Minggu, 29 Desember 2019

MANAJEMEN DIRI MUSLIMAH



OLeH: Ustadzah Farida Nur Aini

        💎M a T e R i💎

Bismillah...  Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Sahabat shalihah...

Alhamdulillah segala puji syukur hanya kepada Allah yang telah memberikan segala kenikmatan kepada kita sehingga pada malam hari ini kita bisa silaturahim online di media ini. Shalawat dan salam semoga selalu terlimpah pada rasul Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Pada malam hari ini kita akan membicarakan tentang MANAJEMEN DIRI SEORANG MUSLIMAH.
Manajemen itu dalam arti sederhana adalah mengatur.

Sebagai seorang muslimah kita diharuskan mengatur diri kita agar kita bisa tampil sebagai seorang muslimah yang prima, yang produktif, berpenampilan menarik dan memberi manfaat kepada banyak orang.

Pada malam ini saya akan fokus ke 2 hal saja yaitu pada :
~ Bagaimana mengatur penampilan diri.
~ Manajemen ruhiyah.
Mari kita bahas satu persatu.

💎MENGATUR PENAMPILAN DIRI

Lihatlah diri kita diciptakan Allah dengan begitu sempurna. Maka salah satu cara kita bersyukur adalah dengan berpenampilan sesuai dengan ketentuannya. Yuk kita evaluasi dari atas tubuh kita,  bagaimana kondisinya.

▪Rambut Kita.

Apakah kita sudah sering memberikan perawatan yang rutin selain keramas? Walaupun rambut harus selalu tertutup jika keluar rumah tetapi justru ketika di rumah yang melihat adalah suami dan anak-anak, sehingga kita harus memperhatikan penampilan rambut kita. 

Bagaimana potongan rambut kita? Apakah sudah sesuai dengan wajah kita? Atau hanya sekedar polos dan hanya diikat dengan karet gelang? Wahh... Tidak cantik banget deh kalau seperti itu.

Yuk kita perhatikan karunia Allah ini dengan merawatnya memberi vitamin in atau mungkin minyak penyubur rambut, dan tentu saja model rambut yang membuat kita semakin cantik.

Terutama bagi yang sudah menikah... Tolong benar-benar perhatikan agar ketika kita membuka rambut kita kita semakin terlihat cantik.

▪Wajah Kita.

Apakah kita sudah rutin memberikan perawatan untuk wajah kita? Perawatan minimal untuk wajah adalah membersihkan wajah setiap malam sebelum tidur. Setelah itu aplikasikan krim malam dan akan lebih baik jika di dikuatkan dengan serum wajah.

Jadi urutannya:
~ Bersihkan tangan dengan sabun.
~ Bersihkan wajah dengan susu pembersih. Usap dengan gerakan melingkar ke atas.
~ Bersihkan dengan tonik. Tepuk- tepuk untuk mengecilkan pori-pori.
~ Aplikasikan serum. Tepuk-tepuk.
~ Aplikasikan krim malam.
~ Bila ada jerawat beri krim jerawat.
~ Gunakan zaitun untuk melembabkan bibir dan tangan.
~ Clossing dengan totok wajah.

Berikut saya beri video tutorial totok wajah. Tapi beneran dipraktikkan.

Sudah, selesai baru tidur.
Lakukan setiap malam. Tentu saja sebelum membersihkan wajah berwudhu dulu.
Untuk siang hari tentu harus memakai sunblock sebelum keluar rumah.
Sudah biasa scrub?
Rutinkan ya...
Habis scrub terus dilanjut maskeran.
Lakukan rutin agak wajah cerah dan awet muda.

▪Sekarang Turun Yuk Perhatikan Perut Kita.

Apakah sudah mulai ada yang, maaf... menggelambir terutama bagi mama-mama yang habis melahirkan? Itu sungguh hal yang tidak enak dilihat dan tentu bagi pemiliknya sangat tidak nyaman. Apa yang bisa kita lakukan agar perut kita singset? Simpel kok. Lakukan olahraga secara rutin.

Tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga bagi muslimah. Karena sekarang sudah bertebaran pakaian olahraga khusus muslimah. Mohon maaf terutama yang berlebihan berat badan. Ayo lakukan diet berapapun kelebihan berat badanmu apabila melakukan diet dengan tepat dan olahraga rutin, pasti bisa mencapai berat badan yang diinginkan.

▪Selanjutnya Adalah Pola Makan.

Apakah masih berminat makan jeroan, goreng-gorengan, junk food?
Yukk... Sekarang beralih ke makanan sehat. Perbanyak makan buah dan sayur Karena itu adalah makanan yang terbaik untuk manusia. Mengapa? Karena manusia diciptakan dari tanah. Buah dan sayur berasal dari tanah. makanya sifatnya sama. Karena sifatnya sama, maka akan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh dengan baik.

▪Sekarang Secara Umum. Hak Tubuh, Yaitu Olahraga.

Sudah bisa olahraga secara rutin in menjaga kesehatan adalah kewajiban masing-masing individual karena tidak mungkin orang lain yang akan menjaga kesehatan kita.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Cek-cek... Siapa teman-teman yang sudah rutin olahraga? Apa olahraganya dan berapa apa kali dilakukan dalam sepekan?

💎SELANJUTNYA ADALAH MANAJEMEN DIRI DALAM RUHIYAH

Saya pernah mendengar ucapan dari seseorang yang putus asa karena gagal diet dia mengatakan, "Aku makan kerupuk saja jadi daging" atau disaat yang lain juga pernah mendengar "aku minum air saja jadi lemak."
Sahabat shalihah tahukah bahwa kata-kata itu Doa.

Apa yang kita katakan akan didengar oleh telinga, dari telinga masuk ke otak dan otak akan menyuruh tubuh untuk melakukan seperti yang ia dengar tadi. Ketika seseorang mengatakan minum air jadi lemak maka itu akan benar-benar terjadi.

Dalam sebuah hadis rasulullah menyampaikan sebuah peringatan.  "Desungguhnya ada seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dipikirkan akibat dari perkataannya itu sehingga membuatnya dilempar kedalam neraka yang jaraknya lebih jauh dari barat dan timur."
(HR. Muslim)

Maka sangat dilarang seorang muslim itu berbicara sembarangan. Seperti:
~ Aku ndak bisa,
~ ini sulit sekali,
~ itu tidak mungkin terjadi,
~ ini susah sekali didapatkan,
~ aku tidak yakin ini bisa dicapai,
~ ini tidak akan berhasil,

Ini adalah pengendalian diri dalam berbicara.

Dalam hadis yang lain di sampaikan:
"Sesungguhnya ada seseorang hamba yang yang benar-benar berbicara hanya dengan satu kalimat yang termasuk keridhoan Allah dia menganggapnya sepele tetapi dengan sebab kalimat itu Allah akan menaikkan derajatnya . Dan sesungguhnya ada seorang hamba yang benar-benar berbicara dengan 1 kalimat yang termasuk kemurkaan Allah dan dia menganggapnya sepele dan dengan kalimat itu ia terjungkal ke dalam neraka jahanam."
(HR. Bukhari)

Kata-kata itu dikendalikan  dan ditentukan oleh mindset berpikir kita. Maka dalam mengendalikan kata-kata kita harus merubah mindset kita terlebih dahulu. Misalnya ada orang yang takut anjing. Dia mengatakan "saya takut anjing" kalimat itu hanyalah realisasi apa yang ada di dalam mindsetnya, pikirannya.
Maka inilah yang harus dia berubah.

Cara berpikirnya dirubah menjadi anjing makhluk Allah yang biasa, lucu dan menyenangkan.
Lebih lebih dalam lagi puncak dari kata-kata dan mindset adalah keyakinan.

Kita sebagai seorang muslimah menggunakan bahasa lain yaitu doa karena doa itu identik dengan keyakinan.
"berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan dan ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lalai."  (HR. Tirmidzi)

Masih dengan contoh orang yang takut anjing kalau dia ingin merubah dirinya maka dia harus merubah keyakinannya bahwa Anjing itu binatang yang menyenangkan bahkan disebutkan didalam Alquran sebagai penjaga Pemuda Ashabul Kahfi.

Jadi urutan untuk manajemen mental pertama kali adalah dari keyakinannya atau doanya. Dari doa dan keyakinan ini akan menjadi pola pikirnya. Dan dari pola pikirnya ini akan dikeluarkan melalui kata-kata.
Maka selalu menjaga kalimat.

Jangan sampai mengucapkan hal yang negatif baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Karena itu adalah doa.

Baik demikian yang saya sampaikan pada malam hari ini semoga bermanfaat.

Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualikum ustadzah,

Yang disebutkan diatas bahwa kita harus merawat diri kita dengan baik merawat wajah dan lain-lain yah. Ustadzah kalau misalkan kita merawat wajah dengan membeli obat-obat atau krim-krim ke dokter dengan menghabiskan banyak uang bukan kah itu sama saja seperti kita tidak mensyukuri apa yang Allah kasih?

Satu lagi kita harus bisa merubah mindset kita dengan hal-hal positif tapi contohnya dalam hal makanan saya tidak suka coklat apa yah bukan tidak suka lebih ke gimana-gimana gitu sama coklat. Kalau makan coklat berlebihan saya pusing sekali makanya saya berusaha menghindari coklat dari dul. Nah kalau memaksakan buat makan coklat menganggap coklat itu enak bla bla bla...  Bukannya sama saja yah kita memaksakan diri dan menyiksa diri kita ustadzah?
Mohon penjelasannya ustadzah?

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Ke dokter itu salah satu ikhtiar jika memang diperlukan.
Misal karena wajah ada masalah yang memerlukan bantuan dokter. Ya boleh-boleh saja.

Tentu harus bisa ngukur kemampuan dan kejelasan halal tidaknya krim tersebut.

Soal midset tentang makanan. Saya dulu sangat tidak menyukai buah alpukat karena yang ada di dalam pikiran saya adalah buah alpukat itu pahit sehingga Setiap kali saya makan pasti selalu pahit rasanya. Akhirnya saya merubah mindset saya bahwa buah alpukat itu sangat baik untuk tubuh, sangat bermanfaat untuk tubuh.

Maka Sejak saat itu lidah ternyata juga menyesuaikan karena diperintahkan oleh otak sehingga saya bisa merasakan enaknya buah alpukat tanpa rasa pahit.

Nah... Sama saja dengan coklat.
Yang dirubah adalah mindsetnya. Pola pikirnya nanti tubuh akan menyesuaikan.

🔹Masa allah penjelasanya tapi ustadzah. Saya sudah biasa lah ingin bisa makan coklat apa lagi menikmati begitu makan lah yah tapi memang setelahnya tuh tidak enak pusing kepalanya baunya saja yang nyengat gitu sakit kepala apa mindest saya kurang yah benar-benar harus ditekanin gitu!

🍓Iya.
 Mindsetny di rubah.

🔹Insya allah ustadzah  terimakasih penjesannya ustadzah.

0⃣2⃣ Phity ~ Yogja
Bund, saya termasuk orang yang tidak pernah merawat wajah.

Serum atau krim malam yang direkomendasikan apa ya?

Dan bagaimana biar konsisten, karena pakai susu pembersih dan tonic saja kadang-kadang dan bisa sampai kadaluarsa produknya masih belum habis.

🍓Jawab:
Setiap orang berbeda-beda dan pastikan bahwa produk yang dipakai adalah produk yang halal.
Sekarang alhamdulillah sudah ada beberapa produk halal yang sudah beredar, silakan dipakai jika tidak ada reaksi maka itu tandanya cocok.

Yang penting diniatkan rutin dirutinkan setiap hari karena perawatan itu akan berhasil kalau bisa dijalankan dengan rutin.

0⃣3⃣ Atin ~ Pekalongan
MasyaaAllah materinya, jazakallah khoir Bun.

Manajemen diri bab menjaga penampilan seperti yang sudah dipaparkan tadi pastikan membutuhkan ongkos. Beli krim, masker, dan lain-lain.

1. Bagaimana untuk yang ekonominya benar-benar terbatas. Untuk sehari-hari sudah pusing apalagi untuk perawatan!

2. Bagaimana menjaga untuk selalu bermindset positif?

🍓Jawab:
1. 90% perawatan saya adalah perawatan Mandiri dilakukan sendiri di rumah dengan produk-produk yang Allah sediakan di alam. Misalnya untuk scrub dengan kopi dicampur madu.

Masker menggunakan alpukat dan madu, bisa juga dengan zaitun produk-produk yang dijamin halal yang harganya terjangkau juga sudah banyak beredar di pasaran.

2. Selalu berdzikr. Ingat Allah di setiap saat.

0⃣4⃣ Erni ~ Yogja
Bagaimana jika suami menghendaki penampilan tetap sama seperti sebelum nikah tanpa memfasilitasi. Karena semua kakak ipar dalam rawatan ibunya, sedangkan ibu saya jauh, sementara ibu angkat telah tiada?
Mohon pencerahannya

🍓Jawab:
Bisa kok di upayakan.
Tidak harus ke salon.
Perawatan di rumah sendiri saja.
Olahraga bersama suami itu sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh biar tetap langsing.

🔹Ustadzh, kalau yang saya rasakan gigi menjadi kerepes dan berlubang sejak hamil,  flek hitam muncul karena KB pil, pantat pindah ke perut karena ganti KB suntik yang tidak haid selama 4 tahun, sekaran sudah berhenti semua, tapi bekas-bekas itu semua tidak hilang.
Bagaimana mengatasinya?

🍓Wah kalau soal ini dokter yang lebih paham. Silakan tanya ke ahlinya ya... 

0⃣5⃣ Elok ~ Malang
Assalamu'alaikum, 

Bagaimana caranya membuat bibir menjadi sehat, tidak terlihat gelap & kering? Apakah penggunaan minyak zaitun cocok untuk semua kulit wajah?

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Di scrub pakai gula pasir dan madu. Di gosok-gosok lembut.
Kalau keseharian dikasih zaitun saja.
Atau lip balm yang cocok.

🔹Untuk pijat totok wajah apa dilakukan setiap malam saja?

🍓Jawab:
Iya. Malam saja.
Tidak harus setiap malam. Yang penting rutin.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Alhamdulillah semoga kita termasuk hamba yang bersyukur dengan selalu menjaga dan merawat karunia-Nya.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar