Sabtu, 08 Februari 2020

JIWA YANG LEMAH



OLeH: Ustadz Mukhtar Azizi

           💎M a T e R i💎

Orang lemah itu orang yang tidak memiliki hasrat dan kekuatan untuk kehidupan ke depannya, namun tetap saja berdiam diri dan tidak meminta pertolongan kepada Allah. Oleh karena itu dalam sebuah hadis, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

أَعْجَزُ النَّاسِ مَنْ عَجَزَ عَنِ الدُّعَاءِ وَأَبْخَلُهُمْ مَنْ بَخِلَ بِالسَّلاَمِ

“Manusia paling lemah adalah orang yang paling malas berdoa (kepada Allâh). Dan orang yang paling bakhil adalah orang yang bakhil memberi salam.”

Dalam kitab “Tashihi Ad-Du’a”, Syaikh Bakr Abu Zaib mengungkapkan rasa keprihatinannya kepada orang yang malas berdoa. Mereka itu (orang-orang yang malas berdoa) telah banyak menutup akses menuju kebaikan dan karunia dari Allah untuk dirinya. Keterangan tersebut menunjukkan betapa lemahnya orang yang malas berdoa kepada Allah. Sudah mengerti bahwa hidup ini diwarnai oleh banyak masalah, namun tidak langsung meminta pertolongan kepada Allah.

Bukankah Allah sendiri yang memerintahkan setiap hambanya untuk memanjatkan doa kepada-Nya. Ketika lagi bermasalah, datanglah kepada Allah. bukan lagi update cerita di sosial media berharap rekan-rekan akan membantunya. Apalagi mereka yang bertindak dengan tidak mengingat Allah dalam melangkah. Bukan lagi jagoan, melainkan begitulah orang lemah. Malas berdoa dalam kondisi yang dihadapinya. Allah menegaskan dalam firman-Nya:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Rabbmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghâfir/40:60).

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Erni ~ Yogja
Assalamualaikum Ustadz,

Minta contoh doa memohon pertolongan kepada Alloh. Karena disaat diri tiada hasrat meminta pertolongan kepada Alloh, sebenarnya juga bingung mau mulai berdoa yang bagaimana?

🌸Jawab:
Wa'alaikum salam,

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”
(QS. Ali Imran: 147)

💎Alhamdulillah. Jazakumullah Ustadz. Siap diamalkan.

Taruhlah doa ini visi kita, bagaimana menentukan langkah awal agar hati dan bangkit melangkah menuju doa QS. Ali imron ayat 147 tersebut?

🌸Langkah awal setelah do'a lakukan beramal shalih dan berkumpul hamba yang shalih.

💎Setelah menentukan langkah awal, bagaimana caranya mengurai satu persatu doa tersebut agar mudah di amalkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari?

🌸Caranya memahami maknanya dan dituangkan dengan beramal shalih.

💎Setelah dipahami maknanya dan diamalkan amal-amal sholih, bagaimana caranya memaparkan amal sholih tersebut sebagai panduan hidup?

Mengurai amalan amal sholih dalam kehidupan sehari-hari.

🌸Dengan melakukan kebaikan sesama manusia sesuai kemampuannya masing-masing.

💎Dalam melakukan kebaikan bagaimana sebaiknya sikap saya menghadapi orang-orang yang (1) Malas kerjaannya mematahkan semangat orang, utamanya bila yang dipatahkan semangat anak-anak. (2) Model orang yang susah melihat orang senang, senang melihat orang susah?

🌸Maka miliki sikap optimis dan berfikir positif. Bila itu kebaikan ambillah dan bila itu keburukan ingatkan.

0⃣2⃣ F.r. ~ Turkey
Bagaimana jika sudah terlanjur mendoakan keburukan bagi orang lain? Apakah termasuk orang yang lemah?

Misal saat ada pemimpin dzalim kemudian berkata: Tunggulah kehancurannya.

🌸Jawab:
Maka beristigfar dan memohon petunjuk kepada lllahi.

0⃣3⃣ iNdika ~ Kartasura
1. Bagaimana kalau kita sudah suudzon kepada pemimpin kita, karena kita tidak suka? Padahal apa yang dilakukan belum tentu salah?

2. Bagaimana membentuk keluarga yang doyan berdoa?

🌸Jawab:
1. Pemimpin yang tidak taat kepada Allah dan Rasul-Nya wajib di ingatkan baik lewat lisan maupun do'a.

2. Keluarga menyukai do'a bila memahami manisnya iman.

0⃣4⃣ Han ~ Gresik
Assalamu'alaikum,

Tadz, bagaimana rasanya masih single dan belum ketemu jodohnya tapi jiwa ini tetap kuat tidak lemah karena belum ketemu jodohnya?

Adakah tips nya biar lebih kuat jalani hidup dari omongan orang-orang sekitar?

🌸Jawab:
Wa'alaikum salam,

Hidup di bawa santai saja. Jodoh mah tidak kemana.

▪Tips nya:
1) Isi hati dan akal dengan ilmu agama.
2) Berkumpul dengan hamba yang shalih.
3) Berjuang membela agama Illahi.

💎Wahhh...
Benar nich tadz,, di bawa santai saja yaa.

Tapi bagaimana tadz hati tuch kadang kalau masih kepikiran? Apalagi ada tuntutan dari orang tua?

🌸Ikuti petunjuk Illahi, maka akal dan hati akan kokoh. Sebab yang menjalani bukan orang lain.

0⃣5⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualikum ustadz,

Apa orang memiliki jiwa yang lemah itu selalu dicirikan dengan semangat hidupnya yang patah, dia yang menyerah menghadapi ujian hidup, dia yang tidak mau berjuang dan tidak mau maju karena sudah merasa gagal?

Jika seseorang jiwanya lemah belum tentu kan hati diapun ikut lemah, gimana caranya kita peka sama diri kita sendiri kalau jiwa kita itu lemah?
Makasih pak ustadz.

🌸Jawab:
Wa'alaikum salam,

Jiwa yang lemah hanya hamba yang malas ibadah.

Maka jiwa akan kuat bila akal dan hatinya dekat dengan Allah dan Rasul-Nya bila memahami isi Al-Qur'an dan hadist serta giat beribadah.

💎Ehmmm....
Berarti jiwa yang lemah yang untuk orang-orang yang malas beribadah.  Terus ustadz jika ada jiwa yang lemah kenapa tidak ada nafsu yang lemah?
Seseorang yang berilmu paham agama benar-benar taat dalam beribadah memegang teguh Al Qur'an tapi dalam dirinya masih ada mempunyai nafsu yang tinggi dalam suatu hal?

🌸Bila nafsu yang tinggi maka hilang akal, jadilah manusia yang normal. Ibarat seperti padi, maka jiwa yang kuat tentu akan tunduk dan taat hanya kepada Allah dan Rasul-Nya beserta hamba yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya.

0⃣6⃣ Nenock ~ Surabaya
Assalaamu'alaikuum ustadz,

Orang lemah dengan jiwa lemah apakah sudah tergolong lepas dari rahmat Allah? Semacam putus asa begitu.

Kemudian jiwa kadang terasa kuat kadang terasa lemah sekali, disaat kita kuat lihat orang lemah kita bisa tenangin orang lain, ehhhh pas kitanya lemah kok bawaannya sensi mulu.

Bagaimana itu seharusnya ustadz?

Jazakallahu khairan

🌸Jawab:
Wa'alaikum salam,

Jiwa yang lemah bila akalnya hilang, bila ada sensi tidak masuk kategori.

Jiwa yang kuat itu stabil berada pada memegang prinsip kehidupan yang Islami.

0⃣7⃣ Fatimah ~ Bandung
Afwan tadz, bagimana tipsnya agar jiwa tetap kokoh maksudnya tetap  dalam keteguhan iman,  tetap semangat beribadah, tidak menunda-nunda kebaikan, kadang satu saat iman naik lain waktu malah down malas ngapa-ngapain termasuk ibadahpun di entar-entar!

🌸Jawab:
Tipsnya jiwa tetap kokoh. 
1) Aktiv dalam majlis ilmu.
2) Berkumpul hamba yang shalih.
3) Menebarkan risalah kebaikan.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Jadilah jiwa yang kuat.
Maka jiwa yang lemah akan sirna dengan adanya iman dan taqwa.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar