Rabu, 14 Oktober 2020

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS KeSPRo WUS ~ LaNSia)



OLeH: TeaM Kesehatan PeRiNDu SuRGa

Sabtu, 10 Oktober 2020
Moderator : Kiki
Notulensi   : Bunda Sasi

➖➖➖➖➖➖➖➖

0️⃣1️⃣ iiK ~ Pku
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Dok, Anak saya umur 3 tahun suka timbul gatal sampai akhirnya luka. Kadang seperti melendung kecil isi cairan, gatalnya jadi merembet juga ke tempat lain. Ini jenis alergi atau bakteri ya, dok? 

Kalau Saya berikan sabun sebamed saat mandi dan detol cair bolehkah?

💊Jawab:

Masih belum jelas pertanyaannya, adanya kulit yang melendung dan berisi cairan itu muncul karena digaruk atau sebelum digaruk sudah ada ya?

🔹Awalnya merah dan agak keras area yang gatalnya di beberapa tempat, lalu digaruk. Jadi beberapa ada melendung kecil itu, entar digaruk lagi terus luka dan meninggalkan bekas.. 

Dulu pernah dikasih salep Betason kalau tidak salah...

💊Berarti gelembung-gelembung kecilnya dikarenakan efek garukan ya, yang pada akhirnya timbullah luka. Jika sudah terjadi luka, obat yang tepat adalah obat luka, seperti obat merah, betadine, dan lain-lain. 

Untuk mencegah iritasi yang bisa buat gatal, usahakan kulit selalu kering. Boleh pakai sabun seperti di atas.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Astri ~ Bogor
@Bidan Devi Inggerianie, S.ST., M.Kes 

Bu, pagi ini anak Saya usia 2,5 tahun diare. Dari pagi sudah 4 kali. Suhu badannya normal, tapi jadi tidak nafsu makan.

Adakah obat yang bisa saya beli di apotek untuk mengobatinya?

Terima kasih

💊Jawab:
Makan pisang sunfresh, beli zink dan lactobe dan oralit, Bun.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Sasi ~ Balam

@dr. Fendi F.G., Sp.BS

Bismillah...
Dok, kalau luka bekas jatuh hampir setahun yang lalu menjadi keloid, apakah harus diangkat atau operasi kecil atau bisa disedot cairan keloidnya atau bagaimana ya, dok?

Di bagian luka ini sering timbul nyeri sampai sekarang.

Mohon penjelasannya.

Terima kasih, dokter.

💊Jawab:
Waalaikumussalam...

Ada 2 pilihan bisa di-eksisi atau dibuang dan bisa disuntik obat untuk mengecilkan.

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Mariam ~ Bandung

@drg. Selly Priliana Dewi

Bismillah,
Dokter, selama hampir 2 bulan ini saya selalu sakit gigi sebelah kiri kalau sudah makan yang panas atau dingin dan langsung sakit kepala sebelah kiri dan sakit telinga. Bahkan telinga saya seperti ada yang menghalangi jadi tidak jelas pendengaran.

Kira-kira kenapa ya dok, yang dialami oleh Saya ini. Saya belum periksa ke dokter, takut kenapa-kenapa.

💊Jawab:
Diperiksakan saja. Dokter tidak bisa menduga-duga ya.

Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Annisa ~ Tangerang

@dr. Fendi F.G., Sp.BS

Assalamu'alaikum dokter...

Bahu Saya suka kesemutan kalau kelamaan ngetik atau nulis atau duduk dan nanti bisa sampai mati rasa itu terjadi saat Saya sekolah SMA dan sekarang tulang-tulang Saya suka sakit dari tulang belakang, tulang rusuk, bagian dada juga dan kalau tarik nafas sakit, mau bersin juga. Kalau ke bagian faskes Saya syaraf kejepit dan dirujuk ke bagian syaraf tapi pas di-rontgen, dokternya tidak bicara apa-apa malah balikin saya ke faskes dan saya malah dikasih obat yg bikin saya nge-fly. 

Terus Saya ke pijat syaraf dan memang saya ada syaraf kejepit. Yang ingin Saya tanyakan sudah 2x setiap Saya sakit sampai kedinginan dan menggigil bahkan sesak nafas karena nahan sakit dan nanti tiba-tiba panas tinggi, minum obat parcetamol langsung hilang dan saya lagi hamil, bahayakah ibu hamil punya riwayat syaraf kejepit? 

Dan makanan serta tips untuk tidak kambuh syaraf kejepitnya di masa kehamilan dok? 

Karena Saya takut nanti kaki Saya seperti ketarik ototnya yang menyebabkan sakit dan susah jalan karena di kehamilan sebelumnya begitu pada saat kehamilan trimester 2 dan 3.

💊Jawab:
Waalaikumussalam warahmatullah...

Saraf kejepit yang sering menimbulkan gejala pada tangan disertai nyeri menjalar bisa karena saraf kejepit pada daerah leher, lebih baik dilakukan foto MRI untuk mengetahui secara dini, pada ibu hamil karena ada penambahan berat badan, sering saraf kejepit timbul akibat berat badan yang berlebih, untuk obat-obatan lebih baik konsultasikan pada dokter atau bidan masalah kehamilan tersebut.

Wallahu a'lam

0️⃣6️⃣ Annisa ~ Tangerang
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Dok, anak saya 24 bulan dan susah sekali makan. Kalau makan selalu dilepeh, jadi cuma makanan tertentu saja, itu pun tidak terlalu banyak dan besok kalau dikasih lagi belum tentu mau. Minum susu 3-4 kali sehari. 

Pernah ke dokter spesialis anak dikasih solusinya malah suruh pasang NGT dan menurutku berat badannya juga seret, dok karena 24 bulan saja 10 kg. 

Saya minta solusinya, dok? Apa harus saya beli vitamin nafsu makan dan kalau iya, vitamin apa yang bagus?

💊Jawab:
a) menurut Saya kondisi itu bukan susah makan, tapi milih makan, karena dia masih mau minum susu dan makanan tertentu aja. Saran saya dicoba metode lain, misalnya makan dibuat lebih sering, 2-3 jam sekali (dari bangun tidur sampai mau tidur malam). Tidak harus nasi tapi bukan diberikan makanan ringan. Serta tidak perlu banyak. Jadi meskipun sedikit tapi sering, jadi lumayan. Serta anak jadi terbiasa untuk makan.

b) Pemakaian selang, itu hanya salah satu metode, karena anak pasti mau makan karena tidak bisa menolak minuman yang masuk karena lewat selang. Efektif tapi kalau tidak sreg yah silahkan pakai metode lain saja.

c) Vitamin boleh saja, tapi mesti di ingat, vitamin tidak bisa mengatasi masalah di atas. Karena masalah di atas bukan penyakit tapi lebih pada faktor kebiasaan saja.

Wallahu a'lam

0️⃣7️⃣ Sasi ~ Balam
@drg. Selly Priliana Dewi

Bismillah...
Dok, beberapa waktu ini bekas tambalan terasa nyeri sampai terkadang sakit kepala.

Apakah ini harus ditambal ulang ya?

Tapi amankah dengan sikon pandemi sekarang untuk melakukan ini?

Apakah ada pereda nyeri yang cukup aman buat Saya ya, dok?

Terima kasih atas penjelasannya.

💊Jawab:
Bisa jadi tambalan ganjel atau ketinggian. Bisa kontrol ke dokter yang nambal ya.

Wallahu a'lam

0️⃣8️⃣ Mala Hasan ~ Lampung
@ dr. Valleria, Sp.OG

Dok, seorang teman malam ini akan dioperasi kanker rahim stadium 1, padahal selama ini dia sangat menjaga pola makan dan kesehatan, dia berumur 49 tahun.

Yang mau Saya tanyakan, apakah wanita yang menjelang menopause rentan menderita kanker rahim?

Apa yang menyebabkannya?

Berapa lama naiknya kanker  dari stadium awal ke stadium berikutnya?

Apakah ada hubungannya dengan operasi tumor di batang otak yang pernah di jalani teman Saya ini?

Terima kasih bu dokter.

💊Jawab:
Penyebab kanker rahim sampai saat ini belum diketahui. Ada 2 hal yang orang awam sering rancu membedakan, antara kanker rahim dan kanker leher rahim (cervix). 

~ Kanker rahim faktor risikonya adalah gemuk, diabetes, dan PCO(s). 

~ Kanker leher rahim sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus yaitu HPV (human papilloma virus). 

Naiknya stadium kanker bisa cepat, hanya dalam hitungan bulan. 

Sejauh ini tidak diketahui apakah ada hubungannya dengan operasi tumor di batang otak.

Wallahu a'lam

0️⃣9️⃣ Risma ~ Kediri
@dr. Fendi F.G., Sp.BS

Assalamu'alaikum dok, 

Ibu mertua Saya beberapa bulan lalu tiba-tiba tidak bisa jalan beberapa detik seperti mati rasa begitu katanya dan beliau mengeluh kesemutan tiap hari sudah beberapa tahun dan setelah di-lab hasilnya kolesterol tinggi.

Penyebab kesemutan itu karena apa ya, dok, beliau kerja pabrik sambil duduk tiap hari, adakah pantangan-pantangan biar kesemutan itu tidak muncul tiap hari?

💊Jawab:
Waalaikumussalam warahmatullah...

Keluhan nyeri menjalar, kesemutan bahkan sampai mati rasa bisa ditimbulkan karena saraf kejepit atau HNP, lebih baik dilakukan pemeriksaan MRI pada daerah keluhan tersebut.

Wallahu a'lam

1️⃣0️⃣ Nanda ~ Magetan
@Bidan Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T.,M.Kes

Assalamualaikum bubid, 

1. Makanan atau suplemen untuk penambah berat badan saat hamil trimester awal?

2. Cara mengatasi morning sicknes berlebihan?

💊Jawab:
Waalaikumussalam wr.wb. 

1. Sebenarnya semua merk vitamin ibu hamil bagus. Vitamin Untuk penambah nafsu makan ibu hamil terpilih salah satunya adalah Blackmores pregnancy dan breastfeeding, dan lain-lain.

2. Cara mengatasi morning sicknes berlebihan =

a) Kurangi makanan berlemak.

b) Istirahat cukup.

c) Makan bergizi dengan porsi makan sedikit-sedikit tapi sering.

d) Konsumsi makanan/minuman yang mengandung protein tinggi.

e) Hindari makanan dan bau-bauan yang merangsang mual.

f) Jangan terlalu memikirkan morning sicknes, enjoy saja menikmati hidup dengan penuh cinta, rasa syukur dan berbahagialah.

Wallahu a'lam

^^^_^^^

@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes
@Bidan Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
@dr. Merta Arum Prastika
@Heradini Faizah, S.Psi

➖➖➖

🌷bkc🌷

•┈•◎❅❀❀❦ 🌀🌷🌀 ❦❀❀❅◎•┈•

Tidak ada komentar:

Posting Komentar