Minggu, 29 Desember 2019

KEKUATAN BERPIKIR POSITIF



OLeH: Bunda Heradini F, S.Psi

           💘M a T e R i💘

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ


اعوذبالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Puji syukur kehadirat Allah ﻋﺰّﻭﺟﻞّ  atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berjumpa  di kajian malam hari ini, dalam kafaah keilmuan kita untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada Allah, menguatkan Azzam dalam jamaah, memaksimalkan potensi dakwah, menyemaikan syariah dalam bermuamalah hingga dunia bersemai indah.

Shalawat dan salam kita haturkan pada baginda Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ , yang berahklak mulia, uswatun hasanah.
Semoga terus memotivasi kita untuk terus menjadi lebih baik.

Semoga pada malam hari yang barokah ini, insyaAllah mampu menerangi kita untuk selalu dekat dengan-Nya untuk menuju Jannah yang Abadi...
Aamiin ya robbal alaamiin.

Alhamdulillah malam ini kita bisa berkumpul bersama disini. Di majlis PERINDU SURGA.

Semoga diskusi kita malam ini bermanfaat bagi kehidupan kita
Aamiin.

Malam ini kita akan bicara bersama tentang "KEKUATAN BERPIKIR POSITIF."

Apa itu berpikir positif? Ada yang mau kasih pendapat?
Yuk ditunggu...

🔸Berfikir dengan tendensi yang baik-baik Ustadzah.

🔸Menurut saya. Berfikir positif adalah pikiran baik yang ada ada di otak kita.

Dulu pas saya masih mahasiswa ada ungkapan bagus.

YOU CAN IF YOU THINK YOU CAN

Jika anda berpikir bisa, anda pasti bisa.

Ungkapan itu masih kebawa sampai sekarang.

Dalam hal apapun, tanpa mengesampingkan takdir Alloh ﷻ, selalu berpikir bisa. Hal itu akan menjadi patokan setiap kali akan melakukan sesuatu.

Demikian juga ketika sekarang saya mengajar anak TK. Merupakan kebiasaan anak ketika diberi tugas, belum apa-apa anak sudah bilang: "Bu guru, saya tidak bisa."
Padahal mereka hanya melihat, belum mencoba.

Maka ada larangan di kelas untuk berkata: TIDAK BISA.

"IN SYAA ALLAH AKU BISA"
Sebagai gantinya.

Karena ekspresi anak ketika berkata "tidak bisa" pasti cemberut.

Begitu mereka bilang: "in syaa Allah aku bisa", maka rata-rata bibir mereka tersenyum.

Dan itu memberi kekuatan pada diri anak.

✔Aku Bisa Adalah Bagian Dari Berpikir Positif

Berpikir positif adalah cara berpikir secara logis yang memandang sesuatu dari segi positifnya baik terhadap dirinya sendiri, orang lain, maupun keadaan lingkungannya. Sehingga, ia tidak akan putus asa atas masalah yang dihadapinya dan mudah dalam mencari jalan keluarnya.

Salah satu potensi yang diberikan Alloh ﷻ kepada manusia ialah akal, sebagai kunci untuk memperoleh petunjuk terhadap segala hal.

Agama Islam menganjurkan untuk selalu berpikir positif kepada Alloh ﷻ karena akan berdampak besar dalam kehidupan seseorang. Kekuatan besar muncul untuk mengimbanginya agar tetap melakukan hal-hal yang terpuji dengan cara yang baik juga.

Otak dan akal merupakan komponen yang memproduksi pikiran, yang berasal dari sebuah sumber yang disebut alam bawah sadar. Bengkel pikiran ini menentukan nasib manusia dan membimbingnya ke arah kebahagiaan atau kesengsaraan abadi. Sebenarnya, bentuk dan kualitas pikiran manusia merupakan hasil dari model dan kualitas kehidupan seseorang.

Pikiran positif dan indah dapat menciptakan sebuah surga yang indah dan kedamaian dalam hidup. Demikian juga dengan pikiran negatif dan keputusasaan, di mana ia akan melahirkan krisis dan neraka dalam kehidupan seseorang. Karakter manusia akan mengikuti pola pikirnya dan masa depan setiap individu sangat bergantung pada caranya memaknai kehidupan.

Pikiran positif adalah sebuah pikiran konstruktif, motivatif, dan kaya energi, yang diperoleh melalui proses pengulangan dan latihan serta pengarah kehidupan manusia pada hal-hal positif. Pada dasarnya, pikiran positif merupakan sebuah upaya untuk memanfaatkan semua kapasitas akal dan rasa optimisme dalam menolak ilusi-ilusi negatif.

Sementara pikiran negatif adalah sebuah pikiran yang bersifat destruktif yang menghalangi kemajuan manusia.

Akhwati fillah penghuni room Perindu Surga yang dirahmati Allah...

Berpikir positif bukan berarti kita mengabaikan situasi yang kurang menyenangkan, melainkan lebih ke menghadapi ketidaknyamanan dengan cara yang lebih positif dan produktif. Kita harus berpikir bahwa keadaan terbaiklah yang akan terjadi, dan bukan yang terburuk.

Berpikir positif sering dimulai dengan berbicara pada diri sendiri.
Jika pikiran yang berjalan di kepala kita kebanyakan negatif, maka pandangan hidup kita kemungkinan pesimis.

Sebaliknya, jika pikiran kita sebagian besar positif, maka kita mungkin merupakan orang yang optimis. Beberapa studi menyatakan bahwa kepribadian pesimis dan optimis dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan dalam berbagai aspek.

Demikianlah arti dari kekuatan berpikir positif.

🔷🌷🔷
Akhwati fillah......
Apa Yang Harus Kita Lakukan Agar Selalu Berpikir Positif? :

◼1. Bersyukur

Bersyukur bisa membantu kita untuk berpikir lebih positif. Apa yang kita dapatkan dianggap cukup dan dipenuhi rasa berterima kasih, terutama kepada keluarga orang terdekat dan tentu saja Tuhan.

Jangan selalu melihat keatas atau melihat keadaan orang lain yang lebih dari kita. Bisa saja di bagian luar mereka lebih baik namun di bagian dalam justru kitalah yang lebih baik.

◼2. Tersenyum

Tersenyum merupakan cara selanjutnya agar bisa mendapatkan pikiran yang lebih positif baik dalam bersikap maupun dalam menghadapi hidup. Dengan tersenyum, maka anda bisa menularkan kebahagian dan rasa senang pada orang lain.

Faktanya tersenyum ketika anda sedih atau mengalami kesedihan, bisa mensusgestikan diri anda menjadi lebih baik dan menghilangkan rasa sedih lebih cepat. Untuk itulah mengapa tersenyum bisa menambah rasa positif.

◼3. Melihat Sisi Baik

Dengan melihat sisi baik maka kita bisa memiliki pikiran yang lebih positif dan tidak terbebani. Layaknya pisau jika kita melihat satu sisi maka tidak akan berguna, namun jika melihat sisi yang lain meskipun tajam dan bisa melukai.

Namun pisau sangat berguna untuk memotong benda dan memasak. Seperti itulah pikiran positif muncul jika mencoba melihat sisi baiknya.

◼4. Disiplinkan Diri

Jika kita ingin menunjukan atau membuat pikiran lebih positif cobalah untuk mengatur diri sendiri, dengan begitu kita juga bisa melihat potensi dan hal baik apa yang kita miliki. Jika hidup dengan teratur dan juga disiplin.

◼5. Istirahat

Istirahat merupakan obat dari segala hal yang membuat kita menjadi buruk atau menjadi jelek. Salah satunya kita yang sering berpikir negatif dan sering menilai buruk akan orang lain.
Ketika memiliki masalah memforsir diri untuk mencari jawaban saat itu juga justru membuat kita pusing dan juga tertekan.

Hal ini bertentangan dengan cara bagaimana agar bisa berpikir positif. Cobalah untuk berpikir positif dengan mengistirahatkan diri dan juga pikiran. Rileks kan diri sesaat agar bisa menghadapi waktu selanjutnya dengan pikiran lebih segar dan juga lebih positif.

◼6. Berkumpul Dengan Orang Positif

Berkumpul dengan orang-orang yang berpikiran positif bisa membawa kita menjadi pribadi yang lebih bijak dan melihat berbagai hal dari sisi positif. Seperti perumpamaan yang biasa dikatakan, bahwa angsa akan berkumpul dengan angsa dan buaya akan berkumpul dengan buaya.

Hal tersebut sudah menjadi hukum alam, dimana seorang makhluk hidup akan berkumpul dan merasa nyaman dengan sesamanya. Kita pun bisa melihatnya dari para hewan ataupun tumbuhan. Jika berada dilingkungan buruk maka kita akan terbawa buruk, sedangkan jika berada diantara orang positif maka kita akan ikut berpikir positif.

◼7. Berbuat Baik

Berbuat baik akan membantu kita dalam membuka pikiran mengenai dunia atau orang lain. Terkadang kita memiliki pemikiran negatif dan melihat bagian luar saja, misalnya penampilan ataupun melihat dari apa yang biasa orang lain tunjukan.

Namun kita tidak tahu seperti apa hati orang lain. Dengan berbuat baik, orang lain akan menghormati dan menghargai kita sama seperti yang kita lakukan pada mereka. Karena itulah berbuat baik bisa menjadikan pikiran yang lebih positif datang pada diri kita.

◼8. Selalu Mengingat Alloh ﷻ

Keyakinan dan iman kepada Alloh ﷻ bisa membawa kita ke arah yang lebih positif dari berbagai hal. Tentunya dengan terus belajar dan mendekatkan diri pada Tuhan, kita lebih bisa memahami makna positif dari kehidupan tanpa takut terjerumus atau menghadapi masalah dengan baik.

🔷🌷🔷
Akhwati fillah.....

Tapi tidak semua manusia bisa melakukannya sendiri, terkadang mereka membutuhkan kata motivasi ataupun masukan dari orang lain.

Karena dalam perjalanan hidup setiap manusia, kebahagiaan merupakan sesuatu hal yang dicari dan sangat diinginkan.
Berfikir positif dalam Islam sendiri, tercantum dalam Al-quran dan beberapa hadist riwayat berikut ini:

“Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu.” (QS. Adh Dhuha: 3)

“Boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

“Aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku.” (HR. Muslim).

Jika pun hidup kita berjalan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Yakinlah hari-hari kemudian akan lebih baik dari hari-hari sekarang dan hari-hari yang telah lalu.

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ

“Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).”

Berprasangka baiklah,  Alloh ﷻ akan memberikan karunia dan rahmat yang besar di hari-hari esok, dan JANGAN BERPUTUS ASA!

اِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْفَأَلَ و يَكْرَهُ التَّسَاؤُم

“Sesungguhnya Allah mencintai sikap optimis dan membenci sikap putus asa.” (Hadits).


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
        💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Yeyen ~ Bandung Barat
Dzah, bagaimana cara bersikap positif terhadap orang yang sering menyakiti dengan berbohong dimasa lalu?

Rasanya pikiran positif tentang orang itu sudah hilang, seakan-akan dia banyak keburukannya dipikiran saya. takutnya dia bohong lagi lah, ini lah, itulah.

Bagaimana cara menghilangkan pikiran buruk itu?

Syukron.

🍓Jawab:
Mbak yeyen di Bandung. Memang mengembalikan pikiran positif kepada orang-orang yang pernah berbuat buruk dimasa lalu bukanlah perkara yang mudah.
Karena setiap kali lihat dia, pastinya kita langsung berpikir negatif.

Itu manusiawi. Bahkan kata pepatah "Karena Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga." Karena kesalahan sedikit yang dia lakukan, berhasil menghancurkan kepercayaan yang sedikit demi sedikit kita bangun.

So, tetap berpikir positif dan waspada. Agar kita tidak jatuh 2 kali ditempat yang sama.

Dalam artian, tetap menunaikan haknya sebagaimana seorang muslim. Jika salam, jawablah. Jika meninggal kuburkanlah, jika meminta pertolongan, tolonglah.

Ketika kita terus berbuat baik ke dia, dia akan berpikir seribu kali untuk berbuat buruk. Sambil didoakan semoga Allah buka hatinya.

🔹Satu lagi dzah, bagaimana cara bersikap positif jika ingin badan kurus biar tidak putus asa ingin mengurangi berat badan yang terus-terusan naik?

🍓Diet maksimal, benarin pola makan.
Jangan mudah tergoda iman.
Pakai rumus dr. Zaidul Akbar juga bisa.
Yang penting istiqomah.

🔹Rumusnya bagaimana itu dzah?

🍓BIKIN INFUSED WATER

Hari 1 : Rempah
Hari 2 : Sayur
Hari ke 3 : Buah
Hari ke 4 : Ulang dari pertama.

Terus lakukan selama 1 bulan.

Kurangi nasi, karbo, gandum, gula dan segala makanan pabrikan.

🔹Tapi dzah, saya ketika ingat masalah masa lalu itu suka jadi tidak suka juga lihat orangnya jadi kesel secara tiba-tiba.  Inginnya gimanaaaa gitu ihh kesell banget kecewa banget. Harus bagaimana sih saya baiknya?

Dia berpikir dialah yang tersakiti oleh saya padahal sebaliknya dzah, bolehkah saya jika berpapasan dengan dia tidak bertanya atau apapun? Malahan memilih memalingkan muka.

🍓Banyak-banyak doakan yang baik.
Dengan berdoa kebaikan untuknya, membuat hati kita menjadi tentram.

Terus istighfar.
Terus doakan.
Mencoba tersenyum.

Sulit memang, tapi in syaa Allah anti bisa.

0⃣2⃣ Setyaning ~ Karanganyar
Assalamualaikum Bunda,

Bagaimana memberikan motivasi pada anak yang under estimate pada kemampuannya sendiri? 

Ada anak yang usia SMP sudah hafidz qur'an 30 juz, sekarang akan mendaftarkan ke SMA. Hanya karena agak limit di bidang mata pelajaran matematika, dia down.
Padahal di bidang lain tetap lumayan, bahkan cenderung unggul.

Bagaimana solusinya bunda?
Mohon pencerahannya.

Terimakasih.

🍓Jawab:
Waalaikum salam bunda...

Pertama, jangan bikin dia malu dengan ungkapan-ungkapan negatif.

Setiap anak punya kemampuan di bidangnya masing-masing.

Kemampuan menghafalnya kuat, sementara kemampuan matematikanya lemah,  karena memang itu menyangkut sisi otak yang berbeda.

Maka tekankan itu pada diri si anak.
Kamu tidak harus hebat di matematika. Minimal kamu "bisa" sajalah.
Bantu anak menyelesaikan soal-soal matematikanya. Kalau perlu ikutkan bimbel.

Tujuannya bukan agar dia jadi juara, namun akan dia bisa mencapai standard minimal saja.

0⃣3⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualaikum bunda, 

Namanya pikiran negatif kan muncul tiba-tiba, kita juga kan tidak bisa mengendalikan pikiran.  Harus terus berpikir positif tidak boleh berpikir negatif kan dak bisa bun pikiran positif itu selalu datang dan menyertai.

Soalnya saya tipe orang yang selalu berpikir negatif seperti saya tuh pesimis dulu bun, kalau seperti ini mesti bagaimana bun?

🍓Jawab:
Waalaikum salam,

Pikiran ini yang harus kita ubah mulai sekarang.
Karena dulu mungkin kita dididik untuk selalu berpikir negatif.

Jadi setiap kali pikiran negatif itu datang, teruslah berkata: aku bisa, aku bisa, aku bisa
Ulang-ulangi terus. Hingga masuk ke dalam otak dan hati kita.

0⃣4⃣ Tatik ~ Cikarang
Bagaimana mempertahankan pikiran positif kita saat banyak pikiran negatif "berkeliaran"?

🍓Jawab:
Salah satu tips diatas tadi adalah, berprasangka baik. Selalu berpikir bahwa Allah akan menolong kita.

Hilangkan pikiran-pikiran negatif dengan menepiskan tangan kita.

Banyak-banyak istighfar dan ulang-ulang kalimat positif.

0⃣5⃣ Erni ~ Yogja
Assalamu'alaikum,

Ustadzah, bagaimana caranya menghilangkan rasa sesak di dada ketika bertemu dengan orang yang suka menyerang dengan kata-kata.

Bagaimana caranya bisa move on dari kata-kata menyampaikan saya menjadi begini karena dibesarkan orang tua angkat yang tidak mau diatur dengan aturan islam, sehingga Alloh tidak ridho dengan apa-apa yang saya miliki dari orang tua angkat termasuk ilmu akademis yang tidak bisa digunakan?

Dengan kata lain kenapa saya kok selalu gagal dalam hal mencari rejeki dari Alloh, jawaban dari orang yang saya tanya karena Alloh tidak ridho ada sesuatu yang bisa menjadi amalan jariyah dari orang tua angkat.

Sedangkan dari orang tua angkat sendiri kadang merasa tidak ridho karena akan lebih bangga kalau saya anak kandungnya?

Mohon pencerahannya.

🍓Jawab:
Waalaikum salam,

Cara menghilangkan sesak dada? Hadapi orang yang bermulut kotor tersebut.
Kalau tidak kuat? Jangan bergaul dengan dia.

Karena dia mengeluarkan aura negatif.
Introspeksi diri dulu. Apa sih sebetulnya yang sudah dilakukan oleh orang tua angkat. Benar tidak kita melenceng dari syariat.

Karena kegagalan rejeki kita bisa jadi efek dari kemaksiatan kita dimasa lalu.

Pikir ulang lagi, kesalahan kita dimana. Ada tidak uang haram yang kepakai dan lain-lain.

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Jika kita berpikir tentang berkah, maka kita akan menarik banyak berkah.

Dan jika kita berpikir tentang masalah, maka kita akan menarik banyak masalah.

Maka selalulah mengolah pikiran yang baik dan selalu optimis. Kita akan mendapatkan apa yang kita pikirkan.

Jadi berpikirlah yang positif, hidup akan secara otomatis menjadi positif pula.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar