Rabu, 30 Desember 2020

PATAH TULANG


OLeH : Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I.

 💎M a T e R i💎

🌷PATAH TULANG

Dalam hal tulang ada pada Nabi Adam Alaihi Salam, maka tulang rusuk ya pada hawa.

Patah tulang itu apa ya? 

Yuk kita mulai mengkaji ya... 

Patah tulang atau fraktura adalah kondisi terputusnya keutuhan susunan tulang pada tubuh manusia. Patah tulang bisa terjadi di area ujung tulang atau tulang rawan pada bagian persendian.

🔹Gejala Patah Tulang Dapat Ditandai Sebagai Berikut:

✓ Pembengkakan. Kecuali patah tulang terjadi jauh di dalam, seperti pada tulang leher atau tulang paha.

✓ Perubahan bentuk tulang. Dapat terjadi pembentukan sudut tulang yang baru, tulang mengalami rotasi, atau pemendekan tulang.

✓ Rasa nyeri yang hebat pada daerah patah tulang.

Tangan patah atau patah tulang tangan dapat disebabkan oleh cedera di bagian tangan. Ketika tangan mengalami patah tulang, penderitanya akan merasakan nyeri hebat di tangan dan bentuk tangan akan terlihat tidak normal.

Tangan terdiri atas tulang jari, tulang telapak tangan (metakarpal), dan tulang pergelangan tangan (karpal). Sebagian besar patah tulang tangan terjadi di bagian metakarpal, terutama tulang telapak yang menopang jari kelingking.

Patah kaki dan tungkai adalah kondisi di mana tulang pada kaki dan tungkai mengalami patah atau retak. Patah kaki dan tungkai paling sering disebabkan oleh cedera saat berolahraga atau kecelakaan berkendara. Gejalanya dapat berupa memar, nyeri, dan bengkak. Gejala tersebut mirip dengan gejala terkilir, tetapi lebih parah.

Tungkai dan kaki terdiri dari 26 tulang yang terbentang dari pangkal paha hingga ujung jari kaki. Penanganannya akan berbeda, tergantung lokasi dan tipe patah tulangnya.

Kalimat wanita diciptakan dari tulang rusuk pria berawal dari hadits shahih yang diceritakan Abu Huraira. Hadits tersebut memerintahkan muslim untuk selalu berlaku baik pada wanita.

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَإِذَا شَهِدَ أَمْرًا فَلْيَتَكَلَّمْ بِخَيْرٍ أَوْ لِيَسْكُتْ وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَىْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ إِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

"Kepada yang percaya Allah ﷻ  dan hari akhir, jika kamu menyaksikan sesuatu maka bicarakan yang baik tentang hal tersebut atau diam. Bersikap baiklah pada wanita, karena dia diciptakan dari tulang rusuk. Bagian tulang rusuk yang paling bengkok ada di atas. Jika kamu berusaha meluruskannya maka dia akan patah, dan bila dibiarkan maka bengkok tetap disana. Sehingga bersikap baiklah pada wanita." (HR. Muslim).

Ibnu Sina sungguh sungguh luar biasa. Dokter Muslim legendaris sepanjang zaman itu terbukti menguasai berbagai macam pengobatan. Berbagai jenis pengobatan telah ditulisnya dalam 43 kitab kedokteran, salah satunya yang paling monumental adalah Qanun fi-l-Tibb atau Canon of Medicine.

Ibnu Sina menulis tentang pengobatan patah tulang dalam dua risalah yang termuat dalam buku keempat al-Qanun. Risalah pertama berjudul, "patah tulang secara keseluruhan" dan yang kedua bertajuk "patah tulang pada setiap bagian tulang secara terpisah." Menurut Kaadan, "pada risalah pertama, Ibnu Sina mengupas penyebab patah tulang, jenis-jenisnya, bentuk-bentuk patah tulang, metode perawatan, dan komplikasi."

''Patah atau Fracture adalah hilangnya sambungan pada tulang,'' begitu Ibnu Sina mendefinisikan patah tulang dalam al-Qanun fi-l-Tibb. Dalam risalah pertamanya, sang dokter legendaris itu kemudian menetapkan jenis-jenis patah tulang, seperti patah melintang, memanjang, atau campuran keduanya.

"Patah tulang reaksi tidak adanya ibadah di dalamnya, bila sempurna ibadahnya akan terjaga ke seimbangan yang ada pada tulangnya."

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷

        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ iiN ~ Boyolali

Assalamu'alaikum, 

Ustadz, di point terakhir, Ustadz menulis, "Patah tulang reaksi tidak adanya ibadah di dalamnya," bagian ini mohon penjelasannya. 

Apa kaitannya patah tulang dengan ibadah?

🌷Jawab: 

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Pada saat shalat bila tidak sempurna gerakannya, maka tulangnya terasa nyeri dan bergeser tulangnya tidak stabil.

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷

 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Patah tulang akan terasa sakit bila tidak sempurna ibadahnya. Maka sempurnakan ibadah tulang akan stabil, hati pun menjadi tenang dan bahagia.

Wallahu a'lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar