Minggu, 29 November 2020

NERAKA DAN CALON PENGHUNINYA

 


OLeH: Ummi Yulianti

  💎M a T e R i💎

بِسْــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمن الرَّحِيْمُ

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

الحمد لله 
نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ...

ام بعد

Segalanya milik Alloh ﷻ apa yang ada di langit dan bumi, kenikmatan dan kesusahan asalnya dari Alloh ﷻ sudah selayaknya kita panjatkan puji dan syukur hanya kepada Alloh ﷻ. 

Agama Islam adalah agama yang mengangkat dan membebaskan manusia dari zaman jahiliah zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang, sudah selayaknyalah kita sebagai umatnya senantiasa menghaturkan sholawat dan salam hanya kepada Nabi Muhammad ﷺ. 

💎NERAKA DAN CALON PENGHUNINYA

Bagi orang beriman, kehidupan dunia hanyalah satu episode dari perjalanan hidup yang panjang, bukan akhir dari kehidupan dan segalanya. Namun, dibalik itu, masih terdapat alam kubur dan akhirat.

Disana, manusia berjumpa dengan Tuhannya. Karena itu, ia selalu berkomunikasi dengan Alloh ﷻ, melalui ibadah dan doa setiap hari dan waktu agar perjumpaan itu terlaksana secara sukses dan menyenangkan.

Adapun bagi orang yang tidak beriman, dunia seolah menjadi titik henti terakhir. Karena itu, seluruh hidupnya dipertaruhkan dan dicurahkan hanya untuk mencari kepuasan atau popularitas diri. Inilah yang Alloh ﷻ gambarkan dalam Al Quran, 

إِنَّ الَّذِينَ لَا يَرْجُونَ لِقَاءَنَا وَرَضُوا بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاطْمَأَنُّوا بِهَا وَالَّذِينَ هُمْ عَنْ آيَاتِنَا غَافِلُونَ 

“Orang-orang yang tidak mengharapkan adanya perjumpaan dengan Kami, lalu merasa puas dengan kehidupan dunia, merasa tenteram dengannya, serta orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami, tempat mereka adalah neraka sesuai dengan apa yang mereka lakukan.” (QS. Yunus: 7).

Menurut Wahbah Zuhayli dalam Tafsir al-Munir, ayat di atas memberikan gambaran tentang empat karakter calon penghuni neraka. 
★ Pertama, tidak meyakini adanya pertemuan dengan Alloh ﷻ. Mereka tidak takut kepada hukuman-Nya, peringatan-Nya, ancaman-Nya, serta sama sekali tidak mengharapkan pahala dari-Nya. 

★ Kedua, puas dengan kehidupan dunia. Ini adalah akibat logis dari sikap pertama. Ketika seseorang tidak percaya akan berjumpa dengan Alloh ﷻ, dia tidak akan menyiapkan apa pun untuk pertemuannya nanti dengan Alloh ﷻ. Seluruh capaiannya hanya berorientasi kepada dunia yang pendek.

Ukuran kelapangan, kesenangan, dan kegembiraan bertumpu pada dunia dan keduniaan semata. Berbagai upaya untuk mencapainya dilakukan meski dengan menghalalkan segala cara, mempertaruhkan reputasi, menanggalkan harga diri, menyerang kawan sendiri, bahkan harus mengorbankan agama sekalipun.

★ Ketiga, merasa tenteram dan nyaman dengan dunia. Ini dirasakan ketika kesenangan dan kenikmatan dunia entah berupa harta, wanita, kedudukan, dan jabatan berhasil dicapai.

★ Keempat, lalai terhadap ayat-ayat-Nya. Yakni, merasa aman dari siksa dan ancaman Alloh ﷻ di dunia ataupun akhirat. Dengan kata lain, sama sekali tidak merasa penting mengambil pelajaran dan tidak merenungkannya.

Manakala empat karakter tersebut terdapat dalam diri manusia, ia akan jauh dari jalan kesempurnaan, dan tidak akan pernah mencapai kebahagiaan. Sebab, kesempurnaan dan kebahagiaan terletak pada kemampuan manusia menata hidup secara benar dengan menjadikan akhirat sebagai tujuan. 

Neraka merupakan tempat terburuk dengan segala keseramannya yang tidak akan bisa dibayangkan. Bahkan tidak terpikirkan oleh manusia akan seperti apa neraka tersebut. Disebut ada 7 pintu neraka dan tingkatan yang berbeda. Berikut 7 pintu Neraka:

◼️1. Neraka Hawiyah

Neraka ini letaknya paling dasar atau bawah. Golongan yang akan mengisi neraka hawiyah adalah orang-orang munafik, yang melakukan kebaikan tetapi hatinya mendustakan Alloh ﷻ. Alloh ﷻ menjelaskan soal neraka Hawiyah ini dalam Al Quran surat Al Qoriah ayat 10 dan 11:

Ayat 10
وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ

"Dan tahukah kamu apa itu neraka Hawiyah?"

Ayat 11
نَارٌ حَامِيَةٌ

"Adalah api yang sangat panas."

Selanjutnya di dalam Al Quran Surat Al-Nisa ayat 145 Alloh ﷻ berfirman:

اِنَّ الۡمُنٰفِقِیۡنَ فِی الدَّرۡکِ الۡاَسۡفَلِ مِنَ النَّارِ ۚ وَ لَنۡ تَجِدَ لَہُمۡ نَصِیۡرًا

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan neraka yang paling bawah. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka."

◼️2. Neraka Saqar

Neraka yang terletak di atas neraka hawiyah. Dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Muddatsir ayat 42 sampai 46

Ayat 42
مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ

"Apakah yang menyebabkan kamu masuk ke dalam Saqar (neraka)?"

Ayat 43
قَالُوا۟ لَمْ نَكُ مِنَ ٱلْمُصَلِّينَ

Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat.

Ayat 44
وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ ٱلْمِسْكِينَ

"Dan kami tidak (juga) memberi makan kepada orang miskin."

Ayat 45
وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ ٱلْخَآئِضِينَ

"dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya," (QS. Al-Muddassir: 45)

Ayat 46
وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ ٱلدِّينِ

"Dan adalah kami mendustakan hari pembalasan," (QS. Al-Muddassir: 46)

◼️3. Neraka Jahim

Neraka Jahim seperti dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 10 akan diisi oleh orang-orang kafir yang mendustakan ayat-ayat Alloh ﷻ.

Dalam surat As Syu'ara ayat 91 disebutkan bahwa neraka ini dijanjikan akan diisi orang-orang yang sesat. Seperti menyembah berhala dan sapi, nanti yang akan menyiksa golongan ini adalah apa yang mereka sembah, karena syirik berarti mempercayai ada makhluk yang lebih hebat dan berkuasa dibanding Alloh ﷻ.

◼️4. Neraka Sa'ir

Dalam Al-Quran, makna Sa'ir itu sendiri adalah 'menyala-nyala.' Seperti dilukiskan dalam Al Quran Surat al-Mulk, neraka ini merupakan seburuk-buruknya tempat kembali. Tatkala dilemparkan ke dalam neraka ini, para penghuninya akan mendengar suara yang mengerikan. Golongan yang akan menghuni neraka sa'ir adalah orang-orang yang mengambil harta anak yatim dan tidak menunaikan zakat.

"Bahwasannya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan ke dalam neraka sa'ir." (QS.  An-Nisa: 10). 

Orang-orang penghuni neraka sa'ir perut mereka akan di isi dan dipenuhi oleh api neraka, karena semasa hidup orang-orang ini memakan dan mengambil yang bukan hak miliknya.

◼️5. Neraka Huthamah

Golongan orang-orang yang akan mengisi neraka huthamah adalah orang yang suka mengumpat dan menggibah. Neraka Huthamah digambarkan akan membakar manusia dari api neraka yang panasnya beribu-ribu kali lipat dari panas api dunia, dan api akan menyala serta membakar hingga ke hati manusia.

◼️6. Neraka Lazha

Golongan yang akan menghuni neraka lazha adalah orang-orang yang mendustakan Al Quran, yaitu tidak percaya dan tidak mengimani apa yang ada di Al Quran, berpaling dari keimanan dan mengikuti iblis laknatullah. Sifat tamak dan cinta duniawi akan mengisi neraka lazha yang di dalamnya ada api yang menyala-nyala sehingga api yang bergejolak akan mengupas kulit kepala mereka, dan membakar tubuh mereka.

◼️7. Neraka Jahanam

Neraka jahanam merupakan tempat terburuk dan pintu yang paling atas (pertama), neraka yang paling dalam dan berat siksaannya.

Rasulullah ﷺ berkata: "Seandainya neraka itu (jahanam) berlubang sebesar lubang jarum niscaya segenap penghuni dunia akan terbakar panasnya."

Neraka jahanam dijaga oleh malaikat Zabaniyah dan membawa mereka dengan rantai yang dimasukan ke dalam mulut dan keluar dari duburnya, golongan yang akan mengisi neraka ini adalah orang-orang yang tidak sempat bertaubat hingga ajal menjemputnya, dan melakukan maksiat selama hidup di dunia.

Betapa pedih dan mengerikan neraka yang diciptakan Alloh ﷻ. Hal ini meyakinkan kita bahwa yang gaib yaitu alam surga dan neraka merupakan hal yang harus kita yakini dan percayai. Semoga ini menjadi gambaran agar selalu mengingat Alloh ﷻ dan terus melakukan kebaikan.

Wallohu a'lam

Demikian Paparan kali ini
Yang benar datangnya dari اللّه. Yang salah dari ketidaktahuan ana yang masih fakir ilmu agama. 

Mohon maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan. 

 العلم بلاعمل كا لشجر بلا ثمر

Ilmu itu apabila tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah. 

 جزاكم الله خير جزاء شكرا وعفوا منكم...
فا استبقوا الخيرات...

والسلام عليكم ورحمة الله و بر كاته

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ Evi ~ Jaksel
Assalamualaikum, 

Pada point 4 neraka Sa'ir untuk mereka yang mengambil harta anak yatim. Yang mau saya tanyakan apabila ada seseorang yang taat beribadah solat wajib bahkan sunah selalu dikerjakan puasa pun demikian tapi di kehidupan sehari-hari dia dzolim kepada anak yatim dan janda yang masih keluarganya apakah ibadah-ibadahnya itu tidak bisa menolong dia dan dia tetap akan mendapatkan imbalan setimpal?

Terimakasih

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Semoga orang tersebut mendapatkan hidayah, menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada yang di dzaliminya dan mengembalikan hak anak yatim dan janda. 

Ketika seseorang berdosa pada Alloh ﷻ, orang tersebut bertaubat, masalah selesai. Tapi ketika mendzalimi orang lain, maka selain bertaubat pada Alloh ﷻ, Alloh ﷻ meminta orang tersebut menyelesaikan, urusannya dengan orang yang didzalimi. 

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Safitri ~ Banten 
Assalamualaikum,  

Ustadzah maksud dari setiap manusia pasti merasakan panasnya api neraka jadi orang muslim itu pasti ke neraka dulu baru ke surga ini bagaimana yah ustadzah?

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Ada segolongan kecil manusia yang tidak tersentuh api neraka, diantaranya para Nabi, sahabat Rasulullah ﷺ yang dijamin masuk surga, para syuhada dan sebagainya. 
Sebagian besarnya merasakan panas api neraka, sebentar lamanya tergantung Alloh ﷻ yang menghendaki. 

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Wiwin ~ Karawang
Assalamualaikum,

Umi, maksudnya mendustakan Alloh ﷻ itu bagaimana?

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Mendustakan Alloh ﷻ= mengingkari ajaran Islam, syariat Alloh ﷻ, tidak percaya Adanya Alloh ﷻ. 

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Afni ~ Garut
Assalamualaikum, 

Maaf bila di luar tema. 
Ketika kita melakukan kesalahan lalu bertaubat kepada Alloh ﷻ, sedangkan untuk memaafkan diri sendiri itu terasa sulit.
apakah boleh seperti?

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Akan terjadi dilema pada dirinya, pada tingkat tertentu bisa sampai berputus asa pada Rahmat Alloh ﷻ. 
Bertaubat pada Alloh ﷻ diiringi dengan memaafkan diri sendiri. 

Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Sasi ~ Bandar Lampung
Assalamualaikum, 

Mii, kalau seseorang yang sedang viral ini sampai berani memesan kavling di neraka, apakah orang ini benar-benar sudah tidak beriman ya, Mi karena ancaman api neraka saja dianggap remeh sekali? Tidak ada takutnya.

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Na'udzubilla... 
Itu sebagai ekspresi ketidak percayaan pada hari pembalasan dan secara tidak langsung dia juga tidak percaya adanya Alloh ﷻ. Semoga Alloh ﷻ berikan hidayah. 

🔹Aamiin...
Itulah mi, berarti tidak ke imananan lagi dalam hatinya? 

🌸Iya tidak ada iman. 

Wallahu a'lam

0️⃣6️⃣ Kiky ~ Solo
Assalamualaikum Umi, 

Saya pernah mendengar kalau sebagai perempuan yang menjadi orang ketiga (pelakor bahasa kekiniannya) akan menjadi penghuni neraka jahanam, dan Alloh ﷻ tidak anak memaafkan, benarkah demikian?
Seandainya si perempuan ini bertaubat apakah masih di beri ampunan?

Terimakasih. 
Wasalamualaikum

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Semua dosa akan diampuni kecuali dosa syirik. 

Pelakornya bertaubat meminta maaf kepada  yang direbut suaminya (berani nggak yaa) insyaaAllah, Alloh ﷻ akan mengampuninya. 

Wallahu a'lam

0️⃣7️⃣ Novita ~ Ambon
Assalamualaykum, 

Bagaimana dengan fenomena orang tua yang berakhlak buruk  terhadap anak?
Contoh: tidak mengakui sang anak sebagai anak kandung dan lain-lain, bahkan sampai orang tua tersebut meninggal? Apa yang harus dilakukan sebagai anak?

Jazakillaah khoir

🌸Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Memaafkannya dan menjalankan kewajiban kita sebagai anak berbakti kepada keduanya dengan mendoakannya.

Wallahu a'lam

0️⃣8️⃣ Sumy ~ Bandung
Bagaimana hukumnya kita bila menjaga jarak dengan saudara karena setiap pertemuan menjadi perselisihan yang menyakitkan?

🌸Jawab:
Ini sebagai bentuk pertahanan diri secara alami, menjaga jarak boleh, tapi jangan membencinya, boleh sekali-kali memberi hadiah atau kue di moment tertentu. Karena dalam salah satu hadits Rasulullah ﷺ bersabda saling memberi hadiah akan menumbuhkan rasa sayang. 

Wallahu a'lam

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Semoga materi ini menjadi ibrah dan pengetahuan bagi kita agar semakin meningkatkan ketakwaan dan amal ibadahnya agar dijauhkan dari siksa api neraka kelak di hari akhir nanti.

Wallahu a'lam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar