Minggu, 11 November 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS iBu HaMiL)




OLeH: TeaM Kesehatan PeRiNDu SuRGa

Rabu, 07 November 2018
Moderator : Rizki
Notulensi   : Fani
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Erika
dr. Barry,

Pertanyaan titipan:
1. Bayi newborn bilirubinnya tinggi terus dikasih puyer ursolic sama dokter Sp.A nya. Katanya untuk fungsi hati. Itu wajar atau tidak ya?
Karena biasanya bayi yang bilirubinnya tinggi kan difototerapi.

2. Bayi tersebut juga terindikasi ada penyumbatan di penisnya sehingga susah buang air kecil dan berdarah. Leukositnya juga tinggi kemungkinan karena susah buang air kecil itu. Disarankan untum sirkum, aman atau tidak ya sirkum pada bayi newborn? Kemudian penyebab leukositnya tinggi itu karena infeksi atau apa? Karena mau dicek melalui urine tapi urinnya tidak keluar.

Terima Kasih.

🌷Jawab:
Terimakasih atas pertanyaannya.

1. Terapi penyinaran atau fototerapi merupakan salah satu pengobatan pada bilirubin tinggi. Tapi tidak berarti setiap bilirubin tinggi mesti di sinar, ada juga yang tidak. Malah ada yang tidak boleh disinar. Tergantung kasusnya.

2. Sirkumsisi boleh saja, dari segi medis tidak ada masalah. Leukosit meningkat karena infeksi.

🔷 Kemudian untuk pemberian puyer ursolic bagaimana Dok? Apa wajar bayi newborn sudah diberi obat?

🌷Saya fikir dokter anaknya pasti punya alasan memberikan obat itu, memang salah satu obat memang itu untuk masalah hati.

0⃣2⃣ Erika
dr. Fendi,

Selamat pagi,
Dok, sekitar akhir September lalu adik saya mengalami kecelakaan kemudian koma selama 3 hari. Setelah 5 hari di ruang ICU, baru diketahui ada cedera pada syaraf tulang belakangnya kemudian dirujuk bedah untuk pemasangan pen permanen serta pembersihan virus yang sudah masuk ke tulang belakangnya. Kalau tidak salah di ruas C.
Dalam rentang sebulan ini setidaknya adik saya sudah menjalani bedah ulang 2 kali karena keluar cairan dari bekas jahitan bedahnya tersebut.
Bahkan pengulangan yang pertama sampai dipasang selang ke tulang belakangnya untuk mengeluarkan darah kotor dan nanah. Kemarin pun dibedah ulang karena bocor lagi.
Padahal pasien lain dengan sakit yang sama dan obat yang sama bisa sembuh dalam waktu yang cepat, tapi adik saya memerlukan waktu yang agak lebih dibandingkan pasien yang lain. Obatnya pun sekarang diganti.

Pertanyaan saya,
1. Penyebab bocornya itu kenapa ya, Dok? Lukanya pun lama keringnya.

2. Ada yang bilang karena terlalu sering mengonsumsi ayam jadi lukanya basah terus. Apa benar seperti itu?

3. Apakah cedera syaraf spine tidak dapat terdeteksi dengan CT Scan?
Karena adik saya sudah menjalani CT Scan saat hari pertama masuk RS tapi baru ketahuan ada cedera syaraf spine setelah kesadarannya pulih sepenuhnya. Kemudian baru dirujuk untuk menjalani MRI.

Terima Kasih.

🌷Jawab:
1. Penyebab bocor pada px post operasi banyak faktor bisa karena, infeksi, kondisi pasien sendiri yang tidak bagus, gizi yang kurang dan lain-lain.

2. Justru pasien setelah operasi boleh makan apa saja asalkan pasien sadar baik dan bisa makan, tidak ada pantangan makanan apapun, dahing dan telur bisa mempercepat penyembuhan luka.

3. Bukan tidak terdeteksi oleh CT scan  tapi kondisi pasien tidak bisa di evaluasi  saat tidak sadar, makanya biasanya ketahuan ada kelainan tulang belakang setelah pasien tidak bisa menggerakkan.

SARAN: Rawat luka dengan baik, di cek hasil nanahnya untuk pemberian antibiotik tertentu, perbaiki gizi makanan.

0⃣3⃣ Rini
dr. Valleria,

Assalamualaikum dokter valleria,
Saya sedang hamil 25 minggu, anak pertama lahir secara normal dengan bantuan induksi, karena jenis rahim saya kata pihak medis yang mengharuskan induksi. Karena kalau tidak dibantu tidak akan menambah pembukaannya.
Anak kedua saya lahir SC, sekarang anak saya usia 3,1 tahun karena sungsang dan kelililit tali pusar.

Yang saya ingin tanyakan,
1. Apakah dengan kehamilan saya yang ketiga ini memungkinkan untuk persalinan normal dengan bantuan induksi seperti yang pertama dok? Karena saya ingin sekali melahirkan normal lagi dok.

2. Saya kalau jongkok sedang pipis berasa ada yang menekan menonjol dibagian ma'af dok (anus). sebelumnya dulu pernah punya ambeien ketika masih belum menikah.
Apakah ambeiennya membesar dok dan apakah masih bisa normal persalinan nanti?

3. Saya sekarang sedang flu dan radang tenggorokan dok. Obat alami yang aman untuk ibu hamil apa ya Bu dokter?

Jazakillah Khairan ya dokter sebelumnya atas jawabannya.

🌷Jawab:
Wa’alaikumsalam.

1. Mungkin jika memenuhi syarat VBAC.

2. Bisa jika wasirnya belum grade 4.

3. Madu.

Wa jazaakillah khayran

0⃣4⃣ Liza
dr. Barry,

1. Anak saya 5 bulan sedang di fase oral, apa-apa yang dia pegang pasti masuk ke mulut. Nah udah sebulan terakhir ini lagi anteng emut jempol, kalau dilepas nangis. Masalahnya gegara emut jempol si anak jadi jarang mau nyusu, kadang harus berebutan saya masukin puting sama jempolnya dia. Bagaimana caranya ya dok biar hilangin ketergantungan sama jempolnya? Apa dibiarkan atau ganti sama pacifier saja?

2. Karena bulan depan sudah mulai MPASI, masih bingung untuk awalnya apakah diberi menu tunggal atau langsung menu 4* dok? Yang aman untuk pencernaannya biar tidak kaget makanan yang seperti apa?

Terima Kasih.

🌷Jawab:
1. Gampang saja sebenarnya, Berikan Sesuatu di tangannya, sehingga dia kesulitan memasukkan jempol kemulutnya. Anak tidak bisa multi tasking, jadi buat perhatian anak menjadi berpindah ke hal yang lain.

2. Saat pemberian makan, tetap yang utama tetap ASI.
Jadi berikan seperti bubur nasi saring, bubur susu saring, atau cereal saring. Dan jumlahnya tidak perlu banyak.

0⃣5⃣ Tatik
dr. Valleria,

Pagi dokter, Saya sudah punya anak 2 perempuan, lahirnya normal keduanya,sekarang sedang hamil 20 minggu.
Yang mau saya tanyakan, sekarang usia saya sudah 40 tahun, resiko hamil atau melahirkan di usia ini bagaimana ya dok? khawatir juga dengan kesehatan bayi di kandungan, Sekarang alhamdulillah baik-baik saja.

Terima Kasih jawabanya.

🌷Jawab:
Silahkan saja merencanakan kehamilan lagi jika ibu sehat. Untuk menilai status kesehatan ibu saat ini, silahkan lakukan medical check up.

0⃣6⃣ Diah
dr. Barry,

1. Anak saya 4 bulan ada ruam deket pipi kalau kata dokternya alergi dari makanan yang di konsumsi ibunya. Saya belum pernah tes alergi, baiknya saya yang tes atau anak juga ya? Usia berapa bulan bayi boleh tes alergi apakah menunggu MPASI dulu?

2. Bagaimana cara membersihkan teether yang benar dok, apakah cukup di cuci dan rendam air panas? Karena dia suka gigit-gigit.

🌷Jawab:
1. Untuk kasus itu sih sebenarnya tidak perlu tes alergi, tapi kalau mau dites alergi silahkan saja. Yang perlu dites adalah anaknya dan sebaiknya diatas 1 tahun.

2. Saran saya justru sebaiknya tidak perlu pakai teether. Tapi kalau mau dicoba ya disteril yang terbaik. Tapi sekali lagi tidak saya sarankan.

🔷Apakah penggunaan teether jelek dok? Berpengaruh pada mulut bayi kah? Atau ada alrernatif laIn untuk dia gigit-gigit dok, sepertinya gusinya gatal!
Terima Kasih.

🌷Pemakain theethering tidak jelek, tapi masalahnya adalah dalam pelaksanannya tidak mudah menjaga kebersihannya. Jadi karena mudaratnya lebih besar dari faedahnya, maka mulai kita tinggalkan kebiasaan ini.

0⃣7⃣ Annisa
Bidan Nisa,

Bu, anak saya perempuan usia 1 bulan, lahir usia kandungan 36-37 minggu dengan berat 2,755.

1. Apa 36-37 itu lahir prematur juga?

2. Di miss V anak saya ada putih-putih, itu apa ya? Dan cara bersihinnya bagaimana ya?

3. Kalau buang air besar berapa kali sehari normalnya? Dan warna pupnya yang normal apa? Kebetulan anak saya ASI kadang susu formula.

4. Anak saya kalau malam sampai pagi sering minta minum, udah bikin per jam lagi, itu normal tidak ya? Kadang suka gumoh atau muntah.

5. Apa benar kalau anak suka nangis nanti pusarnya jadi bodong?

🌷Jawab:
Bunda Annisa,

1. Mau tanya dulu ya bun,
Saat bersalin, tanggal berapa?
Dan kapankah tanggal taksiran persalinannya?

🔷Melahirkan di tanggal 9 oktober 2018 bulan lalu bu bidan.
Taksirannya antara tanggal 23-29 oktober 2018. lahiran SC bu tapi karena sudah seminggu pembukaan 2 terakhir kontraksi bagus, dokternya takut ada infeksi masuk jadi buru-buru dilahirkan dengan SC bu dan 5 hari sebelum SC saya keluar lendir bu bidan.

🌷insyaallah dede bayi lahir di usia 37 minggu dengan berat lahir 2755 gram = bukan prematur (cukup bulan).

2. "di miss v bayi ada putih-putih", apakah berlendir? Seperti keputihan?

🔷Tidak berlendir bu, Cuma kering saja mau bersihin takut bu.

🌷Boleh dibersihkan secara perlahan dengan kapas dibasahi air matang. Penyebabnya karena hormonal.

3. Kalau bayi minum susu formula biasanya buang air besarnya berbentuk lebih padat dibandingkan bayi yang minum ASI.

Bayi baru lahir, buang air besarnya bisa sering, tergantung dari banyak dan seringnya minum susu atau ASI. Yang penting pup nya bukan air dan ada ampas. Insyaallah normal.

4. Bayi baru lahir memang kalau malam lebih sering terjaga (bangun) dibanding saat siang hari, karenanya frekuensi minumnya pada malam hari menjadi lebih sering dibandingkan siang hari.

Gumoh karena reflek menelannya bayi masih primitif, sehingga susu yang sudah diminum bisa keluar lagi. Karenanya biasakan bayi disendawakan setiap selesai disusui untuk mengurangi resiko gumoh berlebihan.

5. Bayi memang bisanya hanya menangis jika merasa kurang nyaman. Tekanan yang keras di perut saat menangis keras bisa mendorong pusarnya lebih menonjol. Karenanya jangan terlalu lama mendiamkan bayi hingga menangis keras.

Semoga sehat selalu bun anisa dan dede bayi cantik. Aamiin

0⃣8⃣ Rachma
Bidan Nisa,

Bu bidan, saya mau bertanya, saya hamil usia kandungan 38 minggu. Dari kemarin saya muntaber, muntah-muntah di sertai diare, setiap makan apa saja mesti tidak bertahan lama.
Terus solusinya bagaimana ya bu Bidan? Takut kalau tidak makan apa-apa kasihan dedek bayinya dalam perut. Dan apa perlu saya melakukan USG untuk tahu keadaan bayinya?
Saya worry bu bidan karena sebentar lagi lahiran, tapi malah mengalami seperti ini.

Jazakillah khairan ya bu Bidan sebelumnya atas jawabannya.

🌷Jawab:
Bunda rahma.
Muntaber beresiko dehidrasi bagi ibu dan otomatis bagi janin juga.

Penanganan awal untuk rehidrasi akibat muntaber adalah sering minum larutan oralit atau larutan gula-garam jika tidak punya oralit, tetap usahakan makan yang bertekstur lembut dulu, hindari yang bersantan, pedas, atau asam.

Jika muntabernya semakin sering sebaiknya segera berobat ke RS ya bunda.

Syafakillah bunda rachma. Aamiin yaa robbal aalamiin.

0⃣9⃣ Diana
dr. Valleria,

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

1. Bagaimana cara mengatasi sakit pada organ kewanitaan pada saat hamil? Bagaimana cara menghindari flek atau pendarahan pada saat hamil dok? Faktor apa saja yang menyebabkan flek pada saat hamil Bu dokter?

2. Dok, bagaimana cara untuk menentukan hari taksiran persalinan.
Jika hari pertama haid terakhir saya pada tanggal 9 april 2018?
Karena beberapa kali USG hasil dari USG usia kehamilannya berubah-ubah dok.

3. Dok, jika gerakan janin terkadang sangat aktif terkadang anteng itu dikarenakan apa ya dok?
Adakah cara untuk merangsang si janin di dalam kandungan, agar kembali aktif lagi gerakannya dok?

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Jazakillahu khoir bu dokter sebelumnya atas jawabannya.

🌷Jawab:
Wa’alaikumsalam.

1. Flek atau nyeri itu bukan penyakit tapi gejala penyakit Periksa ke dokter kandungan untuk dicari tahu apa penyakitnya. Obat baru bisa ditentukan jika sudah diketahui diagnosis penyakitnya.

2. Usia kehamilan umumnya ditentukan dari hitungan haid jika haidnya teratur. Ada rumusnya, namanya rumus Naegle, silahkan browsing. Pemeriksaan USG tidak mutlak menentukan usia kehamilan. Pemeriksaan USG yang akurat untuk menentukan usia kehamilan adalah USG trimester pertama. Jika hasil pemeriksaan USG trimester awal tidak jauh berbeda dengan hitungan haid, maka yang digunakan sebagai pedoman menghitung usia kehamilan adalah dari hitungan haid. Pemeriksaan USG selanjutnya adalah untuk memonitor pertumbuhan janin.

3. Gerakan janin sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kondisi psikis dan metabolism ibunya. Bila si janin tidak aktif, dicari dulu sebabnya, baru bisa ditentukan cara penanganannya.

Wa jazaakillah khayran.

1⃣0⃣ Oktriani
dr. Valleria,

1. Dok, usia Kehamilan saya 23 week jarak kehamilan pertama dan ke-2 adalah 16 tahun, masih mungkinkah saya bisa lahiran normal seperti anak pertama lahir normal, usia saya sekarang 33 tahun?

2. Gerakan janin aktif tapi yang sering saya rasakan waktu istirahat malam, mengapa pada siang hari gerakannya kurang aktif.

🌷Jawab:
1. Mungkin jika memenuhi syarat.

2. Karena di siang hari ibu sibuk sehingga tidak fokus merasakan gerakannya.

1⃣1⃣ Risma
dr. Valleria,

1. Bagaimana cara mengetahui berat badan janin tanpa USG? Apakah setiap kehamilan disarankan untuk USG saat ini usia kehamilan 27 minggu 3 hari, kira-kira berapa normal berat badan janinnya?

2. Bulan lalu saya terkena flu dan dikasih obat dari bidan tapi setelah itu saya gatal-gatal di miss v sampe merah-merah, bengkak dan lumayan panas, apakah ada pengaruh dari obat itu atau dari faktor lain?

3. Bagaimana tips lahiran normal tanpa jahitan?

4. Apakah ibu hamil dibolehkan minum kopi karena terkadang ingin sekali dan nagih setelah minum?

🌷Jawab:
1. Dengan mengukur tinggi fundus uteri dan dimasukkan ke dalam rumus. USG itu alat bantu untuk memantau kesehatan janin dalam rahim. Minimal USG 4 kali selama hamil jika kehamilannya risiko rendah. Usia 27 minggu berat janin rata-rata 1 kg.

2. Mungkin, bisa juga ada sebab lain.

3. Usahakan janin tidak besar, Jaga elastistas jaringan perineum dengan mengkonsumsi cukup protein dan olahraga serta tidak gelisah saat proses persalinan.

4. Boleh, tapi tanpa gula.

1⃣2⃣ Esa
Bidan Nisa,

Kehamilan saya saat ini 12 minggu waktu 10 minggu, paha kanan bagian luar terasa kebas seperti kesemutan. itu kenapa ya?

Apa tanda-tanda kurang kalsium bagi ibu hamil dan apa resikonya?

🌷Jawab:
Bunda esa.
Sudah pernah senam hamilkah?

Kesemutan atau dalam bahasa medis dikenal dengan nama paraestesia, umumnya terjadi di bagian kaki dan tangan ibu hamil.

Kesemutan disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu. Saraf pada bagian tubuh tertentu ini juga mengalami kekurangan darah, sehingga mencegah saraf mengirimkan sinyal penting ke otak. Hal ini kemudian membuat saraf mengalami sensasi mati rasa dan kesemutan.

Berkurangnya aliran darah pada bagian tubuh tertentu dapat disebabkan karena:
1) meningkatkan volume cairan pada tubuh ibu hamil seiring dengan banyaknya darah yang diproduksi oleh ibu.

2) karena perkembangan janin yang semakin besar dan berat, yang juga dapat menghambat aliran darah ibu.

3) Sebab lain adalah karena ibu mengalami tekanan darah rendah, sehingga mengurangi aliran darah ke bagian tubuh tertentu. Tekanan darah rendah ini dapat terjadi ketika volume darah lebih rendah dibandingkn dengan volume pembuluh darah, biasanya terjadi di awal-awal kehamilan.

Terhambatnya aliran darah ini biasanya terjadi ketika ibu hamil berada pada satu posisi dalam waktu lama, seperti terlalu lama duduk, terlalu lama berdiri di satu tempat, dan lainnya.
Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk lebih banyak bergerak agar Anda terhindar dari kesemutan.

Yuuk senam hamil...

1⃣3⃣ Roseta
dr. Valeria,

Assalamualaikum dok,
Saya punya riwayat asma dari kecil, dan sekarang saya sedang mengandung, dan asma saya juga sering kambuh, apa berpengaruh kepada janin saya? 
Dan apakah bayi saya nanti bisa tertular asma saya?
Terima Kasih dok sebelumnya.

🌷Jawab:
Wa’alaikumsalam.

Asma tidak menular, tapi diturunkan secara genetik. Serangan asma harus segera diobati karena mengganggu oksigenasi ke janin.

1⃣4⃣ Umi
Bidan Nisa,

Assalamu'alaikum bu bidan,
Bagaimana caranya agar puting yang lecet parah (mengelupas kulit putingnya) segera sembuh, dan kira-kira berapa lama proses tumbuh kulit puting yang baru.
Hampir seluruh kulit puting sudah mengelupas, sudah diolesi air susu tiap mau menyusui dan setelah menyusui, sudah di olesi minyak zaitun juga tapi tidak kunjung sembuh.
Untuk pengobatannya juga sama dengan puting yang retak?

🌷Jawab:
Puting susu lecet (cracked nipple)  rasanya sangat luar biasa nikmat nyerinya.

Sebenarnya bisa sembuh secara alami, yaitu:
1) Kompres payudara dengan kain basah yang sudah dicelupkan pada air hangat. Tempelkan di bagian payudara yang bermasalah selama 5 menit, 3-5x dalam sehari, tergantung tingkat nyeri dan lecet yang dirasakan ibu. Setelah dikompres, daerah puting harus kering dan usahakan jangan lembap.

2) Istirahatkan payudara apabila lecet sangat berat, minimal 24 jam.

3) Ibu juga dapat mengoleskan ASI ke sekitar puting susu dan membiarkannya kering. Cara ini dipercaya dapat mempercepat penyembuhan lecet.

4) Jangan membersihkan daerah puting susu dengan zat iritatif, misalnya memberikan daun-daunan pada puting susu.

5) Minimalkan pemakaian sabun untuk membersihkan, kecuali menggunakan sabun bayi yang cenderung tidak menimbulkan iritasi.

6) Bila nyeri tidak tertahankan, boleh minum tablet paracetamol 500mg 3-4x sehari dapat ampuh mengurangi tingkat nyeri.

7) Untuk memberikan kenyamanan, pilihlah bra yang memiliki penyangga yang baik.

8) Perbanyak makanan yang mengandung vitamin E.

9) Tetaplah menyusui, jika nyeri berkurang. Jika nyeri berlanjut, ASI dapat diperah sebagai alternatif.

1⃣5⃣ Tatik
drg. Selly,

Anak saya nomer 2 umur 8 tahun dok, digusi atas agak di tengah sebelah kanannya tumbuh gigi baru (masih bulet), haruskah di cabut atau tidak karena tumbuhnya tidak seperti gigi gingsul!

Makasih jawabannya.

🌷Jawab:
Kalau gigi susu diatas gigi yang tumbuh sudah goyang bisa dicabut. Tapi kalau belum ya dikontrol dulu ke dokter gigi. Untuk diperiksa lebih lanjut.

1⃣6⃣ Lela
dr. Barry,

Dok anak saya baru umur 17 hari, mata sebelah kiri nya sering belekan banyak, beda sama yang kanan tidak. Normalkah dok untuk anak usia segitu?
Sudah saya periksakan ke pkm dikasih obat tetes mata, tapi tetap masih belum sembuh juga.
Mohon solusi nya dok. Terima Kasih.

🌷Jawab:
Sebenarnya penyebabnya karena saluran airmata yang sempit pada bayi baru lahir, sehingga terjadi hal tersebut, jadi biasa saja. Cara menghilangkan cukup dengan massage yang mungkin tidak bisa dicontohkan disini. Silahkan ditanyakan caranya ke dokter terdekat ya.

1⃣7⃣ Lela
dr. Valleria,

1. Dok saya habis SC 17 hari yang lalu. Nah saat ini saya mengalami sembelit. Bahayakah ketika buang air besar saya mengejan?

2. Perut bagian yang dijahit itu suka ngilu, apakah itu wajar dok? Tapi jahitan luar alhamdulillah sudah kering kata bidan.
Mohon pencerahannya bu dokter.

🌷Jawab:
1. Tidak bahaya. Emangnya bisa ya buang air besar tanpa mengejan?

2. Wajar

1⃣8⃣ Khodijah
dr. Valleria,

Saya sedang hamil ke- 5 dengan usia kandungan 27 minggu. Sudah beberapa hari ini saya mengalami keputihan lumayan Banyak, kadang berwarna seperti putih telur namun terkadang agak keruh.
Berbahayakah itu dok?
Karena baru ini saya hamil dan keputihan lumayan banyak, hamil sebelumnya ya pernah tapi cuma dikit.
Terima Kasih dokter atas jawabannya....

🌷Jawab:
Ada potensi bahaya karena bisa memicu ketuban pecah sebelum waktunya atau persalinan prematur.

1⃣9⃣ Umi
Bidan Nisa,

Bagaimana caranya KB kalender?

🌷Jawab:
Bunda umi yang berbahagia.

Sebelum menggunakan KB kalender Bunda harus menghitung siklus menstruasi, agar Bunda tahu apakah siklus menstruasinya normal atau tidak✔

1) Pastikan Bunda mencatat siklus menstruasi Bunda selama enam bulan berturut-turut.

2) Perhitungan di mulai dari awal keluarnya menstruasi atau keluarnya darah haid. Catat dari hari pertama keluarnya menstruasi hingga di bulan berikutnya saat menstruasi datang kembali. Lakukan perhitungan sampai enam bulan berturut–turut.

3) Setelah Bunda mencatat jadwal menstruasi Bunda selama enam bulan terakhir. Jumlahkan hari pertama haid hingga bertemu ke haid pertama berikutnya.

Siklus menstruasi yang normal berlangsung antara 21 sampai 35 hari

Saat menggunakan KB kalender, maka pasangan suami istri harus berhubungan saat Bunda tidak mengalami masa subur✔

Pada siklus menstruasi normal, masa kesuburan terjadi pada hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Maka pada masa ini sebaiknya Bunda tidak berhubungan suami istri✔

Jika ingin melakukan (bersetubuh) berarti harus menggunakan kontrasepsi tambahan, misalnya kondom atau dengan senggama terputus✔

2⃣0⃣ Erika
Bidan Devi,

Ketuban berubah warna jadi hijau itu karena apa?
Bisa tidak ketuban tiba-tiba berubah dari normal menjadi keruh atau hijau?
Terima Kasih.

🌷Jawab:
Ada beberapa kondisi yang menyebabkan air ketuban keruh atau berubah warna. Adapun beberapa kondisi yang menyebabkan kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

▪Infeksi.
Kondisi ini dikenal sebagai Choriomnitis. Pada kondisi ini ibu akan mengeluh demam, nyeri pada perut bawah, peningkatan denytu jantung pada ibu dan janin. Air ketuban berwarna hijau atau kecokelatan. Kondisi ini terjadi saat air ketuban bercampur dengan mekonium yaitu kotoran atau tinja dari bayi. Kondisi ini dapat disebabkan pada kehamilan itu yang sudah melewati waktu, adanya plasenta yang tertekan, dan pada kondisi kekurangan oksigen sehingga membuat bayi menjadi stres dan menyebabkan mekonium keluar dan bercampur dengan air ketuban. Air ketuban berwarna kuning yang disebabkan oleh bercampurnya bilirubin. Air ketubah berwarna merah jika bercampur dengan darah dari rahim sang ibu.

Bahaya dari air ketuban hijau adalah jika ketuban ini tertelan oleh sang bayi. Salah satu komplikasi dari tertelannya air ketuban hijau adalah adanya Meconium Aspiration Syndrome. Komplikasi ini muncul beberapa saat setelah kelahiran dan merupakan keadaan gawat darurat pada bayi yang harus segera ditangani. Kondisi ini ditandai dengan adanya beberapa gejala yaitu pernapasan yang cepat, adanya sianosis (biru pada bibir dan wajah bayi), pelebaran dari dada karena penggunaan otot napas tambahan, sulit bernapas. Namun, jika kondisi ini dapat ditangani segera maka pernapasan sang bayi dapat kembali normal.

Dan Saran saya Sebagai bidan. Jika orang lain menyarankan Minum Daun rangdu atau dedaunan. Mohon jangan diminum. Pengalaman bisa  Berwarna hijau juga.
Jangan stres dan cukup Istirahat ya.

2⃣1⃣ Cici
dr. Valeria,

Dok saya hamil sudah 15 minggu kenapa di usia kehamilan saya sekarang sering menggalami sakit pinggang. Yang mau saya tanyakan apa penyebabnya ya dok?

🌷Jawab:
Banyak penyebabnya, mulai dari yang wajar karena pembesaran rahim, kontraksi, infeksi sampai ada kemungkinan syaraf terjepit.

Untuk mengetahui sebabnya, harus diperiksa dulu.

2⃣2⃣ Tian
Bidan Nisa,

Kehamilan saya 36-37 minggu, kalau habis duduk atau tiduran mau bangun rasanya sakit dan susah untuk berdiri, terasa nyut-nyutan didaerah (maaf) vagina, dibawa jalan pun rasanya sulit. Apa yang saya keluhkan ini termasuk normal? Apa ada terapi agar tidak terasa sakit atau bisa normal seperti biasa?

🌷Jawab:
Bunda tian.
Nyeri di vagina pada usia kehamilan 36-37 minggu biasanya karena bagian terbawah janin mendorong masuk ke panggul, karenanya terasa nyeri dan seakan mau copot vaginanya ya.

Untuk mengurangi nyerinya, jangan menahan buang air kecil, dan setiap kali habis beraktifitas (banyak berdiri atau jalan) posisi kaki ditinggikan saat rebah (boleh diganjal 1 atau 2 bantal).

2⃣3⃣ Erika
Bidan Devi,

Mules kontraksi itu seperti apa? Kemudian membedakan yang palsu dan asli juga bagaimana?
Karena setiap orang beda-beda yang dirasa ya.
Terima Kasih.

🌷Jawab:
Tiga Tanda persalinan
1. Keluar lendir campur darah.
2. Mules atau kontraksi secara teratur.
3. Keluar air-air.

Nah, Kontraksi ini Jika mau melahirkan Bunda bisa ambil Jam tangan, Lihat dan rasakan kontraksinya berapa Menit sekali dan lamanya berapa Detik.

Jika sudah teratur mulesnya lalu maju misal, Awalnya 10 menit sekali, Dengan durasi 20 detik Lalu maju lagi, 5 menit sekali dengan durasi 30 detik. Dan Ada perasaan ingin meneran atau ingin buang buang air besar, itulah Kontraksi. 
Dan usahakan selalu tersenyum walaupun sakit sekali, Karena dengan senyum, Otot pada vagina Akan terbuka dan menghasilkan hormon Agar mempercepat persalinan.

2⃣4⃣ Lela
dr. Barry,

Dok anak saya biang keringat dibadannya banyak sekali, kasihan lihatnya, sepertinya gatal, soalnya kalau tidur sebentar-sebentar kebangun, mungkin karena gatal.
Adakah obatnya dok?

🌷Jawab:
Usahakan selalu kulitnya kering jangan di biarkan keringatan tidak dikeringkan.

2⃣5⃣ Erika
dr. Valleria & Bidan Devi,

Makanan apa saja yang bisa mempercepat pembukaan secara alami?
Selain makanan, aktivitas apa yang baiknya dilakukan saat sudah masuk pembukaan 1 tapi jeda ke pembukaan selanjutnya cukup lama?

🌷Jawab:
Tidak ada.

Jima’ (hubungan suami istri).

🌷Ijin Menambahkan. Tinggikan protein bun. Ini berdasarkan pengalaman kalau ada yang mau Partus. Di Rumah saya sarankan Makan telur asin 2 buah dan Susu ultra.

Dan jika pembukaan 1 biasanya.  Saya sarankan Yoga dimana ibu berdiri dengan posisi kaki sedikit dibuka dan lurus lalu ibu turun naik. Seperti huruf A serasa vagina terbuka.

Dan jika sudah pembukaan diatas 4 biasanya saya sarankan kaki sedikit kedalam, Lalu naik turun serasa bagian anus yang membuka.

Nah Ada Trik juga, Ada bagian kaki yang saya kuatkan pada titik Akupresur.
Tapi,  Enaknya dilakukan oleh orang lain atau medis

2⃣6⃣ Luvi
dr. Valleria,

Semenjak hamil saya sering mengalami gatal-gatal pada bagian tangan, apa itu faktor bawaan hamil atau bagaimana ya? Sebelumnya belum pernah gatal sampai luka seperti sekarang.

🌷Jawab:
Belum tentu bawaan hamil.

Silahkan memeriksakan diri ke dokter kulit bu.

2⃣7⃣ Khodijah
dr. Barry,

Anak saya sekarang usia 9 tahun, dulu sering mimisan secara tiba-tiba. Kata dokter tidak mengapa itu dikarenakan selaput hidung anak saya lebih tipis dari pada yang lain. Sudah lama tidak pernah mimisan lagi namun 2 minggu terakhir ini sering  mimisan, saya jadi khawatir.
Berbahayakah itu dokter?
Terima Kasih.

🌷Jawab:
Pendapat saya sama dengan dokter itu, kalau suatu waktu mimisannya sering, bisa jadi luka di selaput hidungnya cukup luas jadi sangat rapuh. Sehingga solusinya adalah dijaga jangan samapi penyembuhan selaput terganggu, misalnya untuk mengorek-ngorek hidung bila tidak perlu.

^^^_^^^

@Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar