Minggu, 14 Juni 2020

BUNGA KEHORMATAN



OLeH  : Ustadz Mukhtar Azizi

          💎M a T e R i💎

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Alhamdulillah Jumpa kembali dalam kajian yang luar biasa ini

 Penjelasan di bawah ini :

 فَإِذَا ٱنشَقَّتِ ٱلسَّمَآءُ فَكَانَتۡ وَرۡدَةً۬ كَٱلدِّهَانِ

"Maka apabila langit terbelah dan menjadi merah mawar seperti [kilapan] minyak."
(QS. Ar Rahman: 37)

Apa itu The Flower of Life?

Ini adalah salah satu simbol tertua di dunia, dimana ia menjadi salah satu simbol paling penting dalam berbagai kepercayaan di dunia ini. Simbol ini dianggap penting karena mengandung konsep-konsep penciptaan semesta.

The Flower of Life atau bunga kehidupan adalah pola geometris yang terdiri dari beberapa lingkaran merata yang saling tumpang tindih. Tertata dalam bentuk bunga seperti pola enam simetri lipat sehingga menghasilkan bentuk seperti segi enam. Bentuk, proporsi, dan keharmonisan yang sempurna dalam bunga kehidupan telah dipahami oleh para filsuf, arsitek, dan seniman di seluruh dunia.

Kaum Pagan menganggapnya sebagai geometri suci (sacred geometry) yang mengandung nilai religius kuno yang menggambarkan bentuk-bentuk dasar dari ruang dan waktu. Dalam kepercayaan paganisme, flower of life diyakini pula mengandung jenis catatan Akashic (Akashic Record), yakni catatan yang berisi pengetahuan tentang alam semesta beserta isinya, dan informasi dasar mengenai semua makhluk hidup, juga ekspresi visual dari koneksi kehidupan yang berjalan melalui semua makhluk hidup.

The flower of life telah memberikan apa yang dianggap sebagai makna spiritual dan bentuk pencerahan yang mendalam bagi siapapun yang mempelajarinya.

Simbol bunga kehidupan sejak dahulu telah dianggap sebagai sesuatu yang penting bagi banyak orang maupun peradaban sepanjang sejarah dunia. Hal ini dapat kita lihat pada manuskrip, kuil, atau beragam seni dalam budaya-budaya di seluruh dunia.

Bentuk paling umum dari simbol the flower of life adalah pola heksagonal (dimana pusat tiap lingkaran dikelilingi enam lingkaran di sekitarnya dengan diameter yang sama), terdiri atas 19 lingkaran utuh dan 36 busur lingkaran parsial yang tertutup oleh lingkaran besar.

🌸🌷🌸
Komponen bunga kehidupan telah lama menjadi bagian dari karya para Alchemist. Kubus Metatron (Metatron's Cube) adalah bagian dari FoL yang digunakan sebagai lingkaran penahanan atau lingkaran penciptaan. Leonardo da Vinci telah mempelajari bentuk dan sifat matematis dari simbol flower of life. Da Vinci sangat tertarik dengan flower of life beserta komponennya seperti Benih Kehidupan atau Seed of Life. Dia menggambar figur geometris yang mewakili bentuk seperti padatan platonik, bola, torus, dan lain-lain, dan juga menggunakan rasio emas (golden ratio) dalam setiap karya seninya, yang mana bersumber dari desain the flower of life.

Tidakkah kita ingin termasuk yang dijamin Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam?

مَنْ رَدَّ عَنْ عِرْضِ أَخِيْهِ, رَدَّ اللهُ وَجْهَهُ النَّارَ

“Sesiapa mempertahankan kehormatan saudaranya yang akan dicemarkan orang, maka Allah akan menolak api neraka dari mukanya pada hari Kiamat.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ahmad ini menunjukkan betapa melindungi kehormatan seorang muslim akan menyelamatkan seseorang dari api neraka. Kehormatan seorang muslim sama mulianya dengan darahnya; tidak boleh menetes sedikitpun tanpa alasan yang dibenarkan.

Jika menjaga kehormatan saudara seiman dan menutupi aibnya merupakan kemuliaan, maka menyebarluaskan tanpa hak (ghibah) sangat tercela. Menggunjing (ghibah) itu ibarat memakan bangkai saudaranya; pertanda sangat busuk dan kejinya perbuatan yang kadang terasa mengasyikkan itu.

Ingatlah, wahai diriku yang bertumpuk kesalahan, sesungguhnya setiap muslim itu mulia. Haram kita ciderai darahnya, kehormatan dan hartanya. Sesungguhnya Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ، دَمُهُ وَعِرْضُهُ وَمَالُهُ

“Setiap muslim terhadap muslim yang lain adalah haram, yaitu darahnya, kehormatannya dan hartanya.” (HR. Muslim).

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Widia ~ Bekasi
Ustadz bagaimana cara menghadapi tetangga yang tidak mau disapa dan menyapa kepada kita, padahal kita tidak punya salah sama orang tersebut. Dan itu terjadi berulang kali.

🌸Jawab:
Tetap berfikir positive dan do'akan yang terbaik, agar hatinya luluh dapat saling menyapa, sebab sama-sama saudara muslim.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣2️⃣ F ~ Turki
Bagaimana dengan muslimah beniqab namun masih men-share foto atau video pribadi di medsos ustadz, apakah itu tidak menjaga kehormatannya?

Jazakallah

🌸Jawab:
Ini bukan dari pakaian melainkan akhlaqnya. Maka sempurnakan pakaian dan akhlaqnya menjadi terhormat.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🔹Adakah kaitannya antara pakaian dan akhlak ustadz?

🌸Pakaian ada pada fisik sedangkan akhlaq ada pada perbuatan.

🔹Terimakasih penjelasannya ustadz.

0⃣3️⃣ Yuli ~ Aceh
Assalamualaikum,

Ustadz, bagaimana menyikapi kondisi yang dimanapun kita duduk, disitu ada ghibah. Walau tidak ikut sekalipun tapi pasti mendengarnya.
Karena posisi diri ya buruk ini malah dianggap paling sholih dari yang lainnya.

Jazakumullah ustadz.

🌸Jawab:
Wa'alaikum salam,

Tidak mesti berkecil hati, sikapi dengan positive, beristigfar bila ada gibah dan ajaklah hal-hal yang bermanfaat dan tinggalkan hal yang sia-sia.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🔹Insyaa Allah diusahakan ustadz.
Hanya saja sejauh ini terkadang saya yang ikut terwarnai.


0⃣4️⃣ Ani ~  Pekalongan
Assalamu'alaikum,

Ustadz, bagaimana cara yang terbaik untuk menasehati teman yang suka ghibah? Apalagi dia sensitif sehingga agak susah diingatkan. Saya sendiri merasa belum baik, jadi tidak percaya diri juga mengingatkan teman yang suka ghibah!
Sekian, mohon pencerahannya.

Jazakumullah ustadz.

🌸Jawab:
Wa'alaikum salam,

Agar percaya diri menjadi baik sama-sama membicarakan hal yang baik, berjalannya waktu akan menyadarinya.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Bunga itu indah adanya kehormatan menjadi mulia.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar