Rabu, 21 Februari 2018

Pendidikan SEKS Untuk Anak Dalam Perspektif Islam



OLeh   : Bunda Suci S.

Assalammualaykum warrahmatullahi wabarakatuh...

Bismillah,
Akhwatfillah yang dirahmati Allah. Baru-baru ini kita dikejutkan oleh berita pedofilia di sebuah kota di Indonesia. Pedofilia kali ini menyerang anak-anak jalanan yang memang rentan dan menjadi sasaran empuk pada predator seks anak.

Dikutip dari tempo.co (5 Mei 2014) , badan intelejen Amerika Serikat menyatakan bahwa kasus pedofilia tertinggi di Asia adalah Indonesia. Pada tahun yang sama, lebih dari 200 kasus pedofilia diungkap oleh pihak kepolisian.

Kita masih ingat bagaimana pelaku pedofilia di Sukabumi. Yang melakukan kejahatan seksual pada 73 anak. Belum lagi kasus pencabulan di sebuah sekolah international Jakarta.

Baru-baru ini saya mendapat kabar dari seorang teman bahwa pedofilia pun menyerang di sekitar masjid. Anak-anak yang melakukan shalat maghrib berjamaah di masjid, biasanya tidak pulang ke rumah. Mereka bermain di sekitar masjid hingga waktu shalat isya. Dan saat inilah para pedofilia menyerang.

Lalu sebagai orang tua, apa yang harus dilakukan ?

1. Orang tua harus mengajarkan agama sedini mungkin. Yang meliputi ;

A. Menjaga Mata

Allah Ta’ala berfirman,

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

”Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, ’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’” (QS. An-Nur: 30).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata,

هذا أمر من الله تعالى لعباده المؤمنين أن يغضوا من أبصارهم عما حرم عليهم، فلا ينظروا إلا إلى ما أباح لهم النظر إليه ، وأن يغضوا أبصارهم عن المحارم

“Ini adalah perintah dari Allah Ta’ala kepada hamba-hambaNya yang beriman untuk menjaga (menahan) pandangan mereka dari hal-hal yang diharamkan atas mereka. Maka janganlah memandang kecuali memandang kepada hal-hal yang diperbolehkan untuk dipandang. Dan tahanlah pandanganmu dari hal-hal yang diharamkan.”  (Tafsir Ibnu Katsir, 6/41)

Mata adalah panca indera yang sangat penting. Karena itulah harus dijaga dari melihat hal-hal yang dilarang Allah. Terutama dijaga dari melihat aurat.

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda, "Laki-laki tidak boleh melihat aurat laki-laki, dan perempuan tidak boleh melihat aurat perempuan." (HR. Muslim)

Aurat dalam mazhab Maliki menyatakan ,

^ Aurat laki-laki dengan laki-laki lain adalah antara pusar sampai lutut.

^ Aurat perempuan dengan perempuan lain (jika keduanya sesama muslim) adalah antara pusar dan lutut.

B. Menjaga Mulut

Dalam Islam, fungsi mulut ditegaskan Rasulullah saw dalam beberapa hadits diantaranya ;

"Seseorang mengucapkan perkataan yang tidak jelas baginya, dia akan tergelincir akibat ucapannya itu ke dalam neraka lebih jauh daripada jarak antara Timur dan Barat." (HR. Bukhari-Muslim)

”Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas."  (HR. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim)

Dari kedua hadits di atas, sangat jelas bahwa fungsi mulut dalam Islam adalah untuk makan, minum & bicara. Hal ini harus ditekankan pada anak. Karena pada banyak kasus kejahatan seksual anak, dilakukan melalui mulut.

C. Menjaga Kemaluan

Di point A sudah disebutkan dalil tentang kewajiban menjaga kemaluan. Dan ini wajib diajarkan baik pada anak laki-laki maupun perempuan.

Siapa saja yang boleh melihat dan memegang kemaluan anak ? Hanya orangtua dan pihak medis dengan alasan kesehatan.

Namun dalam hal ini, orangtua pun tidak selamanya boleh melihat ataupun memegang kemaluan anaknya. Ketika seorang anak sudah masuk usia balita, maka sudah bisa diajarkan untuk memberishkan alat kelaminnya sendiri. Terutama setelah buang air kecil atau setelah buang air besar.

2. Orangtua harus mengajarkan anak melakukan langkah-langkah penolakan ketika ada seseorang yang mencoba melihat atau memegang auratnya. 

Ada satu kejadian di sebuah kota besar Indonesia. Beberapa orang anak laki-laki (usia 8 tahun) pulang dari masjid. Di tengah perjalanan, di sebuah lapangan luas yang penerangannya temaram, mereka dipanggil oleh seorang anak remaja laki-laki usia 15 tahun.

Anak remaja ini mengajak anak-anak kecil itu bermain burung-burungan. Anak-anak kecil itu diiming-imingi es krim dan coklat. Kemudiam anak-anak kecil itu pun disuruh untuk berdiri berjajar dan disuruh membuka celana. Bisa ditebak bagaimana kelanjutannya.

Karena anak-anak kecil itu tidak pernah diajarkan agama sejak dini dan juga tidak pernah diajarkan situasi seperti ini, maka anak-anak kecil itu pun membuka celananya dengan suka rela.

Maka akhwatfillah, sebagai orangtua kita wajib mengajarkan anak cara-cara penolakan ketika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sebagai contoh, anak-anak diajarkan untuk lari secepat mungkin ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Atau sejak dini anak bisa diajarkan bela diri seperti silat atau karate.

Akhwatfillah yang dirahmati Allah. Mari kita jaga anak-anak sejak dini. Kita persiapkan anak-anak kita menghadapi berbagai tipu daya dunia. Dan hadapi semua ini dengan adab dan ilmu.

Kejahatan seksual yang terjadi pada anak, hendaknya tidak membuat kita PARNO dalam mendidik anak. Kemaksiatan yang makin marak ini, jadikan sebagai momentum pembelajaran yang sangat berharga.

Wallahualambishawab
Wassalammualaykum warrahmatullahi wabarakatuh


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Dian
Mulai usia berapa anak harus dikasih tahu?

🌷Jawab :
Sejak usia batita.
Untuk usia batita bisa diajarkan dengan lagu dan diiringi gerakan yang mudah.

Saya pernah liat contoh lagunya di yayasan buah hati bu Elly Risman.

0⃣2⃣ Ratna
Banyak kejadian pelecehan seksual itu justru pelaku nya dari orang terdekat. Bagaimana cara orang tua memberikan pemahaman terhadap anak sendiri?

🌷Jawab :
Ketika berbicara pada anak, orang tua harus menyesuaikan dengan usia anak.

Usia batita berbeda dengan usia balita. Usia balita cara komunikasinya berbeda dengan usia 7 - 9 thn. Begitu seterusnya.

Untuk usia batita, sebaiknya dalam pengawasan orang tua.

Betul sekali bahwa saat ini kasus pelecehan seksual banyak dilakukan oleh keluarga. Bahkan oleh orang tua nya sendiri.

Bagi orang tua yang baik baik, wajib memberikan informasi batasan aurat pada anak. Siapa saja yang boleh melihat auratnya.

Wallahualambishawab.

0⃣3⃣ Rini
Mau tanya dengan bahasa seperti apa ya bunda kita sebagai orang tua menjelaskan kepada anak kita?misalnya mengenalkannya masalah alat kelamin dengan sebutan vagina atau testis apa bagaimana ya bunda?
Terkadang saya bingung harus dari mana menjelaskan kepada anak saya?

🌷Jawab :
Usia anaknya berapa?

Jadi untuk anak-anak, orang tua hanya menjawab apa yang ditanyakan oleh anak. Karena pikiran anak masih seputar sebab akibat.

Contoh. Kalau seorang anak bertanya, apa yang dimaksud dengan seks? Orang tua cukup menjawab : seks adalah jenis kelamin yaitu perempuan & laki-laki .

Cukup jawab seperti itu & tidak usah melebar kemana-mana.

Dan tentunya jawaban harus disesuaikan dengan usia anak ya.

Wallahualambishawab

💎 Anak pertama saya 5 tahun yang kedua jalan 3 tahun.

0⃣4⃣ iNdika
1.Bagaimana cara memberitahu orang tua supaya mendidik anak-anaknya bisa "menjaga" dirinya?
2. Bagaimana mengajarkan anak seusianya untuk tidak mudah disentuh orang lain?

🌷Jawab :
Intinya, komunikasi yang dilakukan orang tua harus disesuaikan dengan usia anak.

Kemudian ajarkan anak tentang aurat. Siapa yang boleh melihat & siapa yang boleh memegang.

Sampaikan dengan bahasa yang lugas yang mudah dimengerti.

Wallahualambishawab

0⃣5⃣ Dewi
Bagaimana menangani anak yang menjadi korban pedofilia?

🌷Jawab :
Usia anaknya berapa ?

Pedofilia bisa dilakukan laki-laki dewasa ataupun perempuan dewasa.

Baru baru ini ada kasus di Jakarta. Seorang batita laki-laki "diperkosa" oleh pembantu (wanita) rumahnya yang berusia remaja.

Ketika dikonsultasikan ke dokter, dokter menyarankan untuk dibawa ke psikiater agar diberikan semacam stimulus untuk menghilangkan trauma & diberikan obat yang disesuaikan dengan usianya.

Untuk anak anak di atas balita, sebaiknya juga dibawa ke psikolog agar meminimalisir trauma yang ada.

Wallahualambishawab

0⃣6⃣ Aliyah
Anak usia 3 tahun apakah sudah siap untuk  dikenalkan masalah seks? Bagaimana solusinya bunda?

🌷Jawab :
InsyaAllah.

Dalam tulisan saya di atas, saya sampaikan bahwa sedini mungkin anak wajib dikenalkan pada batasan aurat serta fungsi fungsi panca inderanya. Seperti fungsi mulut. Betul betul ditekankan bahwa mulut hanya untuk makan, minum & bicara. Tidak untuk yang lainnya.

Wallahualambishawab

0⃣7⃣ Serra
Assalamualaikum
Apakah yang harus kita lakukan jika ada anak kecil yang umur 5 tahun sudah tahu banyak tentang seks dini?  Perlukah kita ajarkan ke tingkatan ada video yang begitu atau bagaimana?

🌷Jawab :
Waalaykumsalam

Usia 5 thn kira-kira pengetahuan seksnya sudah sejauh mana? Bisa kasih contoh?

💎 Berarti belum perlu menambahkan ilmu baru kah?
Maksudnya yang perlu di gali ilmu yang sudah dia miliki dan belum perlu menambahkan ilmu baru?

🌷Ilmu baru belum perlu. Justru harus dibatasi.

💎 Sudah tahu dari lagu yang beredar di kota saya untuk tidak menyentuh alat vital.  Dia  pintar ustadz.  Dari mendengar sudah tahu macam-macam. Hafidzah apa ya jadinya gitu.  Apa saja sudah paham. Yang tidak tahu dia soal permainan kuno.

🌷 Nah... anak-anak memang cepat sekali dalam merekam sesuatu.

Usia 5 tahun biasanya masih polos. Karena belum masuk usia tamyiz (usia yang sudah mengenal mana yang salah & mana yang benar).

Coba digali lebih dalam. Ditanyakan pada anak tersebut tentang pengetahuannya.

Contoh, tanyakan pada dia fungsi alat kelamin. Jika jawabnya sudah merembet ke masalah hubungan badan, maka sebaiknya diluruskan.

Tapi tentunya disampaikan dengan bahasa anak-anak ya.

Ketika orang tua menemukan anak yang seperti ini, jangan panik & emosi. Tetap tenang agar pikiran tetap rasional.

Wallahualambishawab

0⃣8⃣ Ummu Muslimah
Assalamu'alaykum
Apakah berlebihan jika dari bayi (mulai 3 bulan) sudah diajarkan pendidikan seks?

Jazaakillaahukhairan

🌷Jawab :
Waalaykumsalam

Jadi kita harus sama meluruskan pikiran dulu. Bahwa seks tidak hanya tentang hubungan badan.

Maka sejak bayi anak dibiasakan diajarkan tentang fungsi fungsi panca indera. Seperti yang saya sampaikan di atas.

Misalnya, sambil disusuin ajak anak ngobrol. Ceritakan tentang fungsi mulut untuk apa. Fungsi hidung untuk apa dan lain-lain.

Kan kita sering yah sama anak bayi bicara seperti ini, "ini mulut adek." Atau "ini hidung adek".

Nah pada saat itu ceritakan juga tentang fungsi fungsinya.

Jadi komunikasi dengan bayi jangan dibayangkan yang susah & berat berat. Yang simpel aja.

Wallahualambishawab

0⃣9⃣ Aniek
Bunda, usia berapakah anak laki-laki wajib khitan?
Bolehkah anak yang sudah berusia 8 th belum khitan adzan untuk sholat fardu berjamaah di masjid?
Jazakallah khayrr

🌷 Jawab :
Dalam Islam, anak anak dikhitan sebelum baligh. Untuk usianya berapa, tergantung pada kesiapan anak.

Ada beberapa orang tua yang memutuskan meng khitan anaknya pada usia balita. Tentunya dengan berbagai pertimbangan.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter.

1⃣0⃣ Fitri F
Dengan kondisi begitu gawatnya pedofil atau lgbt di sekitar kita, apakah ada cara lain selain memberikan pemahaman kepada anak, misal selalu mendampingi anak jika keluar rumah ? Atau ada cara yang lain selain memberikan pemahaman ?

🌷 Jawab :
Tidak mungkin orang tua harus selalu mengikuti anak kemana-mana.

Maka harus ditanamkan pada anak akidah yang lurus. Kuatkan akidahnya sedini mungkin. Dekatkan pada Allah sejak dini. Dekatkan pada Al Qur'an sejak dini.

Karena hati yang terpaut pada Allah, ketika ada kemaksiatan di depan matanya, insyaAllah hatinya akan bergolak & menolak.

Tanamkan pada anak : Allah jaga, Allah lihat & Allah lindungi.

Wallahualambishawab

1⃣1⃣ Fitri F
Sepanjang yang bunda temui saat ini terkait pedofil dan lgbt, adakah peran pemerintah untuk menolak praktik-praktik pedofil dan lgbt ? Kemudian, apakah ada peluang bagi kita untuk membangun jaringan menolak praktik-praktik pedofil dan lgbt tersebut, di level nasional maupun regional, seperti di ASEAN?

🌷 Jawab :
Pedofilia sudah ada hukumnya.
Yang belum ada hukumnya adalah perilaku homoseksual, lesbian, biseksual & transgender. Kemudian perilaku seks bebas juga belum ada hukum yang jelas. Dalam KUHAP yang dihukum adalah seorang suami PNS yang berselingkuh. Jika profesi suami adalah karyawan swasta maka tidak hukuman tentang seks bebas. Apalagi seks bebas di kalangan muda mudia. Tidak ada hukumnya.

Kalau diskusi lgbt bisa panjang yah harus kopdar. Karena kita tidak bisa memahami hanya akibatnya saja. Kita harus paham bahwa semua ini buah dari feminisme yang sudah diperjuangkan sejak abad 16.

Wallahualambishawab

1⃣2⃣ Ani
Bagaimana menyembuhkan psikologi anak-anak korban pedofil?
Kan dia bakal ingat terus!!

🌷Jawab :
Sudah dijawab di atas ya say

1⃣3⃣ Ratna
Bund apakah anak korban pelecehan seksual itu ada ciri-ciri nya? Biasanya anak bakalan susah untuk berterus terang telah jadi korbannya!

🌷Jawab :
Kalau ciri secara fisik tidak ada. Tapi dari cerita teman teman psikolog, biasanya untuk anak-anak ini akan melakukan 2 hal. Pendiam sekali atau sangat aktif sekali. Semuanya dilakukan untuk melupakan masa lalunya.

Kemarin saat sharing di Karawang. Saya dapat cerita dari seorang ibu. Teman SMA nya (lelaki) yang sekarang sudah menikah ternyata ketika kecil diperkosa oleh pamannya.

Alhamdulillah sekarang dia sudah menikah & sangat mencintai istrinya. Namun setelah belasan tahun menikah ia tidak bisa punya anak. Karena ketika melakukan hubungan suami istri, ia merasa itu adalah perilaku dosa.

Maka sebaiknya sejak dini anak diajarkan pendidikan seks yang disesuaikan dengan usianya. Dan ajarkan juga untuk menceritkan segalanya pada orang tua nya.

Agar ketika ada kejadian kejadian yang menyimpang, bisa segera diobati.

Wallahualambishawab

1⃣4⃣ Fitri F
Apakah ada komunitas bapak-bapak mendukung gerakan anti pedofil atau lgbt, maksudnya dengan aksi yang besar, massif dan kontinu?

🌷Jawab :
Pertanyaannya bagus sekali say

Inilah yang belum ada sekarang. Jadi masyarakat Indonesia itu ramainya kalau ada kejadian saja. Kalau tidak ada kejadian, langsung adem ayem.

Padahal para feminisme sudah bekerja sejak abad 16 sampai sekarang. Dan ketika kita semua sekarang sedang terhenyak, mereka sudah merencakan program untuk 20thn - 30thn ke depan.

Ada 3 hal yang perlu dilakukan :

1. Gerakan keilmuan. Artinya, kita masifkan penelitian penelitian tentang mereka.

2. Gerakan sosialisasi bahayanya. Ke masjid masjid , sekolah sekolah dan lain-lain.

3. Gerakan massa. Yaitu membentuk berbagai komunitas. Yang nantinya komunitas ini bisa bergerak kemana-mana. Seperti melakukan aksi simpatik di CFD berbagai kota.

Ini semua belum optimal kita lakukan. Maka tidak heran kalau mereka merasa di atas angin.

1⃣5⃣ Ani
Apakah kita boleh khawatir berlebihan dan jadi posesif ke pergaulan anak? Jadi takut sendiri!!

🌷Jawab :
Di akhir tulisan di atas saya sampaikan, semua yang terjadi saat ini, jangan menjadikan orang tua PARNO.

Justru inilah saat yang tepat untuk mendidik, menjaga & melindungi anak-anak dengan memaksimalkan berbagai cara.

Wallahualambishawab

1⃣6⃣ Mama Putri
Saya kalau mandi sering bareng sama anak perempuan saya usia 3 tahun, pas kebetulan saya lagi haid anak saya bilang "igh bunda pup di pempers". Itu sudah boleh di jelaskan kalau saya lagi haidkah bunda!

Terima kasih

🌷Jawab:
Boleh sekali.
Untuk usia 3 thn. Sampaikan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti.

Cukup katakan "itu bukan pup sayang. Itu darah. Yuk kita main lagi."

Cukup seperti itu. Langsung alihkan perhatian anak ke hal-hal yang lain.

1⃣7⃣ Han
Bund,,
Memang anak boleh mandi bersama sama orang tuanya sampai usia berapa???

🌷Jawab:
Jaman dulu sama sekarang beda say.
Saya kemarin baru baca hadits.
Bahwa perempuan & perempuan , laki & laki dilaramg mandi dalam satu kolam.

Larangan ini berlaku untuk orang tua. Jadi kalau mandi bareng sampai telanjang baiknya jangan.
Kalau hanya berenang atau main air tidak apa-apa..

💎ya bund,,,
Jadi tidak boleh ya,,,

Biasanya kan orang tua sekalian mandi bersama dengan anak-anaknya sekalian di mandiin.

Tidak bolehnya ada batasan usia sampai berapa atau bagaimana!

🌷Tidak boleh sejak dini say.

💎Iya bund,,,
Oyaaa,,
Yang bunda baca hadisnya tadi boleh han tau bund!

🌷Nanti saya foto bukunya ya..

💎Na'am bund, Jazakillah.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSiNG STaTeMeNT💘

Bismillah...

Semoga Allah selalu melindungi anak cucu kita kelak.
Semoga Allah menjadikan generasi Indonesia, generasi yang rabbani.

Dan menghadapi segala macam perilaku menyimpang di sekitar kita. Hendaknya kita bisa menahan diri. Bersikaplah dengan adab dan ilmu.

Karena musuh-musuh kita saat ini sedang menanti kita semua melakukan persekusi agar mereka bisa mengklaim bahwa mereka telah didzhalimi.

Tetaplah cerdas dalam tidak bersikap ya Bidadari Surga.

Mohon maaf lahir batin. Semoga sharing ini bermanfaat bagi semuanya.

Wassalammualaykum warrahnatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar