Minggu, 29 November 2020

PERUT BUNCIT

 



OLeH: Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I.  

 💎M a T e R i💎

🌷PERUT BUNCIT

Perut buncit bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Bagi wanita, kondisi ini bahkan bisa menimbulkan kesalahpahaman, misalnya dianggap hamil oleh orang-orang di sekitar Anda.

Pada hakekatnya, Islam tidak melihat fisik dan bentuk tubuh seseorang. Apakah anda orang yang tampan atau cantik, demikian juga apakah tubuh anda tinggi semampai, atau pendek. Karena yang Alloh ﷻ lihat adalah ketaqwaannya. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits;

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-  إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya Alloh ﷻ tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Alloh ﷻ hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian.” (HR. Muslim no. 2564). 

Dalam salah satu hadits, Rasulullah ﷺ bersabda, 

خَيْرُكُمْ قَرْنِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ، إِنَّ بَعْدَكُمْ قَوْمًا يَخُونُونَ وَلاَ يُؤْتَمَنُونَ، وَيَشْهَدُونَ وَلاَ يُسْتَشْهَدُونَ، وَيَنْذِرُونَ وَلاَ يَفُونَ، وَيَظْهَرُ فِيهِمُ السِّمَنُ

“Generasi terbaik adalah generasi di zamanku, kemudian masa setelahnya, kemudian generasi setelahnya. Sesungguhnya pada masa yang akan datang ada kaum yang suka berkhianat dan tidak bisa dipercaya, mereka bersaksi sebelum diminta kesaksiaannya, bernazar tapi tidak melaksanakannya, dan nampak pada mereka kegemukan”. (HR. Bukhari 2651 dan Muslim 6638). 

Menurut keterangan al-Qurtubi (wafat 671 H), hadits ini adalah celaan bagi orang gemuk. Karena gemuk yang bukan bawaan penyebabnya banyak makan, minum, santai, foya-foya, selalu tenang, dan terlalu mengikuti hawa nafsu. Ia adalah hamba bagi dirinya sendiri dan bukan hamba bagi Rabbnya, orang yang hidupnya seperti ini pasti akan terjerumus kepada yang haram.

Umar bin Khattab pun mengingatkan kepada semuanya agar menghindari memelihara perut buncit. Sebab itu membuat kalian malas menunaikan shalat, merusak organ tubuh. Bahkan dapat menimbulkan banyak penyakit.

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣  Mila ~ Tegal
Ustadz, dalam Islam sendiri ada ketentuan yang mengatur berat badan proposional seorang Mukmin kah?

🍓Jawab: 
Berat badan berada pada pengaturan ringan ya makan dan minum tidak berlebihan. Sesuai kebutuhan yang dibutuhkan.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣  Tia ~ Bandung
Assalamualaikum, 

Ustadz, bagaimana dengan laki-laki yang sebelum nikah itu kurus tapi habis nikah punya anak badannya melar, padahal makan juga tidak banyak?

🍓Jawab: 
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Bila secara alamiah melar-melarnya badan, hal yang wajar sebab diisi dengan kasih sayangnya rumah tangga.

🔷 Wajar ya, tadz... 
Tapi apa itu termasuk memelihara perut buncit? Padahal tiap pagi olahraga ringan seperti lari atau jalan pagi. Tapi bukannya ngurangi berat badan malah semakin gemuk. 

🍓 Ini tidak masuk ke dalam perut buncit, sesuai dengan idealnya badan. 

🔷 Tapi memang perutnya buncit, tadz. Sama pinggangnya wahhh pokoknya. 

🍓 Perut buncit yang dibuat-buat tidak sama dengan alamiahnya perut. 

🔷 Yang dibuat-buat seperti apa, tadz?

🍓 Makan berlebihan dan minum yang tidak menyehatkan.

🔷 Jadi untuk membuat perut tidak buncit harus olahraga rutin dan menjaga makan dan minum ya, Ustadz?

🍓 Benar sekali... Maka pola kesehatan pun terjaga dan ibadah pun menjadi nikmat.

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Perut akan stabil bila pola makan dan minumnya teratur. 

Senantiasa berdzikir kepada Rabb agar tubuh terjaga kesehatan dan keberkahan kehidupannya.

Wallahu a'lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar