Minggu, 29 Desember 2019

TIGA POKOK LANDASAN BERAGAMA



OLeH:  Ustadz A. Jumadi Toha, LC.

           💎M a T e R i💎

🌸USUL TSALATSAH
Tiga Pokok Landasan Agama

Ustadz A. Jumadi Toha, LC.

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه.

Ada tiga perkara pokok yang menjadi dasar kuat bagi agama seorang muslim. Sehingga dengan ketiga pondasi tersebut ia akan memiliki arah yang jelas dalam hidupnya dan tidak terombang ambing oleh arus kesesatan. Ketiga perkara tersebut yang √ Pertama adalah:

🔹1. ILMU
Yaitu mencakup tiga hal:
1.1. Ilmu Tentang Alloh ﷻ
Mengenal Alloh ﷻ sebagai Robb Pencipta, Pengatur, Pemilik, Pemberi rezeki dan sebagainya.  Para ulama menyebutnya dengan Tauhid Rububiyyah. Alloh ﷻ berfirman "Segala puji bagi Allah Tuhan (Pencipta) semesta alam". (QS. Al-fatihah: 2).

Dalam Al Quran ayat tentang Rububiyyah ini sangat banyak.

√ Kedua : Mengenal Alloh ﷻ sebagai Ilah (sesembahan) yang berhak di ibadahi, disembah, ditaati.

Alloh ﷻ  berfirman :
"Hanya kepada Engkau kami beribadah dan hanya kepada Engkau kami memohon pertolongan." (QS. Al-fatihah: 5)

√ Ketiga adalah mengenal Alloh ﷻ melalui nama-nama-Nya Yang Maha Tinggi. Alloh ﷻ berfirman :
"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang " (QS.  Al-Fatihah : 1)

1.2. Ilmu mengenal Agama Islam.
Meliputi makna Islam itu sendiri. Para ulama menyebutkan definisi Islam sebagai berikut; Penyerahan diri kepada Allah Yang Maha Tunggal dan Ketaatan kepada-Nya dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi kesyirikan dan para pengusungnya.
Islam meliputi:
1) Rukun Islam
2) Rukun Iman
3) Ihsan

Kaidah penting : Jika Islam disebutkan sendiri maka masuk ke dalamnya makna iman ataupun sebaliknya. Namun jika iman dan Islam disebutkan bersamaan maka masing-masing keduanya mempunyai makna yang berbeda.

1.3. Mengenal Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.
Dengan mempelajari sirohnya agar dapat menumbuhkan rasa cinta kepada. Mengikuti sunnah-sunnahnya, menyebarkannya, mengutamakan cinta kepadanya di atas cinta kepada selainnya.

🔹2. BERDAKWAH

Landasan kedua adalah mendakwahkan Islam dan iman kepada manusia. Menyeru mereka kepada yang makruf dan mencegah mereka dari yang mungkar. Dakwah memiliki tujuan memperbaiki keadaan agama masyarakat baik segi aqidah, hukum, akhlaq dan sebagainya.

🔹3. BERSABAR

Bersabar dalam mengemban tugas mulia yaitu tugas menyebarkan ilmu yang mencakup tiga hal pokok di atas.

Ketiga pondasi di atas terhimpun dalam surat Al'Asr.

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh, nasehat menasehati dalam kebaikan dan menasehati dalam kesabaran. (QS. Al-Asr : 1-3).

الحمد. العلم عند الله تعالى.

Banjarmasin, 28 Nopember 2019/2 Rabiul Tsani 1441

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Han ~ Gresik
Assalamu'alaikum,

Tadz, jika dakwah termasuk tiga dari landasan pokok beragama. Apa yang harus di persiapkan atau dimatangkan dalam memberikan dakwah?

Dan apakah dakwah itu harus orang yang berilmu (agama)?

💎Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Bismillah...
Dakwah tidak harus menunggu ilmu banyak atau gelar akademik tinggi baru mulai, dakwah dapat dimulai dari sesuatu yang mampu kita berikan kepada siapapun bahkan melalui sosmed dengan memposting ayat maupun hadits ataupun perkataan ulama dengan tujuan saling mengingatkan di antara sesama muslim.

0⃣2⃣ Fatimah ~ Bandung
Ustadz, apakah berdakwah merupakan fardlu ain setiap muslim? Mengingat ilmu kita amat sangat minim, terus  kalau kita tidak bisa dakwah apakah nanti kita berdosa sebagaimana kalau kita tidak sholat?
Jazakalloh ustadz.

💎Jawab:
Bismillah...

Dakwah adalah kewajiban atas setiap individu muslim sesuai kemampuan masing-masing. Dakwah tidak selalu identik dengan berdakwah secara lisan (menyampaikan ceramah) tapi mengajak keluarga, teman, kenalan untuk lebih menerapkan kehidupan islami dalam keseharian.

Jika orang lain sekedar mengajak kepada dunia yang tidak bernilai maka semestinya seorang muslim lebih bersemangat mengajak kepada sesuatu yang bernilai tinggi.

Wallahu alam.

0⃣3⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualikum ustadz,

Jika manusia sudah mempunyai 3 pokok landasan agama lalu kenapa manusia masih mempunyai nafsu?
Dan hal apa saja yang bisa menghancurkan tiga landasan ini secara langsung?
Mohon penjelasannya ustadz.

💎Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Bismillah...
Nafsu adalah qodrat atau fitrah manusia sejak adam diciptakan sampai hari kiamat nafsu manusia secara wajar tidak akan hilang. Ancaman yang bisa mengancam sehingga menghancurkan ketiga landasan tersebut adalah syirik mempersekutukan Alloh ﷻ dengan sesuatu yang lain.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Mempelajari masalah tiga pokok landasan agama seorang muslim akan memiliki aqidah yang kokoh dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai seorang hamba Alloh ﷻ dengan baik.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar