Senin, 10 Februari 2020

SELF AWARENESS



OLeH; Bunda Heradini F.,S.Psi

           💎M a T e R i💎

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ


اعوذبالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Puji syukur kehadirat Allah ﻋﺰّﻭﺟﻞّ  atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berjumpa di kajian malam hari ini, dalam kafaah keilmuan kita untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada Allah, menguatkan Azzam dalam jamaah, memaksimalkan potensi dakwah, menyemaikan syariah dalam bermuamalah hingga dunia bersemai indah.

Shalawat dan salam kita haturkan pada baginda Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ , yang berahklak mulia, uswatun hasanah.
Semoga terus memotivasi kita untuk terus menjadi lebih baik.

Semoga pada malaam hari yang barokah ini, insyaAllah mampu menerangi kita untuk selalu dekat dengan-Nya untuk menuju Jannah yang Abadi...
Aamiin ya robbal alaamiin.

Alhamdulillah
Kita bisa bertemu malam ini. Membahas tema SELF AWARENESS.


🌸Self Awareness  (kesadaran diri) adalah perhatian yang berlangsung ketika seorang mencoba memahami keadaan internal dirinya. Prosesnya berupa semacam refleksi dimana seseorang secara sadar memikirkan hal-hal yang ia alami berikutnya emosi-emosi mengenai pengalaman tersebut.

Dengan kata lain,  self awareness adalah keadaan ketika kita membuat diri sendiri sadar tentang emosi yang sedang kita alami dan juga pikiran-pikiran kita mengenai emosi tersebut.
Self Awareness dapat diterjemahkan dengan Kesadaran Diri. Maknanya kurang lebih kemampuan kita menyadari diri kita, pikiran, perasaan, perilaku kita dan dampaknya bagi orang lain.

Self awareness sangat penting dikarenakan  self awareness  itu sendiri berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Meningkatkan rasa percaya diri dimulai dengan bahasan untuk mengenal potensi diri dan hal-hal yang mendukung rasa percaya diri, mengolah potensi dan faktor pendukung, lebih bisa menerima diri, menjadi lebih percaya diri, tahu cara mengembangkan diri sendiri.

Manfaat self awareness yang akan dirasakan oleh seseorang adalah ia akan mengerti tentang mengapa ia merasakan apa yang dirasakannya.

Pemahaman yang ia dapatkan akan membantunya untuk mengubah hal-hal yang ada pada hidupnya serta membentuk kehidupan yang ia inginkan.

✔ Ada 2 tipe Self-Awareness:

◾1. Internal Self-Awareness (ISA)

ISA adalah kemampuan kita melihat value, passion, aspirasi dan reaksi kita (pikiran, perasaan, dan perilaku, kekuatan dan kelemahan kita) serta dampaknya pada orang lain.

Kemampuan menyadari dunia internal kita.
Hasil riset menunjukkan bahwa ISA sangat terasosiasi dengan kepuasan kerja dan hubungan, kendali diri dan sosial serta kebahagiaan.

Seseorang dengan ISA yang tinggi jarang mengalami kecemasan, stress, dan depresi.

◾2. External Self-Awareness (ESA)

ESA adalah kemampuan memahami bagaimana orang lain melihat kita.

Bagaimana orang melihat value, passion, aspirasi dan reaksi kita serta dampaknya bagi mereka.

Riset menunjukkan mereka dengan ESA tinggi lebih terampil dalam menunjukkan empati dan melihat perspektif orang lain.

Jika mereka adalah seorang leader maka mereka mampu membangun hubungan baik dengan bawahannya dan bawahannya puas dengan kepemimpinannya.

Akhwati fillah penghuni room Perindu Surga...

Ada tiga cara  untuk meningkatkan kesadaran diri kita, yaitu:

🔸1. Ambil Keputusan

Ambil keputusan untuk mengenali diri kita yang sebenarnya.
Putuskan untuk menemukan kebenaran, sepahit apapun rasanya.
Pertimbangkan untuk mengenal diri sendiri secara internal maupun eksternal.

🔸2. Dapatkan Feedback Dari Orang Lain

Mengapa banyak orang yang “sudah berpengalaman” berhenti bertumbuh?
Karena mereka berhenti menerima feedback. Mereka yang “sudah berpengalaman” sering overestimate mengukur kemampuan mereka sendiri.

Pengalaman menciptakan kepercayaan diri semu tentang kemampuan diri sehingga kita berhenti belajar, tidak mau berlatih, tidak pernah mempertanyakan asumsi yang kita buat sendiri.
Alasannya sederhana, semakin berpengalaman seseorang, semakin sedikit orang yang berani memberikan feedback kepada mereka.

Maka, salah satu cara untuk meningkatkan Self-Awareness adalah menemukan seseorang yang mau memberikan feedback kepada kita. Tentu saja, jangan minta feedback dari semua orang.
Ini akan membuat kita bingung dan kewalahan. Mintalah kepada satu dua orang yang mau memberikan constructive feedback kepada kita.

🔸3. Lakukan Introspeksi Diri Secara Tepat

Caranya adalah dengan go wide (meluas) bukan go deep (mendalam).

Go deep adalah terlalu banyak bertanya “mengapa” sementara go wide adalah dengan banyak bertanya “apa.”
 Terlalu banyak bertanya “mengapa” membuat Anda berpikir mendalam. Pertanyaan “mengapa” menghasilkan pembenaran di balik pikiran, perasaan dan perilaku kita.
Ini adalah cara yang tidak tepat dalam melakukan introspeksi diri.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

 0⃣1⃣ Erni ~ Yogja
Assalamualaikum,

Ustadzah, apa bedanya bahasan diatas dengan muhasabah?
Mohon pencerahannya.

🌸Jawab:
Waalaikum salam,

Sama, tidak ada bedanya.

0⃣2⃣ Fatihah ~ Tangerang
Assalamu'alaikum,

Ustadzah bagaimana agar kita mampu menekan ego kita pada hal-hal yang positif dan mampu berfikir positif thinking terhadap orang lain?
Mohon ilmunya.

Syukran

🌸Jawab:
Waalaikum salam,

Kita adalah makhluk sosial yang tidak mungkin memenuhi kebutuhan hidup seorang diri.

Mau tidak mau, kita tetap membutuhkan orang lain.
Dengan cara itu kita dapat menekan ego pribadi.

Bagaimana cara agar kita bisa positif thinking?
Perlu latihan terus menerus. Setiap pikiran jelek hilang, harus langsung kita tepis
"Ya Allah, beri aku seribu satu alasan agar tetap bisa berprasangka baik pada orang lain."

0⃣3⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualikum bun, 

Kalau kita sendiri tidak bisa memahami diri kita bagaimana bun benar-benar tidak tahu diri ini tuh maunya seperti apa dan mesti bagaimana. Kadang fitri bingung sama diri sendiri dan tidak tahu apa yang dibingungin. Minta saran dan penjelasanya bun?

🌸Jawab :
Waalaikumussalam,

Mba fitri yang dirahmati Allah kita harus benar-benar faham dengan apa dan bagaimana kita ketika kemampuan tersebut tidak kita miliki, maka bisa jadi memang self awarness kita buruk.

Bagaimana caranya?
Pasti kita punya teman sejati. Satu atau dua saja tunjuk mereka untuk menilai kita. Sebenarnya saya itu Bagaimana sih!  Ketika kita punya kebaikan, tunjukkan baiknya kita dimana.
Ketika kita keburukan juga harus ditunjukkan.
Berikut juga cara merubah diri.

🔹Teman fitri sih bilang kalau fitri orangnya menutup diri pokoknya  susah dalam bersosialisasi dan orang tidak terbuka jangankan sama teman biasa teman dekat bahkan sahabat pun fitri tidak terbuka itu bagaimana bun?

🌸Apa yang menyebabkan fitri tertutup? Apa yang ditakuti. Kenapa tidak bisa open ke orang lain?

🔹Nahhh fitri juga bingung bun kenapa fitri ini tidak bisa seperti welcome sama orang apalagi orang baru fitri tuh tidak bisa basa-basi,  jadi yah fitri punya teman itu-itu saja?

🌸Teman yang itu-itu saja tidak apa-apa jalin kedekatan dengan mereka jadi seperti temen rasa saudara. Kalau ada yang bisa dipercaya, ceritain ke dia pas kita punya masalah. Ini bisa dilakukan dengan berlatih, melihat bagaimana sikap orang jika mereka membuka sebuah pembicaraan. Amati... Tiru.

🔹Iya bun kita memang sudah dekat sekali, walaupun tidak setiap hari bersama walaupun cuma bisa lewat hp, tapi tetap bun fitri belum bisa terbuka apapun yang fitri rasain fitri tidak cerita sama teman malah teman fitri sendiri yang suka cerita-cerita apapun itu.

Kadang fitri juga ingin bun didengarkan bukan hanya mendengar tapi teman fitri tidak ngerti itu mereka malah mengandalkan fitri dalam sesi curhat dan kasih saran atau solusi buat mereka mereka terus menceritakan apa yang mereka rasain tapi mereka tidak pernah nanya fitri kenapa. Maka dari itu fitri tidak mau memperlihatkan sedihnya fitri mereka cuma tahu fitri orang yang selalu ceria dan tidak pernah ngeluh tentang semuanya.

🌸Awali aja.
Gini nih....aku pengen cerita....bla...bla...bla...

🔹Iya bun, oke deh bun terimakasih saran dan masukannya.

0⃣4⃣ Ririn ~ Jatim
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Bunda dini yang di muliakan ALLAH, bagaimana mendidik diri  agar tidak minderan?

Syukron.

🌸Jawab:
Waalaikum salam,

Dilihat dulu apa yang bikin minder dan kapan keminderan itu terjadi.

Misal minder karena pendidikan rendah, maka kita perlu belajar meski -misal tidak lulus sarjana- tapi kita bisa belajar lewat jalur lain agar pola pikir kita tidak tertinggal
atau hal-hal lainnya.

0⃣5⃣ Yuli ~ Jombang
Assalamu'alaikum bunda Dini,

Boleh minta contoh bagaimana kita melakukan ESA, karena berhubungan dengan orang lain.

Terimakasih

🌸Jawab:
Waalaikum salam,

Esa adalah kemampuan bagaimana orang lain melihat kita.

Contohnya adalah bagaimana ketika kita beraksi, kita juga mampu melihat reaksi orang lain atas aksi kita.

Untuk melakukam hal ini, kita perlu bantuan orang untuk memberikan feedback pada kita.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Sekarang mari lihat diri kita masing-masing. Sebagai seorang muslimah, kita tentu tahu standard akhlaq yang baik seperti apa. Tujuan hidup kita akan bermuara kemana.

Sehingga dengan  memiliki self awareness yang baik kita mulai bisa memetakan tujuan-tujuan jangka pendek, menengah dan panjang untuk meraih ridho Alloh ﷻ.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar