Jumat, 30 Oktober 2020

ORGANISME YANG HANDAL

 




OLeH: Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I.

   💎M a T e R i💎

Assalamu'alaikum, 

Masuk dalam bahasan organ tubuh manusia, yuk kita mulai. 

Energi setiap makhluk hidup dibutuhkan oleh makhluk hidup lain yang menyebabkan terjadinya kelangsungan hidup. Dalam Islam saling keterkaitan ini merupakan salah satu tujuan penciptaan Alloh ﷻ. Sebab Alloh ﷻ menciptakan sesuatu dengan tidak sia-sia (dengan suatu tujuan).

Mengapa Rasulullah ﷺ jarang sakit? Pertanyaan ini menarik untuk dikemukakan. Secara lahiriyah, Rasulullah ﷺ jarang sakit karena mampu mencegah hal-hal yang berpotensi mendatangkan penyakit.

Dengan kata lain, beliau sangat menekankan aspek pencegahan daripada pengobatan. Jika kita telaah Al Qur'an dan sunah, maka kita akan menemukan sekian banyak petunjuk yang mengarah pada upaya pencegahan. 

Hal ini mengindikasikan betapa Rasulullah ﷺ sangat peduli terhadap kesehatan. Dalam Shahih Bukhari saja tidak kurang dari 80 hadis yang membicarakan masalah ini. Belum lagi yang tersebar luas dalam kitab Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Tirmidzi, Baihaqi, Ahmad, dan sebagainya.

Sebab Rasul sehat disebabkan selalu selektif dalam makan dan minum, selalu mencari yang halal dan tayyib serta berkah, istirahat yang stabil, dan terjaga ibadah dalam berdakwah dan jihad memuliakan Islam ke seluruh penjuru dunia dan alam semesta.

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ Mila ~ Tegal
Ustadz, komposisi makan dan minumnya Nabi seperti apa ya?

🍓Jawab:
Komposisi makanan ada dalam 4 sehat 5 sempurna dan minuman tidak begitu panas, yang disukai minuman air putih dan air yang manis-manis.

Makan dan minum dalam kondisi dibutuhkan pada tubuh. Jangan berlebihan. Sebab akan datang penyakit pada tubuhnya. 

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Hesti ~ Surabaya 
Apakah ada cerita pada saat Nabi dulu bahwa makan yang berasal dari laut dan dari darat dicampur tidak jadi masalah?

🍓Jawab: 
Saat Nabi pulang dari tha'if sulit mencari air, tetapi ada pancaran air dari jarinya sebab Alloh ﷻ izinkan. Setelah itu beliau meminum air dari sumur dan memakan hidangan dari sumur, menandakan bahwa makan laut dan darat selama itu halal boleh dimakan, tetapi jangan memakan hewan yang di haramkan. Apabila dimakan akan merusak organ tubuh.

💎 Maksudnya jika dalam satu hidangan dicampur antara dari laut dan darat, apakah ada pengaruh misal capjay itu bakso dari laut tapi ada ayam?

🍓Sesuaikan dengan komposisi hidangan makanan, bila tidak teratur akan menganggu sistem arteri pada tubuh. Bila terlalu banyak campuran yang dikonsumsi. 

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Tia ~ Bandung
Ustadz kalau kepiting itu halal atau tidak?

🍓Jawab: 
Kepiting proteinnya unggul dan sehat di tubuh. Jadi, halal di makan. 

💎Dulu pernah baca katanya hewan yang bisa hidup di dua tempat haram dimakan tadz. Kalau dipikir-pikir itu kepiting bisa hidup di darat dan di laut. 

🍓Tentu ada hewan berada dua alam darat dan laut tidak boleh dimakan, tetapi ada yang boleh dimakan meskipun berada di dua alam baik darat dan laut. 

💎 Kodok atau katak hijau tadz bagaimana? Halal atau haram? Banyak orang makan itu katanya protein tinggi. 

🍓Kodok atau katak hijau masuk ke dalam keharaman, sebab akan menganggu sistem pencernaan dan sistem pernafasan. 

💎 Banyak orang habis panen madu, lebah yang masih putih di sarang itu suka dimasak juga,
bagaimana itu tadz?

🍓Madu alamiah itu nikmat, tetapi bila hewan yang dimatikan akan menyakiti madunya. Karena sangat sakit di madu. 

Ini gambaran dalam mengkonsumsi madu, sebaiknya madu yang dikosumsi dan hewan ya tetap hidup akan selalu menghasilkan madu. 

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Hesti ~ Yogja
Ustadz, bagaimana hukum memakan makanan yang mentah bahkan masih hidup
misalkan udang kecil kecil yang dicampur dengan bumbu sehingga membuat udang-udang tersebut meloncat-loncat kesakitan sampai mati baru dimakan? 

🍓Jawab:
Makanan yang baik merupakan bagian kesehatan, oleh karena itu jangan menyakiti hewan. Tetapi lakukan cara yang baik akan menjadi ibadah.

💎 Bagaimana hukum makan semut dan telurnya? Disini masakan itu sudah menjadi menu istimewa. Suami saya kadang masih mencicipi saat berkunjung ke rumah ibunya! 

🍓Semut bagian dari hewan yang disayangi oleh Nabi Sulaiman, sebaiknya tetap dibiarkan hidup agar ibadah pun lancar. 

💎 Sering kepikiran kalau masak udang rebon yang masih hidup, kan tidak mungkin disiangi, terus saat masuk wajan si udang loncat-loncat. Bagaimana hukumnya tadz, apakah ini termasuk penyiksaan?

🍓Udang yang masih hidup agar terhindar menyakiti hewan,  sebaiknya lansung dibersihkan di awal baru masuk proses berikutnya. Sampai dapat dikonsumsi. 

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Organisme akan terjaga adanya pola makan dan minum serta terjaga ibadahnya. 

Kehandalan terdapat pada istiqamah beramal shalih.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar