Sabtu, 08 Februari 2020

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS KeSPRo WUS)



OLeH: TeaM Kesehatan PeRiNDu SuRGa

Kamis, 16 januari 2020
Moderator : Mala & Han
Notulensi   :  Helmi
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Yuli ~ Jombang
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes

Assalamu'alaikum,
Bu, saya mengalami perdarahan diluar waktu haid, sudah seminggu lebih.

Bulan lalu juga mengalami dan sudah periksa ke Sp.OG, hasilnya semua baik, menurut beliau ini efek saya berhenti suntik KB 3 bulan. Pada saat periksa perdarahan saya sudah berhenti jadi tidak dikasih obat.

Pertanyaan saya, perdarahan seperti ini apakah harus diobati supaya berhenti atau ditunggu sampai berhenti sendiri?

Terimakasih.

🍓Jawab:
Waalaikumsalam wr.wb...

Mba nyamannya bagaimana. Kalau tidak nyaman di hentikan, tapi sebaiknya dibiarkan jangan lupa minum TTD yah.

Biar mencegah anemia. Pakai pembalut  seperti Avail or IN3. Biasanya lebih buat stabil mens nya.

0⃣2⃣ Risti ~ Palembang
dr. Merta Arum Prastika

Assalaamu  'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Saya mengalami penyakit kulit hampir setahun,  rasanya panas dan gatal. 

Saya sudah berobat tapi belum kunjung sembuh,  habis obat gatal-gatalnya ngulang. Itu penyebabnya apa ya dok?

🍓Jawab:
Waalaikumsalam,

Kasus kulit banyak faktornya, bisa jamur, bakteri, tungau, serangga, alergi atau tingkat kestressan.

Dari keluhan misal:
√ Gatal jika berkeringat atau lembab kemungkinan karena jamur.

√ Gatal karena terpapar zat, mungkin alergi.

√ Gatal dan bernanah, lebih ke infeksi bakteri.

√ Muncul saat lelah, bisa jadi faktor stress.

Jadi untuk mendiagnosisnya dokter perlu anamnesis mendalam &  melihat atau memeriksa langsung lesi kulit gatal-gatal tersebut untuk mengidentifikasi, menaksir penyebab dan menentukan terapi.
Silakan ke dokter terdekat untuk mendapat penjelasan lebih detail.

Jika habis obat muncul lagi gejala, mungkin ada alergi tertentu mba. Coba diingat-ingat apakan ada alergi makanan, zat tertentu seperti deterjen atau sabun.

Sekiranya bolak-balik dokter umum masih juga belum membaik, sebaiknya periksakan ke dokter Sp.Kulit ya mba risti.

0⃣3⃣ Tina ~ Singapura
@dr.Lilis Kurniah R., M. A. R. S

Assalamualaikum Bu Dokter,
Dok mengapa Air kencing bisa berbau sangat anyir dan juga sangat menyengat?

Apakah ada gejala penyakit tertentu atau penyebab sebuah makanan dokter?

Terimakasih

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Air kencing normalnya berwarna bening kuning pucat dan tidak berbau menyengat.

Bila air kencing berbau anyir dan menyengat bisa karena beberapa kemungkinan:

1) Infeksi Saluran Kencing.
Biasanya disertai nyeri dan sering buang air kecil.

2) Infeksi Vagina.
Biasanya disertai keputihan.

3) Kelainan Di Ginjal Atau Hati.
Harus dicek fungsi ginjal atau hati nya.

4( Tapi bisa juga karena pengaruh makanan biasanya karena banyak protein seperti ikan daging atau telor.

Bila tidak disertai gejala lain biasanya tidak berbahaya. Banyak minum air putih agar tidak dehidrasi yang menyebabkan urin menjadi lebih kental.

🔷Terima kasih Bu dokter,

Maaf, si penderita merasakan kemungkinan no 1. Apakah Penyebab infeksi Saluran kencing dok?

🍓Iya benar.
Kemungkinan infeksi saluran kencing.

Kalau di indonesia saya kasih obat urotractine aa urineg.

0⃣4⃣ Kiki ~ Pekanbaru
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S

Bu dokter, bagaimana penanganan pasien disentri ya dok, jikalau sudah 2 hari diare masih berlanjut dan sampai sore ini sudah 20 kali dok,  dan perut juga masih nyeri dok, demam juga dok?

Terimakasih banyak atas penjelasannya ya dok.

🍓Jawab:
Disentri yang bahaya adalah dehidrasinya.
Sehingga saran saya sebaiknya dirawat untuk menghindari dehidrasi. Perlu infus untuk menjamin kecukupan cairan. Kalau sudah dehidrasi berat agak sulit diinfus nantinya.

🔷Terimakasih banyak dok,

Sudah dirawat dok, sudah diinfus juga dok, sudah 2 hari dirawat masih mencret-mencret dan sakit perutnya dok,  apakah memang seperti itu ya dok?

🍓Iya benar.
Disentri itu agak lama sembuhnya dan mulesnya lebih parah dari diare biasa.

0⃣5⃣ Elsa ~ Jakarta
@dr. Valleria, Sp.OG

Assalamu'alaikum dok,
Saat ini saya merupakan Ibu menyusui.  Empat bulan setelah melahirkan menstruasi masih berjalan walaupun masih belum lancar (range waktu yang berbeda).

Namun sejak bulan ke 5 hingga saat ini, saya belum menstruasi kembali. Sudah pernah coba test pack hasilnya negatif. Apakah hal ini wajar atau perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut?

Terima kasih.

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Lebih baik diperiksakan, untuk mencari tahu apakah ada gangguan lain yang mengganggu haid di luar kondisi masih menyusui.

0⃣6⃣ Yanti ~ Gresik
@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes

Jawaban no 5 belum ya Bun? Soalnya saya juga hampir sama cuma bedanya saya belum haid setelah melahirkan 4 bulan lalu, tapi saya nifasnya hampir 60 hari jika dihitung-hitung sudah 2 bulan ini tidak haid dan  negatif.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah normal jika setelah melahirkan belum dapat haid seperti biasanya?

2. Bagaimanakah gejala  menopause? Usia saya sekarang 38 tahun,  apakah jika saya menoupouse termasuk menopause dini?

🍓Jawab:
1. Bunda Yanti belum haid pasca melahirkan 4 bulan yang lalu.

Apakah bunda Yanti sedang menyusui ASI secara eksklusif?

Apakah bunda Yanti sudah ber-KB? Kalau sudah menggunakan KB apa?

Apakah bunda Yanti sedang dalam kondisi capek, letih?
Kondisi Stress sangat mempengaruhi siklus haid.

2. Disebut Menopouse adalah jika seorang wanita tidak haid selama 1 tahun.

Kondisi bunda saat ini adalah pasca melahirkan, 4 bulan yang lalu, dan ini tidak termasuk dalam tanda-gejala Menopouse.

💎Terima kasih bu bidan atas jawabannya, benar saya ASI eksklusif dan saya juga belum KB karena KB suntik ataupun pil tidak ada yang cocok selama ini, ditawari spiral terus sama bidan tapi saya takut.

Kalau stress Alhamdulillah tidak bu bidan, terlalu letih pun tidak, cuma saya hobby sekali konsumsi es semenjak hamil sampai saat ini, dan jarang minum air putih.

🍓ASI Eksklusif bisa sebagai metode kontrasepsi alami, yang biasa disebut sebagai MAL (Metode Amenorea Laktasi).

Jadi, InsyaAllah NORMAL jika bunda Yanti saat ini belum haid.

^^^_^^^

@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes
@Bidan Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
@dr. Merta Arum Prastika
@Heradini Faizah, S.Psi
➖➖➖
🌷bkc🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar