Kamis, 22 November 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS KeSPRo WUS)



OLeH: Team Kesehatan Perindu Surga

Kamis, 22 November 2018
Moderator : Rizki Kirana
Notulensi   : Yudith Mardianti
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Serra
dr. Valleria,

Dok, misal wanita yang sudah nikah telat haid 6 Hari tapi perut kembung setiap Hari, baiknya di cek nunggu 2 minggu atau bagiamana? Terima kasih

🌷Jawab:
Segera dicek untuk kemungkinan hamil.

0⃣2⃣ Mala hasan
dr. Lilis,

Beberapa hari ini saat bangun malam hari saya merasakan sakit pada kedua tumit kanan dan kiri. Jadi kalau bangun perlu waktu beberapa saat agar dapat langsung bisa jalan.
Sebelum ini saya merasakan hanya pada tumit kiri saja dan itu hilang setelah saya berdiri agak lama, tapi beberapa hari ini malahan keduanya sakit dan rasa sakitnya agak lama. Kalau di bawa sholat tidak  begitu terasa sakitnya, tapi kalau di bawa jalan akan terasa sakit buat digerakkan.
Apa yang saya alami ini dok?

Terima kasih  dokter

🌷Jawab:
Usia saat ini berapa mbak?
Sudah pernah cek asam urat belum?
Bila sakitnya hanya di tumit sebaiknya di rontgen di kedua tumit. Biasanya ada pertumbuhan tulang di tulang tumit yang pas untuk menginjakkan kaki. Namanya osteofit. Bentuknya bila di rontgen seperti taji ayam. Biasanya hanya diberikan pereda sakit saja seperti melixicam.

0⃣3⃣ Astri Wonogiri

السلام عليكم ورحمه الله وبركاته

dr. Valleria,

1. Dok, untuk yang mengalami hidrosalping apakah satu satunya jalan untuk sembuh hanya dengan laporoscopi?
Mengingat biaya laporoscopi yang cukup mahal buat ukuran saya.

2. Adakah terapi lain yang bisa di lakukan?
Oh iya selain hidrosalping, tubapalopi kiri saya juga tersumbat dok.
Dari hasil hsg tidak ada cairan yang masuk.

3. Apa penyebab penyumbatan tubapalopi dan hidrosalping itu?
Apa operasi sebelumnya bisa jadi penyebabnya? (pernah baca artikel)
Saya operasi kista tahun 2008 lalu.
Terima kasih sebelumnya.

و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

🌷Jawab:
Wa’alaikumsalam.

1. Laparoskopi bukan untuk sembuh, tapi terutama untuk memastikan apakah betul hidrosalping, sampai sebatas mana dan apakah masih bisa dikoreksi atau tidak. Jika masih bisa dikoreksi, maka saat itu langsung dilakukan koreksi.

2. Tidak.

3. Infeksi atau radang atau endometriosis atau ada kelainan bawaan pada tuba. Bukan karena operasi. Bisa jadi sebelum operasi tahun 2008 itu memang sudah rusak saluran telurnya.

0⃣4⃣ Lela
dr. Barry,

Kalau bayi di bawah 1 tahun sering terkena kipas itu apa dampaknya dok?

🌷Jawab:
Kalau daya tahan tubuhnya baik sih tidak apa-apa.

0⃣5⃣ Kiki
dr. Barry,

1. Jika anak bayi 5 bulan jatuh dari ayunan ke lantai (jaraknya 1 lengan tingginya), tapi tidak ada muntah, hanya menangis sebentar. Apakah tidak apa-apa kalau hanya diurut saja ya dokter?

2. Bude urutnya memberikan selembar daun, disuruh diletakkan di bawah bantal si bayi,  agar tidak diganggu katanya,  itu termasuk syirik kan ya?  Afwan jikalau tidak sesuai tema.

🌷Jawab:
1. Pertanyaannya tidak jelas, bagi kita yang terpenting adalah bagaimana proses terjatuhnya, jadi bisa kita evaluasi bagian tubuh yang terkena serta apa dampaknya. Sebaiknya segera dibawa ke dokter terdekat untuk mendapat pertolongan.

2. Afwan, sebaiknya tidak perlu melakukan itu, takut syirik jadinya.

0⃣6⃣ Lela
dr. Valleria,

1. Bu kalau pasca secar tu sampai kapan pemakaian plester anti air?
2. Apa sampai lukanya benar-benar kering? Atau ketika sudah 42 hari?
3. Dan bolehkan membersihkan bekas jahitan dengan betadine?
4. Jika seorang wanita mempunyai badan yang cepat melar atau gemuk itu baiknya menggunakan kb jenis apa ya bu?

🌷Jawab:
1. Sekitar 5-7 hari saja.

2. Sudah dijawab di pertanyaan nomor 1.

3. Tidak.

4. KB non hormon.

0⃣7⃣ Yuliati
dr. Valleria,

Usia saya 42th, masih haid tiap bulan lancar hanya 6 bulan terakhir haidnya maju 5-6 hari, kalau haid sakitnya bukan main mulai dari pinggang bokong sampai ke paha dan haidnya keluarnya seperti jatingan-jantingan begitu dok, kecil-kecil juga kadang keluar darah beku. Sudah minum penghilang rasa nyeri hilang tapi timbul lagi hingga 3 hari, sakitnya di hari ke 3-4-5.
Pertanyaan saya:
1. Apakah itu normal?
2. Dan penyebabnya apa ya dok?

Terimakasih.

🌷Jawab:
1. Tidak normal.

2. Banyak, harus dicari dulu dengan pemeriksaan.

0⃣8⃣ Astri
dr. Barry,

1. Dok anak saya 7 bulan baru tumbuh gigi. Rewel sekali dok, saya kasih pereda nyeri tapikan itu menyatu sama penurun panas, memang dia jadi tidak terlalu rewel. Tapi badannya jadi pada dingin dok.
Terus sekarang bibirnya seperti pecah-pecah juga dok. Dikasih obat apa ya dok?

2. Untuk muka merah-merah pada bayi pakai apa ya dok? Beberapa hari yang lalu kami main keluar dan bayi saya kepanasan, pulangnya merah-merah begitu dok.

Syukron sebelumnya dok.

🌷Jawab:
1. Untuk bibir pecah-pecahnya mesti dilihat dulu, apa ada hubungannya atau tidak ya.

2. Terus terang tidak jelas maksud pertanyaannya, merah-merah pada wajah banyak kemungkinannya, paling sering iritasi karena kulit dalam keadaan lembab.

0⃣9⃣ Yeni
 dr. Barry,

1. Dok, anak saya usia 17 bulan, seringnya suka bentur-benturin kepala ke tembok,, itu kenapa ya dok?

2. Anak usia 17 bulan sudah bolehkah diajak berenang? Sebaiknya airnya yang dingin atau yang hangat?

 Terima kasih.

🌷Jawab:
1. Perlu dilihat dan diperiksa dulu ya bu secara langsung, banyak kemungkinannya. Bisa memang faktor kebiasaannya saja ataupun karena memang ada sesuatu yang menganggu di sekitar kepalanya.

2. Sudah  bisa, kalau masalah air sih biasa saja.

1⃣0⃣ Mey
dr. Valleria,

1. Apakah penguat kandungan tidak boleh digunakan untuk penderita Autoimun Pengentalan darah?

2. Ketika saya di terapi akupuntur terapis bilang rahim saya lemah, adakah kiat-kiat yang bisa di lakukan agar rahim saya kuat?

🌷Jawab:
1. Secara umum boleh.

2. Tanya saja ke yang bilang bu. Hehehe.
Di text book saya tidak ada istilah rahim lemah.

1⃣1⃣ Elsa
drg. Selly,

Bolehkah melakukan perwatan gigi (scalling atau tambal atau cabut gigi) saat sedang hamil?
Adakah efek sampingnya?

🌷Jawab:
Boleh banget dan harus.
Efek samping yang justru dikhawatirkan adalah efek samping karena pembiaran gigi tersebut sakit atau radang atau infeksi, yaitu: risiko lahir prematur atau ketuban pecah sebelum waktunya.

1⃣2⃣ Yanti
dr. Lilis,

Tangan kiri saya sudah lama sakit tidak bisa diangkat dan tidak bisa diayun ke belakang.
Sekarang yang kanan juga ikut sakit.
Kira-kira penyebabnya apa ya dok?

Saya coba latih dengan menaruh bola di bahu, tangan saya luruskan ke samping dan ke atas sakit luar biasa, tapi setelahnya lumayan berkurang sakitnya.

🌷Jawab:
Masalahnya bisa di syaraf, atau asam urat, atau di otot. Sebaiknya kontrol ke dokter syaraf atau orthopedi. Biasanya akan disuruh ke fisioterapi untuk dilakukan peregangan dan pemanasan untuk melemaskan otot sekitar daerah nyeri.
Tapi yang paling penting kontrol untuk  mengetahui penyebab pastinya.

1⃣3⃣ Ummu Hafshoh
dr. Valleria,

Dok saya busui aktif, sudah 11 bulan lebih seminggu sejak melahirkan saya belum haid, waktu saya testpeck ternyata negatif, apakah itu normal?

🌷Jawab:
Normal

1⃣4⃣ Ummu Hasna
dr. Valleria,

Dok saya busui aktif 2 bulan dari pasca sesar saya masih sering mengalami seperti darah haid dan kadang berwana coklat. Tidak menerus tapi selang beberapa hari haid nanti hilang, nanti mulai lagi darah yang keluar cukup banyak. Apakah itu wajar?

🌷Jawab:
Silahkan kontrol ke rumah sakit bu. Saya tidak bisa jawab jika tidak ada data pemeriksaan.

1⃣5⃣ Ulfa
dr. Lilis,

Dok apakah penyebab dari asam lambung bisa ke jantung ya?
Saat ini bapak saya sedang di rawat cuma kata dokter jantungnya sudah baikan maka pindah kamar sekarang fokus di lingkar perut karena bapak saya mengalami seperti orang yang capek jika bernafas.

Dan 2 hari yang lalu memakai selang dari hidung sampai ke perut berhasil 19 inci tapi bapak sakit maka di lepas, dokter jantung menyarankan diet cair berupa minum susu entrasol dengan takaran dokter kerena bapak sudah tidak  bisa minum banyak air lagi.

Kalau dari hasil rotgen bagian perut terutama dada itu katanya bagus, cuma kami binggung perutnya memang makin membesar.
Apa yang sebaiknya di lakukan ya dok.
Perlukah usg untuk mengetahui masalah apa yang terjadi dalam perut bapak saya?
#dokter jantungnya bilang.

🌷Jawab:
Kalau saya lihat bapaknya mbak bukan asam lambung naik ke jantung.
Tapi penyakit utamanya adalah gagal jantung. Karena gagal jantung maka cairan terhambat masuk kembali ke jantung dan tertahan di organ lain terutama di hati. Akibatnya darah tersebut cairannya merembes ke luar seperti rembes ke perut jadi perutnya membesar berisi cairan disebut ascites  bisa juga tertahan di paru-paru sehingga keluar ke paru disebut efusi pleura.

Kemungkinan kedua disertai gagal hati atau cirrhosis hati. Sehingga ada perdarahan juga di lambung dan ada perdarahan di lambung dan kerongkongannya sehingga harus pakai ngt atau selang yang dimasukkan ke lambung untuk mencegah perdarahan.

Kalau diagnosa bapak CHF (gagal jantung), dan cirrhosis hepatic maka ini sudah kondisi yang cukup kritis dan stadium akhir dari sakitnya. Memang kondisinya jadi sesak karena cairan menumpuk di semua organ dan janjungnya juga gagal bekerja.

1⃣6⃣ Tian
dr. Valleria,

Assalamualaikum dok,
Usia kehamilan saya 39 minggu, hari senin saya cek dokter sudah ada pembukaan (dua jari).
Dari subuh tadi keluar lendir pinggang pun terasa panas perut hanya terasa kencang tapi seperti rasa mau dapat haid, apakah itu pertanda mau melahirkan? Baiknya saya nunggu sampai terasa mulas atau secepatnya saya cek ke klinik bersalin?

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam.

Mungkin saja itu tanda mau melahirkan. Jangan konsul via WA bu, ke klinik terdekat saja karena harus dipastikan dengan periksa dalam. Saya tidak bisa periksa dalam via WA.

1⃣7⃣ Risma
dr. Valleria,

1. Dok mengapa 2 hari ini janin rasanya seperti hampir jatuh dan ngilu selangkangan padahal masih 29 w 4 d dan kalau dibuat jongkok mau berdiri rasanya sakit?

2. Usia berapa week yah janin mulai menghadap bawah dan masuk panggul?

3. Asi akan keluar dikehamilan berapa week?

🌷Jawab:
1. Mungkin janinnya lintang dengan posisi punggung janin di bawah.

2. Tidak tahu, tapi paling lambat usia 38 minggu.

3. Selama hamil ASI tidak keluar, baru keluar setelah melahirkan. Tetapi produksi ASI sudah dimulai seiring dengan terjadinya kehamilan.

1⃣8⃣ Annisa
dr. Barry,

Dok, anak saya lahir prematur tgl 9 oktober bulan lalu dan sekarang sudah berumur 1 bulan. Dari hari jum'at anak saya belum BAB dok, tapi kentut terus, itu kenapa ya dok? Kebetulan anak saya ASI sambung SUFOR karena saya tidak stok ASI alasannya setiap di pompa pasti sedikit jadi kalau saya dirumah pasti saya kasih ASI langsung tapi kalau saya pergi baru di kasih SUFOR.

🌷 Jawab:
Mungkin banyak udara bebas diperutnya. Paling sering akumulasi udara karena faktor pemberian minum yang tidak pas akibatnya udara masuk ke saluran cerna.

🍓Baiknya bagaimana ya dok, biar anak saya bisa BAB lagi karena saya kawatir.

🌷Saya kira kalau tidak ada keinginan ingin BAB seperti mengedan misalnya, bisa kita tunggu max 8-10 hari.

1⃣9⃣ Annisa
dr. Valleria,

Dok, nifas itu harusnya berapa hari ya dok? Saya sudah lebih 40 hari masih nifas. Kalau langsung haid kenapa keluarnya lendir kecoklatan ya tapi kadang suka tidak ada?

🌷Jawab:
Rata-rata sih 42 hari atau 6 pekan. Sebagian kecil perempuan, ada yang sampai 60 hari. Haid atau bukan setelahnya, harus diperiksa dokter dulu bu.

2⃣0⃣ Rizki
dr. Valleria,

Assalamu'alaykum,
Ibu hamil 20 week di tangan (telapak dan punggung tangan) keluar bintik-bintik kecil berair dan gatal kadang nyeri terutama di sela jari dan lipatan ruas jari itu kenapa ya dok? Pertolongan pertama bagaimana?

🌷Jawab:
Wa’alaikumsalam.

Saya tidak tahu, karena penyakit dengan  keluhan seperti itu banyak penyebabnya. Dan bukan karena hamil. Silahkan konsul ke dokter kulit terdekat.

2⃣1⃣ Ratu
dr. Lilis,

Assalamualaikum dokter,
Penyebab timbulnya eksim itu apa yaa?
Dan bagaimana tips untuk pencegahannya?

🌷 Jawab:
Wa'alaikumsalam,
Eksim itu seperti alergi, jadi bawaan dari lahir atau keturunan.
Agak sulit mencegahnya karena kadang stress atau faktor hormonal juga bisa memicu. Selalu siapkan salep eksim dipakai kalau gatal saja. Seperti salep benoson atau diprosalic bila ada kulit yang agak kasar. Hindari sabun yang terlalu kering. Pengalaman saya sabun-sabun biasa sering membuat kulit jadi kering. Coba pakai sabun bayi atau sabun dari minyak kambing atau goat milk. Dijual di century atau giant. Supaya kulit tetap lembab.

2⃣2⃣ Ratu
Mba Rif'atul,

Assalamualaikum kak.
Sedikit cerita, saya punya berat badan  43kg dengan  tinggi 166cm. Itukan kurus skali ya?  Sedangkan saya sudah coba minum susu fullcream, sari kurma, ramuan herbal dan lain-lain & alhamdulillah belum ada perubahan juga.

Kalau begitu, kenapa ya kak? Dan bolehkah minta tips pola makan agar bisa gemukin badan?

🌷Jawab:
Waalaikumslaam..

Berat Badan Idealnya semestinya 60-61 kg, berarti harus nambah 17 kg ya.

Kurus bisa disebabkan beberapa faktor:
Genetik (keturunan), metabolisme tubuh, kondisi faal atau organ tubuh terutama saluran pencernaan, dan asupan makanan.  Harus diteliti dulu apa kira-kita faktor utamanya, karena pendekatan solusinya juga berbeda tergantung penyebab.

Jika terkait pola makan, kebutuhan energi sehari  sekitar 2096 Kalori, dengan aplikasi Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein.

2⃣3⃣ Kiki
dr. Valleria,

Apakah baik jika rahim retro diurut ya dokter?

🌷Jawab:
Rahim retrofleksi itu bukan penyakit dan bukan kecacatan ataupun kelainan. Itu variasi normal. Jadi, tidak perlu tindakan apapun.

^^^_^^^

@Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
➖➖➖
🌷bkc🌷
==========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar