Minggu, 29 Desember 2019

TAFSIR SURAH AL FATIHAH, Part 6



OLeH: Ustadz Ahmad Jumadi Toha, Lc

           💎M a T e R i💎

Part-6
Tafsir Surah Al Fatihah

Ayat ke 7
"Siapa yang diikuti"

Ayat ke 7

SIAPA YANG DIIKUTI

بسم الله. الحمد لله. والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه .

🔹PERMINTAAN TERBAIK
Pada ayat ini Alloh ﷻ  mengajarkan kita permohonan terbaik yang sehari-semalam kita ajukan. Kita memiliki beragam permintaan kepada Alloh ﷻ, tapi permintaan yang tidak boleh ditinggalkan adalah permintaan agar komitmen menjadi pengikut setia yaitu berjalan di atas "Shirot Al Mustaqim."

🔹URGENSI SHIROT AL MUSTAQIM
Kalau Alloh ﷻ memberikan kita kekayaan, keturunan yang sehat, pangkat dan jabatan dan sebagainya namun bila permintaan yang satu ini tidak dikabulkan maka semuanya tidak bernilai apa-apa. Untuk apa memiliki segalanya bila tidak berjalan di atas "Shirot Al Mustaqim"? Bila semua sudah di tangan namun hanya membuat semakin tersesat jauh dan membuat lupa kepada Alloh ﷻ, maka justru hanya menjadi malapetaka yang tinggal menunggu waktu saja.

🔹 Jalan Siapa yang Diikuti
Alloh ﷻ selanjutnya menjelaskan kelompok-kelompok terbaik manusia karena mereka menempuh jalan Alloh ﷻ pada surat An-Nisa ayat 69 :

"Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam maka mereka kelak akan bersama dengan orang orang yang telah Allah berikan nikmat atas mereka yang terdiri dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang orang Sholeh. Dan mereka adalah sebaik-baiknya kawan."

Maka syarat mutlak yang harus dipenuhi agar berjalan di atas jalannya manusia-manusia terbaik ada dua:
1. Taat kepada Alloh ﷻ dan,

2. Taat kepada Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

Makna taat kepada Alloh ﷻ adalah melaksanakan perintah Alloh ﷻ dan menjauhi segala larangan-Nya. Sedangkan makna taat kepada Nabi shalallahu alaihi wassalam adalah mengikuti Sunnah beliau dalam setiap keadaan dan waktu.

🔹SIAPAKAH PARA NABI
Mereka adalah para utusan Alloh ﷻ yang mulia karena menyampaikan amanat Rabbul alamin kepada manusia. Kita tidak mungkin menjadi mereka.

🔹SIAPAKAH PARA SHIDDIQIN
Mereka adalah orang orang yang jujur. Menjadi orang yang jujur adalah sangat sulit terlebih di era sekarang karena faktor pendukung kejujuran di antaranya adalah berkawan dengan orang orang yang jujur. Alloh ﷻ berfirman dalam surat At Tauba,

"Wahai orang-orang yang beriman bertaqwa lah kamu kepada Allah dan bersahabat lah kalian dengan orang orang yang jujur."

🔹PARA SYUHADA
Mereka adalah para sahabat yang terbunuh di medan jihad dengan mengorbankan jiwa dan harta mereka untuk meninggikan agama Alloh ﷻ.

🔹ORANG-ORANG SHOLEH
Mereka adalah orang-orang yang selalu berusaha menjadi hamba Alloh ﷻ yang mengutamakan iman di atas nafsu. Inilah satu-satunya kesempatan untuk kita raih di level manusia-manusia terbaik yang Alloh ﷻ berikan nikmat karena menempuh jalan yang Mustaqim. Semoga Alloh ﷻ memudahkan jalan ketaatan kepada-Nya. Amin.


وصلى الله على رسول الله وعلى آله وصحبه وسلم.
الحمد لله رب العالمين.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Erni ~ Yogja
Saya bingung cara bertanyanya. Yang benar pertanyaannya bagaimana caranya meraih ridho suami agar Alloh ﷻ ridho atau menggapai ridho Alloh ﷻ untuk meraih ridho suami?
Tapi begitulah intinya pertanyaan saya.
Mohon pencerahannya.

🌷Jawab:
Bismillah... 
Usaha seorang istri untuk meraih Ridha Alloh ﷻ adalah sangat mudah jika rumus dapat dipahami dengan baik, sehingga tidak perlu seorang istri itu beribadah dengan susah payah seperti laki-laki yang harus shalat sepanjang hayat, pulang pergi ke masjid, jihad, cari nafkah dan sebagainya, cukup baginya berkhidmat kepada suaminya sendiri dalam perkara yang baik saja. Dalam hadits disebutkan,

انظري اين أنت منه فإنه جنتك أو نارك

"Lihatlah di mana Anda memposisikan diri terhadap suami, karena sesungguhnya dia adalah surga ataupun neraka mu." (HR. Tirmidzi).

Hadits lain

إذا صلت المرأة خمسها وصام رمضان وأطاعت بعلها قيل لها أدخل الجنة من اي أبواب شئت

"Jika seorang istri menjaga shalat lima waktunya, berpuasa ramadhan dan taat pada suaminya, maka akan dikatakan kepadanya, "Masuklah ke surga dari pintu mana saja yang kamu sukai."

Hadits lain

الدنيا متاع وخير متاعها المرأة الصالحة

"Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah wanita yang Solehah."

Hadits lain saat nabi shalallahu alaihi wassalam ditanya tentang wanita terbaik beliau menjawab
"Adalah seorang istri yang apabila dipandang maka menyenangkan hati suaminya, apabila disuruh dia mematuhinya dan apabila ditinggal dia menjaga kehormatan dirinya dan harta suaminya."

0⃣2⃣ Eriska ~ Pangkal Pinang
Assalamu'alaikum ustadz,

Afwan ustadz, makna al fatihah sangat luas, tafsirnya mencakup isi al Qur'an. Arti setiap hurufnya penuh makna, bagaimana agar kita pasrah sepasrahnya, berserah diri pada Illahi Robbi.

Afwan karena satu dan lain hal. Ana menerima pekerjaan sebagai pengasuh baby, anaknya laki-laki, usia 1 tahun. Masyaa Allah itulah awal perang batin saya. Pekerjaan ini untuk makan, sebelumnya ana IRT biasa dengan anak yang sudah besar. Punya aktivitas ODOJ, insyaa Allah sedikit-sedikit menghapal. Dan kegiatan lain tahsin di online. Semua sudah ana planning sebelumnya. Dengan adanya kerja ini, semuanya berantakan.
Bagaimana ustadz solusinya?

#Anak asuh ana, alhamdulillah aktif luar biasa, rumah berantakan, jika ana ngaji, mulut ana di tutup. Anaknya keras.

Afwan jiddan panjang.

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Bismillah...
Masya Allah. Barokallah fikum.

Semoga Alloh ﷻ memberikan yang terbaik buat ibu. Apapun bentuk kesibukan yang telah banyak menyita waktu dan melelahkan tidak menghalangi seorang muslim yang taat untuk mendapatkan pahala berlimpah.

Adalah salah bila alasan sibuk dan padatnya kegiatan sehingga tidak memiliki waktu lagi untuk menambah pahala dengan amalan ringan namun berpahala besar, seperti dzikir.

Dzikir menjadi satu amalan Sunnah yang Alloh ﷻ sebutkan dalam Qur'an surat Al Ahzab ayat 35 Alloh ﷻ berfirman,

.....والذاكرين لله كثيرا والذاكرات أعد الله لهم مغفرة وأجرا عظيما

"Dan laki-laki yang banyak berdzikir kepada Alloh ﷻ dan juga perempuan maka Allah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala besar."

0⃣3⃣ Rahmah ~ Cisalak
Bismillah...
Ustadz, supaya kita tidak termasuk orang-orang yang dimurkai ALLOH ﷻ,  kiat- kiat apa yang harus kita lakukan?
Afwan.

🌷Jawab:
Bismillah...
Agar tidak terjebak jalan hidup manusia yang dimurkai dan yang sesat maka harus mengikuti jalan hidup orang-orang Alloh ﷻ limpahkan kepada mereka nikmat-Nya, yaitu mengikuti jalan para nabi dengan menyampaikan dan mengajak kepada kebaikan, para shiddiqin dengan selalu menjadikan lisan dan tindakan seirama dan seiring sekata dan seiya, para syuhada dengan mengorbankan apa yang dimiliki berupa harta, ilmu, pikiran atau ide dan tenaga di jalan Alloh ﷻ untuk agama Islam dan mengikuti jalan hidupnya orang-orang Sholeh, berusaha menjadi taat.

0⃣4⃣ Yuli ~ Jombang
Assalamualaikum ustadz....

Karena keterbatasan ilmu, maka untuk mencontoh Rasulullah ﷺ kita mengikuti ulama, tapi kenyataannya akhir-akhir ini justru ada ulama yang mencela Rasulullah ﷺ, soal pakaiannya, jenggot ya, dan banyak orang awam yang meneladaninya.

Bagaimana supaya kita bisa terhindar dari ulama-ulama yang demikian ustadz?

Terimakasih

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Bismillah... 
Menghadapi penyesatan pemikiran harus menggunakan ilmu, karena tanpa ilmu sangat mungkin seseorang terbawa arus pemikiran-pemikiran sesat, maka mesti dihadapi dengan ilmu pengetahuan agar bisa membedakan antara kesesatan yang dibungkus ilmu dengan pemikiran yang berlandaskan wahyu dan hukum. Jika seseorang miskin ilmu karena malas belajar lantaran hanya memikirkan perut, maka dia tidak akan bisa membedakan antara kesesatan dengan petunjuk.

0⃣5⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualaikum ustadz, 

Kalau kita selalu minta sama Alloh ﷻ setiap harinya itu-itu saja yang diminta sama Alloh ﷻ do'a terbaik kita itu saja boleh tidak sih ustadz? 

Nah terus kalau kita habis sholat kita beristigfar dulu terus kita do'a buat orang tua nah, setelah itu minta mohon permintaan sama Alloh ﷻ tapi permintaanya tuh beruntut habis minta ini terus do'a lagi minta yang lain dalam hal berdo'a dan meminta yang terbaik sama Alloh ﷻ apa adab dalam berdo'a dan meminta sama Alloh ﷻ seperti itu ustadz?

Mohon penjelasanya ustadz.

Terimakasih

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Bismillah...
Dalam berdoa tidak ada permintaan yang dilarang selama sesuatu yang diajukan adalah kebaikan, bukan keburukan dan permusuhan, misalnya, maka sah saja.

Hanya saja do'a terbaik seorang muslim bukan berdoa agar dilapangkan rezeki, dimudahkan segala urusan, dilunasi hutang piutang dan lain-lain, walaupun itu sangat diperlukan, namun tidak ada perkara yang lebih utama selain memohon agar diberikan Istiqomah di atas Islam dan iman.

ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون

Jadikan mindset Islam dan iman adalah barang yang paling berharga dalam kehidupan dan selalu dijaga sampai ajal tiba, bukan mindset siapkan harta dan warisan sebelum mati. Nabi Ya'qub pun juga menyampaikan wasiat iman kepada anak-anaknya,

أم كنتم شهداء إذ حضر يعقوب الموت إذ قال لبنيه ما تعبدون من بعدي . قالوا نعبد إلهك وإله أبائك إبراهيم وإسماعيل وإسحاق إله واحدا ونحن له مسلمون

💎 Alhamdulillah terimakasih ustadz jawabanya.

Kalau berdoanya seperti ini boleh tidak ya.... ya Allah jodohkan hamba dengan dia jika hamba tidak berjodoh dengan dia jangan jodohkan dia dengan yang lain.

🌷 Bismillah.
"Memaksa Allah". Seorang muslimah jika memahami hakikat taqdir segala sesuatu dalam kehidupan ini akan merasakan ketenangan dan tidak perlu khawatir atau galau menghadapi masalah. Segala sesuatu yang terjadi dan menimpa seseorang baik perkara kecil atau besar menyenangkan atau menyedihkan adalah perkara yang sudah ditakdirkan dan ditetapkan.

Maka berdoa kepada Alloh ﷻ dengan sedikit "memaksa" adalah salah satu kurangnya iman kepada takdir yang menyebabkan kekhawatiran dalam menghadapi segala kemungkinan dalam hidupnya.

Padahal kacamata kita dalam mengukur kebaikan itu sangat terbatas, belum tentu sesuatu yang sangat diinginkan mendatangkan kebaikan demikian sebaliknya sesuatu yang tidak diharapkan kehadirannya belum tentu berakibat buruk. Alloh ﷻ berfirman,

وعسى أن تكرهوا شيىأ وهو خير لكم وعسى أن تحبوا شيأ وهو شر لكم والله يعلم وأنتم لا تعلمون

"Boleh jadi sesuatu yang kamu benci adalah baik bagimu dan boleh jadi sesuatu yang kamu sukai adalah buruk bagimu. Allah Mengetahui sedangkan kamu tahu mengetahui."

Jadi berdoa dengan meminta pilihan (shalat istikharah) adalah jalan terbaik tanpa harus memaksakan kehendak kita pada sesuatu yang tidak kita ketahui hakikatnya.

Wallahu alam.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
  💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Bismillah... 
Apapun kebaikan yang menjadi permohonan kita kepada Alloh ﷻ maka ajukan saja, permohonan yang diajukan di atas landasan iman, amal sholeh dan tawakal adalah kunci kebahagiaan hidup.

Tapi jadikan Istiqomah di atas Islam dan iman sebagai permintaan tertinggi kita kepada Alloh ﷻ. Karena bagaimanapun juga dunia akan ditinggal dan yang tinggal hanyalah iman dan amal sholeh dikerjakan secara istiqamah.

Semoga Alloh ﷻ  mengampuni kita semua. Amin.

Barokallah fikum.
Akhukum Fillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar