Sabtu, 10 Oktober 2020

HATI BERSEMI, CAHAYA PUN DATANG

 


OLeH  : Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I

    💘M a T e R i💘

🌷 HATI BERSEMI, CAHAYA PUN DATANG

Mengenalkan Alloh ﷻ kepada anak harus dilakukan sedini mungkin. Tujuannya agar anak memiliki akidah yang sahih yang tertanan kuat dalam hatinya. Banyak teladan dari Rasulullah ﷺ yang bisa kita terapkan untuk tujuan ini.

Menyaksikan anak-anak tumbuh dalam sepenuh kebahagiaan. Melambung seluruh harapan yang terindah untuk mereka. Teriring permohonan kepada Rabb seluruh alam, dalam bisikan, “Duhai Rabb-ku, jadikan mereka penyejuk hati kami.”

Harapan bukanlah sekadar sepenggal harapan. Melalui kedua tangan ayah dan bundalah tertuai harapan dalam kenyataan, dengan mengingat kembali sabda Rasulullah ﷺ yang disampaikan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى الفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ، كَمَثَلِ الْبَهِيْمَةِ تُنْتِجُ الْبَهِيْمَةَ، هَلْ تَرَى فِيْهَا جَدْعَاءَ؟

“Setiap anak terlahir di atas fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Sebagaimana hewan, tentu akan melahirkan hewan pula yang sempurna. Adakah engkau melihat hewan itu telah terpotong telinganya?” (HR. al-Bukhari no. 1385 dan Muslim no. 2658). 

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan agar hati kembali mendapat cahaya dan hidayah.

◼️Pertama adalah memperbanyak zikir kepada Alloh ﷻ.

Hal tersebut persis seperti yang dianjurkan Hasan bin Ali ketika ada seseorang yang bertanya kepadanya perihal cara melunakkan hati. 

◼️Kedua adalah selalu berdoa dan memohon ampunan serta petunjuk dari Alloh ﷻ. 

Sebab, bagaimanapun Alloh ﷻ selalu menerima hamba-hamba yang ingin bertaubat dan kembali ke jalan-Nya.

Memperbanyak amal kebaikan kepada Alloh ﷻ serta memohon petunjuk yang terbaik darinya. Seperti yang diriwayatkan dalam hadits yang artinya:

“Jika ia mendekat pada-Ku sejengkal, Aku mendekat padanya sehasta, Jika ia mendekat pada-Ku sehasta, Aku mendekat padanya sedepa. Dan jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku mendatanginya dengan cepat.” (HR. Bukhari). 

Wallahu a'lam

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷

         💘TaNYa JaWaB💘

0️⃣1️⃣ Safitri ~ Banten

Ustadz, mohon maaf yah Fitri nanyanya di luar tema. 

Ustadz, kan setiap surat di Al-Qur'an pasti awalnya pakai bismillah, tapi kenapa di surat At Taubah tidak diawalin pakak bismillah pas awalnya tidak ada lafadz bismillah jadi langsung. Kenapa, Ustadz?

🔷Jawab: 

Dari Said bin Jubair, ia berkata, aku bertanya pada Ibnu Abbas tentang surah At-Taubah. Ibnu Abbas menjawab, “Itu surat yang menyingkap rahasia-rahasia. Tidak henti-hentinya ia turun, kecuali ada diantara rahasia kami yang diungkapnya. Sampai kami takut bahwa tiada (rahasia) yang tersisa dari seorang pun di antara kami,” (Semua keterangan di atas dinukil dari Tafsir Al-Tibyan, Syaikh Thusi, juz lima bagian surat Al-Taubah).

🌸Ustadz, itu isi surat At Taubah tentang perjanjian-perjanjian kaum musyrikin sama Alloh ﷻ langsung benar begitu tidak, Ustadz?

🔷 Ya... tepat. 

0️⃣2️⃣ Desi ~ Rembang

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagaimana caranya kita agar slalu tetap sabar dan ikhlas dalam segala cobaan? 

🔷Jawab:

Wa'alaikum salam, 

Selalu memiliki positive thinking dan kuat dalam ibadah baik yang wajib dan yang sunah. Hidup menjadi berkah. 

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Brina ~ Riau

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Ustadz, apa salah bila memilih untuk tidak berdoa mengenai dunia hanya karena sudah percaya bahwa Alloh ﷻ sudah menentukan yang terbaik untuk hamba-Nya?

🔷Jawab: 

Wa'alaikumsalam, 

Percaya dan yakin kepada Alloh ﷻ, tentu memohon kepada-Nya. Karena do'a senjata ya mu'min. 

Wallahu a'lam

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷

 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Hati yang bersemi akan selalu di pupuk dengan siraman rohani selalu kokoh dalam beribadah dan terjalin ukhuwah cahaya pun datang kepada hamba yang mulia. 

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar