Minggu, 22 November 2020

SAAT ISTRIKU DICINTAI LELAKI LAIN

 


OLeH  : Ustadz Undang Suherlan

 ๐Ÿ’ŽM a T e R i๐Ÿ’Ž

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…ู† ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ُ

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆ ุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุจุฑูƒุงุชู‡

ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ 

ู†َุญْู…َุฏُู‡ُ ูˆَู†َุณْุชَุนِูŠْู†ُู‡ُ ูˆَู†َุณْุชَุบْูِุฑُู‡ْ ูˆَู†َุนُูˆุฐُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ู…ِู†ْ ุดُุฑُูˆْุฑِ ุฃَู†ْูُุณِู†َุง ูˆَู…ِู†ْ ุณَูŠِّุฆَุงุชِ ุฃَุนْู…َุงู„ِู†َุง، ู…َู†ْ ูŠَู‡ْุฏِู‡ِ ุงู„ู„ู‡ُ ูَู„ุงَ ู…ُุถِู„َّ ู„َู‡ُ ูˆَู…َู†ْ ูŠُุถْู„ِู„ْ ูَู„ุงَ ู‡َุงุฏِูŠَ ู„َู‡ُ. ูˆَุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَุญْุฏَู‡ُ ู„ุงَ ุดَุฑِูŠْูƒَ ู„َู‡ُ ูˆَุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†َّ ู…ُุญَู…َّุฏًุง ุนَุจْุฏُู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ُู‡ُ...

ุงู… ุจุนุฏ

Segalanya milik Alloh ๏ทป apa yang ada di langit dan bumi, kenikmatan dan kesusahan asalnya dari Alloh ๏ทป sudah selayaknya kita panjatkan puji dan syukur hanya kepada Alloh ๏ทป. 

Agama Islam adalah agama yang mengangkat dan membebaskan manusia dari zaman jahiliah zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang, sudah selayaknya lah kita sebagai umatnya senantiasa menghaturkan sholawat dan salam hanya kepada Nabi Muhammad ๏ทบ. 

Sebenarnya dalam kehidupan bermasyarakat istri disukai laki-laki lain ataupun sebaliknya bisa saja terjadi pada setiap keluarga tinggal bagaimana kita mensikapinya dengan bijak.

Caranya kita harus paham dulu kewajiban kita, mana hak kita. 

Hak dan kewajiban suami istri selazimnya dipelajari dan diingatkan terus dalam kehidupan rumah tangga, sebab banyaknya bahtera rumah tangga yang rusak sebab kurangnya kepahaman mengenai hak dan kewajiban masing-masing. 

Terdapat kewajiban istri yang menjadi hak suami, dan kewajiban suami yang menjadi hak istri.

Di antaranya:

★ Kewajiban suami yang merupakan hak istri, antara lain memberikan nafkah, perlindungan, pendidikan agama, mempergauli istri dengan baik, dan perlakuan adil. 

“Tanggungjawab utama suami adalah mahar di sini termasuk ke nafkah baik sandang maupun pangan.”

Rasulullah ๏ทบ bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.”

(HR. Tirmidzi)

Hal ini menunjukkan sebaik apapun suami di kantor tidak akan dianggap baik sebab letak terbaik suami adalah bagaimana perlakuan ia kepada keluarganya.

Suami memimpin istri sebab ia memiliki kelebihan akal dan tenaga. “Jika istri menyusui anaknya dua tahun, maka suami memberinya makan dan sandang.”

Ketika seorang suami keluar rumah maka yang harus selalu diingat adalah rumah merupakan ladang rezekinya. Semakin suami berbicara baik kepada istri maka semakin banyak ladang rezeki kepadanya.

★ Hak suami dan kewajiban istri yang harus dijalankan terdiri atas melayani suami, taat kepada suami, memenuhi ajakan suami berhubungan badan, menjaga rumah dan kemaluan ketika ditinggal pergi, dan memperlakukan suami dengan baik. 

Meski istri memiliki jabatan, gelar, atau gaji lebih tinggi daripada suaminya maka ia tetap harus taat kepada sang suami. 

“Hak suami atas istri lebih besar daripada hak istri atas suami. Sebab suami memiliki satu tingkat lebih tinggi daripada istri.”

Ibadah mulia seorang istri adalah pelayanan kepada suami, namun banyak istri yang melalaikannya. Oleh karena itu, hal ini perlu dicatat baik-baik oleh istri. Rasulullah ๏ทบ bersabda, 

“Seandainya aku memerintahkan seseorang sujud kepada selain Allah Ta’ala, niscaya akan ku perintahkan para istri bersujud kepada suaminya.”

Beliau juga bersabda, 

“Demi Allah yang nyawaku di dalam kekuasaan-Nya, seorang istri tidak dapat memenuhi kewajibannya kepada Alloh ๏ทป sebelum ia memenuhi kewajibannya kepada suaminya.”

Ketaatan kepada suami merupakan keutamaan bagi istri. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah ๏ทบ: 

“Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau.” (HR. Ahmad)

Suami memang memimpin rumah tangga, namun pemimpin urusan rumah adalah istri. 

Sebab istri juga menjadi madrasah pendidikan anak-anak, pengelola keuangan, kebersihan rumah, dan sebagainya.

Selain kewajiban suami dan istri, terdapat pula hak-hak bersama kedua pihak. Mereka memiliki hak yang sama seperti perlakuan baik dan adab yang baik, tidak mengungkit pemberian atau kesalahan yang lalu, dan menjaga silaturahim antar kerabat dan teman suami maupun istri. “Istri tidak hanya silaturahim kepada kerabatnya saja, melainkan juga kerabat suami dan sebaliknya."

Bagaimana sikap kita jika ada laki-laki yang menyukai istri kita?

Eng ing eng....

Mencintai bukanlah perkara yang dilarang dalam Islam. Cinta menurut Islam adalah fitrah. Setiap orang pasti memiliki rasa cinta di dalam hatinya. Dan ya, itu adalah hal wajar. Namun cinta juga tidak boleh diumbar dengan sembarangan. Khususnya kepada lawan jenis yang bukan muhrim. 

Tentunya kita sebagai wanita harus membatasi pergaulan dengan pria. Sebab jatuh cinta dalam Islam tidak boleh diekspresikan lewat pacaran.

Larangan berpacaran dalam Islam telah disebutkan dalam Al-Quran:

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra: 32)

Jika dipikirkan secara logika, kita tentu sudah mengerti bahwa mencintai Istri orang itu adalah perbuatan yang tidak baik. 

Imam Al-Haitsami dalam kitabnya berjudul Al-Zawajir ‘an Iqtiraf al-Kabair menjelaskan bahwa merusak hubungan wanita dengan suaminya adalah sesuatu yang haram. Perbuatan tersebut dikategorikan dalam dosa besar.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam beberapa hadist:

Dari Abu Hurairah radiiyallahu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Barang siapa menipu dan merusak (hubungan) seorang hamba dari tuannya, maka ia bukanlah bagian dari kami. Dan barang siapa merusak (hubungan) seorang wanita dari suaminya, maka ia bukanlah bagian dari kami.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak halal bagi seorang wanita meminta (kepada suaminya) agar sang suami mencerai wanita lain (yang menjadi istrinya) dengan maksud agar sang wanita ini memonopoli ‘piringnya’, sesungguhnya hak dia adalah apa yang telah ditetapkan untuknya sesuai dengan kedudukan wanita dalam Islam.”

Bagaimana suami bersikap jika ada yang suka pada istrinya?

Pastikan dulu beberapa hal di bawah ini:

◼️Tidak Komunikasi Berlebihan Dengan Suami Atau Laki-laki Yang Bukan Muhrim

Komunikasi yang terjalin secara intens dan terus-menerus bisa menjadi pintu terbukanya rasa cinta.

Tindakan ini sangat berbahaya bila dilakukan terhadap orang yang sudah menikah. 

◼️Tidak Merayu

Sebagai seorang wanita kita mempunyai batasan dalam pergaulan dengan lawan jenis. Wanita tidak boleh menunjukkan suara manja di hadapan pria yang bukan muhrim. Bersikap genit dan merayu, semua itu dilarang dalam Islam. Mengapa? Karena pria mudah tergoda dengan rayuan wanita. Terlebih lagi jika wanita yang merayu tersebut mengenakan pakaian seksi. Naudzubillah mindzalik.

Suami boleh saja cemburu ketika istrinya disukai laki-laki lain tapi salurkan perasaan cemburu itu dengan cara positif tidak menjadi cemburu buta. 

Pastikan istri tidak melakukan hal-hal yang terlarang dan tidak menanggapi orang yang menyukainya.

Suami boleh saja menentukan kebijakan baru misal melarang istrinya untuk tidak berinteraksi dengan non muhrim atau hal-hal lainnya yang bersifat penjagaan.

Dan selama perintah suami tidak ada hal-hal yang merupakan maksiat pada Alloh ๏ทป istri wajib taat pada apa yang diperintahkan suami.

Mohon maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan. 

 ุงู„ุนู„ู… ุจู„ุงุนู…ู„ ูƒุง ู„ุดุฌุฑ ุจู„ุง ุซู…ุฑ

Ilmu itu apabila tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah. 

 ุฌุฒุงูƒู… ุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑ ุฌุฒุงุก ุดูƒุฑุง ูˆุนููˆุง ู…ู†ูƒู…...

ูุง ุงุณุชุจู‚ูˆุง ุงู„ุฎูŠุฑุงุช...

ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุจุฑ ูƒุงุชู‡

Demikian Paparan kali ini

Yang benar datangnya dari ุงู„ู„ّู‡. 

Yang salah dari setan karena ane tidak salah apa-apa. 

Wallahu a'lam

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

        ๐Ÿ’ŽTaNYa JaWaB๐Ÿ’Ž   

0️⃣1️⃣ Novita ~ Ambon

Assalamualaikum, 

Ustadz, bagaimana dengan pasangan yang salah satu saja banyak penuhi kewajiban sedangkan yang satunya banyak mengabaikan?

Jazakillaah khoir.

๐Ÿ’ŽJawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Semua bisa dibicarakan baik-baik. Kenapa bisa sampai hal itu terjadi yang terpenting ada komunikasi dua arah antara suami istri jangan mengambil kesimpulan atau statement sebelum tabayun dan punya bukti-bukti yang kuat.

Suami istri dipersatukan untuk saling menguatkan saling menutupi kekurangan pasangannya dan mempertahankan kelebihan pasangannya serta memperbaiki yang sebelumnya tidak baik.

Wallahualam

0️⃣2️⃣ AnnaKiky ~ Solo

Assalamualaikum Ustadz, 

1. Bagaimana jika suami tidak memenuhi kebutuhan keluarga, dan kebetulan ada teman si istri yang kebetulan bisa membantu secara ikhlas? (Kepepet, Tadz, posisi susah makan, uang sekolah anak-anak nunggak). 

2. Suami cemburu buta, bahkan kang ojol saja di cemburuin, padahal dia sendiri tidak mau ngantar si istri, bagaimana harus mensikapi, padahal si istri harus kontrol ke rumah sakit seminggu sekali. 

Terima kasih

๐Ÿ’ŽJawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

1. Apapun bantuan dari orang lain bicarakan baik-baik dengan suami. Bagaimanapun istri wajib mendapatkan ridho suami dalam segala hal. Kenapa suami tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, cari akar masalahnya apakah tidak serius ikhtiarnya atau memang dapatnya segitu. 

Terimalah segala kekurangan pasangan kita karena itu hal yang paling sulit yang akan mendapatkan pahala. Pecahkan dan komunikasikan semua hal dengan suami kalau suami tidak ridho atau keberatan sebaiknya jangan menerima bantuan tersebut walaupun yang memberinya ikhlas.

2. Kalau memang alasan tidak bisa ngantar nya kuat alasannya, si istri yang harus berbaik sangka kepada suami. Tapi suami pun harus mengusahakan sesekali mengantar istrinya. 

Kalau harus naik ojol jangan langganan kalau mau langganan carilah ojol wanita. 

Bagaimanapun itu cara menjaga perasaan pasangan kita. Jika memang suami pencemburu usahakan jangan memancing kecemburuannya keluar.

Wallahu a'lam

๐ŸŒธJazakallah Khoiron

0️⃣3️⃣ Yuli ~ Jombang 

Assalamualaikum, Ustadz

Jika ada laki-laki lain yang menyatakan mencintai kita (pria beristri), kita sudah menolak dan memutus komunikasi, apakah harus memberitahu suami atau tidak? 

Terima kasih

๐Ÿ’ŽJawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Lebih baik memberitahu suami agar jangan sampai di kemudian hari suami tahu hal tersebut dari orang lain dengan berita yang berbeda redaksinya. Kita tidak usah takut selama kita berada dalam koridor syariah. 

๐ŸŒธJika kejadiannya sudah lewat bertahun lalu dan disampaikan lewat media online bagaimana, Ustadz?

Secara fisik tidak pernah bertemu karena jaraknya jauh.

๐Ÿ’ŽJangan pernah membuka aib di depan umum (medsos). 

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Safitri ~ Banten 

Assalamualaikum, 

Ustadz, kenapa zaman sekarang banyak laki-laki yang malu dilihat atau dipandang orang-orang ketika dia nurut sama istri, berlaku baik sama istri, memanjakan istri, jadi mereka itu tidak mau dibilang lemah, laki-laki yang takut istri, jadi mereka kenapa bisa seperti begitu yah, Ustadz?

๐Ÿ’ŽJawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Kaum suami atau laki-laki kebanyakan memandang suatu masalah dengan logika atau pikiran, beda dengan wanita biasanya cenderung yang digunakan perasaan. Jika suami cenderung bersikap seperti itu tanyakan kenapa alasannya tapi ketika bertanya tetaplah menjaga izzahnya sebagai suami. 

Banyak laki-laki yang bersikap kaku seperti yang mba utarakan di atas tapi bukan berarti laki-laki tersebut tidak menyayangi istrinya. Tapi hanya beda dalam menyampaikan perasaan yang ada saja. Bijaklah menjadi istrinya dengan tidak menggibah masalah suami dengan teman-teman arisannya. Tetaplah rahasia suami istri menjadi rahasia selamanya dengan menjaga kehormatan suami insyaAlloh menjadi nilai ibadah buat istri.

Wallahualam

0️⃣5️⃣ Yuli ~ Jombang

Jika yang terjadi sebaliknya bagaimana, Ustadz, justru suami yang mencintai wanita lain (bersuami), bagaimana istri harus bersikap?

๐Ÿ’ŽJawab:

Tabayyun atau klarifikasi apa benar?

Terus apa kekurangan yang ada pada kita yang ingin suami lihat, kita bisa bahaslah dengan suami ketika suasana keduanya sedang dalam keadaan tenang agar bisa berfikir dengan kepala jernih.

Wallahu a'lam

0️⃣6️⃣ Nurjanah ~ Banten

Assalamualaikum, 

Ustadz, bagaimana jika suaminya yang dicintai wanita lain dan bagaimana sikap seorang wanita jika ada pria yang sudah beristri menyukai wanita yang masih single? 

๐Ÿ’ŽJawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Sebenarnya kesalahan tidak mutlak ada pada pihak laki-laki.

Jika pihak perempuan tidak membuka hati pada laki-laki yang sudah beristri semua tidak akan terjadi. Dan tidak juga melulu kesalahan si wanita single tersebut. Kenapa?

Bisa jadi wanita tersebut tidak enakan jadi ketika ada yang ngajak ngobrol di layani.

Jadi sebelum mengambil kesimpulan kita introspeksi ke dalam diri kenapa suami kita menyukai orang lain, apakah ada kekurangan pada diri kita? Diri sendirilah yang bisa menjawab semua itu.

Wallahu a'lam

๐ŸŒธSyukron Ustadz atas jawabannya.

0️⃣7️⃣ Yuli ~ Jombang

Ustadz, apakah cinta mencintai orang lain termasuk ujian dalam rumah tangga.

Bagaimana upaya pencegahan supaya hal tersebut tidak terjadi?

๐Ÿ’ŽJawab:

Iya dan semua bisa diantisipasi jika ada komunikasi dua arah. 

Wallahu a'lam

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

 ๐Ÿ’ŽCLoSSiNG STaTeMeNT๐Ÿ’Ž

Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, suami istri acap kali tanpa sadar melakukan kesalahan.

Jangan menganggap hal tersebut biasa saja apalagi bagi seorang istri.

Karena surga dan neraka istri ada pada ridho suaminya.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar