Selasa, 29 Desember 2020

SESAK NAFAS



OLeH  : Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I.  

 ๐Ÿ’ŽM a T e R i๐Ÿ’Ž

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุง๏ทฒِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…

Sesak nafas sendiri adalah kondisi ketika Anda kesulitan dalam bernafas atau tidak cukup mendapat asupan udara.

Seseorang mengalami sesak nafas bisa karena faktor obesitas, berolahraga terlalu berat, berada di tempat dengan suhu ekstrem, atau berada di daerah dengan ketinggian tertentu. Namun jika sesak nafas disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka kondisi yang bisa menyebabkannya adalah:

▪️Pilek. 

▪️Alergi. 

▪️Infeksi pada saluran pernafasan dan paru-paru. 

MANUSIA membutuhkan oksigen untuk bernafas dan bertahan hidup. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa. Keberadaan oksigen ternyata sudah dijelaskan dalam Al Qur'an ribuan tahun lalu.

★ Terapi Qur'an Untuk Sesak Nafas

1) Minta maaf kepada orang yang kita marah atau salah dan atau maafkan orang yang menyakiti.

Doakan kebaikan untuknya.

ูˆَุณَุงุฑِุนُูˆْุۤง ุงِู„ٰู‰ ู…َุบْูِุฑَุฉٍ ู…ِّู†ْ ุฑَّุจِّูƒُู…ْ ูˆَุฌَู†َّุฉٍ ุนَุฑْุถُู‡َุง ุงู„ุณَّู…ٰูˆٰุชُ  ูˆَุงู„ْุงَุฑْุถُ ۙ  ุงُุนِุฏَّุชْ ู„ِู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠْู†َ

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,"

ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ูŠُู†ْูِู‚ُูˆْู†َ ูِู‰ ุงู„ุณَّุฑَّุงุٓกِ ูˆَุงู„ุถَّุฑَّุงุٓกِ ูˆَุงู„ْูƒٰุธِู…ِูŠْู†َ ุงู„ْุบَูŠْุธَ ูˆَุงู„ْุนَุงูِูŠْู†َ ุนَู†ِ ุงู„ู†َّุงุณِ ۗ  ูˆَุงู„ู„ّٰู‡ُ ูŠُุญِุจُّ ุงู„ْู…ُุญْุณِู†ِูŠْู†َ

"(yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Alloh ๏ทป mencintai orang yang berbuat kebaikan."

ูˆَุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงِุฐَุง ูَุนَู„ُูˆْุง ูَุงุญِุดَุฉً ุงَูˆْ ุธَู„َู…ُูˆْุۤง ุงَู†ْูُุณَู‡ُู…ْ ุฐَูƒَุฑُูˆุง ุงู„ู„ّٰู‡َ ูَุงุณْุชَุบْูَุฑُูˆْุง ู„ِุฐُู†ُูˆْุจِู‡ِู…ْ ۗ  ูˆَู…َู†ْ ูŠَّุบْูِุฑُ ุงู„ุฐُّู†ُูˆْุจَ ุงِู„َّุง ุงู„ู„ّٰู‡ُ ۖ   ۗ  ูˆَู„َู…ْ ูŠُุตِุฑُّูˆْุง ุนَู„ٰู‰ ู…َุง ูَุนَู„ُูˆْุง ูˆَู‡ُู…ْ ูŠَุนْู„َู…ُูˆْู†َ

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Alloh ๏ทป, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Alloh ๏ทป? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui."

(QS. Al-Imron: 133-135)

2) Baca Al-Fatihah, ulang-ulangi saat "ihdinash shiroothol mustaqiim."

3) Baca Al-An'am (6): 125

ูَู…َู†ْ ูŠُุฑِุฏِ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَู†ْ ูŠَู‡ْุฏِูŠَู‡ُ ูŠَุดْุฑَุญْ ุตَุฏْุฑَู‡ُ ู„ِู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ۖ ูˆَู…َู†ْ ูŠُุฑِุฏْ ุฃَู†ْ ูŠُุถِู„َّู‡ُ ูŠَุฌْุนَู„ْ ุตَุฏْุฑَู‡ُ ุถَูŠِّู‚ًุง ุญَุฑَุฌًุง ูƒَุฃَู†َّู…َุง ูŠَุตَّุนَّุฏُ ูِูŠ ุงู„ุณَّู…َุงุกِ ۚ ูƒَุฐَٰู„ِูƒَ ูŠَุฌْุนَู„ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„ุฑِّุฌْุณَ ุนَู„َู‰ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู„َุง ูŠُุคْู…ِู†ُูˆู†َ

"Barangsiapa yang Alloh ๏ทป menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Alloh ๏ทป kesesatannya, niscaya Alloh ๏ทป menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Alloh ๏ทป menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman."

4) Baca QS. An-Nahl (16): Ayat 127

ูˆَุงุตْุจِุฑْ ูˆَู…َุง ุตَุจْุฑُูƒَ ุงِู„َّุง ุจِุงู„ู„ّٰู‡ِ  ูˆَู„َุง ุชَุญْุฒَู†ْ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ูˆَู„َุง ุชَูƒُ ูِูŠْ ุถَูŠْู‚ٍ ู…ِّู…َّุง ูŠَู…ْูƒُุฑُูˆْู†َ

"Dan bersabarlah (Muhammad) dan kesabaranmu itu semata-mata dengan pertolongan Alloh ๏ทป dan janganlah engkau bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan jangan (pula) bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka rencanakan."

5) Baca QS. An-Naml (27): Ayat 70

ูˆَู„َุง ุชَุญْุฒَู†ْ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ูˆَู„َุง ุชَูƒُู†ْ ูِูŠْ ุถَูŠْู‚ٍ ู…ِّู…َّุง ูŠَู…ْูƒُุฑُูˆْู†َ

"Dan janganlah engkau bersedih hati terhadap mereka, dan janganlah (dadamu) merasa sempit terhadap upaya tipu daya mereka."

Baca Doa Syifa' (Doa Memohon Kesembuhan) 

ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฑَุจَّ ุงู„ู†َّุงุณِ ุฃَุฐْู‡ِุจِ ุงู„ْุจَุฃْุณَ ูˆَุงุดْูِู‡ ูˆุฃَู†ْุชَ ุงู„ุดَّุงูِูŠ ู„ุงَ ุดِูَุขุกَ ุฅِู„ุงَّ ุดِูَุงุคُูƒَ ุดِูَุงุกً ู„ุงَ ูŠُุบَุงุฏِุฑُ ุณَู‚َู…ًุง

“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Wallahu a'lam

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท

        ๐Ÿ’ŽTaNYa JaWaB๐Ÿ’Ž

0️⃣1️⃣ Na ~ Semarang

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุฉ

Ustadz, adakah cara herbal atau cara berdasarkan dunia medis untuk sesak napas sebagai langkah ikhtiar?

๐Ÿ’ŽJawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Mengkonsumsi air daun sirih dan air zam-zam.

Cara medis dengan mengawali segala sesuatu ya dengan membaca surah Al Fatihah, bersihkan jiwa dengan dzikir. 

๐ŸŒธ Adakah ketentuan berapa lembar dan takaran air, Ustadz?

๐Ÿ’ŽDaun sirih sebanyak 5 lembar dalam keadaan hangat dan air zam-zam satu gelas. 

๐ŸŒธTerima kasih, Tadz.

๐Ÿ’ŽSama-sama, semoga bermanfaat. 

0️⃣2️⃣ Annisa ~ Tangerang

Assalamu'aikum, Ustadz.

Saya kalau cuaca dingin, cium asap rokok atau wangi-wangian yang menyengat dan kecapekan pasti engos-engosan, dada seperti tertekan, nafas cepat, batuk tapi seperti gatal tapi tidak ngekrek. Apa itu disebut ciri-ciri asma?

Soalnya sebelumnya Saya suka sesek nafas dan sekarang seperti sudah parah begitu sampai cuaca dingin saja seperti begitu, Ustadz. Dan apa benar itu asma itu penyakit turunan?

Oh ya kalau Saya lagi nada tinggi atau stres juga begitu, Ustadz.

๐Ÿ’ŽJawab:

Waalaikummussalam warahmatullah wabarakatuh

Asma bukan penyakit keturunan, ini hanya alamiah berada pada pola makan dan minum ya. Maka rutinkan olahraga serta rutin membaca surah Ar Rahman setiap ba'da subuh dengan ikhlas dan yakin, yang menyembuhkan hanya Allah Subhanahu wata'ala. 

๐ŸŒธBerarti itu ciri-ciri asma ya, Ustadz?

๐Ÿ’ŽCiri asma bercakap tidak sesuai pada faktanya maka beristighfar, ataupun pola makan dan istirahat yang tidak teratur.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Annisa ~ Tangerang

Ustadz, kalau tiba-tiba menggigil terus selimutan lalu beberapa jam jadi panas tinggi terus minum Paracetamol sembuh dan itu kambuh-kambuhan kenapa ya, Ustadz?

๐Ÿ’ŽJawab:

Ini hanya buat pereda dan penenang saja. 

Menggigil terjadi ketika otot mengalami kontraksi secara berulang untuk meningkatkan suhu tubuh. Hal ini biasanya terjadi suhu udara di sekitar yang terlalu dingin.

Meski demikian, menggigil hanya mampu menghangatkan tubuh sebentar saja. Setelah beberapa jam, otot-otot tubuh akan kelelahan untuk berkontraksi karena kehabisan gula darah sebagai sumber energinya. 

Kunci agar tidak mendapatkan sesak nafas...

Agar selalu berkata yang baik dan berfaedah sebagaimana Rasulullah shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda: 

''Barangsiapa yang beriman kepada Alloh ๏ทป dan hari akhirat, hendaklah ia berkata perkataan yang benar atau (lebih baik) diam.''

(HR. Bukhari dan Muslim)

Wallahu a'lam

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท

 ๐Ÿ’ŽCLoSSiNG STaTeMeNT๐Ÿ’Ž

Sesak nafas akan dapat pulih nafas ya senantiasa berdzikir dan berkata yang Haq dan meninggalkan hal-hal yang batil. 

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar