Rabu, 21 Februari 2018

Mengenal Hipertensi Dalam Kehamilan



OLeh   : dr. Valleria, Sp.OG

Sekilas tentang Persiapan (fisik) Pra Konsepsi dan Perawatan Kehamilan.

Kehamilan dan Persalinan yang sehat berupa ibu dan bayi yang sehat jasmani dan ruhani dapat diupayakan dengan persiapan pra atau sebelum konsepsi, dan tentunya pemeriksaan dan perawatan ibu selama kehamilan dan pemantauan perkembangan janin dalam kandungan.

Persiapan tersebut tidak hanya mencakup persiapan fisik, tetapi juga persiapan mental (ilmu atau ruhiyah) sebagai calon ibu. Pada pembahasan ini, fokus hanya untuk persiapan fisik.

Persiapan fisik pra konsepsi (pembuahan) secara umum untuk seorang perempuan dengan kondisi kesehatan baik tanpa penyulit medis antara lain :

- Melakukan medical check up (pre marital check up).

- Mengkonsumsi asam folat 400 ug per hari (atau 5 mg bila ada kondisi tertentu).

- Vaksinasi rubella bila belum memiliki imunitas.

- Vaksinasi TT.

- Menjaga indeks massa tubuh (IMT) ideal 18,5 - 25 (rumus IMT berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m)2.

- Menjaga gaya hidup sehat : pola makan sehat, olah raga, tidur dan istirahat cukup.

Bila memiliki riwayat penyulit dalam kehamilan sebelumnya (pre eklamsia, diabetes dalam kehamilan, depresi pasca persalinan, cacat janin bawaan dan sebagainya) atau memiliki kondisi kesehatan tertentu (darah tinggi menahun, diabetes melitus, epilepsi, asma dan sebagainya), maka sebelum merencanakan kehamilan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter (SpOG) terlebih dahulu.

Mengapa perlu persiapan fisik pra konsepsi?

- Hamil, melahirkan dan menyusui adalah beban fisik tambahan bagi perempuan sehingga saat hamil, tubuh perempuan mengalami perubahan agar bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut.

- Karena hamil, melahirkan dan menyusui adalah tambahan beban fisik maka perlu dipersiapkan agar tidak terbebani.

- Apabila proses adaptasi tersebut tidak berjalan mulus, ada potensi gangguan yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan atau janin atau bayi.

Setelah pembuahan (konsepsi) dan kehamilan terjadi, maka pemeriksaan kehamilan sangat penting untuk:

- Mendeteksi dini adanya gangguan adaptasi atau penyakit pada kehamilan; ini merupakan upaya untuk menjaga agar ibu hamil tetap sehat dan komplikasi kehamilan dapat dideteksi dan ditangani segera, serta perkembangan dan pertumbuhan janin dipantau dengan optimal.

WHO menyarankan minimal 8 pemeriksaan kehamilan (antenatal care, ANC) untuk seorang perempuan sehat.
NICE menyarankan minimal 11 kali ANC untuk primigravida (hamil anak pertama) dan minimal 10 kali ANC untuk kehamilan berikutnya.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Serra
Kehamilam berapa bisa di diagnosa hipertensi dan saat menikah berapa bulan atau minggu sekali chek?

🌷Jawab:
Hipertensi yang terjadi karena kehamilan baru bisa didiagnosis pada usia kehamilan mulai 20 minggu. Apabila sudah ada hipertensi sebelum usia kehamilan 20 minggu, maka kategorinya adalah hipertensi kronis (tidak terkait penyebabnya karena hamil).

Seharusnya dilakukan pre marital check up beberapa bulan sebelum menikah atau melakukan medical check up tiap tahun.

0⃣2⃣ Sofi
Apa penyebab hipertensi pada kehamilan ini?
Ada faktor genetiknya kah?

🌷Jawab:
Penyebab hipertensi dalam kehamilan adalah hamil.
Faktor genetik dapat mempengaruhi terjadinya kondisi ini.

0⃣3⃣ Sisca
Kehamilan pertama. Anak saya lahir prematur 33w. Saya tidak tahu apa penyebabnya, karena dokter juga tidak menjelaskan pada saat itu. Awalnya saya hanya control kehamilan biasa di klinik.

Nah ketika pemeriksaan, tensi saya tinggi, saya lupa berapa yang pasti, biasanya tidak pernah setinggi itu sampai dokter ngecek 3x
Dan periksa urine +, Saya bertanya kenapa, dokter tidak menjelaskan apa-apa, langsung membuat rujukan rawat inap di RS untuk bedrest,,,
Di RS sekitar jam 8 malam, langsung infus. Jam 2 malam saya merasakan sakit perut, kata perawat kontraksi palsu karena belum waktunya. Jam 7 pagi sakit perut saya semakin cepat,, ketika perawat periksa ternyata sudah bukaan 7. Jam 8 pagi Alhamdulillah lahir putra pertama kami.

Pertanyaan saya :
1. Apa yang menyebabkan anak saya lahir prematur? Apakah yang saya alami termasuk hipertensi?

2. Kalau misalnya nanti saya hamil lagi, apakah beresiko prematur juga?

3. Usia anak saya sekarang 15 bulan, tapi saya belum haid, wajar kah itu? Saya tidak KB.

🌷Jawab:
1. Pre Eklampsia. Termasuk hipertensi.

2. Bisa jadi beresiko juga.

3. Wajar jika masih menyusui, tidak wajar jika sudah berhenti menyusui.

0⃣4⃣ Serra
Jika saat akan chek up ternyata hipertensi, apakah minum obat juga boleh program hamil atau bagaiamana?

🌷Jawab:
Boleh

0⃣5⃣ Siska
Faktor apa yang biasanya menyebabkan ibu hamil pre eklampsia?

🌷Jawab:
Banyak hal, antara lain :
1. Faktor bawaan pembuluh darah.
2. Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti hipertensi, diabetes, penyakit ginjal, penyakit auotimun.
3. Stress.
4. Kurang tidur .
5. Pola makan buruk.
6. Malnutrisi.
Dan lain-lain.

0⃣6⃣ Dian
1. Dok, apakah hipertensi bisa menyebabkan keguguran? Karena teman punya riwayat hipertensi dan dia keguguran!

2. Apa yang harus di hindari untuk meminimalkan hipertensi pada bumil?

🌷Jawab:
1. Bisa sekali.

2. Kendalikan tekanan darah. Pengendalian tekanan darah harus dengan supervisi dokter.

0⃣7⃣ Chusnul
Saya lagi hamil anak ke-3 20 week, anak pertama usia 6 tahun lahiran secara normal, anak ke-2 usia 22 bulan lahiran secara SC. Pertanyaan saya, apa anak ke-3 saya bisa lahiran secara normal dok?

🌷Jawab:
Bisa.

0⃣8⃣ Dian
1. Apakah pasien dengan riwayat anemia bisa jadi hipertensi ketika hamil, dok?

2. Apakah ketika bumil hipertensi dokter akan memberi aturan untuk menurunkan atau menstabilkan ya? Tergantung kasus nya kah dok?

🌷Jawab:
1. Bisa jadi, tapi gak berhubungan dengan anemianya (jadi ada 2 hal yang terjadi barengan: anemia dan hipertensi).

2. Ya, tekanan darahnya harus terkontrol dengan perbaikan gaya hidup, perbaikan nutrisi dan obat atas indikasi tertentu.

0⃣9⃣ Oom Sri H.
Saat ini usia kehamilan 37 minggu, selama periksa ke bidan tensi darah saya selalu dikisaran 100-110. Apakah hal tersebut bisa memicu hipertensi?

Karena yang saya baca di buku pegangan, tekanan darah ibu hamil yang normal dikisaran 120. Jika hal tersebut akan memicu hipertensi, apa yang harus saya lakukan untuk meminimalisirnya? Jazakillah bu dokter.

🌷Jawab:
Mohon dijelaskan apakah tekanan darah tersebut tekanan sistolik atau diastolik?
Karena untuk menyebut tekanan darah biasanya dalam bentuk seperti: 120/80, 110/70 (sistolik atau diastolik) .

FYI, hipertensi itu definisinya adalah suatu kondisi di mana tekanan darah sistolik lebih dari 120 mmHg dan atau tekanan darah diastolik lebih dari 80 mmHg.

1⃣0⃣ Annisa
Hamil pertama saya keguguran 8 bulan saat cek darah ternyata anemia dan pas mau promil disuruh cek torch ternyata ada rubella dan cmv dan saya terapi 3 bulan tapi baru dapat setengah bulan saya positif hamil, jadi jarak hamil ke dua sama keguguran itu 3 bulan pas.

Saat hamil kedua, janin saya kurang berkembang dok dan di cek ternyata saya ada pengentalan darah, 32w saya mules-mules dikira kontraksi palsu saat ke rumah sakit ternyata udah pembukaan 5. Setelah lahir anak saya, saya di beritahu anemia dan hb saya 8. Yang mau ditanyakan :
1. Apakah jarak 3 bulan kehamilan atau pengentalan darah atau anemia bisa menyebabkan lahir prematur dok?

2. Kalau saya hamil lagi apa akan prematur lagi dok? Atau bisa lahiran sampai 9 bulan?

🌷Jawab:
1. Dalam kasus ini, Persalinan prematur terutama dipicu oleh pengentalan darah.

2. Bisa, jika faktor pemicunya masih ada.

1⃣1⃣ Devi
1. Jika os TD Awal selalu 90/60 kemudian saat hamil aterm 130/100 ada keluhan pusing, protein urine trace atau negatif,  Sudah ada tanda-tanda inpartu. Apakah tetap tatalaksana PEB atau tidak sebelum dirujuk!?

2. Saya riwayat KE sudah di suntik Mtx 2x. Alhamdulillah setelah itu Allah kasih keturunan 1, lalu saya sekarang ingin memiliki anak ke-2 (infertil sekunder) KB hanya 18 bulan tetapi lebih dari 6 tahun belum diberikan lagi. Sudah cek tuba 1 tidak paten sebelah kiri alhamdulillah sebelah kanan paten.

Mohon arahannya agar ada kesempatan untuk hamil kembali!!!

🌷Jawab:
1. Sebelum dirujuk minimal diberi obat antihipertensi.

2. Kesempatan untuk hamil kembali sama saja dengan yang kedua tuba-nya patent.

1⃣2⃣ Annisa
1. Apa yang harus di lakukan untuk bisa sembuh dari pengentalan darah supaya saya bisa next tidak ada lahiran prematur atau keguguran di usia kandungan yang sudah masuk trimester 3?

2. Apa benar dok kalau saya hamil lagi harus di jahit jalan keluar baby saat uk 16w?

🌷Jawab:
1. Pengobatannya harus dengan supervisi minimal oleh ahli penyakit dalam (internis) dan jangan hamil dulu sebelum pengentalan darah nya terkendali.

2. Benar jika penyebab prematurnya adalah incompetensia cervix; dipasang shirodkar di usia kehamilan 14 minggu. Jika tidak ada inkompetensia servix, tindakan tersebut tidak perlu.

1⃣3⃣ Farida
Saya baru pertama kali melahirkan melalui SC dan harus melahirkan prematur di usia 30 minggu dikarenakan pre eklampsia.

Yang saya mau tanyakan, dari awal kehamilan sampai menjelang melahirkan, tensi saya justru selalu rendah. Tapi kenapa secara tiba-tiba tensi saya bisa tinggi ya (ketika dicek di bidan di angka 160/100 sampai dirujuk di RS sudah 200/100)
Terimakasih bu.

🌷Jawab:
Karena itulah namanya pre eklampsia, bu. Eklampsia itu artinya halilintar atau sesuatu perubahan yang dahsyat.
Dan Karena itu pula persiapan sebelum hamil (persiapan pre konsepsi dan perawatan selama hamil (antenatal care) itu penting. Bahkan yang sudah teratur ANC saja terkadang masih mengalami pre eklampsia. Pencegahannya harus terintegrasi dengan pola hidup sehat dan nutrisi yang seimbang.

1⃣4⃣ Adha
1. Bekas operasi Cesar bisa hilang tidak ya?
2. Pakai apa nyamarin bekas operasinya, madu, minyak zaitun bisa kah?
3. Berapa Hari Pasca Operasi boleh pakai maskernya atau pakai de*matik?

🌷Jawab:
1. Hilang total tidak bisa
Justru jangan hilang total karena bekas SC itu informasi penting untuk dokter atau nakes.

2. Kalau untuk menyamarkan bekas lukanya dengan madu atau minyak zaitun, saya belum pernah baca penelitiannya bu.

3. Setelah verbannya dibuka.

1⃣5⃣ Siska
Setelah melahirkan jadi ada wasir dok, Tapi tidak di beri obat sama dokter karena masih menyusui, Solusinya bagaimana ya?

🌷Jawab:
Keluhan terkait wasir-nya apa?

🔹Wasirnya keluar jika saya BAB setelah itu kempes sendiri, tapi nyeri banget kalau setelah BAB. Tidak ada riwayat wasir dok, hanya setelah melahirkan.

🌷Boleh kok bu pakai obat pengurang nyeri. Konsul dokter bedah saja bu. Nanti akan diberi obat yang sesuai dan akan diberi saran untuk meningkatkan asupan makanan berserat dan probiotics (yoghurt) serta banyak minum agar proses pencernaan lancar dan fesesnya lunak. Wasir itu bisa dipicu oleh kehamilan.

🔹Kalau misal nanti saya melahirkan lagi, pengaruh tidak dok itu wasir, masih bisa kan lahiran normal?

🌷Tergantung kondisinya saat akan melahirkan. Jika wasirnya sedemikian besar sehingga dikhawatirkan pecah dan berdarah, biasanya dokter tidak akan izinkan persalinan pervagina.
Memperbaiki wasir yang pecah lebih rumit dan sulit dibandingkan operasi sesar.

1⃣6⃣ Farida
Pasca operasi & KB IUD, setiap haid antara hari ke-1 sampai hari ke-3, kenapa lebih nyeri dan sakit dibanding sebelumnya ya dok?

🌷Jawab:
Penyebabnya banyak dan untuk mencari tahu penyebabnya harus diperiksa langsung,  termasuk memeriksa ada kemungkinan posisi IUDnya tidak pas.

1⃣7⃣ Adha
Masalah hormonal, kalau haid yang ngeflek-ngeflek di hari-hari akhir, sampai berhari-hari melebihi Hari haid biasanya itu normal tidak ya, dan biar haidnya lancar gimana caranya? Bidan pernah bilang stress juga mempengaruhi hormon. Dan sebaliknya hormon juga mempengaruhi stress?

🌷Jawab:
Harus diperiksa dulu bu. Penyebabnya banyak sekali. Pengobatan tergantung apa penyebabnya. Jadi, tahap awal, yang penting harus diketahui dulu diagnosis atau penyebab gangguan hormonnya, baru setelah itu ditentukan obatnya.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

Alhamdulillah, semoga diskusi kita bermanfaat ya. Barakallah.

Jangan segan konsul ke dokter jika ada masalah kesehatan yang mengganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar