Rabu, 21 Februari 2018

🌐🌐 K O N S U L T A S I 🌐🌐 🌷BiDaDaRi KeSPRo CLaSS🌷 🔹(CLaSS KeSPRo WUS)🔹




Kamis, 07 Desember 2017
Notulensi : SiNDa
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Annisa
1. 2 bulan 18 hari saya habis lahiran, beberapa hari ini perut saya sakit kayak kontraksi apalagi kalau habis kecapekan, kenapa ya itu bu bid?

2. Tiap baby saya ngASI langsung kenapa selalu kurang ya padahal sudah lama? Jadi ujung-ujungnya tetap ke sufor!

3. Idealnya berat badan baby prematur 2 bulan 18 hari berapa ya bu bid?

🌐 Jawab:
1. Biasanya bisa karena,
~ Ada masalah pada saluran pencernaan.
~ Tukak lambung atau luka di dinding lambung
~ Radang usus atau gejala usus buntu
~ Gejala batu ginjal
~ Kelelahan atau aktivitas fisik yang berlebih

Jika diistirahatkan sembuh, mungkin tidak mengapa. Jika berlanjut silahkan Ke dokter penyakit dalam

2. Bagusnya ketika melahirkan:
🔹Langsung IMD (Inisiasi Menyusu Dini)
🔹Seringlah di susui. Dengan mba sering menyusui pasti akan merangsang agar asi lebih banyak dan sering keluar
🔹Perbanyak minum air putih
🔹Bergantilah payudara ketika menyusui
🔹Pijat dan bersihkan payudara
🔹Teknik.menyusi yang benar
🔹Memompa Asi stelah menyusui
🔹Perbanyak makanan yang bisa memperbanyak asi (sayur-sayuran katuk dll)

Coba sekarang bunda yakin dan semakin sering untuk memberikan Asi. Jika memang dirasa masih kurang, metode diatas. Jika masih benar-benar kurang. Mau tidak mau tambah sufor walaupun endingnya tidak Asi ekslusif

3.  Untuk kenaikan berat badan bisa ibu hitung berat badan lahir berapa 1 bulan kemudian harus nambah 800gram 1 bulan kemudian 900gram. Itu KBM kenaikan berat badan minimum ± 1kg700gram

🌷Maaf bu bid ini perut bawah yang sakit?

🌐Berikut ini adalah faktor-faktor lain yang mungkin menyebabkan sakit pada perut bagian bawah:
1. Radang usus buntu (apendisitis)
Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu, yaitu jaringan yang berbentuk seperti tabung dengan panjang 88,9 cm dan memanjang dari usus besar. Gejala yang ditunjukkan salah satunya berupa sakit yang samar dekat pusar atau pada bagian perut atas, dan lama-lama bergerak dan semakin jelas rasa sakitnya pada bagian perut bawah. Nyeri tersebut biasanya menjadi tanda yang pertama kali dirasakan.

2. Kanker usus besar
Kanker usus besar berawal dari gumpalan sel kecil yang bersifat jinak atau disebut sebagai polip adenomatosa. Polip ini seiring berjalanya waktu dapat menjadi kanker usus besar. Salah satu cirinya adalah sakit pada perut bagian bawah, bisa berupa kram atau nyeri biasa. Selain itu, penderita bisa juga merasakan kembung pada perut.

3. Interstitial Cystitis
Biasanya disebut juga dengan sindrom kandung kemih. Hal ini merupakan kondisi kronis yang menyebabkan kandung kemih sakit dan tertekan. Selain itu, penderita juga merasakan nyeri pada panggul. Rasa sakitnya dapat berupa hanya rasa tidak nyaman biasa sampai nyeri yang parah.

4. Hernia inguinalis
Penyakit ini terjadi ketika jaringan yang merupakan salah satu bagian dari usus menonjol melalui titik lemah pada otot perut. Jika mengalami hal ini, Anda akan merasakan rasa sakit, terlebih lagi ketika batuk dan mengangkat benda berat. Biasanya gejala akan ditandai dengan nyeri pada pangkal paha. Anda bisa mengatasi rasa sakitnya dengan cara berbaring dan posisi panggul lebih tinggi dibandingkan dengan kepala.

5. Pembesaran limpa
Banyak faktor yang dapat membuat limpa membesar atau dikenal juga sebagai splenomegali. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa sakit atau rasa kenyang pada bagian perut. Penyebabnya dapat berupa infeksi yang bersifat bakteri, parasit, dan viral, bahkan kanker darah juga bisa menjadi penyebabnya.

6. Batu Ginjal
Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada saluran kencing – mulai dari ginjal hingga ke kandung kemih. Ciri-ciri yang timbulkan dapat berupa sakit pada bagian bawah perut dan pangkal paha, sakit ketika buang air kecil, serta urin berwarna pink, merah, atau cokelat.

7. Prostatitis
Pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat laki-laki juga dapat menyebabkan sakit pada bagian bawah perut. Selain itu, penderita juga dapat merasakan rasa sakit saat buang air kecil disertai demam.

Apa penyebab sakit perut bagian bawah pada perempuan?

Selain penyebab di atas, ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebab nyeri pada perut bagian bawah jika Anda seorang wanita. Beberapa penyebabnya adalah:

Kehamilan ektopik; kehamilan di mana janin terbentuk di luar rahim, Keguguran, Sakit radang panggul, Ovulasi, Kram ketika menstruasi, Kista di ovarium, Fibroid; uterine fibroid merupakan benjolan jinak yang tumbuh di rahim, Endometriosis; adanya perkembangan jaringan lapisan-rahim di luar rahim, Kanker rahim, Kanker serviks

Berikut ini beberapa gejala yang perlu diperhatikan karena bisa menimbulkan masalah:

Kram yang sangat sakit ketika: menstruasi, Perdarahan vagina, Sulit dan sakit ketika buang air kecil, Sembelit atau diare, Perut kembung, Sakit ketika berhubungan seksual, Demam atau kedinginan, Nyeri di bagian pinggang nyeri di pangkal paha

Bagaimana mengatasi sakit perut bagian bawah?

Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit tersebut, namun sebelumnya Anda harus menemukan akar permasalahannya dan intensitas munculnya rasa sakit. Sakit pada bagian bawah perut kadang diobati dengan antibiotik dan obat-obatan lainnya. Namun, ketika rasa sakit tersebut berasal dari salah satu organ panggul, perawatannya bisa melibatkan operasi dan prosedur lainnya.

Ada pun cara lainnya untuk meringankan nyeri pada perut bagian bawah adalah:

Minum yang cukup, Meminum sari lemon dan jahe setelah makan dan tambahkan mint untuk menghindari efek mual, Hindari makanan yang keras, Gunakan bantal kompres panas untuk mengatasi rasa sakit, Jika sakit disebabkan oleh gas, hindari makanan tinggi lemak dan asam

🌷Saya waktu itu tidak IMD soalnya anak saya prematur jadi harus buru-buru ke ruang Peri.
Lama mengASI berapa lama ya bu bid?

🌐Kalau pada awal kelahiran awal 8-12 kali sehari, jika debay tidur usahakan minimal 3 jam sekali.

Dengan bertambahnya usia anak. Usahakan 2-3 jam sekali berikan. Bahkan akan ada lonjakan pertumbuhan dimana anak akan meminta ASI setiap ½ jam sekali selama 2-3 hari.

Asi ekslusif yang bagus sampai 6 bulan
Dan dilanjutkan sampai anak usia 2 tahun

0⃣2⃣ Adha
Berapa Hari pasca operasi kistektomi bisa beraktivitas seperti biasanya, bisa kerja, Naik motor Dan mengendong Tas ransel, karena pasca operasi kistektomi belum kontrol sama Dokter nya, baru Sabtu besok lepas benang!

🌐 Jawab:
BiasaNya kulit luar akan sembuh 3-5 hari tapi amanNya untuk bebas beraktifitas rata2 12 mingguan.
Semangat bunda. Sekarang wanita itu wonder women, Bahkan strong women.
Kata mba Hanny
Hamasah

🌷Panggil mb saja, saya belum menikah, 3 bulan lama sekali ya dok, saya sudah libur kerja 3 pekan sejak Dari sakit sebelum operasi, ini hari ke 9 pasca operasi, saya sudah belajar jalan-jalan pagi, nyapu lantai pelan-pelan, alhamdulillah enggak papa, kalau enggak banyak gerak jadi pegal-pegal badannya, misal Hari ke 12 pasca operasi saya masuk kerja Dan enggak angkat-angkat berat cuma duduk-duduk di depan komputer, sudah boleh Kan ya dok?
Terimakasih

🌐Memang, bagusnya makin sering kita mobilisasi makin Cepat penyembuhannya 3-5 hari memang sudah bisa. Tapi kalau mau aktifitas yang berat-berat baiknya dipikirkan lagi.
Boleh mba, mau menyapu rumah juga boleh.

0⃣3⃣ Yayu
Assalamualaikum, bu bid.. saya mau tanya donk, kalau habis hubungan badan, pingen ditespak +/- nya bagusnya berapa hari setelah hubungan badan? Soalnya kalau hamil ketahuannya sudah beberapa minggu atau setelah telat mens.
Terimakasih.

🌐 Jawab:
Tunggu telat mens saja mba. Sudah telat? Biasanya 1-10 hari dari anda terlambat haid, harus di ingat test pack itu tanda curiga hamil.

0⃣4⃣ Syarah
Assalamu'alaikum bubid , maaf pertanyaannya agak melenceng, saya mau tanya, kemaren perut saya tiba-tiba sakit sekali, seperti di tarik-tarik , sampai keleyengan dan hampir pingsan, keluar keringat dingin juga.
Padahal saya sudah tidak pernah makan pedas dan makanan pun dijaga.
Setiap gerak dikit sakit nya naudzubillah, terus pas tengkurap sepeerti ada yang ngeganjel di perut.
Kira-kira itu kenapa ya?

🌐 Jawab:
Pertanyaannya hampir sama dengan point 1 no 1

0⃣5⃣ Tia
Assalamualaikum bubid
Apakah orang yang sedang hamil jarang susah BAB??

🌐 Jawab:
Wa'alaikumsalam wr.wb.
Betul, namanya gangguan konstipasi. Coba banyak makan buah dan sayur.serta.minum air putih minimal 8 gelas sehari dengan posisi duduk.

Saya refresh juga teori dari bidan nissa sebelumnya..

Nyeri Ulu Hati dan Ganggguan Pencernaan

Hormon progesteron cenderung melemaskan jaringan otot polos di semua bagian tubuh, termasuk di saluran pencernaan. Akibatnya kadang-kadang makanan bergerak lebih lambat melalui sistem pencernaan, sehingga menimbulkan perasaan kembung dan penuh. Pelambatan ini menguntungkan bagi janin karena memungkinkan penyerapan zat gizi kedalam aliran darah ke plasenta dan janin.
Nyeri ulu hati terjadi bila cincin otot yang memisahkan esofagus (kerongkongan) dengan lambung melemas sehingga makanan dan asam lambung mengalir kembali dari lambung ke esofagus. Asam lambung ini mengiritasi dinding esofagus yang peka sehingga menyebabkan sensasi panas dan perih di area dekat jantung. Selama bulan-bulan terakhir dari kehamilan, masalah ini makin diperparah dengan pembesaran rahim sehingga menekan lambung.

Solusi :
A. Hindari kenaikan berat badan berlebih
B. Jangan mengenakan pakaian yang ketat
C. Hindari makan yang terlalu banyak dalam sekali waktu
D. Makan dengan perlahan dan kunyah dengan sempurna
E. Hindari makanan pedas, berbumbu kuat, gorengan, makanan berlemak, coklat, kopi,atau minuman bersoda

🌷Kalau makan nasinya 1 minggu sekali gapapa kan Bubid??

🌐Ganti dengan karbohidrat yang lain. Kebutuhan kita umumnya 2.000 gram.perhari, jika sedang hamil harus 2.300 gram nanti menyusui 2.800 gram

🌷Kalau bau nasi atau umbi-umbian mual bubid yang bisa masuk cuma buah dan air putih aja.

🌐Berapa bulan bun. Boleh tau di therapy saja untuk kehamilannya?

🌷9 minggu bubid
Ditherapy gimana ya bubid, itu sudah dikasih obat mual TAPI tidak ada perubahan sama sekali.

🌐Therapy itu. Obat, bisa fotokan obatnya

🌷Levok atau lekov bubid, obatnya udah habis

🌐Ok...
Kembali dari materi bidan nissa

Mual dan Muntah
Mual dan muntah berlebihan dapat menyebabkan kekurangan gizi maupun dehidrasi (kekurangan cairan).

Solusi :
a. Makan sedikit tapi sering ddan dalam kkondisi hangat
b. Makanlah makanan selingan seperti biskuit atau roti kering dengan minuman hangat saat bangun pagi dan sebelum tidur
c. Hindari rasa bau, dan rasa makanan yang membuuat mual
d. Perbanyak minum air putih diantara waktu makan
e. Konsumsi suplemen tambahan khusus untuk ibu hamil. Kandungan vitamin B6 sangat membantu meredakan mual pada beberapa ibu hamil
f. Istirahat yang cukup dan berkualitas
g. Bangun pagi secara perlahan-lahan, jangan langsung turun dari tempat tidur, jangan tergesa-gesa, karena hal tersebut dapat memperparah mual
h. Sikatlah gigi dengan pasta gigi yang rasa dan aromanya tidak menambah mual atau berkumur setiap selesai makan dan muntah

Nah.. Bisa juga menstate diri hipnotis diri sendiri dengan tekat. Bisa masuk makanan perlahan-lahan sugesti juga. Yakin bisa, jika nasi tidak bisa.ubi-ubian tidak bisa, jagung dan lain-lain tidak bisa kawatir yang sekarang baru emesis di takutkan bisa Hiper emesis gravidarum dan perlu perawatan.

Sebaiknya.konsul lagi ke nakes

0⃣6⃣ Dynar
Assalamu'alaikum bubid..
Sekitar 1,5 tahun yang lalu saya juga operasi kista, tapi sampai sekarang benang jahitan tidak diambil, tidak apa-apa kah?
Sampai saat ini di bekas jahitan kadang terasa perih.
Jazaakillah jawabannya.

🌐 Jawab:
Bisa saya lihat dulu bekas jahitannya lihat via foto saja ya.

0⃣7⃣ Tia
Bubid mau tanya lagi,
Kalau hamil muda sering kesemutan kakinya itu gimana ya? tidak apa-apa kah?

🌐 Jawab:
Mati Rasa
Baal (mati rasa) dan kesemutan pada tangan dan kaki ketika hamil disebabkan oleh tekanan pada saraf oleh jaringan yang membengkak. Jika baal dan nyeri hanya terjadi pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan sebagian dari jari manis disebut : carpal tunnel syndrome , yakni membengkaknya saluran karpal yang berada dipergelangan tangan dan tempat berjalannya saraf menuju jari-jari, sehingga menimbulkan baal, kesemutan, rasa panas, dan nyeri yang biasanya memburuk pada malam hari. Nyeri dari sindrom saluran karpal yang terjadi pada kehamilan, biasanya akan membaik 2 atau 3 pekan pasca persalinan.

Solusi :
A. Tangan jangan tertindih selama tidur
B. Gantungkan tangan yang baal disisi tempat tidur dan guncangkan dengan keras
C. Istirahatkan tangan jika sering mengggunakannya (misal : mengetik)

0⃣8⃣ iKa
Bu bidan, boleh kah saya bertanya.
Kenapa ya setiap kali saya buang air kecil selalu keluar lendir berwarna putih pekat, apakah itu berbahaya? Bagaimana cara mengurangi lendir putih tersebut?
Terimakasih

🌐 Jawab:
Keluarnya dari vagina atau dari lubang kencing?

🌷Dari vagina

🌐Selagi itu tidak patologis insya Allah tidak kenapa-kenapa.
Untuk pencegahannya. AmanNya kalau ada rezeki, pap smear yah. Untuk memastikan mulut rahim kita aman tidaknya.

0⃣9⃣ Annisa
Bu bid, kalau ngASI itu bisa bikin haid telat atau tidak haid-haid tidak ya?

🌐 Jawab:
Iya... Sesuai materi sebelumnya.
Apalagi intensitas asi nya dikasih, semakin sering.
Tapi-tiap orang berbeda-beda yah.

1⃣0⃣ Fani
Izin bertanya bu bidan devi..
bu bidan, fani dirumah kan ada ponakan, seminggu belakangan dia agak malas-malasan minum susu, kadang mau kadang tidak.
Dia dari lahir cuma minum sufor (dia alergi susu sapi. jdi minum soya) aja bu bidan. makan tambahan alhamdulillah dia makan.

Pertanyaan fani, ada tidak minuman lain yang boleh diminum bayi selain susu? Takutnya nanti kalau berkelanjutan seperti itu bisa mengurangi berat badan.

Usia 7,5 bulan

Jazakillah bu bidan devi

🌐 Jawab:
Bagusnya mba beli buku panduan untuk MPASI.

Karena banyak sekali farian dan Metode untuk pemberian MPASI

Contoh:
Bisa Resep Jus Pisang Jeruk
Tim saring ayam
Resep pure beras apricot

Untuk minuman bisa air putih. Sufor yang benar Atau sari buah.

Bisa di cari ya bun Buku atau resepnya

1⃣1⃣ Lela
1. Kalo stelah lahirankan badan wanita biasa melar, dan ada juga kebanyakan yang tambah gemuk, tips biar badan tetap ideal gimana ya bu ?
2. Kalo pakai sabun kewanitaan sehari 2x itu gapapa atau atau berbahaya bu ?
3. Makanan apa yang dapat membuat lendir tambah banyak bu ? Kalo kata temen-teman sih terong sama mentimun, apa itu benar bu ?

🌐 Jawab:
1. Perubahan Hormon
Mungkin kamu akan terkejut dan sedikit kesal melihat perutmu setelah melahirkan. Walaupun si kecil sudah lahir, tapi perutmu masih saja bulat dan terlihat seperti masih hamil enam bulan! Tenang Bu, memang butuh waktu untuk tubuhmu apalagi perutmu untuk betul-betul kembali ke bentuk semula seperti sebelum hamil. Ketika bayimu lahir, perubahan hormon akan membuat rahimmu berkontraksi dan kembali ke bentuk ketika hamil. Ini membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk mengembalikannya ke bentuk normal.

Seluruh sel di tubuhmu yang membengkak ketika hamil akan keluar lewat cairan ekstra. Cairan ini  akan keluar dari tubuhmu lewat urin dan keringat. Nah, lemak yang tertimbun di tubuhmu juga akan terbakar dan hilang seiring kamu menyusui dan merawat bayimu. Tapi ingat, proses ini membutuhkan beberapa minggu. Jadi kamu harus sabar ya, Bu.

Kesabaran adalah Kuncinya

Mungkin kamu pernah mendengar ada Ibu baru melahirkan yang perutnya langsung singset dan langsing setelah melahirkan. Memang ada, tapi kasus itu jarang sekali, Bu! Butuh waktu berbulan-bulan untuk menghilangkan 'tas pinggang' di perut kamu dan bahkan ada beberapa Ibu yang tidak pernah kembali ke bentuk semula.

Eits, jangan takut dulu, Bu. Butuh waktu 9 bulan bagi abdomenmu untuk merenggang dan 'menampung' bayi. Jadi, masuk akal kalau butuh waktu yang lama juga untuk mengecilkannya kembali. Kesabaran adalah kuncinya, Bu. Kecepatan tubuhmu kembali ke bentuk semula biasanya bergantung pada ukuran tubuh normalmu, seberapa banyak beratmu bertambah ketika hamil dan seaktif apa kamu setelah melahirkan. Selain olahraga, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

Breastfeeding Ternyata Membantu, Lho!

Ya, breastfeeding alias memberian ASI pada bayi dapat membantu melangsingkan perutmu setelah hamil lho, Bu. Terutama jika kamu rajin memberian ASI di bulan-bulan pertama setelah kamu melahirkan.  Dengan memberikan ASI, tubuhmu akan membakar ekstra kalori untuk memproduksi susu. Selain itu, dengan breastfeeding, tubuhmu juga akan terdorong untuk melakukan kontraksi yang membantu menyusutkan rahimmu sehingga akan menurunkan berat badanmu setelah melahirkan dan juga membantu pelan-pelan meratakan perutmu.

Mengatur Asupan Makanan Ke Tubuhmu

Jangan karena kamu ingin melangsingkan perutmu setelah melahirkan, lalu kamu berusaha mati-matian untuk diet, Bu. Jika kamu mengurangi asupan makanan ke tubuhmu, itu malah akan memperlambat proses pengembalian bentuk tubuhmu. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih mudah capek.

Tips yang jitu adalah kamu harus makan dengan sehat dan teratur. Coba atur waktumu untuk selalu sarapan, lalu kamu juga harus makan setidaknya 5 kali buah dan sayur setiap harinya. Masukkan juga makanan yang kaya serat seperti oat dan kacang-kacangan. Kentang atau nasi juga wajib ada di menumu, Bu. Sedangkan untuk snack kamu bisa sesekali ngemil biskuit dan kue-kue kecil. Seimbangkan jam makanmu, dan jangan mengurangi makan secara drastis. Ingat, kamu masih harus memberikan bayimu ASI, karena itu asupan makanan di tubuhmu juga harus tetap sehat dan seimbang.
Olahraga dan Perawatan Paska Melahirkan

Agar perutmu kembali rata seperti sebelum melahirkan, kamu juga harus rajin olahraga. Ada banyak pilihan olahraga aman bagi Ibu yang baru melahirkan seperti Gym atau Pilates. Selain itu, kamu juga bisa pergi ke spa atau salon yang khusus menyediakan layanan paska melahirkan (postnatal care).  Di sana tubuhmu dan juga perutmu akan dipijat dan direfleksi khusus untuk perawatan paska melahirkan. Tentu tak hanya bisa sekali dua kali saja kamu melakukan perawatannya. Jadi, lakukan secara bertahap dan sabar ya, Bu. Dengan  begitu pasti perutmu akan kembali langsing seperti sediakala!

Dan Berikan Asi secara ekslusif sangat membantu

2. Kalau tanpa resep dokter jangan bun. Karena akan merusak PH kewanitaan.

3. Berikut beberapa jenis Makanan Penyebab Keputihan Wanita atau merangsang produksi keputihan yang berlebihan, diantaranya adalah :

1) Buah nanas sebagai Makanan Penyebab Keputihan Wanita
Banyak orang beranggapan dan percaya bahwa buah nanas merupakan jenis buah yang dapat memicu proudksi cairan keputihan di dalam organ intim wanita keluar secara berlebihan. Kandungan air yang dimiliki buah nanas ini menjadi lebih di cerna di dalam organ pencernaan yang kemudian keluar dalam bentuk cairan vagina yang berlebihan. Hingga menyebabkan suasana vagina menjadi basah dan lembab.

2) Buah mentimun sebagai Makanan Penyebab Keputihan Wanita
Sama halnya dengan buah nanas, beberapa wanita mungkin menghindari atau mengurangi buah mentimun yang cukup banyak memberi manfaat yang baik bagi tubuh. Namun, beberapa wanita justru menghindari konsumsi buah mentimun. Mentimun dianggap sebagai buah yang dapat merangsang produksi cairan di dalam organ intim dan dinding rahim wanita meluruh lalu mengeluarkan cairan di vagina secara berlebihan.

3) Makanan yang mengandung ragi Sebagai Makanan Penyebab Keputihan Wanita
Ada beberapa jenis makanan yang dibuat dengan menggunakan ragi makanan atau melalui proses fermentasi yang cukup panjang seperti keju, pasta dan jamur.

4) Makanan yang dikemas dalam bentuk kering Sebagai Makanan Penyebab Keputihan Wanita
Banyak jenis makanan yang dikemas beraneka rupa ternyata dapat memicu produksi cairan di vagina keluar dalam jumlah banyak. Beberapa jenis makanan yang dikeringkan seperti buah stroberi, apel, melon dan jenis buah lainnya yangdalam pengolahannya menggunakan gula fruktosa. Kandungan fruktosa dalam beberapa jenis makanan dapat merangsang produksi cairan keputihan keluar secara berlebihan.

1⃣2⃣ Sinda
Bubid Devi shalihah, mau nanya.
Produk kewanitaan seperti cristal x, jamu tongkat ali, dll (maaf sebut merk), apakah aman digunakan?

Jazakillah bubid.

🌐 Jawab:
Jika tidak di resepkan dokter atau nakes sebaiknya jangan bunda solehah.

^^^_^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
➖➖➖
🌷bkc🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar