Rabu, 21 Februari 2018

Duh Anakku.. Gini Amaat



OLeh   : dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Assalamualaikum ukhti semuaa...

Mengoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai tahapan usia adalah hal penting bagi para orang tua. Sebab dengan mengetahui informasi, orang tua jadi memiliki patokan untuk membuat anaknya tumbuh dan berkembang sampai ke tahapan optimal sesuai usianya.

Anak pada masa 2 tahun awal bisa memengaruhi kemampuan dirinya di masa mendatang. Karenanya, mengoptimalkan tumbuh kembang anak  pada masa itu sangat penting agar anak bisa memiliki modal dasar atau kemampuan kognisi yang cukup untuk bisa menggapai cita-citanya.

LANTAS, APA YANG HARUS DIPAHAMI ORANG TUA UNTUK MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK ?

Pertama untuk orang tua bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan optimal, ialah dengan mengetahui batas antara makna pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebab saat mengetahui kedua makna itu, mereka pasti biasa mengawal anaknya dengan baik.
Namun hal mendasar yang harus diperhatikan pada periode 2 tahun awal ialah ukuran lingkar kepala, panjang badan dan berat badanya. Hal ini penting sekali.

Bagaimana agar anak dapat menuruti orang tua, ada banyak cara tapi mungkin ada sedikit masukan seperti:

1. PERLAKUKAN ANAK SEPERTI KITA MENGHARAPKAN MEREKA MEMPERLAKUKAN KITA.
Moralitas adalah sesuatu sifat dua arah. Jika orang tua sudah bersikap jujur dan baik hati kepada anak (dengan bersikap terbuka, penuh perhatian, memperlakukan anak sesuai tingkat dan kemampuannya, menoleransi ketidakmatangan anak),  barulah kita boleh berharap mereka bersikap jujur dan naik kepada kita, tidak bohong penuh perhatian dan tenggang rasa, menghormati kita sebagai orang tua, serta menghormati kita sebagai sesama manusia.

2. MENGAJARKAN ANAK LEWAT CONTOH. CONTOH TUNGGALNYA ADAKAH DIRI ORANGTUA, SIKAP DAN PRILAKU ORANGTUA.
Anak harus diajakarkan bagaimana memperlakukan dan berbicara dengan orang di luar dirinya dan keluarganya. Contoh tunggalnya adakah diri kita, sikap dan prilaku kita. Jika kita kita baik hari dan jujur kepada orang lain, barulah kita berharap anak-anak akan jujur dan baik hati kepada orang lain.

3. SELAIN CONTOH, PERLU JUGA MENGAJARKAN LEWAT KATA-KATA DAN NASIHAT KARENA ANAK PERLU ALASAN.
Anak di kelilingi banyak sekali contoh buruk, di sekolah, di jalan, di televisi dan lainnya.  Mereka membutuhkan penjelasan, misalkan  ”mengapa kita harus berani jujur dan baik hati, semetara diluar sana banyak koruptor dan penjahat ?” Anak perlu melihat kita bertindak jujur dan baik hati. Namum mereka juga perlu mengetahui mengapa mereka perlu mengetahui mengapa kita melakukannya. Jika kita menjelaskan nilai-nilai dan keyakinan di balik contoh tindakan kita, pengaruh tidakan itu pada anak akan maksimal.

4. BANTU ANAK BELAJAR BERFIKIR.
Kira bisa membantu mengembangkan sikap jujur dan baik hati dengan selalu mendorong mereka agar mereka mau berhenti sejenak, berfikir dan menyertakan sudut pandang orang lain ke dalam pertimbangannya. Jika suatu kali anak tidak berkata jujur, kita bisa bertanya ”bagaimana seseorang melakukan hal yang sama terhadapnya?”

5. BANTU ANAK MEMPRAKTIKAN KEDALAM KESEHARIAN.
Kebaikan hati anak dapat terasah jika di berikan kesempatan seluas-luasnya untuk mempraktikannya dalam kesehariannya. yang penting di ingat, jika kita tahu anak berbohong, jangan menyalahkan. Lebih baik katakan betapa berharganya kejujuran, katakan pula betapa bangganya kita  jika bisa bersikap jujur.

6. SEIMBANGKAN KEBEBASAN DAN KONTROL.
jika terlalalu mengontrol anak soal apa dan bagaimana menjadi pribadi yang jujur dan baik hati, mereka bisa memberontal dan melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan demi kebebasan.  Namun jika terlalu memberikan kebebasan pada anak untuk menentukan apa dan bagaimana menjadi pribadi yang jujur dan baik hati, mereka bisa kewalahan.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Nick
Assalamualaikum dokter,
Sebelumnya maaf agak meleset dari tema.

Kalau bayi prematur lahir uk 30mg dengan bb awal 1550 itu biasanya lama dirawatnya berapa lama? Dan perawatan setelah keluar dari RS itu apakah tetap harus di inkubator atau menggunkan metode kanguru ?
Terimakasih sebelumnya dokter.

🌷 Jawab: 
Lama perawatan sebenarnya sangat bergantung dari kondisi klinis pasien dan apa ada penyakit penyerta atau tidak ya.

0⃣2⃣ Leny
Assalamualaikum dok,

Berapa standar BB, TB dan lingkar kepala yang bisa djadikan patokan?
Kemudian anak saya sekarang usia 19 bulan, saat usia 9 bulan sudah jalan namun hingga saat in gigi susu yang tumbuh baru 6, 4 gigi atas dan 2 gigi bawah apa ada kaitannya dengan kurang kalsium? Karena ASI tidak banyak jadi sejak usia 3 bulan sudah mkonsumsi sufor kedelai hingga usia 1 thn. Sekarang sudah sufor sapi.

🌷Jawab:
Bisa ya atau tidak, memangnya berat badan dan umurnya berapa ya?

🔹BB 8,7 kg usia 19 bulan anak perempuan dok.

🌷Hmm masih kurang ya, sebaiknya sih fokus ke berat badan dulu ya.

0⃣3⃣ Farida
Assalamu'alaikum dok..
Maaf jika pertanyaan saya meleset dari tema..
Bayi saya lahir prematur dengan BB 1300 gr, tapi sampai saat ini di usia 10 bln BB masih stagnan di 5,5 kg dengan PB 61 cm. Sudah 2 bulan ini dicoba sufor untuk tumbuh BB tapi dia tetap tidak mau sufor..
Bagaimana caranya untuk menaikkan BB ya dok?
Untuk pemberian vitamin sebelum usia 1 thn, aman tidak dok?
Terima kasih.

🌷Jawab:
Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ya, apakah ada masalah tertentu atau tidaknya.

0⃣4⃣ Yeni
Assalamualaikum..
1.Bagaimana cara menyikapi atau menghadapi anak yang terlalu kritis dalam segala hal. Anak saya usia 7 thn tapi terkadang banyak hal-hal yang ditanyakan diluar pengetahuan saya!
Terima kasih sebelumnya.

🌷Jawab:
Intinya sih jawab saja secukupnya, asal masuk akal jawabannya.

0⃣5⃣ Serra
Dok kalau anak tantrum sampai umur berapa ya dan apakah akan melekat di saat besar jika tidak terkontrol di masa kecil? 
Terima kasih.

🌷Jawab:
Ya itu lagi-lagi individual ya, sebaiknya segera di selesaikan.

0⃣6⃣ Nick
Jiika kondisi baby sudah dianggap sehat ada kiat-kiat untuk babynya supaya bb nya naik selain dari pemberian ASI?

🌷Jawab:
Tidak ada, selain pemberian makanan (ASI) yang cukup.

0⃣7⃣ Yeni
Kalau bayi BB dari bulan ke bulan standart naik nya berapa ya? Bayi saya usia 7 bulan naik BB nya tiap bulan rata-rata 500 gram!

🌷Jawab:
Kenaikan bb sangat tergantung dari usia, kalau usia 7 bulan.
Bukan memang diharapkan naik sekitar 4-5 ons dalam sebulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar