Sabtu, 08 Februari 2020

MENGENALI BENCANA DI SEKITAR KITA



OLeH: dr. Shylvana Adella

          💎M a T e R i💎

اعوذبالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Puji syukur kehadirat Allah ﻋﺰّﻭﺟﻞّ  atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berjumpa di kajian malam ini, dalam kafaah keilmuan kita untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada Allah, menguatkan Azzam dalam jamaah, memaksimalkan potensi dakwah, menyemaikan syariah dalam bermuamalah hingga dunia bersemai indah.

Shalawat dan salam kita haturkan pada baginda Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ , yang berahklak mulia, uswatun hasanah.
Semoga terus memotivasi kita untuk terus menjadi lebih baik. Majelis ilmu merupakan majelis yang sangat disukai malaikat semoga semua doa kita di dalam majelis ini di aamiin kan oleh malaikat. 

Semoga pada malam hari yang yang Alloh ﷻ berkahi ini, makin menambah keimanan kita pada-Nya. 
Aamiin ya robbal alaamiin.

Dari Anas bin Malik, dia berkata:

“Nabi naik ke Uhud bersamanya Abu Bakar, Umar dan Utsman. Tiba-tiba gunung berguncang. Maka Nabi menghentakkan kakinya dan berkata: Tenanglah Uhud! Yang ada di atasmu tiada lain kecuali Nabi, Shiddiq dan dua orang syahid.” (HR. Bukhori Muslim).

Gempa juga tercatat pernah terjadi di Masa kekhilafahan Umar, sebagaimana yang disampaikan dalam riwayat Ibnu Abid Dun-ya dalam Manaqib Umar.

Madinah sebagai pusat pemerintahan kembali berguncang. Umar menempelkan tangannya ke tanah dan berkata
kepada bumi, “Ada apa denganmu?”

Dan inilah pernyataan sang pemimpin tertinggi negeri muslim itu kepada masyarakat pasca gempa.

“Wahai masyarakat, tidaklah gempa ini terjadi kecuali karena ada sesuatu yang kalian lakukan. Alangkah cepatnya kalian melakukan dosa. Demi yang jiwaku ada di tangan-Nya, jika terjadi gempa susulan, aku tidak akan mau tinggal bersama kalian selamanya!”

Shahabat Ka’ab bin Malik mempunyai pendapat yang mirip dengan Umar bin Khattabh. Inilah pernyataan lengkapnya tentang gempa.

“Tidaklah bumi berguncang kecuali karena ada maksiat-maksiat yang dilakukan di atasnya. Bumi gemetar karena takut Rab nya azza wajalla melihatnya.”

Ka’ab menyebut bahwa guncangan bumi adalah bentuk gemetarannya bumi karena takut kepada Alloh ﷻ yang Maha Melihat kemaksiatan dilakukan di atas bumi-Nya.

Suatu saat Anas bin Malik bersama seseorang lainnya mendatangi Aisyah. Orang yang bersama Anas itu bertanya kepada Aisyah: .
Wahai Ummul Mukminin jelaskan kepadaku tentang gempa. Aisyah menjelaskan:

“Jika mereka telah menghalalkan zina, meminum khamar dan memainkan musik." (Ibnu Qayyim dalam kitabnya al-Jawabul Kafi).

Janganlah kita menyalahkan fenomena alam, sudah saatnya kita instropeksi diri, sudah saatnya mengaca seberapa besar usaha yang telah kita lakukan agar gempa tidak terjadi.

(Sumber : Sunnah dengan Hikmah)

Shalihah...
Malam ini kita akan mengkaji mengenai bencana apa saja yang sedang kita hadapi disekitar kita, baik yang sudah dan yang akan datang. Bagaimana kita harus bersikap.

Menurut UU no. 24 tahun 2007 berbunyi: Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang
mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan
masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga
mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Bencana dilihat dari penyebabnya dibagi atas tiga golongan yaitu bencana alam, bencana non alam dan bencana teknologi.

🔸Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh
peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh
alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

🔸Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh
peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh
manusia yang meliputi konflik sosial antar kelompok atau antar komunitas masyarakat, dan teror.

Banyak gambaran yang telah Alloh ﷻ firmankan dalam al Quran. Salah satunya pada surah Al Naml ayat 88 : 
“Dan kamu lihat gunung-gunung itu kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal gunung-gunung itu bergerak sebagaimana awan bergerak. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh segala sesuatu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Dari surah Al Naml ayat 88 ini dapat kita ketahui bahwa ternyata lapisan bawah bumi terus bergerak sesuai dengan sunnatullahnya, subhanallah dengan semua ciptaan Alloh ﷻ.

Indonesia sendiri merupakan negara yang diprediksi paling tinggi angka bencana alamnya karena Indonesia merupakan wilayah yang terletak diatas 2 lempeng benua (Australia dan Asia) dan 1 lempeng samudra (Pasifik). ini merupakan hazard yang besar, sehingga tidak bisa kita pungkiri kita hidup berdampingan dengan bencana khususnya bencana alam. Alloh ﷻ menciptakan bencana namun alhamdulillah Alloh ﷻ juga menyediakan akal untuk kita guna membekali diri menghadapi bencana.

Bagi seorang dokter yang juga menjadi pengamat bencana yang ada di negeri kita ini maka saya beranggapan masih banyak "pr" kita dalam tanggap terhadap bencana.

Alhamdulillah negara kita telah membentuk satu badan yang bergerak mengatasi bencana (Badan Penanggulangan Bencana Nasional atau  BNPB). Yang bergerak  dan merencanakan pembangunan berbasis bencana bersama Kementrian dan lembaga yang ada di Indonesia,  sebagai seorang individu kita tidak boleh bergantung kepada sikap pemerintah saja, namun kita mesti berperan aktif, bagaimana caranya kita bisa berdamai dengan bencana.

💎BNPB
🔹Sebaran Kejadian 2020.
#(gambar 1)
√ Telah terjadi 13 kejadian bencana dari 01-01-2020 sampai dengan 06-01-2020.

√ KORBAN (JIWA) 2020
~ 23 Meninggal dan Hilang.
~ 2 Luka-luka.
~ 393.396 Terdampak dan Mengungsi.

🔹Trend Kejadian Bencana 10 Tahun Terakhir.
#(gambar 2)
√ Rumah Rusak (UNIT) 2020
~ 240 Rusak Berat.
~ 132 Rusak Sedang.
~ 1.517 Rusak Ringan.

√ Fasilitas (UNIT) 2020
~ 2 Fasilitas Kesehatan.
~ 1 Fasilitas Peribadatan.
~ 6 Fasilitas Pendidikan.

1. Kenali bencana yang ada di tempat kamu tinggal dan di daerah sekitarnya. Menurut BNPB seperti kita lihat dari gambar di atas, bencana yang paling banyak terjadi dalam 10 Tahun terakhir dan di awal tahun ini daerah mana yang terdampak bencana dan jenis bencana yang menimpa.

🔹Bencana Januari 2020
#(gambar 3)
√ Sebaran kejadian bencana 1-15 Januari 2020

Sampai tanggal 15 Januari 2020 pukul 10.00 WIB tercatat 166 kejadian bencana. Bencana Banjir mendominasi kejadian bencana di awal tahun 2020, kemudian berturut-turut puting beliung dan diikuti puting beliung. Bencana menimbulkan dampak pada penduduk sebanyak 71 jiwa meninggal dunia, 83 luka-luka terdampak dan mengungsi 1.097.322 Jiwa.

TOTAL BENCANA TAHUN 2020 Periode 1-15 Januari 2020 adalah 166.

Gambar di atas memperlihatkan baru saja di bulan Januari 2020 sudah banyak bencana yang kita hadapi.

https://www.youtube.com/watch?v=pqNcdZlwnZU

Vidio di atas menunjukan adanya ancaman bencana yang sangat besar yang akan terjadi, namun belum bisa di prediksikan kapan akan terjadi, karena bencana hanya bisa diketahui namun sangat kecil kemungkinan untuk memprediksi dampak yang akan terjadi.
Megatrust ini dipercaya terjadi karena bergeraknya lempeng sumatra yang akan bertubrukan dengan lempeng sunda atau jawa. Coba perhatikan titik gempa yang terjadi pada daerah saya sekarang ini yaitu Aceh.

#(gambar 4)
Banda Aceh
BMKG Regional I Medan

√ Info gempa Mag: 3.8 SR, 15 Januari 2020, 09:59:38 WIB, Lok: 4.97 LU, 94.71 BT (103 BaratLaut CALANG-ACEHJAYA), kedalaman:30 Km::BMKG

#(gambar 5)
BMKG Regional I Medan

√ Info gempa Mag: 4.6 SR, 12 Januari 2020, 17:45:18 WIB, Lok: 2.97 LU, 97.84 BT (30 Km Tenggara, KAB-ACEHSINGKIL), kedalaman:40 Km::BMKG

Titik yang hampir berdekatan dan waktu gempa yang berdekatan, serta kedalaman yang hampir sama. Bencana gempa ini terjadi di sekitar pulau simelue Aceh. Artinya apa, Alloh ﷻ mengingatkan kita akan Kekuasaan-Nya,  Kebesaran-Nya dan mengingatkan kita untuk selalu mengingatnya. Jika kita kaitkan dengan iman dan taqwa kita, tidak ada bencana yang akan menimpa kita kecuali seizinnya, semoga kita menjadi hamba-Nya yang selalu dekat dengan-Nya.

Menurut BNPB selama tahun 2019 indonesia menjadi negara nomor satu dalam jumlah korban bencana yang di release UNSDR.
Maka disinilah kita berfikir bagaimana sehingga korban bencana dapat di minimalisir.
Selain point pertama tadi yaitu mengenali bencana yang ada di wilayah kita tinggal dan disekitarnya, yang kedua adalah menambah ilmu mengenai kebencanaan. Aware terhadap peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG dan BNPB namun tidak panik dan juga terpengaruh dengan isu hoax yang dikeluarkan oleh lembaga resmi diatas.

Setelah memiliki pengetahuan mengenai bencana maka setelahnya adalah siap siaga terhadap ancaman bencana, tahap ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu:

1. Tahap diri sendiri, olahraga, latihan fisik, jika suatu saat kita perlu mengungsi maka tubuh kita akan terbiasa dengan keadaan yang berat, konsumsi makanan yang sehat,

2. Keluarga, siapkan tas siaga bencana yang isinya barang berharga, surat berharga, baju 2 pasang, perlengkapan mandi sederhana, obat-obatan, makanan kering, pembalut, minuman.

Tas siaga bencana ini di taruh ditempat yang memudahkan kita mengambilnya. Organisir surat-surat penting dari sekarang, jika memungkinkan di laminating.

Buat rute evakuasi, dari rumah ketempat yang sekiranya aman, misalnya potensi bencana kita adalah gempa tsunami bikin rute singkat kurang 30 menit lari. Tentukan titik point bertemu jika terpisah dengan keluarga yang lain.

3. Masyarakat dan pemerintahan, ikut kegiatan simulasi bencana yang diadakan oleh BPBD setempat.

Berpartisipasi mengelola sampah, membuat early warning sistem yang disepakati bersama contohnya pengumuman di masjid mengenai banjir, kincir angin bambu (jogja jika gempa) dan lain-lain. Buat rute evakuasi bersama dengan aparat kampung dan lakukan simulasi.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Erni ~ Yogja
Assalamualaikum dok, 

Kabar yang beredar di jogja sewaktu gempa di bantul, kala itu pak bupati bantul mau melegalkan tarian bugil di club-club malam.
Dan gunung merapi meletus dahsyat itu, katanya banyak villa yang harganya sebesar uang saku anak sekolah.

Adakah ini semua kaitannya dengan bencana yang ditimpakan ke manusia?
Bagaimana mengantisipasi bagi yang masih waras begini?

Mohon pencerahannya dok.

💎Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Dulu pernah kita dengar cerita negeri Pompey yang di timpakan gempa yang dahsyat serta tanah yang bergetar sehingga mereka terbenam kedalamnya. 

Setelah ditelusuri negeri ini rakyatnya melakukan hal yang terlarang yaitu LGBT. Di dalam Al Quran terdapat banyak kisah bagaimana Alloh ﷻ menimpakan bencana pada kaum yang tidak beriman kepada Alloh ﷻ. 

Pada saat ini bencana dapat menimpa siapa saja, baik yang beriman ataupun tidak, jika di sekeliling kita terdapat kemungkaran yang paling pertama sesuai hadist kita cegah dengan perbuatan, kemudian lisan yang paling lemah adalah mengingkari dengan hati. Berdoa supaya Alloh ﷻ melindungi dari keburukan yang ada.

Namun dengan teknologi sekarang maka kita dapat melihat potensi bencana yang ada disekitar kita sehingga kita bisa bersiapsiaga mengatasinya.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Bencana merupakan suatu hal yang tidak bisa diprediksi kapan dan dimana akan terjadi,  namun bencana dapat diatasi dan di hindari. 

Tumbuhkan rasa sadar akan bencana disekitar kita, dengan belajar dan siap siaga. 

Ciptakan diri, keluarga dan masyarakat yang tangguh bencana.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar