Senin, 07 Desember 2020

SELAPUT OTAK

 


OLeH  :  Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I. 

  💎M a T e R i💎

🌷SELAPUT OTAK 

Radang selaput otak dapat terjadi pada setiap usia. Namun, meningitis paling sering menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti anak-anak, orang tua, dan orang dengan HIV/AIDS.

Meningitis atau radang selaput otak adalah sebuah kondisi dimana otak dan batang mengalami peradangan. Penyakit ini biasanya menyerang orang dengan sistem imun yang lemah. 

Beberapa bakteri penyebab radang selaput otak adalah Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniac, Listeria monocytogenes, Escherichia coli, Klebsiella sp., dan Streptococcus grup B.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa yang cocok dalam mempelajari desain dan struktur otak adalah keilmuan faal dan kognitif, namun Al-Qur’an sudah menyinggung secara global struktur dan fungsi otak. Dalam Al-Qur’an surah Al Alaq ayat 16 Alloh ﷻ menyebutkan bahwa gambaran otak manusia adalah “naqshiyah” atau yang disebut dengan ubun-ubun, di dalam ayat tersebut (QS. Al Alaq: 16) Alloh ﷻ menyifati naqshiyah “ubun-ubun atau otak” dengan kata “kadzibatin khati’ah” yaitu yang mendustakan dan durhaka. 

Ubun-ubun atau otak manusia adalah yang mengarahkan seluruh tindakan yang dilakukan oleh manusia, jika otak berkehendak, maka segalanya dapat dikerjakan, terlebih lagi jika otak menginginkan perbuatan-perbuatan yang tidak baik, hanya menuruti kehendak ID nya saja tanpa mempertimbangkan baik dan buruknya, maka bisa jadi seseorang tersebut melakukan semua hal yang diringankannya, semua itu kembali kepada otaknya.

Otak akan normal dan ubun-ubun akan aktif bila selalu Al Qur'an dan hadist yang dibacakan, sehat selalu.

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷

        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ iDa ~ Tanjungpinang

Bagaimana hubungan antara hati & otak?

Karena letaknya yang berjauhan, apakah keduanya saling bersambungan ketika salah satu organ tersebut mempunyai keinginan (misalnya). 

💎Jawab:

Hati yang utama ada pada otak, maka isilah otak dengan Al-Qur'an dan hadist. 

Serta hati yang berdzikir akan hidup menjadi bahagia di dunia dan di akhirat. 

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Mila ~ Tegal

Ustadz berarti untuk mencegah penyakit pada otak. Kita harus rajin menutrisi otak dengan membaca Al Quran ya?

💎Jawab:

Tentu... 

Nutrisi otak terdapat dalam ayat suci Al Qur'an agar memahami isinya beserta dengan 4 sehat 5 sempurna. 

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ iiN ~ Boyolali

Ustadz, bagi ibu hamil yang belum paham nutrisi melalui Al Qur'an dan memilih musik seperti Mozart, apakah seperti itu seharusnya ditinggalkan?

Dan memberi pengertiannya seperti bagaimana?

💎Jawab:

Sebaiknya kembali pada Al-Qur'an agar otak dapat pulih, sebab Mozart dapat merusak otak, karena adanya goncangan pada iman. 

Caranya dengan belajar memahami isi Al-Qur'an dan mendekati Alloh ﷻ dan Rasul-Nya, kesembuhan akan di berikan kepada hamba-Nya terjaga iman dan takwanya. 

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Otak sebagai mahkota ilmu akan terjaga dari selaput otak dengan memahami isi Al-Qur'an. 

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar