Rabu, 21 Februari 2018

🌐🌐 K O N S U L T A S I 🌐🌐 🌷BiDaDaRi KeSPRo CLaSS🌷 🔹(CLaSS KeSPRo WUS)🔹



Jum'at, 08 Desember 2017
Notulensi : ReNi
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Annisa
1. Bu bidan wabah defteri itu apa ya?
2. Mencegahnya dengan imunisasi apa?
3. Untuk bayi usia 3 bulan ada tidak mencegah wabah itu?
4. Terus kalau usia kehamilan 32 minggu mules-mules di bawa ke RS sebenarnya langsung ke ruang bersalin atau ke IGD dulu ya?
5. Apa langsung di cek pembukaan atau di usg dulu?

🌐 Jawab:
Bunda annisah yang dirahmati ALLAH..

1. Difteri merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diptheriae yang menular dan berbahaya.

Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian lantaran sumbatan saluran nafas dikarenakan toksinnya yang bersifat patogen, menimbulkan komplikasi miokarditis (peradangan pada lapisan dinding jantung bagian tengah), gagal ginjal, gagal napas dan gagal sirkulasi.

Difteri itu gejalanya : radang saluran nafas, ada selaput putih dan gampang berdarah dan toksinnya itu yang bahaya menyebabkan kelainan jantung dan meninggal.

Difteri menimbulkan gejala dan tanda berupa demam yang tidak begitu tinggi, 38ºC, munculnya pseudomembran atau selaput di tenggorokan yang berwarna putih keabu-abuan yang mudah berdarah jika dilepaskan, sakit waktu menelan, kadang-kadang disertai pembesaran kelenjar getah bening leher dan pembengakan jaringan lunak leher yang disebut bullneck.

Adakalanya disertai sesak napas dan suara mengorok.

Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1501/ MENKES/PER/X/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu, apabila ditemukan 1 kasus difteria klinis dinyatakan sebagai KLB.

"Satu kasus difteri, baru suspect saja, itu sudah dianggap kejadian luar biasa, atau KLB, dimana di situ pemerintah harus memastikan dilakukan tindakan-tindakan supaya tidak menyebar karena sangat infectious (menular).

2. Sebagai pencegahan, IDI dan IDAI mengimbau masyarakat untuk mengikuti imunisasi melalui ORI (Outbreak Response Immunization). ORI menjadi satu-satunya jalan untuk memangkas angka korban jiwa yang terus bertambah.

ORI dilaksanakan sebanyak 3 kali pemberian, yaitu = ORI 1, ORI 2, ORI 3

ORI 1 = jarak interval minimal 4 minggu ke ORI 2

ORI 2 = jarak interval minimalnya 6 bulan ke ORI 3

Jenis pemberian vaksin untuk ORI difteri ini terbagi atas =
A) Usia1 - <5 tahun = diberikan vaksin pentabio
B) Usia 5 - < 7 tahun = diberikan vaksin DT
C) Usia 7 - <19 tahun = diberikan vaksin Td


3. Untuk bayi usia <1 tahun pencegahan terhadap difteri adalah dengan memberikan imunisasi dasar lengkap.

Jawaban no.4 dan no.5) Ibu hamil usia 32 minggu jika mengeluh mules-mules harus datang ke ruang bersalin atau IGD?

Jika bunda datang ke rumah sakit, maka biasanya akan diarahkan ke IGD kebidanan untuk diperiksa terlebih dahulu, jika masih bisa dipertahankan maka akan diberikan penguat kandungan dan obat pematang paru janin, kemudian dirawat inap untuk bedrest total.

💎Bu bid..,
1. Imunisasi BCG itu buat apa ya?
2. DPT kalau kita pakai yang tidak panas boleh bu bid?

🌐1. Imunisasi BCG untuk mencegah penyakit TBC.
2. Boleh

0⃣2⃣ Lela
Cara buat mengurangi wajah berminyak dan kusam bagaimana dengan cara alami ?
Padahal sudah jarang pakai cosmetic, sampai lebih putih punggung tangan dari pada wajah ?

🌐Jawab:
🔷Penyebab Wajah Berminyak

Sebelum bercerita panjang lebar mengenai cara menghilangkan minyak berlebih di wajah Anda, kenali dulu yuk apa saja pemicu munculnya minyak tersebut.

Beberapa pemicunya antara lain adalah:
Faktor Keturunan
Pemicu pertama adalah faktor keturunan. Jika Anda melihat ayah atau ibu Anda memiliki wajah yang berminyak bisa jadi itu adalah alasan mengapa Anda memiliki kulit berminyak juga. Namun tenang saja, bukan berarti Anda bisa menyerah begitu saja kok. Banyak cara untuk menguranginya

Hormon
Ketidakseimbangan hormon merupakan pemicu kenapa kulit Anda berminyak. Hal ini kerap muncul pada saat pubertas atau ketika sedang hamil.

Pola Makan
Gemar mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti yang berminyak atau bersantan dapat menambah kadar minyak dalam tubuh Anda. Selain itu, kekurangan nutrisi atau vitamin juga bisa membuat kulit Anda berminyak. Maka dari itu, bijaklah memilih makanan seperti yang pernah diulas di artikel ini.

Pola Tidur
Tidur sampai larut malam atau bahkan begadang merupakan pola tidur yang tidak baik untuk kesehatan badan Anda. Begitu pula dengan kulit Anda, dengan pola tidur yang buruk akan dapat memicu kulit wajah Anda berminyak pula. Tidurlah sebelum tengah malam.

Kosmetik
Memilih kosmetik yang salah pastinya menjadi salah satu pemicu mengapa wajah Anda berminyak. Jika Anda merasa memiliki kulit berminyak, pilihlah produk khusus kulit berminyak karena produk tersebut pastinya sudah dirancang khusus untuk menutupi kekurangan Anda.

Stress
Hormon kortisol meningkat produksinya ketika Anda sedang stress, begitu pula dengan produksi minyak pada kulit Anda. Stress juga ternyata bisa memicu bertambahnya minyak pada wajah Anda lho, maka dari itu sebisa mungkin hindari stress berlebihan ya.

🔷Cara Menghilangkan Wajah Berminyak

Setelah mengetahui apa saja pemicu yang membuat kulit Anda berminyak, mari kita beralih ke bagaimana cara untuk menghilangkan minyak di muka Anda. Banyak cara yang dapat Anda tempuh untuk mendapatkan wajah yang bebas minyak, seperti berikut ini:

1. Susu
Susu merupakan salah satu bahan yang cukup ampuh dalam menghilangkan minyak dan menyerap kotoran di wajah Anda. Anda dapat menggunakan produk pembersih yang berbahan dasar susu atau dengan cara alami seperti mengoleskan susu plain dengan menggunakan kapas di keseluruhan wajah Anda. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

2. Putih Telur
Pernah mencoba maskeran menggunakan putih telur? Kalau Anda memiliki kulit berminyak pastinya wajib mencobanya. Hanya dengan mengocok putih telur hingga berbuih lalu oleskan pada wajah secara merata Anda dapat mengurangi minyak berlebih di wajah Anda. Sederhana sekali bukan?

3. Lemon
Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan membuat wajah tampak cerah, lemon juga dapat dijadikan masker wajah untuk Anda yang kulitnya berminyak. Caranya, peras lemon secukupnya lalu oleskan ke seluruh wajah menggunakan kapas. Diamkan 15-20 menit lalu bilas. Anda dapat menggunakannya setiap malam menjelang tidur.

4. Air Garam
Ternyata ada lagi cara yang lebih sederhana untuk menghilangkan minyak di wajah Anda yaitu dengan mencuci muka dengan air garam setiap hari. Mudah dan murah kan?

5. Kentang
Irisan kentang yang digosok merata pada wajah juga mampu mengurangi minyak di wajah Anda. Setelah penggosokan telah merata ke seluruh area wajah, diamkan kurang lebih 15 menit setelah itu baru bilas hingga bersih.

6. Bengkuang
Seperti yang kita ketahui  bahwa bengkuang membantu mencerahkan kulit wajah, tapi ada manfaat lain yang terkandung dalam bengkuang  yaitu dapat mengatasi kulit berminyak serta mengecilkan pori-pori wajah. Caranya yaitu dengan mem-blender bengkuang lalu jadikan masker pada wajah Anda. Diamkan kurang lebih 30 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Mentimun
Selain untuk lalapan atau obat darah tinggi, ternyata mentimun dapat dijadikan masker penghilang minyak. Caranya, blender mentimun lalu jadikan masker pada wajah Anda yang berminyak selama kurang-lebih 30 menit. Lakukan seminggu dua kali untuk hasil lebih baik.

8. Alpukat
Selain enak untuk dijadikan jus minuman, alpukat juga berguna untuk menyerap minyak pada kulit Anda. Caranya gunakan buah alpukat yang sudah dihaluskan menjadi masker, lalu didiamkan sekitar 30 menit, maka Anda akan mendapati wajah Anda bebas minyak. Tentunya hal ini berlaku jika Anda melakukannya dengan rajin minimal seminggu dua kali.

0⃣3⃣ Tian
Bu bidan.., kebetulan saya lagi haid, setiap datang haid keluhannya sakit kaki itu normal kah?

🌐Jawab:
Ukhti tian yang disayang Allah..

Wanita juga dapat mengalami nyeri punggung bawah dan kaki atas selama menstruasi. Diibaratkan seperti sebuah sarang dimana semua ranting terjalin, Jadi jika sesuatu terasa tidak nyaman pada satu sisi, seperti misalnya pada perut, maka akan merasakannya juga di sisi yang lain, seperti punggung bawah.

Kram menstruasi terasa lebih seperti nyeri tumpul. Ini disebabkan karena rahim tergolong otot polos yang bisa mempengaruhi otot-otot yang menempel di kerangka kaki, jadi ketika rahim berkontraksi maka akan merasakan rasa nyeri yang lebih dalam juga di kaki.

Jika nyerinya mengganggu aktivitas sehari hari, boleh minum obat anti nyeri dan dianjurkan minum vitamin penambah darah 1x1 selama masa haid.

🌐Coba ikuti program pemerintah ketika menstruasi minum minuman (Tablet Tambah darah) 1x1 Selama menstruasi.

Dan program remaja Minum tablet tambah darah selama 1 minggu dengan dosis minum 1x1 tablet.

0⃣4⃣ Fitri
1. Apa benar dengan mengkonsumsi pil KB bisa melancarkan haid?
2. Teman saya promil dan diberikan pil KB untuk langkah pertama program hamilnya. Tidakkah malah menghambat mempunyai keturunan bu bidan ?

🌐Jawab:
1. Betul bunda fitri.., 2 fungsi pil KB yaitu = sebagai alat kontrasepsi dan mengatur kadar hormon tubuh yang tidak teratur.

Namun tidak boleh sembarangan minum pil KB. Harus diperiksa dan dikonsultasikan dahulu penyebab menstruasi tidak teraturnya.

2. Program hamil direncanakan berdasarkan hasil analisa masalah dari hasil pemeriksaan pasutri (pasangan suami istri).

Seperti yang telah dijelaskan pada jawaban pertanyaan no. 1 bahwa salah satu fungsi pil KB selain sebagai alat kontrasepsi, juga sebagai pengatur kadar hormon tubuh yang tidak teratur. Maka kemungkinan salah satu penyebab belum hamilnya teman bunda dikarenakan kadar hormon yang tidak teratur, sehingga diberikan pil KB sebagai salah satu terapinya

0⃣5⃣ Adha
Kalau membersihkan vagina dengan albothyl atau air dengan pH 2,5 itu boleh tidak bubid?

🌐Jawab:
Tidak boleh sering ya bun, karena bisa mengganggu kadar normal ph vagina.

0⃣6⃣ Tia
Kalau sedang hamil harus suntik TT kah?

🌐Jawab:
Iya, kalau sekarang bukan TT lagi tapi TD (Tetanus Difteri).

Sebelum pemberian imunisasi TD bidan akan melakukan skrining terlebih dahulu.

Sebelum nikah di suntik catin tidak? Ikut program BIAS tidak ketika dibangku sekolah?

Penentuan status Imunisasi Tetanus Toksoid (TT)
Oleh petugas untuk selanjutnya bilamana diperlukan memerlukan suntikan tetanus toksoid sesuai anjuran petugas kesehatan untuk mencegah tetanus pada Ibu dan Bayi.

Tabel rentang waktu pemberian imunisasi TT dan lama perlindungannya :

▪Imunisasi TT = TT 1
Lama perlindungan = langkah awal pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit tetanus.
*Imunisasi TT1

*Imunisasi TT 2; diberikan dengan interval minimal = 4 minggu setelah TT 1
Lama perlindungan = 3 tahun

*Imunisasi TT 3 = diberikan dengan interval minimal = 6 bulan setelah TT 2
Lama perlindungan = 5 tahun.

*Imunisasi TT 4 = diberikan dengan interval minimal 12 bulan setelah TT 3
Lama perlindungan = 10 tahun.

*Imunisasi TT 5 =  diberikan dengan interval minimal 12 bulan setelah TT 4
Lama perlindungan >25 tahun atau seumur hidup.

0⃣7⃣ Novi
1. Kenapa setelah melahirkan berat badan turun, nafsu makan tidak ada.
Sudah banyak obat penggemuk yang di minum tapi tidak ada perubahan.
Apa penyababnya adakah solusinya?

2. Kenapa setelah melahirkan dan menyusui PD kendur apakah ada cara untuk mengencangkan Payudara kembali?
Syukron katsir.

🌐Jawab:
1. Sebaiknya diperiksa dan dikonsulkan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya.

Biasanya dikarenakan faktor lelah, sehingga bunda kurang nafsu makan, padahal energi bunda banyak keluar seperti memberikan ASI dan lain-lain.

2. Begitu selesai masa menyusui, rata-rata payudara terasa lebih mengendur. Hal ini wajar karena setelah melahirkan dan menyusui, bentuk payudara dan ukurannya bisa berubah.

Payudara tersusun dari jaringan lemak. Semakin banyak jaringan lemak yang ada, ukuran payudara semakin besar dan padat. Kepadatan payudara meningkat pada saat kelenjar memproduksi susu setelah melahirkan. Setelah masa menyusui, jaringan-jaringan yang ada pada payudara dapat berubah.

Kebanyakan wanita merasa cemas payudaranya tidak kencang lagi setelah menyusui. Padahal sebenarnya peregangan ligamen yang menyokong payudara terjadi pada saat kehamilan. Jadi payudara bisa saja kendur setelah melahirkan, baik menyusui ataupun tidak. Mungkin saja, pada kehamilan pertama tidak terlihat perbedaannya, namun payudara dapat tampak semakin kendur pada kehamilan kedua dan seterusnya.

Faktor lain yang bisa memengaruhi kekencangan payudara, yaitu faktor usia, kebiasaan merokok, ukuran payudara sebelum masa kehamilan, serta Indeks Massa Tubuh (BMI). 

Solusinya =
Setelah menyusui,
1) Pertahankan berat badan ideal.
2) Menggunakan bra dengan ukuran yang tepat dan yang menyangga payudara.
3) Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin.
4) Menghentikan kebiasaan merokok.
5) Mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.
6) Jika perlu, mintalah bantuan dokter.

Sekitar enam bulan setelah masa menyusui selesai, secara alami jaringan lemak berangsur-angsur akan mulai menggantikan jaringan kelenjar penghasil susu pada payudara. Dengan adanya kembali jaringan lemak tersebut, payudara akan tampak lebih berisi.

Menjaga penampilan, termasuk mengencangkan payudara setelah menyusui, memang penting. Namun, jangan sampai keinginan ini menghambat atau menghalangi aktivitas menyusui yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Menyusui adalah kegiatan yang membahagiakan bagi seorang ibu.

#Dan kalau temen saya bahkan ada yang tarik benang untuk payudara tapi maaf ini menurut agama Kurang baik secara hukum.


^^^_^^^

@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
➖➖➖
🌷bkc🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar