Rabu, 21 Februari 2018

Demam & Batuk Pilek Bagi Anak



OLeh  : dr.Triana Purnajati, M.Sc., Sp.A

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ
اعوذبالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم.
رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Senang sekali malam ini bisa membersamai para bunda dan calon bunda sekalian dalam rangka sharing bersama tentang demam, batuk, dan pilek.

Melihat absen tadi saya melihat mayoritas sudah melakukan penanganan pertama yang benar yaitu hidrasi.

Sebelumnya saya ingatkan bahwa saya dokter anak, karena perjalanan penyakit dan kuman patogen anak dan dewasa cukup berbeda jadi mohon jangan disamakan antara anak dengan dewasa.


🌷Demam itu apa sih?

Demam (pireksia) adalah keadaan suhu tubuh di atas normal (>37,5°C aksila) sebagai akibat peningkatan pusat pengatur suhu di hipotalamus (bagian dari otak). Demam disebabkan oleh zat pirogen yang dapat berasal dari dalam atau luar tubuh. Cara pengukuran suhu adalah dengan menggunakan termometer yang diletakkan di rektum, mulut, ketiak, atau rongga telinga.


🌷Kalau Batuk?

Batuk adalah manuver ekspulsif paksa udara dari rongga dada melalui pangkal tenggorokan yang terbuka mendadak, berbunyi khas dan merupakan refleks protektif. Jadi, kalau bisa batuk berarti mekanisme pembersihan jalan napas pada tubuh masih bagus.


🌷Kalau Pilek apa?

Pilek adalah kumpulan gejala akibat peradangan pada lapisan mukosa hidung. Gejalanya bisa hidung tersumbat, gatal, atau meler.


🌷Apa saja penyebab demam, batuk, pilek?

1) Rhinitis
Penyebabnya 90% virus dan sering disebut common cold. Gejala akan memberat pada 2-3 hari dan membaik. Rata-rata anak mengalami gejala sampai 7-14 hari, pada beberapa anak bisa sampai 21 hari. Karena penyebabnya adalah virus maka daya tahan tubuh kita akan mengeliminasi sendiri virus tersebut sehingga tidak diperlukan obat khusus untuk melawan virus. Gejala yang ringan cukup diatasi dengan banyak minum, gejala yang lebih berat dapat diatasi dengan obat-obat pereda gejala. Penyebab rhinitis yang lain adalah bakteri dan alergi.


2) Faringitis
Gejala khasnya adalah nyeri telan. Penyebab faringitis 15-30% adalah bakteri yang didominasi oleh Streptococcus beta hemolitikus grup A, 70-85% karena virus, sisanya karena jamur. Infeksi bakteri ini dapat mengakibatkan penyakit jantung rematik dan peradangan akut pada ginjal. Pada pasien yang terdiagnosis faringitis streptokokus mendapatkan antibiotik selama 10-14 hari. Faringitis dapat disertai keterlibatan tonsil (amandel) dan disebut tonsilofaringitis.


Penyakit lain dengan gejala demam batuk pilek intinya kembali pada dua penyakit tersebut di atas. Difteri misalnya, adalah tonsilitis atau tonsilofaringitis yang disebabkan bakteri Corynebacterium diphteriae.


🌷Lalu, apa yang harus dilakukan kalau anak kita demam, batuk, pilek?

Berikan banyak minum, usahakan nutrisi masuk, dan berikan penurun panas jika suhu lebih dari 38,5°C, kompres air hangat. Awasi tanda bahaya.


🌷Apa saja yang harus disediakan di rumah untuk mengatasi demam batuk pilek?

Termometer dan penurun panas. Kadang orang tua khawatir anaknya demam sudah lama, namun setelah diukur suhu ternyata masih normal. Sebaliknya anak menurut orang tua tidak demam ternyata saat dibawa berobat untuk keluhan lain dan diperiksa ternyata demam. Untuk batuk pilek cukup banyak minum saja untuk penanganan awal.

🌷Kapan sebaiknya anak dibawa ke dokter?

- Bila demam tidak turun dengan penurun panas.
- Bila ada tanda bahaya.
- Bila anak berusia <3 bulan.
- Kejang.
- Suhu 41- 42°C.
- Kesadaran turun
atau bila bunda khawatir.

Gejala yang timbul pada tiap anak berbeda-beda (individual), sebagian anak mungkin telah menderita penyakit penyerta dan menimbulkan gejala berat dalam waktu singkat sehingga perlu segera ditangani, misalnya pada anak dengan kanker, penyakit jantung kronis, penyakit ginjal kronis, dan lain-lain.


🔷Don't!🔷

a. Doctor shopping (berganti-ganti dokter), pemeriksaan atau gejala yang didapatkan pada pemeriksaan pertama mungkin tidak muncul pada pemeriksaan kedua sesuai perjalanan penyakitnya, bila bunda berganti-ganti dokter, itu sama seperti menyebar kepingan puzzle.

b. Memberikan obat kakak ke adik dan sebaliknya tanpa petunjuk dokter. Sebagian dosis anak dihitung per kg berat, sebagian menurut usia, jadi beberapa obat mungkin tidak boleh diberikan untuk anak yang lebih muda atau tidak efektif untuk anak yang lebih besar.

c. Menunda ke dokter, misal sudah ada indikasi berobat segeralah dibawa berobat, lebih baik dibawa berobat terlalu dini daripada terlambat.


🌷Bahayakah demam, batuk, pilek?

Jawabannya tergantung, karena kebanyakan virus pada stadium katarhal biasanya menyerang mukosa dahulu dan menimbulkan gejala demam batuk pilek, kita harus tetap waspada.

Kenali tanda bahaya seperti kesulitan bernapas, napas cepat, napas cuping hidung, tarikan dinding dada, penurunan kesadaran, kencing jarang, lemas, kaki tangan dingin, dan masih banyak lagi.

Kencing jarang disini adalah bagi anak yang belum bisa menahan kencing minimal 1x tiap 6 jam, jadi amannya jangan pakai pampers biar ketauan.

Sekian pengantar singkat dari saya, mohon maaf bila masih banyak yang kurang jelas, kita banyak diskusi saja.  Saya kembalikan pada bunda momod.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Sisca
Salam ukhuwah,
Mau tanya saat ini anak saya usia 1 tahun, sedang pilek dan matanya selalu berair dan belekan.

Apalagi ketika tidur banyak sekali keluar belekannya sampai dia sulit untuk membuka mata, kira-kira itu kenapa ya bun?
Apakah ada hubungannya dengan pileknya?
Terus cara menanganinya bagaimana karena saya kasihan lihatnya sampai susah membuka mata. #newmom

💊Jawab:
Ini salah satu manifestasi keterlibatan mukosa yang saya sampaikan tadi. Kabar gembiranya, penyakit adik kemungkinan besar common cold yang mengenai mukosa di mata. Akibatnya keluar produk lembek berwarna putih kekuningan. Kenapa kabar gembira? Karena ini bukan tanda bahaya, common cold disebabkan oleh virus dan akan dieliminasi sendiri oleh tubuh yang sebelumnya sehat.

Yang sebaiknya dilakukan bunda sekarang adalah memberikan cairan yang banyak, boleh apa saja selain teh, kopi, soda dan membersihkan produk mata dengan kassa basah. Berikan nutrisi dan buah segar misal jeruk untuk membantu daya tahan tubuh memusnahkan virus. Semoga lekas sembuh.

0⃣2⃣ Dian
Mbak dokter,
Anak saya usia 8 th. Ini sudah demam dari selasa malam. Saya hanya berikan madu dan herbal juga sanmol jika demam banget. Barusan ini dia pilek dan sekarang bobo' nya ngorok seperti ada ingus di hidung nya, lidahnya ada putih dan nafasnya bau. Ini barusan saya termometer 39,1° dan saya kompres air biasa. Ada mual dan kembung.

💊Jawab:
Sudah 4 hari dan masih tinggi demamnya ya bunda, harus lebih ketat mengawasi tanda bahaya. Ngorok adalah manifestasi sumbatan jalan nafas di sekitar pangkal tenggorokan, bisa karena amandel atau peradangan organ lain di sekitar situ. Bila karena hidung mampet biasanya anak mengatasi dengan membuka mulutnya.

Karena saya tidak memeriksa langsung,  saran saya diperiksakan agar diketahui apakah selaputnya sampai tenggorokan atau tidak dan apakah ada indikasi untuk pemeriksaan darah.
Semoga lekas sembuh.

0⃣3⃣ Lusia
Anak saya usia 2,5 th, tapi kalau tidur suhu tubuh cenderung "panas". Bukan panas seperti demam. Dia sih baik-baik saja. Tapi kalau diraba kepalanya panas dan berkeringat. Tidur pakai AC pun sama .
Kadang kalau tidur leaks nya nemplok di lengan saya itu benar-bener seperti megang botol minum diisi air hangat.

💊Jawab:
Nah ini tadi juga sudah saya sampaikan. Sebaiknya sedia termometer bunda, agar keluhan subyektif dapat kita obyektifkan. Kalau seperti bunda dian tadi saya bisa menyimpulkan bila suhu tersebut masih tergolong tinggi untuk hari ke 4 demam.

Untuk keluhan bunda masih mungkin suhu adik normal sampai terbukti tidak.

0⃣4⃣ Evi
Anak saya kembar sepasang, nah si kakak (cowok) rentan sekali batuk pilek dibandingkan si adik (cewek). Alhamdulillah beberapa kali batuk, saya kasih ramuan kencur sama madu Hitam dan Alhamdulillah cocok, tapi pileknya tidak kunjung sembuh??
1. Adakah tips supaya pileknya sembuh??
2. Bagaimana solusinya untuk mensiasati anak yang mudah batuk pilek agar tidak mudah minum es?
Makasih.

💊Jawab:
Saudara memang mudah menularkan penyakit satu sama lain, kembar ataupun tidak sangat sulit memisahkan saudara walaupun saudara yang satu sedang sakit. Anak-anak merupakan ciptaan yang berbeda beda bunda, saudara kembar sekalipun bisa sangat berbeda dalam hal kesehatan.

1. Coba bunda cari adakah riwayat alergi pada keluarga, jangan-jangan pileknya karena alergi. Pilek karena alergi diterapi dengan antialergi bunda, kalau tidak mempan nanti ada semprot hidungnya, kalau tidak mempan lagi ada imunoterapi, tapi yang paling penting menentukan dulu ini pilek alergi atau bukan.

2. Es mengiritasi saluran napas atas, menyebabkan bronkospasm, sehingga merangsang batuk  pilek dan memperberat batuk pilek yang sudah ada sebelum minum es. Kalau di rumah saya, kami tidak masukin air putih ke lemari es dan tidak buat es juga, jadi lemari es isinya sayuran dan bahan makanan saja. Alhamdulillah sekolah kakak dan adik juga tidak ada penjual jajanan sehingga bisa dikontrol.

0⃣5⃣ Umi
Bu dokter, kalau kepala saja yang hobby panas seperti nylekit badan diraba biasa. Apa pengaruh dari alerginya atau gimana? Dia aktif. Ada riwayat alergi pula, usia 9 bulan, ada riwayat Batuk Pilek juga sampe saat ini masih grok-grok  dan batuk!

💊Jawab:
Naaah, ini juga bunda umi sedia termometer ya, mungkin saja suhu adik sebenarnya normal, tapi kita belum tahu sampai diukur suhunya.

Pilek karena alergi justru tidak menimbulkan demam bunda, tapi memang bisa berkepanjangan selama tata laksana adek belum  kuat.

0⃣6⃣ Chusnul
Mau tanya, anak saya didiagnosa phenunemia,  tapi tidak ada batuk pilek hanya panas seminggu, hasil laboratorium leukosit 31.000 dan rontgen paru-paru kiri sudah berkabut.

Yang saya mau tanya biasanya karena apa ya bu dokter? Padahal suami tidak merokok!

💊Jawab:
Wa'alaykumussalam wr.wb. Bunda chusnul.

Pneumonia tidak bergejala batuk pilek bunda, seperti saya sampaikan di atas, batuk pilek itu dari rhino (hidung), faring (tenggorokan), atau tonsil (amandel) yang merupakan bagian dari saluran napas atas semua.

Sedangkan pneumonia adalah infeksi paru, memang bisa didahului oleh batuk pilek namun tidak selalu. Merokok adalah salah satu sumber infeksi pada pneumonia, banyak sumber infeksi yang lain, misal asap kendaraan, asap pabrik, kuman rumah sakit, atau kuman-kuman lain yang dibawa oleh orang dewasa. Itulah kenapa dilarang membawa anak di bawah 12 tahun ke rumah sakit. Semoga cepat sembuh.

0⃣7⃣ Anisa
Bu dokter, anak saya usia 4 bulan dengan riwayat prematur bblsr. Bagaimana cara menghilangkan dahak atau lendir yang menghambat saluran pernafasan?

💊Jawab:
Bunda anisa, tergantung penyebab lendirnya apa. Jika infeksi virus cukup banyak minum, jemur pagi dan boleh diberikan balsam penghangat seperti misalnya transpulmin baby (maaf sebut merk), karena setahu saya baru itu yang aman buat anak di bawah 1 tahun. Kalau suara grok-grok sejak lahir, kadang bisa disebabkan pembersihan lendir pada saluran napas adik belum berjalan dengan baik terkait prematuritasnya.

Cukup awasi tanda bahaya, adakah napas cepat, tarikan dinding dada, atau napas cuping hidung, bila ada segera cari pertolongan. Bila adik tampak bernapas lancar  dan tenang bunda tinggal bandingkan dengan sebelumnya, bila membaik seiring berjalannya hari berarti pembersihan lendir adik dalam proses membaik.

🌷Kalau di imunisasi, kan selalu diperiksa alhamdulillah DSA (dokter spesialis anak) bilang bagus cuma grok-groknya suka kumat-kumatan juga dok jadi suka kasian sama baby ku. Berhubung anak ku prematur jadi selalu was-was kalau terjadi apa-apa.

Dulu sering muntah lewat hidung juga kalau sekarang sudah agak jarang dok cuma masih suka lewat hidung.
Ada kaitannya grok-grok dari muntah itu tidak ya dok?

💊Kalau kumat-kumatan berarti bukan sejak lahir ya bunda, saya simpulkan hilang timbul. Ini bisa disebabkan oleh hipersekresi mukus, penyebabnya kebanyakan karena alergi. Kalau muntahan masuk ke saluran napas adik akan batuk bun, mekanisme badan mengeluarkan benda asing adalah batuk, seperti saat tersedak, jadi bukan grok-grok.

🌷Tapi kadang batuk juga dok cuma jarang jarang saja dok. Waktu diperiksa di klinik katanya reak terus dikasih obat batuk cuma karena jarang, jadi tidak aku kasih dok.

Alergi apa ya dok itu?

💊Usia berapa bun kok dikasih obat batuk?
DSA yang kasih?

🌷Waktu pas dikasih 3 bulan lebih dok.
Itu bukan DSA sih dok soalnya DSA yang biasa imunisasiin dia lagi umroh.

💊Kalau DSA insyaAllah usia segitu tidak dikasih obat batuk bunda, masih mungkin alergi, lacak riwayat alergi pada keluarga. Pemeriksaan alergi pada anak juga bisa dilakukan.
Pemeriksaan alergi dapat berupa tes darah, tes eliminasi provokasi, atau tes kulit.

🌷Tapi nanti pas saya bilang ke DSA nya bagaimana ya dok?
Soalnya pernah muntah keluar dari hidung terus ke DSA di cek tidak apa-apa, terus saya bilang suka kayak ada reak begitu dok eh malah dibilang kalau ibu khawatir masuk IGD saja bu dirawat biar kami yang rawatin anak ibu, orang anak ibu sehat kok
Digituin saya..

💊Ibu periksa ke dokter anak khusus alergi jika ingin memastikan, biasanya ada di kota besar, pusat-pusat pendidikan. Di jogja ahlinya dr. Sumadiono Sp.AK

🌷Kalau daerah tangerang dimana ya?

Oia, maaf dok kalau saya nanya keluar dari tema
Kalau berat badan 5,5 kg untuk anak prematur yang 7 hari genap 4 bulan termasuk normal tidak ya?
Terus belum bisa miring-miring juga cuma kalau digendong berdiri selalu angkat kepala.

💊Tangerang tidak ada pusat pendidikan, tapi di RSCM ada. Kalau pertumbuhan dan perkembangan prematur kami hitung dari usia kehamilan bunda

0⃣8⃣ Dian
Afwan mau tanya lagi. Tanda seperti apa yang dianggap bahaya dan harus segera dilarikan ke IGD. Minum masih banyak dan pipis sering.

💊Jawab:
Sebagian sudah saya sebut di atas, anak sulit bernapas, napas cepat, napas cuping hidung, tarikan dinding dada, henti napas, anak tampak biru, kejang, jarang kencing, kesadaran turun. Tidak harus terpenuhi semua, salah satu sudah cukup.

🌷Nafas cuping hidung seperti bagaimana mbak dokter?

💊Hidungnya kembang kempis bunda, mungkin lebih jelasnya bisa dilihat di youtube.

0⃣9⃣ Key
Cara menghilangkan grok-grok bagaimana ya bu dokter? Nebul sudah!

💊Jawab:
Untuk menentukan terapi yang tepat kita harus tahu penyebab penyakitnya dahulu bunda, bila kita menerapi berdasarkan terapi yang biasa diberikan, belum tentu tepat sasaran. Misal orang batuk dikasih obat batuk tapi tidak sembuh-sembuh, ternyata batuknya karena TBC, ya selama tidak diobati TBC nya ya tidak sembuh-sembuh. Jadi prinsipnya cari penyebab dulu.

1⃣0⃣ Umi Umar
Umar usia 22 bulan tapi belum bisa jalan & bicara, pernah riwayat kejang. Salah satu DSA bilang umar meningitis  tapi DSA lain bilang delay development. Hasil CT scannya, saya tidak bisa baca bu dokter, terus terapi apa yang harus saya kasih?

💊Jawab:
Ini namanya doctor shopping bunda, kalau bunda sebar kepingan puzzle, tidak akan tersusun lengkap diagnosis adik.

Pilih satu DSA yang bunda percaya, lakukan pemeriksaan untuk menegakkan kecurigaan beliau, misal meningitis gold standarnya (pemeriksaan paling akurat) adalah pemeriksaan cairan otak, developmental delay adalah denver test, catclam. Bila sudah tegak, akan dilakukan terapi dan bunda ragu, baru cari second opinion. Jadi membawa rangkaian puzzle yang sudah tersusun ke dokter kedua.

🌷Oo... jadi saya harus tetap sama 1 dokter dulu ya dok? Habis saya down pas didiagnosa meningitis & teman ada yang nyaranin pindah dokter.

💊Ini bahayanya doctor shopping, menyebar puzzle itu tadi, kemungkinan saat datang ke dokter yang satu yang keluar gejala meningitis, pas ke yang kedua pas keluar gejala delay, padahal mungkin rangkaian dari 1 penyakit. Susun dulu puzzle nya bunda, masing-masing dokter punya dasar dalam menetapkan diagnosisnya, kalau sudah tegak diagnosis dan bunda masih ragu baru cari second opinion.

1⃣1⃣ Anggia 
Dokter kalau anak sering bengong pas mau tidur itu kenapa ya? Dan pas saat bangun pasti langsung mengamuk tidak jelas!

💊Jawab:
bengong seperti apa ya bunda?
Kadang anak kejang bentuknya seperti orang melamun, tidak bisa disadarkan walau diguncang-guncang.

Kalau memang benar kejang perlu rekam otak. Ngamuknya juga yang seperti apa dulu bunda, pada beberapa anak mengamuk yang kami sebut tantrum perlu pendampingan psikologis.

1⃣2⃣ Helmy
Anak saya usia 4 tahun suka sariawan dilidahnya (kalau lidah dijulurkan seperti bulat-bulat merah dilidahnya) itu bahaya tidak ya?

Alhamdulillah tidak ada kendala dalam makan maupun minum. Demam (-). Gejala ini saya perhatikan hilang timbul.
Apa yang sebaiknya saya lakukan. Oiya... kadang mulutnya suka bau. Jamur kah atau apa ya?

💊Jawab:
Pola di lidah belum tentu sariawan bunda, selama intake (makan dan minum anak) tidak bermasalah, tidak perlu diobati. Penyebab mulut bau (halithosis) ada bermacam-macam, belum tentu jamur.

Biasakan anak menggosok gigi sejak gigi belum tumbuh (gosok gusi).

1⃣3⃣ Ulfa
Bu dokter.
Anak saya usia 4,2 bulan saat ini agak batuk pilek tapi telinganya keluar cairan putih kadang dia gatal tangannya dan kucek-kucek.
Saat ini saya cuma kasih minyak kelapa dan dibersihkan setiap kelihatan sudah berkerak!
Mohon solusinya.

💊Jawab:
Membersihkan telinga sendiri sebenarnya tidak dianjurkan, idealnya anak dibawa ke THT 6 bulan sekali untuk dibersihkan atau disedot kotorannya.

Bila THT sulit terjangkau boleh membersihkan sendiri asalkan bagian luar saja. Bila sampai keluar cairan sebaiknya dipastikan ke dokter THT bahwa cairan itu bukan tanda infeksi karena jangan-jangan demamnya karena infeksi telinga.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

Poin penting yang harus diingat:
1) Penanganan awal demam batuk pilek adalah banyak minum, bila ada tanda bahaya segera ke dokter.

2) Dokter bukan dukun, jadi perlu periksa pasien, tidak bisa kalau cuma membayangkan dari keterangan orang tua saja, kalau kebetulan diagnosisnya betul itu lucky guess saja, tapi tetap tidak lege artis (tidak sesuai pedoman).

Jadi, yang paling baik memang periksa. Kami periksa saja masih ada kemungkinan missed, apalagi kalau tidak pakai periksa.

Sekian semoga bermanfaat, sekali lagi mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.

Wassalamu'alaykum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar