Minggu, 22 November 2020

RINDU DAN DEKAT

 


OLeH  : Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I.

 💎M a T e R i💎

🌸RINDU DAN DEKAT

Rindu menurut ajaran Islam tentu merupakan bagian dari perasaan yang tergolong fitrah. Rindu menurut ajaran Islam bukanlah hal yang dilarang apalagi harus ditekan. Akan tetapi, rindu ini juga harus dikelola dan dijaga agar tidak berlebihan.

Rindu dalam Islam tidak boleh berlebihan. Apalagi sampai dalam bentuk emosional, tangisan, marah, atau perasaan lainnya yang merusak diri dan pikiran positif sendiri. Untuk itu, rindu harus dikelola dengan baik dan tidak boleh sampai pada tingkat emosional berlebihan. 

Jangan sampai rasa rindu ini meninggalkan syariat Islam, dan menjadikan Islam sebagai hal yang terlantarkan karena rindu manusia pada manusia lainnya. Untuk itu, rindukanlah sesuatu karena memang benar dan sesuai syaraiatnya.

Rindukanlah hal yang baik, dan hal yang memang tidak melanggar perintah Alloh ﷻ justru malah mendekatkan diri kita kepada syariat Islam.

Alloh ﷻ memerintahkan manusia untuk selalu beribadah kepada-Nya. Perintah ini mengandung maksud bahwa ibadah merupakan sarana bagi manusia untuk bisa dekat dengan Sang Pencipta. Di zaman sekarang banyak sekarang orang yang merasa dirinya jauh dari Allah Subhanahu Wa ta'ala.

Ada beberapa golongan yang jauh dari Allah Subhanahu wa ta'ala, diantaranya: orang-orang keras hati yaitu orang-orang yang suka berbicara namun jarang berdzikir dan mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala. Orang bakhil atau pelit yaitu orang yang enggan membagi hartanya.

Orang yang mendirikan sholat tapi masih mengerjakan perbuatan keji dan munkar dan ahli maksiat.

“Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” (QS.  Ar-Ra’du: 28)

Mudah-mudahan kita dijauhi oleh diantara golongan orang yang jauh dari Allah Subhanahu wa ta'ala. 

Wallahu a'lam

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸

        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ Han ~ Jatim

Assalamu'alaikum, 

Tadz, bagaimana mengelola rindu yang menggebu tapi tidak tercampur dengan nafsu?

 🌸Jawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Rindu hadir adanya zikir dan beramal sesuai syari'at. 

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Bestiar ~  Pekanbaru

Assalamualaikum, 

Ustadz, bagaimana cara mengelola hati dan perasaan jika rindu kepada kedua orang tua yang telah tiada. Jika ana rindu, ana selalu menangis ustadz? 

Syukron

🌸Jawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Rasa air menetes bagian dari kerinduan, maka do'akan yang terbaik dan bersilaturahim keluarga yang masih ada. 

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣Hesti ~ Yogja

Ustadz, bibir berdzikir tetapi hati masih saja merasa kosong, masih belum bisa benar-benar merindukan Nabi Muhammad, lisan berkata rindu tetapi hati belum bisa meresapi, harus bagaimana ustadz?

🌸Jawab:

Dzikir lewat lisan dan hati ya memahami isi dzikir ya, akan nikmat. Maka ikuti kehidupan Rasul, akan selalu rindu menyertai umat-Nya. 

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Atin ~ Pekalongan

Tadi disampaikan orang yang shalat tapi rajin maksiat.

Bukankah orang yang dipenuhi maksiat hatinya tidak tergerak untuk shalat?

🌸Jawab:

Shalat kosong isinya tidak memahami hakikat shalatnya, tetapi bila shalat ya khusu' dan sempurna akan terhindar dari kemaksiatan. 

Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Safitri ~ Banten 

Assalamualaikum ustadz,  

Kalau kita rindu sama seseorang yang kita kagumi itu bagaimana ustadz, bagaimana cara kita agar bisa mengendalikan perasaan itu sendiri dan cara kita tau itu rindu yang wajar yang diberikan sama Alloh ﷻ apa itu rindu dari bisikan setan itu seperti apa?

🌸Jawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Rindu perkara fitrah dalam kagum dengan kalimat tasbih dan tahmid. Caranya senantiasa bersyukur atas nikmat yang Alloh ﷻ berikan kepada hamba-Nya. 

Wallahu a'lam

0️⃣6️⃣ Lina ~ Cibitung Bekasi

Ustadz, bagaimana memanage rasa rindu dan melepaskan anak yang berusia 9 tahun di pondok agar tidak menjadi posesive dan cemas ?

🌸Jawab:

Do'a kan yang terbaik dan bersikap optimis. Siapkan agar menjadi anak yang shalih.

Wallahu a'lam

0️⃣7️⃣ Lilis Dita ~ Ponorogo

Assalamualaikum ustadz,  

Bagaimana cara kita agar lebih dekat dengan Alloh ﷻ dan terhindar dari golongan orang-orang yang jauh dari Alloh ﷻ serta benar-benar merasakan kerinduan pada-Nya? 

Syukron 

🌸Jawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Lewat membaca Al-Qur'an dan hadist memahami isinya serta di amalkan dalam kehidupan sehari-hari akan terasa nikmat dan begitu dekatnya dengan Alloh ﷻ dan Rasulnya. Rindu pun selalu hadir kepada hamba-Nya.

Wallahu a'lam

0️⃣8️⃣ Miyan ~ Sragen

Ustadz, bagaimana cara membentengi diri atau bisa move on dari rindu-rindu atau masa lalu yang kurang dibenarkan dalam syariat ustadz? Seperti contoh rindu pada lawan jenis yang belum ada ikatan.

Yang mana rindu ini jadi membuat kita jauh dari-Nya.

Jazakumullah khairan

🌸Jawab:

Lawan jenis perkara hal yang wajar. Rindu lewat do'a dan ikhtiar sesuai syari'at. Jalani dengan memahami tatanan kehidupan Islam sesuai sumber ajaran Islam.


Wallahu a'lam

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸

 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Rindu itu nikmat adanya kedekatan dengan Alloh ﷻ dan Rasulnya beserta sahabatnya.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar