Minggu, 14 Juni 2020

MENDIDIK ANAK BISNIS SEJAK KECIL



OLeH  : Ustadz Asyari S.

         💘M a T e R i💘

🌷MENGAJARKAN ANAK MUSLIM BERBISNIS SEJAK DINI


Berusaha atau berwirausaha merupakan bagian integral dari ajaran Islam. Terdapat sejumlah ayat dan hadis Nabi Muhammad ﷺ yang menjelaskan pentingnya aktifitas berusaha itu. Di antaranya:

"Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah di muka bumi. Dan carilah karunia Allah." (QS. Al Jumuah:10)

"Sungguh seandainya salah seorang di antara kalian mengambil beberapa utas tali, kemudian pergi ke gunung kemudian kembali memikul seikat kayu bakar dan menjualnya, kemudian dengan hasil itu Alloh ﷻ mencukupkan kebutuhan hidupmu, itu lebih baik daripada meminta-minta kepada sesama manusia, baik mereka memberi maupun tidak." (HR. Bukhari)

"Pernah suatu saat Rasulullah ditanya oleh para sahabat, “pekerjaan apa yang paling baik ya Rasulullah? Rasulullah menjawab, seorang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang bersih." (HR. Al Bazzar)

"Pedagang yang jujur lagi terpercaya adalah bersama-sama Nabi, orang-orang shadiqin, dan para syuhada." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

"Perhatikan olehmu sekalian, sesungguhnya perdagangan itu di dunia ini adalah sembilan dari sepuluh pintu rezeki." (HR. Ahmad)

Hadis-hadis di atas memperlihatkan bagaimana kewirausahaan merupakan aktifitas yang inhern dalam ajaran Islam. Sedemikian strategisnya kedudukan kewirausahaan dan perdagangan dalam Islam, hingga teologi Islam itu dapat disebutkan sebagai “teologi perdagangan” (commercial theology).

Hal tersebut dapat dilihat dalam kenyataan bahwa hubungan timbal balik antara Tuhan dan manusia bersifat perdagangan betul, Alloh ﷻ adalah Saudagar sempurna. Ia (Alloh ﷻ) memasukkan seluruh alam semesta dalam pembukuan-Nya.

Segalanya diperhitungkan, tiap barang diukur. Ia telah membuat buku perhitungan, neraca-neraca, dan Ia (Alloh ﷻ) telah menadi contoh buat bisnis-bisnis yang jujur.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0️⃣1️⃣ Atin ~ Pekalongan
Assalamualaikum Ustadz,

Pada usia berapa mulai bisa mengenalkan bisnis ke anak-anak?
Langkah-langkah bisnis bagaimana yang mudah untuk pemula?

🔷Jawab:
Wassalamu'alaikum,

Di sejak anak tahu belanja beli ajarkan segala sesuatu harus di cari. Mulailah dari yang bisa terus berlanjut hingga berhasil.

0️⃣2️⃣ Han ~ Gresik
Assalamu'alaikum,

Ustadz, bagaimana dengan anak yang mempunyai banyak ide? 
Apakah itu salah satu juga cara melatih anak untuk belajar berbisnis? Dengan mengembangkan banyak ide-idenya.

🔷Jawab:
Wassalamu'alaikum warahmatullah

Di arahkan dengan baik sesuai dengan kemampuan anak secara bertahap sesuaikan perkembangan bisnis.

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Dalam suasana seperti saat ini mari lebih muhasabah. Diri beristigfar bermohon agar segera di berikan pertolongan Alloh ﷻ.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar