Minggu, 22 November 2020

GUMPALAN DARAH

 


OLeH  : Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I.

 💎M a T e R i💎

Alhamdulillah... 

Sudah pada kenal.

Yuk kita mulai kajian ya soal gumpalan darah. 

🌷GUMPALAN DARAH

Pada tubuh manusia darah yang terdapat di dalamnya mengandung 55% plasma darah (darah cair) dan 45% sel-sel darah (darah padat). 

Jumlah darah yang ada dalam tubuh sekitar 1/13 (satu per tigabelas) berat tubuh orang dewasa atau kurang lebih 4-6 liter.

Darah ini sebetulnya merupakan campuran dari cairan dan sel, yang di dalamnya terdapat juga makronutrisi seperti protein serta ion seperti sodium dalam darah ini. 

Semua komponen tersebut memainkan peran yang penting untuk tubuh kita. 

Selain untuk mengangkut senyawa penting bagi tubuh darah juga membuang produk buangan dari sel, darah juga bertindak untuk melindungi tubuh dari invasi virus dan bakteri serta terhadap kerusakan pada sel.

🔹Adapun kandungan dalam darah, antara lain:

▪️Air = 91%

▪️Protein = 3%

▪️Mineral = 0,9%

▪️Bahan organik = 0,1%

Secara sains, dijelaskan bahwa ada reaksi kimia yang terjadi dalam usus. Dari sana dapat diketahui bahwa zat yang diekstrak dari makanan masuk ke dalam aliran darah melalui sistem yang kompleks.

Ada kalanya melalui hati, tergantung pada jenis kimianya. Darah akan membawa hasilnya ke semua organ tubuh, salah satu diantaranya adalah ke kelenjar susu sebagai penghasil susu.

Dalam istilah sederhana, zat-zat tertentu dari usus masuk ke dalam pembuluh pada dinding usus itu sendiri, dan zat ini kemudian diangkut oleh aliran darah ke berbagai organ. Konsep ini harus benar-benar dipahami bila manusia ingin memahami ayat Al-Qur'an berikut ini:

"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya," (QS. An-Nahl: 66). 

Darah yang terdapat di dalam tubuh makhluk yang Alloh ﷻ ciptakan begitu agung dan mulia selalu berdzikir kepada-Nya. Maka, darah menjadi suci bila dimasuki dengan makanan dan minuman yang halal dan thayyibah.

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷

        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ Han ~ Jatim

Assalamu'alaikum tadz, 

Bagaimana tadz, dengan remaja-remaja sekarang yang banyak melakukan aborsi dari hubungan yang terlarang (belum menikah). Padahal janin atau debay itu tidak ada salah dan dosa?

🌴Jawab: 

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Awalnya aborsi karena lemah dalam ilmu agama. Perlu ada pembinaan aktif agar selamat dunia dan akhirat. 

Bagi yang aborsi agar bertaubat, sebab janin yang hidup dipaksa untuk dimatikan akan ditarik ke api neraka. 

🌷Apa benar tadz, bayi yang meninggal dalam kandungan atau setelah dilahirkan meninggal itu nanti akan membawa atau jaminan surga bagi orang tuanya? Termasuk bayinya tersebut?

🌴Ya tentu...

Bila orang tuanya ikhlas dan sabar menerima takdir yang Alloh ﷻ berikan kepada hamba-Nya. Sebab janin dan bayi masih dalam kondisi suci dijamin masuk surga tanpa hisab. 

🌷Kalau orang tuanya tadz? Apakah si janin atau bayi yang meninggal tersebut bisa membawa orang tuanya ke surga?

🌴Tentu dapat membawa orang tuanya ke surga bila ikhlas dan sabar menerima takdir yang Alloh ﷻ berikan kepadanya. 

🌷Pantas saja tadz ya, di masyarakat itu sering bilang sebutan ke anak itu dengan DARAH DAGINGMU.

🌴Darah dagingmu itu benar-benar nyata. Ungkapan ini telah ada dalam tatanan iman. 

Proses masuk ke dalam nifas berawal dari haid, ada pertemuan, maka ruh pun hadir adanya asma sifat bagi Rabb. Setiap darah yang mengalir selalu berdzikir di dalamnya. 

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Annisa ~ Tangerang

Kalau keguguran tadz apa bisa mengajak orang tuanya ke surga? 

Sedangkan kegugurannya di usia kandungan 5 minggu? 

🌴Jawab:

Keguguran masuk ke dalam mengangkat derajat orang tuanya ke surga. 

🌷Lha kalau orang tuanya yang malah membunuh bayi atau anak tersebut bagaimana, Ustadz? Banyak itu sekarang terjadi di masyarakat kita. 

🌴Bila dengan sengaja, maka akan diadili di akhirat kelak. Akan di masukan ke neraka, janin yang akan bicara kelak di akhirat. Dan janin masuk ke surga tanpa hisab. 

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷

 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Gumpalan darah terdapat pada lantunan dzikir setiap cairan yang keluar adanya Maha Kuasanya Alloh ﷻ yang telah menciptakan makhluk secara sempurna. 

Wallahu a'lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar