Minggu, 22 November 2020

CARA SEDERHANA MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

 


OLeH  : dr. Defti Putri Perdhani

  ๐Ÿ’ŽM a T e R i๐Ÿ’Ž

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

 ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

Segala puji bagi Alloh ๏ทป atas segala nikmat iman, Islam, sehat, sehingga pada siang hari ini bisa sharing dengan ummahat sholihah.

Shalawat serta salam selalu tercurah kepada uswatun hasanah baginda Nabi Muhammad ๏ทบ, beserta keluarga, para sahabat, pengikutnya hingga akhir zaman, dan semoga kita mendapat syafaatnya di yaumil akhir, aamiin.

Syukron atas kesempatan yang diberikan. Siang hari ini saya akan sharing tentang CARA SEDERHANA MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH.

๐ŸŒธCARA SEDERHANA MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

Salah satu penyakit infeksi yang mudah menyerang tubuh seseorang ketika daya tahan tubuhnya lemah adalah COVID-19 atau infeksi virus Corona yang sedang mewabah saat ini.

๐Ÿ”ธRagam Makanan Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan sehat yang bernutrisi tinggi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghalau infeksi. 

๐Ÿ”ธBeberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh tersebut adalah:

★ 1. Brokoli 

Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang membuat brokoli mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

★ 2. Bayam 

Kandungan antioksidan pada bayam tidak kalah tinggi dibandingkan brokoli. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak terbuang.

★ 3. Bawang Putih 

Rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu makanan ini mengandung zat allicin. Zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

★ 4. Kunyit

Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis and rheumatoid artritis. Tidak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

Meski begitu, manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit masih perlu diteliti lebih lanjut.

★ 5. Buah-buahan 

Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, kiwi, mangga, jambu, dan strowberi.

★ 6. Makanan Laut

Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.

★ 7. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Selain yoghurt, probiotik juga banyak terkandung dalam makanan lainnya hasil fermentasi, seperti tempe.

√ Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA.

√ Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal, kita perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari beragam jenis makanan di atas.

Selain dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, cara meningkatkan kekebalan tubuh juga perlu dilakukan dengan banyak minum air putih, serta menjauhi konsumsi minuman beralkohol, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, dan makanan yang banyak mengandung kolesterol.

๐Ÿ”ธMeningkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Pola Hidup Sehat

Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga dapat diperoleh dengan menjalani pola hidup sehat. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah:

๐Ÿ”น1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Tidak hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga juga baik untuk mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Waktu olahraga yang disarankan adalah selama 20-30 menit setiap hari. Pilihan olahraga yang baik dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh meliputi berjalan kaki, berenang, bersepeda, senam aerobik, hingga latihan fisik di gym.

๐Ÿ”น2. Kelola Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk melakukan hobi, cukupi istirahat, aktif bersosialisasi atau hadir di majelis ta'lim (sekarang bisa via virtual atau zoom atau WA), dan lakukan teknik relaksasi untuk meredakan stres. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mengatasi stres yang Anda alami.

๐Ÿ”น3. Tertawa

Tidak hanya menyenangkan, tertawa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

๐Ÿ”น4. Berhenti Merokok

Sering merokok, baik secara aktif maupun pasif (menghirup asap rokok orang lain), terbukti dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah. Dengan begitu, risiko untuk terkena berbagai penyakit pun akan menjadi lebih tinggi.

Itulah sebabnya, BERHENTI MEROKOK merupakan salah satu langkah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

๐Ÿ”น5. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Bila cukup tidur dan istirahat, tubuh Anda akan lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi. Selain itu, Anda juga jadi tidak mudah mengalami stres.

Oleh karena itu, tidurlah yang cukup, setidaknya 7-9 jam per hari, agar kekebalan tubuh Anda tetap terjaga.

Selain dengan cara-cara di atas, sistem kekebalan tubuh juga dapat diperkuat dengan melengkapi imunisasi, termasuk pemberian vaksin varicella, dan mengonsumsi suplemen tertentu berdasarkan anjuran dokter. Jika Anda masih juga sering sakit atau terkena infeksi meski sudah melakukan cara di atas, sebaiknya konsultasikanlah masalah tersebut dengan dokter.

Wallahu a'lam

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท

        ๐Ÿ’ŽTaNYa JaWaB๐Ÿ’Ž

0️⃣1️⃣ Mala Hasan ~ Lampung

Assalamu'alaikum dok, 

1. Jika dibaca dari uraian di atas, bayam termasuk salah satu ragam makanan penguat sistem kekebalan tubuh. Sedangkan buat penderita asam urat, justru bayam dan berbagai jenis sayuran lainnya malahan jadi penyebab sakitnya kambuh. Padahal tidak banyak mengkonsumsinya, jadi bagaimana baiknya dok?

2. Untuk kunyit, apakah baik jika mengkonsumsinya setiap hari? Dalam hal ini saya minum irisan kunyit, jahe, serai dan beberapa rempah lain.  

Apakah ada dampak  negatif bagi kesehatan karena konsumsi setiap hari?

3. Mengapa jika mengkonsumsi makanan laut justru mengalami alergi padahal seafood yang di olah masih segar?

Jazaakillhu khoir

๐Ÿ“Jawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

1. Memang pada beberapa orang yang sensitif terhadap makanan-makanan dapat memicu peningkatan asam urat meskipun hanya jumlah yang sedikit dapat meningkatkan kadar asam urat. Jadi, bisa dicari dari sumber-sumber makanan yang lain yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, misalnya bayam tidak bisa bisa diganti dengan makanan yang lain yang telah disebutkan, bisa dengan buah-buahan dan bukan hanya dari makanan saja, bisa juga dari olahraga yang teratur. 

2. Selama tidak ada keluhan atau efek samping yang dirasakan, ya tidak masalah, tidak apa-apa karena itu bahannya alami. 

3. Memang pada orang dengan hipersensitifitas atau sensitif atau alergi terhadap makanan laut, walaupun makanan laut tersebut segar tetap menimbulkan alergi. Bukan karena segar atau tidaknya, tetapi dari jenisnya. Kalau sudah ada bakat alergi terhadap makanan tertentu (makanan laut) maka dalam keadaan apapun akan bisa menimbulkan alergi.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Yulis ~ Batam

Bu Dokter, adakah terapi yang bisa dilakukan sendiri untuk mengurangi sakit kepala?

Pusingnya itu di bagian alis. Apakah pusing bagian dari stress?

Terima kasih

๐Ÿ“Jawab:

Untuk terapi pusing, ada baiknya diketahui dulu penyebabnya apa yang menyebabkan pusing. Apalagi pusingnya berulang harus dicari tahu penyebabnya apa. 

Saran saya adalah periksakan ke dokter, dicari tahu penyebabnya sehingga dapat dicari tahu terapi yang tepat. Baik terapi farmokologis (obat-obatan) atau terapi sendiri. Tapi harus diketahui dulu apa penyebabnya.

Wallahu a'lam

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท

 ๐Ÿ’ŽCLoSSiNG STaTeMeNT๐Ÿ’Ž

Marilah teman-teman akhwatifillah kita semua menjaga kesehatan, meningkatkan kekebalan tubuh kita sehingga insyaAllah kita bisa terhindar dari wabah pandemi covid-19.

Tingkatkan doa terutama, karena doa adalah senjata kita. Dan jangan lupa untuk selalu berikhtiar dalam menjaga kesehatan.

Jazzakumullah khoiron untuk akhwatifillah di room ini. 

Terima kasih yang telah memberikan pertanyaan-pertanyaan. 

Terima kasih kepada panitia. Semoga kita bisa ketemu lagi di sharing berikutnya. 

Mohon maaf lahir batin. 

Wassalamu'alaykum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar