Selasa, 31 Agustus 2021

KONSULTASI



OLeH: Team Kesehatan Perindu Surga

•┈•••◎❀★❀◎•••┈•
❀ KoNSuLTaSi ❀
•┈•••◎❀★❀◎•••┈•

0️⃣1️⃣ Ayu ~ Cianjur
@drg. Selly Priliana Dewi

Bismillah
Assalamu'alaikum,
 
Dok saya ibu menyusui balita 14 bulan,  punya keluhan gigi taring kanan gusinya agak turun sedikit, lumayan ngilu kalau berobat lagi musim pandemi agak rawan kalau sementara minum feminal, bolehnya sehari berapa kali dok? 
Jazakillah khayran.

💎Jawab:
Waalaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh.

Feminal maksimal sehari 3x setiap 8 jam. Jika sakit saja baru minum ya. Semoga cepat pulih dan bisa berobat.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Bunda Ika ~ Bandung
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dok, kira-kira apa penyebab betis kaki hingga paha atas sering terasa sakit? Terutama bila habis duduk dan tidur. Dan bagaimana juga cara mengobatinya? 
Syukron dokter. 

💎Jawab:
Bisa dari otot atau dari syaraf.
Kemungkinan karena faktor kelelahan seperti banyak berdiri dan lain-lain. 

Atau bisa juga kekurangan elektrolit atau mineral seperti kalium natrium atau vitamin dan lain-lain.

Bila sakit bisa minum obat penghilang sakit.
Boleh minum suplemen seperti neurobion, becom zet dan lain-lain, yang lengkap kandungan vitaminnya plus D3.

Olah raga ringan, dibiasakan jogging minimal 2x seminggu.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Ulfa ~Ciledug 
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Dok anak saya 9 bulan, tetapi pup nya kok keras ya dan tidak setiap hari, tetapi 2 hari sekali, sebelumnya pernah setiap hari tapi belakangan ini saya suka sekali makan pedas untuk menaikkan nafsu makan, apakah itu mempengaruhi ya dok?

💎Jawab:
Pup yang keras penyebabnya ada beberapa faktor:
~ Dehidrasi atau kurang cairan.
~ Kurang konsumsi serat.
~ Terlalu banyak mengkonsumsi susu.

Jadi, tidak berkaitan dengan makan pedas ya.

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Tia ~ Bandung
@dr. Barry Army Bakry,Sp.A

Assalamu'alaikum,
Dok, saya ibu hamil & ibu menyusui anak usia 6 bulan.
Anak saya sudah mulai mpasi tapi tidak mau makan nasi dok, cuma mau makan labu dan umbi rambat saja karbo nya dari ikan atau ayam di goreng.

Apakah akan mempengaruhi pertumbuhan & kenaikan BB nya ya dok? 
Soalnya digoreng pakai bumbu rempah dan garam juga.
Kalau tidak ada rasa, anaknya tidak mau makan dok. 

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Kalau baru 6 bulan, anak tidak mau makan bubur bukan karena tidak mau, tapi karena belum terbiasa serta karena:
~ Bentuknya tidak disaring.
~ Pemberian terlalu banyak.
~ Tekstur terlalu kental, dan lain-lain.

Coba diperbaiki dulu.

🔷Sudah dicoba lebih dari seminggu dok dari sehari bisa 6x nyoba sesuap dua suap tetap dilepehin  kadang dimuntahin. Dari di blender di saring tekstur encer atau padat dia tetap tidak mau makannya. Beda sama makan labu, umbi, ikan, langsung dimakan, MPASI anak usia segitu bisakah dikasih garam?

💎Pada usia 6 bulan.
Pemberian makan mengikuti kaidah
1) Hanya 2 x sehari.
2) Wajib disaring (jadi hasilnya bentuk seperti susu yang agak kental).
3) Banyaknya hanya 10 sendok makan bayi saja.

Dan memang belum tentu mau, oleh karena itu biasanya bertahap.

Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Yulia ~ Bekasi 
@Heradini Faizah, S.Psi

Assalamu'alaikum Bunda.

Anak saya umur 8 tahun sampai sekarang sulit berkonsentrasi saat membaca, baru satu kata pikirannya maunya main dan tidak fokus pada bacaannya bagaimana membantu fokus anak saya agar mau membaca?

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Harus di pahami terlebih dahulu bahwa daya tahan untuk fokus itu rumus nya  : umur x menit.

Misal anak umur 8 tahun maka fokus itu hanya berretang 8 menit. Setelah 8 menit, maka anak akan tidak konsentrasi lagi. Biarkan sampai 5 menit, kemudian ajak untuk fokus lagi.

Jadi sekarang coba dihitung dulu, berapa rentang fokus anak. Jika dia mampu konsentrasi kurang lebih 8 menit, maka wajar. Tapi kalau kurang banyak, atau bahkan hanya bisa fokus 2 menit, harus dicari dulu penyebabnya.

Bisa jadi anak menderita authis ringan. Atau bisa jadi anak menderita ADHD (attention deficit hyperactivity disorder). Yakni sejenis gangguan mental yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif, sehingga dapat berdampak pada prestasi anak di sekolah.

Siapa yang bisa menentukan? Tentunya psikolog. Namun kita sendiri bisa melakukan anamnesa awal dengan rumus seperti di atas.

🔷Terapi dirumah apa yang digunakan jika anak termasuk ADHD bunda?

💎Biasanya ketika terdeteksi menderita ADHD, maka anak akan dirujuk ke klinik tumbuh kembang. Di sana anak akan menerima terapi dari teraphis yang telah ditunjuk.  Lama terapi adalah 3x sepekan dengan durasi 1 jam. Dan di rumah ada juga di terapi sendiri oleh orang tuanya dengan tahapan yang sudah ditentukan oleh klinik tersebut.

Anak anak ADHD juga dianjurkan untuk melakukan olah raga yang mengutamakan konsentrasi dan keragaman gerak. Misal berenang, berkuda dan memanah. Ketiga olah raga ini sangat baik untuk anak ADHD dan authis.

🔷Ow baik, Bu terimakasih penjelasannya.

0️⃣6️⃣ Annisa ~ Tangerang
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S

Assalamu'alaykum dok. 

Saya lagi masa pengobatan TB Tulang yang mau jalan 5 bulan. Sehabis vaksin kemarin tulang bagian dada kanan saya nyeri dok, buat bersin, batuk, menguap bahkan tarik nafas dalam itu nyeri, tidur miring kanan pun sakit. Sudah ke fasilitas kesehatan cuma di kasih paracetamol, vitamin, sama obat lambung padahal lambung saya lagi tidak sakit.
Sebenarnya kenapa ya dok itu?
Dan ada tambahan makanan atau vitamin tidak ya dok untuk penderita TB tulang, soalnya pas awal saya di diagnosa TB tulang, tulang dada saya sudah ada yang keropos.

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Obat lambung yang diberikan untuk meminimalkan efek obat penghilang nyeri, jadi untuk mencegah iritasi lambung akibat obat.

Untuk tulang yang sudah terkena TB agak sulit di recovery lagi mbak.
Yang harus dicegah TB nya tidak bertambah berat dan meluas yaitu dengan obat TB yang 5 bulan tadi. Biasanya diberikan minimal 6 bulan, bisa lebih.

Vitamin untuk TB kita anjurkan tinggi kalori dan tinggi protein. Jadi banyak makan daging ayam, ikan.

Wallahu a'lam

0️⃣7️⃣ Annisa ~ Tangerang
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Assalamu'alaykum dok,
Anak saya makannya sulit dok tidak bisa ditebak maunya apa. Lalu pup nya suka 3 hari sekali, kadang suka sakit juga. Boleh di kasih vitamin tidak ya dok? Kalau boleh vitamin apa ya dok? Sekarang ini usia anak saya 2 tahun 10 bulan dengan BB 12 kg. Kalau saya lihat di aplikasi primaku anak saya termasuk kurang gizi dok.

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Pada intinya  sama seperti penjelasan saya di pertanyaan no 4.

Untuk pemberian vitamin boleh saja, tapi tidak ada kaitannya dengan susah BAB
Pup yang keras penyebabnya ada beberapa faktor seperti
~ Dehidrasi atau kurang cairan.
~ Kurang konsumsi serat.
~ Terlalu banyak mengkonsumsi susu.

Silahkan diperbaiki hal hal di atas ya.

Wallahu a'lam

0️⃣8️⃣ Hanny_~ Hongkong 
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S

Assalamu'alaikum dokter.

Sudah beberapa bulan ini, tangan kanan terasa sakit sekali, apalagi pas di siku nya,
terus menjalar ke jari tengah, kadang jari tengah ini tidak bisa tegak setelah saya kepalkan.
butuh waktu untuk bisa di luruskan dan sering sekali terasa kaku.
Saya sudah cek darah tapi tidak ada penyakit, baik cholesterol, asam urat, jantung, hati dan organ lainnya saya bagus. Saya sudah sering ke dokter dan dokter memberikan obat untuk menghilangkan rasa nyeri, pasti sakit itu akan datang lagi.
Sebaiknya apa yang harus saya lakukan? Apakah harus terapi? 
Atas penjelasannya saya ucapkan banyak terima kasih.

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Kemungkinan dari syaraf. Karena sakitnya menjalar dari siku ke jari.
Sebaiknya konsul ke dokter syaraf dan biasanya dikonsul juga ke fisioterapi

Wallahu a'lam

0️⃣9️⃣ iiK ~ Bali
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Assalamu'alaikum dok, 

Anak saya usia 12 tahun beberapa hari lalu baru di vaksin covid. Adakah waktu yang ditetapkan berapa lama jarak antara vaksin dengan dilakukan PCR?

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Kenapa diperiksa PCR ya?
Pada intinya kalau seseorang sudah divaksin, PCR dan antigen tetap negatif kalau orangnya tidak sakit covid. Kalau sudah pernah sakit covid dan sudah sembuh, PCR tetap negatif.
PCR positif hanya pada orang yang sakit covid saja.

🔷Karena akan ke luar kota harus menggunakan pesawat dok.
Sementara anak saya baru 1x vaksin. Jadi harus PCR sebagai syarat terbang.

Baik dok.
Terimakasih penjelasannya dok.

1️⃣0️⃣ Annisa ~ Solo
@dr. Merta Arum Prastika

Assalamu'alaikum.

Dok, bagaimana ya agar Hb cepat naik selain dengan transfusi? Soalnya Hb saya setelah melahirkan anak ke 3, hanya 7-8 saja,, badan saya sering kram, nyeri di dada, nafas kadang susah, sama sering kaku kaku kaki tangannya.

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Berdasarkan dari kadar hemoglobin, anemia terdapat beberapa derajat keparahan anemia:

Ringan: 10 g/dL- batas normal terendah
Sedang: 8-10 g/dL
Berat: 6.5-7.9 g/dL

Jika anemia sedang-berat tidak segera ditangani beberapa gejala bisa terjadi.

Terapi yang dianjurkan untuk Hb <9 adalah transfusi. Jika hanya dengan tablet tambah darah dan makan makanan tinggi zat besi, butuh waktu lama untuk naiknya.

Wallahu a'lam

1️⃣1️⃣ Ayu ~ Cianjur
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Dok, bayi dengan bilirubin 1.7 kg kapan boleh vaksin Hb 0?
Nunggu 2 kg atau kalau sudah sebulan saja?

💎Jawab:
Ini biar dokter nya saja yang memutuskan ya, ada banyak pertimbangan dan sangat tergantung klinis anak, usia koreksi serta berat badan anak.

Wallahu a'lam

1️⃣2️⃣ Mujahidah ~ Purbalingga 
@dr. Merta Arum Prastika

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Afwan dok, kalau pilek berkepanjangan semacam sinus begitu dok itu obatnya apa ya?

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Sinusitis adalah kondisi dimana rongga sinus sedang radang atau infeksi, pengobatannya tergantung keluhan dan tingkat keparahan, bisa dengan anti nyeri, anti radang, dekongestan bahkan antibiotik.
Sebaiknya periksakan ke dokter terdekat untuk mendapatkan terapi yang sesuai..

Sedangkan rhinitis biasanya kondisi alergi berulang dengan keluhan pilek dan atau bersin bersin, pengobatannya bisa dengan antihistamin.

Wallahu a'lam

1️⃣3️⃣ Fadlilah ~ Solo
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A 

Assalamu'alaikum dok, 

Anak saya tiga hari yang lalu demam dan diare. Feses dari hijau berlendir kalau sekarang sudah feses normal kuning. Saya kasih paracetamol, lactobe dan zink.

Dosisnya saya tanyakan ke apoteker dan saya beritahu berat badan anak saya. Cuma saya lupa untuk zink setiap hari diminum berapa kali sehari ya dok? 

Lactobe nya saya hentikan waktu minum zink. Sebaiknya lactobe nya tetap saya lanjutkan tidak ya dok? Atau obat apa saja yang harus saya berikan ke anak? Minum makan sekarang sudah mau banyak.

Hari ini alhamdulillah sudah tidak diare, sudah ceria. Cuma masih recovery. Demam sudah turun. Sepertinya kebanyakan minum yogurt dan kecapekan.

Mau ke RS atau ke klinik dekat rumah, tapi agak khawatir. RS rujukan covid. Kliniknya habis berhenti operasi, karena nakes isoman.
Terimakasih dok.

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Saya kira untuk pertanyaan mengenai dosis obat sebaiknya tidak ditanyakan via WA ya, karena terapi sangat bergantung dari banyak faktor dan klinis. 
Kalau memang sudah sembuh, saya kira obatnya bisa dihentikan saja ya, untuk zink bisa dilanjutkan sampai 10 hari.
Saat ini sudah ada kemudahan untuk berobat tapi tidak perlu datang ke RS, caranya dengan metode telemedicine, jadi kita bisa kontak RS terdekat dan minta bertemu doktet via telemedicine.
insya Allah segera sembuh.

Wallahu a'lam

1️⃣4️⃣ Hesti ~ Yogya
@dr. Valleria, Sp.OG

Bismillah
Dok, saya dalam hitungan setahun ini  mengalami 2 kali keguguran dan terakhir baru 4 hari kemarin keguguran di umur kehamilan 10 mgg.
Dokter di sini mengatakan janin tidak berkembang (BO) dan dilakukan tindakan kuret. Dokter juga mengatakan karena faktor usia saya (42 th) mempengaruhi sel telur dan adanya kelainan kromosom. 
Yang ingin saya tanyakan 
1. Bisakah sel telur  diperbaiki melalui nutrisi dari makanan ataupun dari obat?

2. Apakah kelainan kromosom bisa diketahui pada awal kehamilan?

3. Selama promil saya konsumsi folic (resep dari dokter) tetapi kenapa saya keguguran lagi... Apakah fungsi folic tidak ada kaitannya dengan kesuburan sel telur dok?

Terimakasih ibu dokter

💎Jawab:
1. Mungkin bisa tapi hasil tidak pasti, kualitas sel telur terkait dengan usia, sel telur seperti halnya organ tubuh yang lain, ikut mengalami proses penuaan (aging process).

2. Bisa tapi berisiko keguguran karena itu tidak disarankan jika tidak ada indikasi yang kuat. 

3. Penyebab keguguran banyak, konsumsi folic tidak mencegah keguguran. Folic itu kan salah satu zat gizi mikro yang dibutuhkan sehari-hari, seperti halnya kita membutuhkan vitamin A, B, C, calcium, zinc dan lain-lain. Sehingga, dalam hal ini tidak ada kekhususan folic atau asam folat. Mau hamil atau tidak, zat tersebut diperlukan setiap hari dengan sumber utama adalah dari sayur dan buah.

Wallahu a'lam

1️⃣5️⃣ Serra ~ Malang
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Assalamualaikum dokter,

1. Jika di umur 2 tahun belum juga giginya full apakah boleh di ajarkan makanan yang sedikit keras? 

2. Bagaimana membedakan anak tantrum di saat umur 3 th dengan anak yang rewel?

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

1. Agak aneh ya kalau usia segitu belum punya gigi, coba diperiksakan langsung ke dokter gigi ya. Untuk jenis makanan silahkan diberikan dengan tekstur nasi tim atau sejenisnya terlebih dahulu.

2. Saya kurang jelas dengan pertanyaannya ya. Maaf.

Wallahu a'lam

1️⃣6️⃣ Ummu Badi ~ Solo
@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes
@dr. Valleria, Sp.OG

Bismillaah

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Bunda bu dokter atau bu bidan, sabtu lalu saya periksa kehamilan ke Sp.OG, di situ usia janin di USG terpaut kurang lebih 2 minggu dengan perhitungan. Dan dianggap masih wajar lalu diminta menunggu 1 bulan untuk mengecek kembali.
Berselang 3 hari dari periksa saya ada flek, lalu hari ke-2 flek saya periksa kembali.
Saya diberi penguat kandungan dan penghenti pendarahan. Dan harus bedrest. Dan diminta kembali setelah 2 pekan untuk melihat perkembangan janin.
Namun ini hari ke-5 saya masih flek juga.
Apakah saya harus segera periksa kembali atau menunggu hingga 2 pekan yang telah ditentukan dok atau bubid?

Oh iya lupa usia kehamilan saya sekarang 7 pekan sesuai kalender atau 5 pekan sesuai hasil USG. 
Mohon pencerahannya.
Jazaakunnallaah khairan.

💎Jawab:
@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Jika hanya flex saja atau spotting, maka  pastikan:

1) Tetap bedrest total atau istirahat total di tempat tidur.
2) Minum teratur obat penguat kandungan, obat penghenti perdarahan, dan vitamin yang diberikan dokter nya.
3) Konsumsi makanan bergizi.
4) Jauhi pikiran negatif sambil berdoa mohon di sehatkan dan dikuatkan kandungannya. Aamiin

Jika pengeluaran darahnya semakin banyak, segera diperiksakan ke dokter kandungan.

Wallahu a'lam

@dr Valeria Sp.OG

💎Tunggu saja, kecuali jika perdarahan tambah banyak atau ada nyeri perut.

Wallahu a'lam

1️⃣7️⃣ Aisya ~ Cikmpek 
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S

Assalamu'alikum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillah....

Dokter, kalau punya riwayat darah tinggi tapi sudah mau 2 tahun tidak pernah periksa dan tidak pernah minum obat untuk darah tinggi catropil ataupun amplodipine.
Apakah tidak akan kenapa-kenapa ya dok?

Sekarang paling kalau terasa hypertensi naik saya minum paracetamol, atau memakan bawang putih sama timun.

Terima kasih dokter mohon pencerahannya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Saran saya minimal sebulan sekali cek tensi.
Kalau terkontrol tidak apa-apa tanpa obat.

Wallahu a'lam

1️⃣8️⃣ Novie Ummu Qisya ~ Jakarta
@dr. Valeria, Sp.OG

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuu

Bunda Dokter, sebelum menikah saya memiliki kista dan dokter sudah memvonis sulit memiliki keturunan serta indung telur kanan harus diangkat. Namun, saya tidak mau operasi lagi. Lalu, diberi saran untuk menikah. Alhamdulillah setelah menikah, saya langsung hamil atas Kuasa Alloh ﷻ. Tapi, saya tidak bisa melahirkan dengan normal, tidak ada jalan lahir. Setelah dilakukan caesar dan sekaligus pengangkatan kista, info dokter nya ada myom 3 mm. Namun hanya di ucap tidak ada surat secara tertulis yang menerangkan saya ada myom setelah pengangkatan kista disaat melahirkan.

1.5 tahun berikutnya, saya telat haid berasa seperti merasakan hamil lagi. Namun akhirnya terjadi haid kembali terus berulang selama 6 bulan bisa 3x. Di bulan ke-3 terjadi pendarahan kurang lebih 1 bulan penuh, dengan dirasakan sakit yang luar biasa. Sudah ke dokter periksa dengan USG info bersih tidak ada kista atau myom lagi, dan saya pun sudah cek dengan test pack selalu hasil - (negatif) tetapi dokter tidak bisa menjawab penyebab saya pendarahan. Karena hasil testpack nya saat itu sudah saya buang.

Kini yang saya rasakan, dimulai dari bulan april pernah tidak haid selama 2 bulan, lalu bulan Juni, Juli haid dan sekarang saya belum haid. Bila saya hitung, 2 bulan sekali haid. Saya sejak gadis tidak pernah telat haid hingga 2 pekan atau 2 bulan lebih lamanya. Lebih sering haid selalu maju 10 hari, setiap bulannya sejak gadis.

Saya belum lakukan USG lagi, terkait saat ini masih pandemi dan lebih fokus ke pasien covid dan saya juga trauma dengan dokter disini khusus ya dokter Cina. Karena saya tinggal di mayoritas lingkungan cina. Mohon maaf bila ada salah ucap.

Pertanyaannya:
1. Apakah itu termasuk siklus hormon sehingga haid nya 2 bulan sekali?

2. Kenapa setiap saya lakukan tespack hasil negatif, tapi tahu-tahu ketika sudah 2 bulan pendarahan hebat disertai gumpalan daging yang keluar cukup lumayan besar?

3. Apakah itu semua masih berhubungan dengan kista atau myom saya?

Mohon pencerahannya.
Jazaakunnallah Khairan 

💎Jawab:
Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

1. Siklus hormon? 
Siklus haid yang memanjang disebabkan karena butuh waktu lebih panjang untuk mematangkan sel telur. Saya tidak paham apa yang bu Novie maksud dengan siklus hormon. Mohon maaf ya. 

2. Test pack negatif berarti tidak ada kehamilan. Darah haid yang keluar bergumpal, menandakan adanya gangguan keseimbangan hormon, bukan karena hamil lalu keguguran. Terlambat haid tidak selalu karena hamil. 

3. Bisa iya, bisa juga tidak. Harus diperiksa dulu dengan teliti.

Wallahu a'lam

•┈•◎❀★❀◎•┈•
❀ PeNuTuP ❀
•┈•◎❀★❀◎•┈•

Mari kita tutup dengan beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...

Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...

Dan Do'a Khafaratul Majelis...

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
 لا إله إلا أنت
 ونستغفرك و نتوب اليك.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta wa nastaghfiruka wa atuubu ilaik...

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, kami memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
^^^_^^^
@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes
@Bidan Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
@dr. Merta Arum Prastika
@Heradini Faizah, S.Psi
➖➖➖
•┈•◎❀★❀◎•┈•

Tidak ada komentar:

Posting Komentar