Sabtu, 08 Februari 2020

AKAL SEHAT



OLeH: Ustadz Mukhtar Azizi

           💘M a T e R i💘

SELAIN mempopulerkan jargon “Akal Sehat”, RG juga sering menggunakan kalimat “dungu.”

Beberapa orang mengugatnya karena dianggap tidak sopan. Padahal yang dimaksud, “Dungu itu bukan orangnya. Tapi cara berpikirnya.”

Jika ada akal sehat, berarti ada lawannya, yaitu akal yang tidak sehat. Dan “dungu” adalah sebutan untuk akal yang tidak sehat itu. Namun, demi mengindahkan kearifan lokal dan menjaga etika dalam bertutur kata, karena frasa “dungu” terlanjur dinilai negatif, penulis menggantinya dengan istilah “akal rancu
bahwa akal sehat dalam Islam adalah logika atau pikiran yang sesuai dengan wahyu.

Pemahaman terbaliknya, produk pikiran yang mencoba menentang wahyu adalah akal yang rancu. Jelas, akal adalah anugerah dari Tuhan, dari Allah. Wahyupun begitu. Kalam ilahi yang diturunkan kepada nabi untuk disampaikan kepada umatnya. Dua hal ini, naql dan ‘aql, wahyu dan ra’yu, tidak mungkin bertentangan.

Manusia akan selamat dunia akhirat jika menjalankan wahyu dan ra’yu secara bersamaan. Sebaliknya, jika ada yang membenturkan antara keduanya, maka yang terjadi adalah kehancuran.

Allah ‘Azza wa Jalla, memerintahkan Nabi Nuh ‘alaihis salam untuk membuat bahtera. Ketika datang banjir bandang, beliau menaiki bahtera tersebut. That’s logic. Secara, seorang manusia harus berusaha untuk menyelematkan diri ketika terjadi bencana. Ini contoh menjalankan wahyu dan ra’yu secara bersamaan.

Pembicaraan tentang akal sehat, bukanlah suatu hal yang buruk selama kita membahasnya dengan niat mensyukuri karunia Allah berupa kemampuan untuk berpikir. Ada banyak sekali ayat-ayat dalam al-Qur’an yang mendorong kita untuk mengaktifkan akal sehat.

Merenungi tanda-tanda kebesaran-Nya. Dari situlah kemudian kita dituntun untuk bertasbih; mensucikan-Nya, bertakbir; mengagungkan-Nya. Semakin sering kita berpikir, maka akan semakin banyak kita berdzikir.

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualikum,

Ustadz terus kalau seseorang yang tidak bisa berfikir pakai logika atau tidak bisa menggunakan logika itu termasuk dia tidak mempunyai akal sehatkah?

Nah kalau orang gila begitu kan akal sehatnya sudah berfungsi makanya dia jadi gila yah pak ustadz, apa bedanya orang gila sama orang stres mereka bukanya sama-sama akal sehatnya sudah tidak berfungsi?

Ingin tahu ayat atau hadist tentang akal sehat?
Terimakasih pak ustadz.

🔷Jawab:
Wa'alaikum salam,

Akal berfikir sehat adanya kebenaran yang masuk ke dalam dirinya.

Gila telah hilang akalnya telah di cabut nikmat akanya.

Sabda-Nya:

وَعَنِ الْمَجْنُوْنِ حَتَّى يَعْقِلَ.

“…Dan termasuk orang gila sampai ia kembali berakal."
(HR. Abu Dawud)

🌸Ustadz, terus kalau orang gila nanti pas meninggal kelak diakhirat bakal dihisab tidak bakal ditanya-tanyanya tidak sama malaikat?
Orang gila tempatnya dimana mereka bisa masuk surga atau neraka?

🔷Gila itu ada macamnya. Ini gila beneran atau di buat-buat gila!

Bila gila beneran hukum yang berlaku dan di hisab masa waktu yang sadar.
Tempatnya bisa di surga bisa juga di neraka, kembali kepada amalnya.

0⃣2⃣ Lia ~ Klaten
Bismillah, Ustadz bagaimana caranya agar pikiran ini selalu sehat dalam arti agar terhindar dari segala bentuk prasangka buruk, karena sering kali kadang ada beberapa manusia yang suka berprasangka buruk! 

🔷Jawab:
Berprasangka baik dilakukan dengan berfikir positive dan ingat dengan kebaikannya.

0⃣3⃣ Tety ~ Sidoarjo
Assalamu'alaikum

Bagaimana agar seseorang itu bisa menggunakan akal sehatnya dilingkungannya. Karena terkadang orang itu semaunya, segala sesuatu menurutnya benar padahal belum tentu menurut pandangan orang lain.

Dan sikap bagaimana yang harus kita lakukan jika ada orang yang seperti itu?

🔷Jawab:
Wa'alaikum salam,

Menghargai pendapat orang lain bila pendapatnya benar dan tidak mudah menyalahkan bila pendapatnya benar.

0⃣4⃣ Yanti ~ Jakarta
Assalamu'alaikum,

Apakah termasuk menggunakan akal sehat jika suatu saat kita "mentok" dengan sesuatu, kemudian berserah diri, memohon agar Allah yang memberikan jalan keluar.

🔷Jawab:
Wa'alaikum salam,

Tentu adanya tawakal masuk ke dalam akal sehat.

0⃣5⃣ iNdika ~ Kartasura
Bagaimana cara kita supaya selalu berpikir dengan akal sehat, walaupun sekitar kita menganggap aneh pikiran kita?

🔷Jawab:
Caranya dengan berkaca diri agar berpikir positive dan menebarkan kebaikan.

0⃣6⃣ Erni ~ Yogja
Assalamualaikum Ustadz,

Bagaimana caranya menghapus akal rancu dalam diri yang sering tergiang-ngiang ditelinga dan berkelebat-lebat dipelupuk mata untuk menuju keselarasan wahyu dan ra'yu guna semakin mensucikan keAgungan Alloh, karena selama ini saya dibesarkan dalam keluarga yang beragama Islam tapi tidak mau diatur dengan aturan islam!
Islam kejawen di campur dengan orang biasa sebut Islam nusantara?

Bagaimana caranya membentengi diri dan teman-teman of line saya ketika mendapati orang islam yang rusak omongannya. Misal jangan percaya takdir Alloh dan jangan takut kaya karena tidak bisa masuk surga. Mereka adalah misionaris. Kami dibiarkan dalam keadaan Islam tapi tidak mau diatur dengan aturan Islam.

Mohon pencerahannya.

🔷Jawab:
Wa'alaikum salam,

Akal di bimbing oleh Wahyu, maka bila memiliki akidah yang lurus dan kuat tidak mungkin bertentangan dengan aturan Islam. Maka bersihkan akal dan hati senantiasa mengikuti aturan Islam. Ini perlu komitmen yang kuat untuk mengikuti jalan Islam.

🌸Ustadz, bagaimana caranya menguatkan akal sehat dalam diri untuk membentengi yang lainnya. Ketika kami telah paham takdir Alloh tidak bisa diubah karena telah terjadi. Sedangkan ketetapan Alloh ada yang bisa diubah dengan doa dan usaha. Tapi ada yang tidak bisa diubah biasa kita kenal Qodho dan Qodar, ketika diserang dengan kata-kata jangan percaya takdir Alloh tidak bisa diubah, disebabkan rancunya pemahaman mereka tentang takdir? Mohon pencerahannya.

🔷Maka kita dapat menerima ataupun menolak bila kuat iman dan ilmunya. Segala sesuatunya hanya berdasarkan Wahyu akal mengikutinya

🌸Bagaimana caranya agar diri ini tidak cepat takjub terhadap sesuatu yang menyelisihi wahyu ILLAHI dihias-hias agar nampak ilmiah?

Mohon pencerahannya.

🔷Tidak cepat takjub awali dengan keyakinan benar atau tidaknya, agar bersikap bijaksana untuk menyikapinya dengan taqwa.

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Akal sehat menjadikan manusia sehat jasmani dan rohani dapat berada di jalan yang Haq.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar