep liburan tersebut, karena liburan bukanlah berarti harus pergi jauh ke tempat mahal dan beli oleh-oleh. Tetapi ada cara Lain yang lebih hemat tetapi quality time nya optimal.

2. Kalau bisa kita buat sendiri saja lebih hemat dan lebih terjamin. Di bandingkan beli Makanan di resto dan lain-lain.

💎Sudah ustadzah saya tahan juga budgetnya kalau di tempat liburan tapi kepo sama hal baru yang ada di kota saya saat liburan di kota saya. Masa tidak keluar tidak mungkin dan kota saya kecil jadi itu-itu aja yang saya lewati jadi pasti belinya. Apa perlu di atur dari awal uang ada atau gimana?

🌷Kalau begitu di budgetnya misal cukup 100 ribu saja

0⃣3⃣ Adha
Bagaimana cara memanage pengeluaran atau kebutuhan mendadak? Karena kadang tabungan sudah di jatah untuk keperluan yang penting.

🌷Jawab :
Ada dana tidak terduga juga kita sisihkan sebagai antisipasi dengan situasi dan kondisi. Bila memang tidak diperlukan, dana tak terduga tersebut jadi bisa di tambahkan untuk tabungan.

0⃣4⃣ Leny
Bagaimana membagi penghasilan bun? Misalnya berapa % untuk tabungan, zakat dll dari gaji?

🌷Jawab :
Di sisihkan dulu untuk ZIS, lalu bayar hutang (jika ada) selanjutnya tabungan

0⃣5⃣ Nene
Kalau tabungan pendidikan tidak ribakah ustadzah? Bagaimana dengan dinar?

🌷Jawab :
Melalui bank syariah, sudah di awasi DSN MUI,
Dinar juga bisa, lebih tetap fluktussinya.

Wallahu'alam

0⃣6⃣ Rizki
Kalau asuransi seperti kesehatan atau pendidikan boleh tidak? Reksadana juga bagaimana hukumnya?

🌷Jawab :
Saat ini sudah ada yang syariah maka pilih yang demikian. Sebab yang syariah diawasi boleh DSN MUI dan kesepakatan ulama tentang kebolehannya.
Demikian juga dengan reksadana syariah.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

Be smart Muslimah, always Qanaah and keep shukr every time mengokohkan keluarga, sakinah mawaddah warahmah till jannah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar