Jumat, 30 Oktober 2020

KESEHATAN REPRODUKSI WANITA MENOPAUSE

 



OLeH: dr. Merta Arum Prastika

💎M a T e R i💎

🌸KESEHATAN REPRODUKSI PADA WANITA MENOPAUSE


Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 tahun hingga 55 tahun. Seorang wanita dikatakan menopause bila tidak menstruasi lagi,  minimal 12 bulan. 

★ Perubahan Siklus Menstruasi

Menstruasi menjadi tidak teratur, kadang terlambat atau lebih awal dari biasanya (oligomenorae). Darah yang keluar saat menstruasi dapat lebih sedikit atau justtu lebih banyak. 

Perubahan lain terjadi pada tubuh wanita yang menopause, mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hasrat seksual, hingga kesuburan. 

★ Perubahan Penampilan Fisik

√ Rambut rontok. 

√ Kulit kering. 

√ Payudara mengendur. 

√ Bb (berat badan) bertambah. 

★ Perubahan Psikologis

√ Moody. 

√ Sulit tidur. 

√ Depresi. 

★ Perubahan Seksual

√ Vagina Kering. 

√ Penurunan gairah seksual. 

★ Perubahan Fisik

√ Merasa panas atau gerah, sehingga mudah berkeringat (hot flashes). 
 
√ Berkeringat di malam hari. 

√ Pusing. 

√ Jantung berdebar. 

√ Infeksi berulang pada saluran kemih. 

★ Penanganan Mandiri

◼️1. Menghindari makanan pedas dan minuman panas, berkafein, atau alkohol dapat membuat gejala menopause (hot flashes dan jantung berdebar) menjadi lebih parah. 

◼️2. Mengenakan pakaian tipis berbahan katun dapat mengurangi hot flashes yang dirasakan. 

◼️3. Menerapkan teknik relaksasi seperti meditasi, pengaturan nafas, yoga, yang bisa membantu mengurangi tingkat stres serta mencegah depresi. 

◼️4. Menggunakan pelumas vagina berbahan dasar air. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat vagina yang kering atau atrofi vagina. Jangan menggunakan produk pelumas vagina yang mengandung gliserin, karena beresiko menimbulkan iritasi. 

Untuk mencegah penyakit yang dapat timbul akibat menopause, seorang wanita disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat. Caranya adalah dengan tidur yang cukup,  rutin berolahraga, serta menerapkan pola makan yang sehat. 

Pola makan yang dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang dan memperbanyak asupan serat, seperti buah, sayur,  biji-bijian. Selain itu,  batasi asupan gula,  lemak dan minyak. Jika dibutuhkan, konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang. Selain itu, hindari konsumsi alkohol karena bisa menyebabkan sulit tidur. 

Jangan Lupa Bahagia dan Bersyukur. 

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
    💎TaNYa JaWaB💎
 
0️⃣1️⃣ Bunda Ika ~ Bandung
Dok, disini disebutkan bahwa menopause mengakibatkan gairah seks menurun. Yang ingin saya tanyakan bagaimana melayani suami dalam hal ini, dan satu lagi benarkah semua wanita mengalami haid selama hidupnya 400x sehingga bila melahirkan selama 6x ada yang bilang otomatis MENOPOUSEnya akan agak terlambat benarkah itu, dok?

Terimakasih

💎Jawab:
Semua proses reproduksi pada wanita sangat dipengaruhi oleh hormon. Sejak masa puber sampai lansia hormon mengatur semua fungsi reproduksi wanita.

Pada masa premenopause hormon-hormon menjadi tidak stabil yang membuat sel telur makin sedikit, siklus haid makin panjang sampai akhirnya berhenti.

Rata-rata memang sekitar 400x haid, tapi masih banyak faktor lain yang mempercepat atau memperlambat datangnya masa menopause.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Atin ~ Pekalongan
Assalamualaikum dokter,

1. Jika perempuan ada masa menopouse, apakah laki-laki juga ada masa seperti itu, maksudnya ciri-ciri seperti wanita menopause?

2. Bagaimana menjaga hubungan seksual tetap harmonis karena berkurangnya gairah dan rasa sakit?

💎Jawab:
Waalaikumsalam, 

1. Laki-laki juga bisa mengalami andropouse & penurunan hormon-hormon pada lelaki. Namun tidak semua mengalami gejala & ciri-cirinya sedikit berbeda dengan wanita. Pada pria walaupun hormon menurun, jumlah sperma & gairah seks bisa saja tetap ada. Namun ada juga yang sangat krisis sehingga muncul gejala-gejala berat seperti gangguan-gangguan gairah seks.

2. Biasanya saat usia bertambah rasa sayang & saling pengertian yang menjaga hubungan harmonis suami istri. Mungkin bisa dicoba penggunaan pelumas agar tidak terlalu kering & nyeri.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Rini ~ Parung
Assalamualaikum dokter,  

Apakah wanita yang sedang mengalami fase menopause awal tulang-tulang pada sakit kah dok? Apakah ada hubungannya menopouse dengan osteoporosis? Karena ibu saya dulu mengalami itu.

💎Jawab:
Waalaikumsalam, 

Penurunan hormon estrogen sangat berpengaruh di sum-sum tulang, sehingga pembentukan sel-sel tulang baru menjadi sangat sedikit, sedangkan sel-sel tulang tua semakin banyak yang cepat rusak, ini yang menyebabkan pengeroposan tulang pada wanita pra sampai MP (menopos).

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Ella ~ Bandung
Bu Dokter, apakah orang yang menopause itu bawaannya sering pegal-pegal.
Habis mama neng suka begitu, apakah harus dilakukan pemijatan yang rutin atau bagaimana?

💎Jawab:
Begitu juga dengan sel-sel otot-otot. Ternyata hormon reproduksi juga mempengaruhi semua bagian tubuh kita, sel kulit, sel rambut, kelenjar minyak & begitu juga dengan sel-sel otot. Boleh dipijat-pijat ringan rutin, dibalur minyak zaitun atau fisioterapi agar kekuatan ototnya tidak melemah.

Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Ida ~ Tanjungpinang
Dokter, bagaimana dengan wanita yang telah berhenti haidnya pada usia di bawah 40 tahun? 
Apakah ada hubungannya menopause dengan awal haid, misalnya jika haid pertama pada usia 9 tahun maka saat berhenti haid atau menopause akan lebih dini juga? 

Terima kasih 

💎Jawab:
Mungkin biasa disebut menopause dini, banyak faktornya bisa karena genetik, penyakit tertentu, mengkonsumsi obat tertentu, pola hidup kurang sehat, kebiasaan merokok atau pada wanita yang sangat kurus (biasanya hormon estrogennya lebih sedikit karena estrogen ada hubungannya dengan lemak). 

Wallahu a'lam

0️⃣6️⃣ Astri ~ Bogor
Bu dokter, faktor apa saja kah yang bisa mempercepat dan memperlambat menopause?

💎Jawab:
Banyak faktornya bisa karena genetik, penyakit tertentu, mengkonsumsi obat tertentu, pola hidup kurang sehat, kebiasaan merokok atau pada wanita yang sangat kurus (biasanya hormon estrogennya lebih sedikit karena estrogen ada hubungannya dengan lemak). 

Wallahu a'lam

0️⃣7️⃣ Mala Hasan ~ Lampung
1. Apakah sebelum seorang perempuan mengalami menopause akan mengalami  perubahan siklus haid? 

2. Apakah dalam perubahan siklus haid itu dapat mempengaruhi masalah kesehatan lainnya, misalnya jadi moody atau tempramen. 

Terimaksh bu dokter

💎Jawab:
1. Iya, saat puber siklus belum teratur, masa subur kebanyakan teratur, preMP akan memanjang, sampai berhenti (menopos). 

2. Iya, terbukti saat haid kita jadi sensi "senggol bacok". Apalagi saat menopause, biasanya juga bisa bikin baper-baper atau mudah sedih atau mudah iba hati atau depresi. 

Wallahu a'lam

0️⃣8️⃣ Yayu ~ Bandung
Dok, apakah kalau menopause berpengaruh juga ke emosi?
Jadi sering marah-marah atau naik turun emosinya?

💎Jawab:
Iya mba.
Ada hormon namanya serotonin & norepineprin (yang mengatur perasaan, mood, bahagia, sedih dan lain-lain). Hormon ini terpengaruh secara tidak langsung saat hormon estrogen menurun. Sehingga muncul cemas, sulit tidur, stress, mudah lupa dan lain-lain. 

Perubahan fisik & keluhan-keluhan tidak nyaman yang drastis juga menjadi stressor yang bisa bikin ibu-ibu pramenopos lebih sensitif.

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Menopause adalah proses yang pasti akan terjadi. Sadari siklus itu, pastikan kesiapan raga & mental ibu & pasangan ibu dalam menyambutnya. Bersyukur & bahagia kunci utama.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar