Senin, 19 November 2018

MENGIKUTI LANGKAH-LANGKAH PEMBURU SURGA



OLeH: Ustadz Syahrawi Munthe

           💎M a T e R i💎

Assalamu'alaykum warohmatullah wabaarokatuh.

Segala puji bagi Allah atas segala karuniaNya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan alam  Rasulullah saw.

InsyaAllah tema materi kajian kita sore ini adalah, "  Mengikuti Langkah-langkah Pemburu Surga"

Para pemburu surga itu luar biasa. Hidupnya seperti bukan manusia 'biasa'. Wajahnya bersih, senyumnya tulus dan tidak memalingkan pandangan,  langkahnya tegap, ramah, gesit, dan  dermawan. Tidak tampak kesombongan padanya. Justru ia sangat rendah hati, tidak pernah meremehkan orang lain apalagi menolak kebenaran.

Jangan tanya porsi ibadahnya. Qiyamullail, puasa sunnah, sedekah dan silaturahim, tilawah, sholat sunnah, bersegera menuju masjid adalah ibadah-ibadah yang melekat di kesehariannya. Kewajiban lain pun tidak luput darinya. Zakat selalu dikeluarkan dari hartanya, selalu memenuhi undangan dan menjenguk saudaranya yang terkena musibah.

Indahnya kehidupan pemburu surga. Dunia baginya ibarat penjara, sedang surga adalah kampung akhirat tujuannya.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ »

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim)

Allah sebut mereka orang-orang beriman dan beramal shalih.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (QS. 2 : 277)

Pemburu surga tidak pernah merasa bersedih hati. Allah telah menenangkan hatinya dari kegusaran terhadap dunia. Baginya sholat rakaat sebelum fajar, itu bahkan lebih baik dari dunia dan isinya. Seluruh tubuhnya terbiasa bersedekah dengan sholat dhuhanya. Sungguh luar biasa.

Para pemburu surga bergembira dengan janji Allah padanya di akhirat nanti. Keletihan dalam ibadah, pengorbanan di dunia, keperihan dalam perjuangan menegakkan agama Allah akan dibalas dengan kenikmatan surga yang tiada bandingnya.

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَنُدْخِلُهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۖ وَعْدَ اللَّهِ حَقًّا ۚ وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللَّهِ قِيلًا

"Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah?" (QS. 4 : 122)

Sedang tangisan mereka bukan karena dunia, tapi karena ketakutan pada Allah. Tetesan air mata dan wajah tersungkur di hadapan Allah karena mengakui kelemahan dan kebodohannya serta dosa-dosa. Tangisan mereka adalah tangisan akhirat, tangisan penyesalan atas kelalaian dan taubat. Tangisan karena ketakutan yang amat sangat atas azab dan siksa Allah kelak.

وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا ۩

"Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu'." ( QS. 17 : 109)

Para permburu surga, derap langkahnya adalah langkah-langkah menuju Allah. Mereka sadar bahwa setiap langkahnya adalah perjalanan menuju sang pemilik jiwa.  Perjalanan yang sangat panjang untuk bertemu dengan kekasih hatinya, yang dinanti-nanti pertemuan ketika di dunia, yaitu pertemuan dengan Allah.

يَا أَيُّهَا الْإِنْسَانُ إِنَّكَ كَادِحٌ إِلَىٰ رَبِّكَ كَدْحًا فَمُلَاقِيهِ

"Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya." (QS. 84 : 6)

Duhai indahnya kehidupan kalian para pemburu surga. Cemburu di dada bergelayutan kepada kalian. Ingin sekali melakukan apa yang kalian lakukan, meniru keshalihan kalian, orang-orang terpilih yang Allah jaga imannya dan  islamnya. Ajak kami dalam dunia kalian agar kita bersama-sama  melangkahkan kaki memasuki pintu surga nanti. Semoga persaudaraan di dunia Allah kuatkan sampai di surga kelak. Bahwa kita bertemu di dunia karena Allah dan bertemu di surga juga karena Allah. Duh...indahnya.
Semoga Ya Allah......ingin seperti mereka, iya mereka para pemburu surga..

Wallahu'alam

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Bund Sasi
Assalamualaikum.

Ustadz, afwan, saya masih bingung dengan hal ini karena fakir ilmu.
a. Jika wanita menunaikan sholat qobliyah shubuh kapankah? Sebelum adzan atau sesudah adzan?

b. Lalu kalau laki-laki berjamaah di mesjid. Kapankah melaksanakan qobliyah, di rumah sebelum berangkat jamaah atau setelah di mesjid?

c. Jika shubuhnya telat setengah sampai 1 jam dari adzan subuh, apakah tetap boleh melaksanakan qobliyah shubuh?

Syukron

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam wr.wb.

A. Sholat sunnah qobliyah subuh, sebelum sholat subuh, sesudah adzan.

B. Buat laki-laki sholat qobliyah, bisa di rumah, bisa juga di masjid.

C. Sebaiknya langsung sholat subuh saja, kecuali itu sudah jadi kebiasaan, tak pernah ditinggalkan.

🌴Walaupun telat subuhnya tapi tetap qobliyah, boleh kan?

🌷iya boleh.

0⃣2⃣ Bunda Atin
Bagaimana dengan orang yang sangat rajin qiyamul lail, puasa sunnah, shodaqah tapi lisannya belum terjaga? Apakah ibadahnya sia-sia?

🌷Jawab:
Akhlak adalah hasil dari ibadah.
Jika akhlaknya masih buruk, termasuk lisan, maka mungkin ibadahnya belum benar. Perlu diperbaiki.
Jika ibadahnya benar, ia akan menjaga lisannya.

🌴 Belum benarnya di hal apa ya Ustadz kira-kira?

🌷Niatnya mungkin belum ikhlas, atau ada terselip riya', atau rukunnya belum sempurna. Atau juga tidak memahami makna ibadah-ibadah tersebut.

0⃣3⃣ iDha
Apakah ada tips agar bisa istiqomah dalam beribadah?

🌷Jawab:
Tipsnya, yang paling utama adalah memahami makna ibadah tersebut. Misal baca qur'an, tidak hanya sekadar membaca, tetapi memaknai dan mentadabburi apa-apa yang tersirat di balik bacaan tersebut. Kemudian mencari tahu fadhilah-fadilah dalam ibadah tersebut, agar semangat menjalankannya.
Lalu, bergaul dengan orang-orang yang seirama atau lebih baik darinya dalam hal ibadah. Karena lingkungan akan memengaruhi motivasi.
Wallahu'alam

0⃣4⃣ Bund Sasi
Jika kita beribadah atau beramal kemudian terselip ujub atau riya' di hati kemudian kita langsung teringat dan buru-buru istighfar. Apakah ujub atau riya' itu sudah gugur hukumnya?

🌷Jawab:
iya semoga, makanya sepanjang melaksanakan ibadah dari awal sampai akhir harus menjaga niatnya, dibersihkan dan diluruskan  agar tidak muncul sedikitpun penyakit riya/.
Wallahu'alam

0⃣5⃣ iDha
Bagaimana sikap saya di dalam group WA yang kerjaannya bercanda buang waktu?

🌷Jawab:
Bercanda boleh, tidak apa, asal jangan berlebihan dan jangan lupa berhenti senyum atau tertawa. Kalau-kalau keterusan malam gimana kan.

0⃣6⃣ Phity
Kalau kita mau menngajak suami atau orang untuk jama'ah tapi malah mengulur waktu sholat. Nah lebih baik pilih sholat sendiri di awal waktu atau tetap menunggu jama'ah?
Terima kasih.

🌷Jawab:
Sholat tidak boleh diakhirkan, sebaiknya diawalkan. Kecuali ada kegiatan bersama, lalu sepakat mengundurkan sholat, dan selanjutnya sholat berjama'ah.
Wallahu'alam

0⃣7⃣ iDha
Boleh tidak kalau sholat subuh sendiri walau suami ada di rumah. Maunya sih suami subuh dimasjid?

🌷Jawab:
Usir' aja suami dari rumah. Suruh ke masjid. Kalau perempuan, boleh sholat sendiri atau jamaah jika ada temannya.

Wallahu'alam

0⃣8⃣ Bund Sasi
Afwan ustadz...ada titipan pertanyaan. Oot ya ustadz.

Kalau wanita muslimah boleh tidak memakai pakaian berbahan dasar jeans?

🌷Jawab:
Boleh, asal menutup aurat

0⃣9⃣ iDha
Kalau dalam sholat boleh tidak sendawa?

🌷Jawab:
Menurut jumhur ulama, sendawa yang mengeluarkan bunyi 'huruf' dan  bisa ditahan, membatalkan sholat, sedang sendawa yang keluar dan tidak bisa ditahan, tidak membatalkan sholat.

Wallahu'alam

🌴Maksudnya mengeluarkah huruf?

🌷Misal sendawa berbunyi, "aaargh"

1⃣0⃣ Berlian & bu Cika
Afwan ustadz. Saya punya asam lambung lumayan parah. Kalau telat makan biasanya suka sendawa apalagi di waktu-waktu sholat. Bagaimana ini ya?

🌷Jawab:
Kalau itu sumbernya dari sakit, kalau tidak bisa ditahan tidak membatalkan sholat.

1⃣1⃣ Ruri
Ustadz bagaimana cara menasehati yang baik apabila di sekitar kita terutama keluarga susah sekali diajak beribadah?

🌷Jawab:
Satu amal atau tingkah laku bisa mewakili jutaan kata. Jadi tetaplah jadi tauladan untuk keluarga, semoga akan dicontoh generasi keluarga saat ini atau masa yang akan datang.

🌴Kalau kita udah rajin sholat ngaji dan sebagainya, tapi kok tidak ada reaksi bagi yang lihat ustadz, mengapa masih tidak mau untuk ikut ibadah?

🌷Oh iya, dakwah itu tidak serta merta hasilnya, perlu waktu, metode, bahkan pengorbanan.  Jadi butuh kesabaran. Nabi Nuh mengajak ummatnya menyembah Allah 950 tahun, tapi yang mau hanya sekirar 20-an orang. Kita sebulan menjalaninya mungkin tidak sanggup. jadi bersabar saja, sambil doakan mereka.

1⃣2⃣ Farida
Assalamu'alaikum warrohmatullah wabarokatuh ustadz

Saya pernah baca artikel di internet (saya lupa website nya apa) kalau suami atau istri tidak shalat, maka jatuhlah talak terhadap suami istri tersebut. Apakah benar ustadz?

🌷Jawab:
Wa'alaykumussalm warohmatullah wabarokatuh.

Sholat itu hubungan vertikal dengan Allah, hablumminallah. Sedang pernikahan (munakahat) hubungan dengan manusia. Jadi tidak ada hubungin sholat dengan talak.

1⃣3⃣ Evi
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh.

Bagaimana sikap pemburu surga jika dihadapkan pada masalah keluarga yang pelik. Padahal porsi ibadahnya sudah poll menurut dia. tapi sampai saat ini belum juga dikaruniai anak padahal menikah sudah puluhan tahun keluarga suami selalu menekan supaya berusaha.

🌷Jawab:
Wa'alaykumussalam warrohmatullah wabarokatuh,

Anak termasuk urusan rezeki. Yang sebenarnya itu hak Allah melapangkan dan menyempitkan rezeki hambaNya. Jika belum dapat, tetap saja mengadu pada Allah, penuh harap agar rezeki itu Allah berikan. Jika pun hingga akhir hayat, tetap tidak diberikan, mungkin itu rahasia Allah agar kita tetap dekat dengannya walau tidak semua yang diharap dikabulkan. Sebab ada hadiah yang lebih besar dari itu, yaitu surga Allah.
Wallahu'alam

1⃣4⃣ Bund Adek
Assalamu'alaykum ustadz..

Maa Syaa Allah begitu kuatnya iman para pemburu surga sehingga kita cemburu kepada mereka. Bagaimana caranya untuk menguatkan iman seperti mereka ustadz? Sedang mendekati sifat seperti itupun masih jauh. Perbanyak amalanpun masih juga belum bisa seperti mereka. Apa ini karena kita kurang ikhlas dalam beribadah tadz?
Afwan panjang uraiannya

🌷Jawab:
Wa'alaykumussalam warohmatullah wabarokatuh,

Iman itu memang sangat kuat di kala jiwa merindu Allah, merasa sangat dekat denganNya, tapi akan melemah jika jiwa 'lepas' dariNya. Banyak cara menguatkan iman, misalnya dekat dengan orang-orang shalih, menambah ilmu untuk mentadabburi ayat-ayat Nya, melaksanakan ibadah-ibadah rutin yang dicontohkan rasulullah, misal shaum, Qiyyamul Lail, dhuha, silaturahi. dan lain-lain. Tapi memang ibadah itu harus dilatih, agar tubuh terbiasa. Tidak bisa langsung totalitas tanpa batas. Misal baca qur'an sepanjang malam, tanpa tidur. Efeknya tidak baik. Yang dianjurkan adalah dawamnya ibadah, walau sedikit. Tapi istiqomah. Istiqomah inilah yang akan menjaga iman agar tetap dilevelnya.

Wallahu'alam

1⃣5⃣ Bund Yudith
Assalamualaikum ustadz.

Bagaimana menghadapi orang-orang yang selalu mencibir pada kita saat kita berkomitmen untuk istikomah di jalan allah.
Pandangan aneh bahkan mereka mengasingkan kita. terakhir bahkan mereka mengintimidasi anak-anak yatim yang harusnya mereka sayangi karena keturunan mereka juga.
Mohon pencerahannya ustadz, Jujur kalau saya bisa sabar tapi kalau sudah mulai menyinggung anak saya tidak akan mau diam diri. Mereka boleh sakit saya asal tidak pada anak-anak.

🌷Jawab:
Wa'alaykumussalam warohmatullah wabarokatuh,

Salah satu ciri generasi emas umat islam adalah orang-orang yang tidak takut dengan celaan orang-orang yang suka mencela.  Sebagaimana firman Allah :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui." (QS. 5 :54)

Jadi biarkan saja bu, minta pertolongan pada Allah, agar diberi kekuatan. Tetap semangat ya.

1⃣6⃣ Bund Lisa
Ustadz. Saya baru hijrah, ingin selalu istiqomah, Alhamdulillah di Malang banyak informasi dan kajian offline juga, mohon nasehatnya ustadz, agar saya tidak terjerumus dalam kesesatan ilmu?

🌷Jawab:
Baik bunda, insyaAllah kita saling mendoakan, agar Allah membimbing kita, menuntun langkah kita, agar perjalanan menuju kepadaNya tidak berbelok. Semoga kita tetap istiqomah di jalan Allah. amin

1⃣7⃣ Yanti
Ustadz apakah Perindu surga itu sudah terbebas dari angan-angan indahnya hidup di dunia? Misal sudah tidak lagi ada keinginan memiliki rumah yang lebih luas, mobil yang lebih bagus dan lain-lain?

🌷Jawab:
kalau kriteria itu, lebih kepada zuhud. Rumah yang luas, mobil yang bagus , istri-istri yang cantik, tidak ada salahnya. Cuma semua itu ditempatkan pada proporsinya.

Artinya hatinya tidak dikuasai oleh dunia, semua harta dunia yang ia miliki membuat ia semakin bersyukur kelapa Allah. Jiwanya bukan qarun, tapi berjiwa Usman. Jiwanya selalu  terpanggil untuk menolong sesama, karena itulah bekalnya ke surga kelak.
Wallahu'alam

1⃣8⃣ Trini
Mencoba melatih sholat rawatib tapi faktor luar tidak mendukung seperti lingkungan kantor untuk tempat sholat yang gaduh atau berisik sehingga tidak bisa khusyu, bagaimana menyikapinya? Apakah tetap melakukan sholat Rawatib waktu dhuhur walau lingkungan tidak mendukung, apakah berkaitan dengan jihad? Jazaakallah khairan Ustadz.

🌷Jawab:
Yup, semoga Allah menambah pahala dari kegigihan tetap menjalankan sholat, walaupun lingkungan sekitar tidak kondusif. Tetap berdoa bunda, semoga tetap dimudahkan.
Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar