Rabu, 29 September 2021

MENGONTROL EMOSI

 


OLeH: Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I

•┈•◎❀★❀◎•┈•
❀ M a T e R i ❀
•┈•◎❀★❀◎•┈•

🌷MENGONTROL EMOSI

Emosi yang meledak-ledak sering dikaitkan dengan salah satu tanda kesehatan mental tidak stabil.

Terlebih jika emosi tersebut muncul karena hal yang sepele dan tidak membutuhkan penyelesaian yang rumit. Tidak sebatas berkata-kata kasar, seseorang yang meledak-ledak emosinya juga cenderung akan berlaku kasar kepada orang lain, seperti misalnya memukul atau menendang. Inilah mengapa sering terjadi tindak kekerasan dalam rumah tangga atau terhadap pasangan.

Ketika seorang laki-laki datang kepada Rasulullah ﷺ lalu berkata, "Berilah aku nasihat." Rasulullah ﷺ bersabda, "Jangan marah." Lelaki itu mengulangi permintaannya beberapa kali, tetapi beliau tetap menjawab, "Jangan marah." 
(HR. al-Bukhari).

Dampak kemarahan akan semakin parah saat dalam keadaan berdiri, karena semua urat dan otot mengencang sehingga meningkatkan jumlah hormon adrenalin. Keadaan seperti ini bisa mengakibatkan penyakit kanker. Berbeda kalau dia duduk, maka adrenalin akan menurun.
Dan, apabila mengingat Alloh ﷻ lalu berlindung kepada-Nya dari kejahatan setan maka akan menghasilkan ketenteraman hati secara signifikan. 

"Bila salah seorang dari kamu marah dalam keadaan berdiri hendalah duduk, bila kemarahan masih belum hilang hendaklah ia berbaring." (HR. Ahmad).

Wallahu a'lam

•┈••◎◎❀★❀◎◎••┈•
❀ TaNYa JaWaB ❀
•┈••◎◎❀★❀◎◎••┈•

0️⃣1️⃣ Fadwa ~ Palembang
Ustadz, saya susah sekali mengontrol emosi saya, terutama sama suami, kalau orang lain saya bisa, pertanyaan saya ustadz, ada apa dengan saya, terkadang ucapan saya membuat hati suami sakit.

🌸Jawab:
Saling terbuka kepada suami dan istri. Senantiasa hiasi rumah tangga dengan mengaji bersama.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ iNdika ~  Semarang
Ustadz, saya ibu 2 orang batita. Bagaimana cara mengatur emosi supaya saya tidak mengeluarkan kata-kata yang akan saya sesali ke anak-anak, pada saat mereka sedang "belajar"?

🌸Jawab:
Lewati dengan rasa kasih sayang dan hiasi perkataan dengan Kalam suci ilahi, agar dapat di ikuti oleh anak-anak serta berikan contoh yang terbaik.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Safitri ~ Banten 
Assalamualaikum ustadz...

Kalau kita kesal, ngomongnya dengan nada tinggi, apa itu sama saja tidak boleh ustadz, sama saja kita lagi marah?

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Nada tinggi tidak masuk ke dalam amarah. Melainkan nasihat agar diterima pada hati yang dalam. Seperti halnya mengingatkan agar tidak meninggalkan shalat.

🔷Alhamdulillah, tapi ustadz, bagaimana biar kita tidak kesal dan tersulut emosi cara biar kita bisa sabar dan nahan amarah?

🌸Ada pada sabar dan ikhlas. Caranya, hiasi hati dengan dzikir dan selalu tegar.

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Han ~ Gresik
Assalamu'alaikum...

Tadz, mengapa kita lebih sulit mengendalikan emosi kepada pasangan kita sendiri, daripada kepada yang lain, masih bisa dikendalikan. Tapi kalau sama pasangan bawaannya ingin marah saja.

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Ini mah tidak masuk emosi melainkan ingin selalu harmonis dan romantis.

🔷 Tapi yang di marahin tuch mah, dak tahu dan paham minta di romantisin, jadinya marah saja malah juga dicuekin.

🌸Bila di cuekin itu mah ingin di manja.

🔷 Seandainya ya tadz kalau ikhwan itu bisa paham bahasa akhwat.

🌸Akan dapat saling memahami, bila saling perhatian.

🔷 Asyiiyap tadz. Jadi intinya harus bisa membuang ego masing-masing njih tadz?

🌸Ya benar sekali.
Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Safitri ~ Banten
Ustadz, minta tips agar tidak mudah emosi dan bisa mengendalikan diri? 

🌸Jawab:
Tipsnya, senantiasa berdzikir dan lisan basah dengan membaca ayat suci Al-Qur'an.

Wallahu a'lam

0️⃣6️⃣ Yeni ~ Bandung
Assalamualaikum Ustadz.

Apakah yang emosinya tidak terkontrol itu akibat gangguan jin?

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Kalau lepas kontrol emosi ada yang masuk, jin kepadanya. Karena sangat menyukai yang emosi berlebihan.

🔷Jadi lebih baik dilakukan ruqyah dulu mungkin ya tadz?

🌸Di ruqyah, baru diberikan nasihat dan di bimbing agar stabil kehidupannya.

Wallahu a'lam

0️⃣7️⃣ Ayu ~ Jambi 
Assalamualikum ustadz...

Saya beberapa minggu kemarin kemasukan jin dan awal mula saya bisa seperti ini dikarenakan saya tidak bisa mengontrol emosi saya, saat ini saya masih dalam pengobatan ustadz dan alhamdulillah makin hari, makin membaik, walaupun masih sedikit sakit kepala saat mau sholat. 

Ustadz, apakah saya juga harus melakukan ruqyah juga, sementara saya meragukan di tempat daerah saya tinggal ruqyah tidak syariah dan dulu saya pernah di ruqyah dan saat selesai saya sempat diberi rajahan. Namun bukannya makin sehat, malah makin sering kemasukan ustadz. 

Mohon bimbingannya.

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Rukiyah secara syar'i, tidak ada unsur kesyirikan atau jampi-jampi maupun jamuan yang dihidangkan.

Sesungguhnya ruqyah syar'i tertutup aurat dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dengan kondisi bersuci. Maka bersihkan dengan ruqyah syar'i. Bila selesai, maka senantiasa hiasi kehidupan dengan al-Qur'an dan hadist beserta kitab para ulama.

🔷Jadi, saat ini yang saya harus lakukan apa ya ustadz? Karena magh saya kebetulan lagi sering kambuh juga dan saya sempat berpikiran yang tidak-tidak ustadz.

🌸Ini reaksi dalam penangan yang belum syar'i, maka di ruqyah kembali yang syar'i. Bila medis, gunakan obat yang alamiah dan kokohkan pikiran, dengan rutin senantiasa membaca ayat suci Al-Qur'an.

🔷Baik ustadz, saat ini saya juga lagi pengobatan untuk medis saya ustadz, agar fisik saya tidak lemah, dan terima kasih juga ustadz atas sarannya, saya akan melakukannya lagi dengan menpositifkan diri saya, dengan perbanyak ibadah ustadz, terus bagaimana saya mengolah emosi saya ustadz agar tidak terulang lagi?

🌸Alhamdulillah, bila telah stabil, maka hiasi secara rutin dengan berdzikir dan membaca Kalam suci ilahi dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari ilmu keislaman serta mengamalkannya.

🔷Baik ustadz, saya akan lebih meningkatkan lagi, walaupun saya masih terkadang merasakan efek sakit kepala, yang menurut medis tidak ada, tapi saya akan lanjutkan terus ustadz.

🌸Efek sakit akan hilang atas izin Alloh ﷻ pada saat waktunya tiba. Ini merupakan bagian dari Taufiq dan hidayah.

🔷 Terima kasih ustadz atas pemberitahuannya. Saya saat ini sedang husnuzon atas kesembuhan saya ustadz, mungkin dengan ini, saya mendapatkan hidayah, saya bisa lebih rajin lagi untuk beribadah ustadz.

🌸Sama-sama, Alhamdulillah.

•┈•◎❀★❀◎•★•◎❀★❀◎•┈•
❀CLoSSiNG STaTeMeNT❀
•┈•◎❀★❀◎•★•◎❀★❀◎•┈•

Hidup akan mulia bila dapat mengontrol emosi. Jiwa raga pun akan dapat menghiasi kehidupan dengan keadaan yang bahagia.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar