Minggu, 31 Oktober 2021

KONSULTASI

 


OLeH: Team Kesehatan Perindu Surga

•┈•••◎❀★❀◎•••┈•
❀ KoNSuLTaSi ❀
•┈•••◎❀★❀◎•••┈•

0️⃣1️⃣ iiK ~ Denpasar
@dr. valleria, Sp.OG

Assalamu'alaikum dok.

Sudah 2 bulan ini, haid saya sebulan 2x. Biasanya siklus 28-30 hari. Jadi selang 1 pekan setelah bersih, haid lagi dengan lama haid, lebih pendek dari haid yang pertama. Keluhan lain tidak ada dok. 

Apakah masih normal? 
Apa penyebabnya ya dok? 
Usia saya 44 tahun dengan 6 orang anak.

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Itu gangguan haid, biasanya karena proses ovulasi terganggu sehingga keseimbangan hormon berubah. Banyak faktor yang menyebabkan gangguan ini, antara lain: Usia (terkait proses penuaan di ovarium), perubahan pola tidur, perubahan berat badan, penyakit metabolik, kurang olahraga, pemakaian kontrasepsi dan lain-lain. 

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Pretty ~ Palembang
dr. Valleria, Sp.OG

Dok, kalau mau haidh rasa capek dan magernya bertambah 2 kali lipat, apa ini ada hubungannya dengan sakit graveas (tiroid) ku ini ya dok? 

💎Jawab:
Bisa jadi ada hubungannya dengan penyakit grave nya, jika penyakit tersebut belum terkendali dan ada gangguan keseimbangan hormon tiroid.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Esa ~ Bogor
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S

Assalamu'alaikum bu dokter,

Saya memiliki hemoroid sejak lahiran anak pertama (9 tahun yang lalu), sejak itu saya berusaha tetap menjaga pola makan terutama serat. Namun terkadang BAB sehari bisa 2-3 kali, BAB seperti itu membuat hemoroid saya meradang dan sakit sekali dok.

Pertanyaannya, 
1. Apa pengobatan yang tepat untuk penyakit ini? 

2. Apakah penyakit ini bisa sembuh total? 

Jazaakillahu khayr atas jawabannya bu dokter.

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

1. Pengobatan tergantung derajat hemoroid nya. Kalau sudah sering dan sangat bengkak apalagi perdarahan biasanya dianjurkan operasi. Bila masih derajat 1 atau 2 biasanya dikasih obat minum, oles atau yang dimasukkan ke dubur. Makanan berserat jangan terlalu banyak bila mengganggu volume BAB.

2. Bisa sembuh total bila penanganannya benar.

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Annisa ~ Tangerang
@dr. Valleria, Sp.OG

1. Dok, saya lagi pengobatan TBc tulang dan sekarang sudah obat yang ke 5. Dari bulan agustus saya belum haid dok, pas USG TV katanya sel telur saya kecil-kecil, itu apa dari obat jadinya saya gak haid atau pcos ya dok?

2. Dok, saya hamil pertama meninggal dalam kandungan 33w dan hamil ke dua lahir prematur 32w dengan BBLSR (bayi dengan berat badan lahir sangat rendah) dan saat hamil ke dua saya terinfeksi rubella dan CMV serta pengentalan darah. Saat USG 4d, kondisi janin bagus cuma kecil dan saat lahir, tidak ada penyakit, cuma pas 3 bulanan tahu-tahu kejang tanpa demam dan di diagnosa hidrosefalus. Hamil ke 3 keadaan bagus, cuma prematur juga karena saya gendong anak dan naik tangga jadi pembukaan 1 dan SC (caesar) cuma BB si anak 2,7 kg lahir 36w. 

Yang mau saya tanyakan, apakah saya tidak boleh hamil lagi karena riwayat saya yang jelek? 
Ini saya di bilangin sama dokter Sp.OG bahwa saya tidak boleh hamil, karena riwayat saya yang jelek, apalagi saya ada TBC tulang, yang menurut dokternya biasanya tidak 100% sembuh.

💎Jawab:
1. Bisa karena pengaruh penyakit TBC sehingga ovulasi terganggu (karena itu gambaran sel telur kecil-kecil), bisa juga karena ada PCO.

2. Sebaiknya sih jangan hamil dulu sampai dirimu benar-benar sembuh. Hamil dengan kondisi kesehatan ibu yang tidak optimal, malah membahayakan ibu dan janin.

Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Salsabila ~ Purwokerto
@dr Barry Army Bakry, Sp.A

Dok, apa dampak disentri untuk bayi? Kira-kira kalau bayi 2 bulan BAB nya berbau busuk itu kenapa ya dok? Terimakasih.

💎Jawab:
Disentri kan penyebabnya infeksi. Kuman ini menyebabkan luka pada saluran cerna. Sehingga bila infeksi berjalan terus, bisa terjadi infeksi yang awalnya hanya lokal, menjadi menyebar ke seluruh tubuh, dan bisa mengancam keselamatan jiwa.

Wallahu a'lam

0️⃣6️⃣ Fadwa ~ Palembang
@dr. Valleria, Sp.OG

Dok, saya KB IUD (KB spiral) tapi suami komplin, mau ganti KB pil yang bagus untuk ibu menyusui apa ya dok? Rencana saya mau pakai KB yasmin, umur saya 35 tahun, anak saya umur 9 bulan mohon sarannya dok.

💎Jawab:
Pil yasmin tidak boleh untuk ibu menyusui karena ASI nya akan stop. Ada pil KB untuk ibu menyusui. Silakan tanyakan ke puskesmas terdekat.

Wallahu a'lam

0️⃣7️⃣ Fadwa ~ Palembang.  
dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Assalamu'alaikum dokter,

Anak saya umur 3 tahun susah BAB, sudah ke dokter anak, di kasih obat tapi masih susah BAB nya, makan sayur pun susah, terus makan nasi juga hanya sufor Bebelac, mau ganti, anak saya alergi ruam, mohon solusinya dok untuk anak saya.

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Konstipasi bisa terjadi karena beberapa hal seperti kurangnya asupan seret, terlalu banyak konsumsi produk susu dan turunannya, kurangnya cairan, dan lain-lain. Jadi selain pengobatan. Juga mesti diikuti dengan memperbaiki hal-hal yang di atas tadi.

Wallahu a'lam

0️⃣8️⃣ Khodijah ~ Solo
@dr. Valleria, Sp.OG

1. Dok, kenapa ya kalau kencing rasanya tidak bisa tuntas. Seperti masih ada yang tersisa dan rasanya ingin mengejan?
Ada sedikit rasa nyeri,
apa itu ada hubungan kalau habis secar memang seperti itu?

2. Tidak setiap habis kencing, cuma kadang-kadang saja habis kencing, vagina terasa panas. Itu kenapa ya dok?

Terimakasih atas jawabannya.

💎Jawab:
1. Mungkin ada infeksi saluran kemih. Periksakan ke dokter, ya bu.

2. Kemungkinan infeksi.

Wallahu a'lam

•┈•◎❀★❀◎•┈•
❀ PeNuTuP ❀
•┈•◎❀★❀◎•┈•

Mari kita tutup dengan beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...

Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...

Dan Do'a Khafaratul Majelis...

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
 لا إله إلا أنت
 ونستغفرك و نتوب اليك.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta wa nastaghfiruka wa atuubu ilaik...

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, kami memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

^^^_^^^
@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes
@Bidan Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
@dr. Merta Arum Prastika
@Heradini Faizah, S.Psi
➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar