Minggu, 11 November 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS KeSPRo WUS)



OLeH: TeaM Kesehatan PeRiNDu SuRGa

Rabu, 07 November 2018
Moderator : Rizki
Notulensi   : Fildzah
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Fari
dr. Valleria,

Assalaamualaikum Bund Dokter.
Mohon informasi dan penjelasannya, secara medis di usia berapakah seorang perempuan sudah dapat dikatakan risiko tinggi untuk memiliki anak pertama?
Terima kasih sebelumnya dok, Wassalaamualaikum..

🌴 Jawab:
Wa’alaikumsalam...

Kehamilan risiko tinggi tidak semata-mata dari faktor usia, tapi lebih ke status kesehatannya secara umum.
Secara statistik, gangguan kesehatan mulai muncul di usia 35 tahun ke atas, karena itu kehamilan pertama pada usia 35 tahun atau lebih dianggap berisiko tinggi.

0⃣2⃣ Yanti
dr. Valleria,

Assalaamualaikum Bu dokter,
Apakah ada syarat tertentu untuk bisa hamil lagi di usia lebih dari 45 tahun?
Apakah akan ada resiko buat si calon bayi?

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Ibunya sehat, tidak ada penyakit metabolik.
Risiko itu akan ada pada setiap kehamilan di usia berapapun.

0⃣3⃣ Sasi
dr. Valleria,

Assalamualaikum, dok.
a. Apakah perlu usg jika ingin mencopot iud?

b. Apakah miss v gatal itu bisa kemungkinan akibat iud-nya? Jika tidak, apakah pemicunya?

c. Usia 37 tahun apakah termasuk sudah rawan untuk hamil dan melahirkan sc lagi?
(Nb: sc 2 x)

Jazakillah khoiron

🌴 Jawab:
Wa’alaikumsalam,

A. Mungkin perlu jika ada indikasi, misalnya benang IUD tidak terlihat.

B. Bisa jika alergi terhadap bahan yang ada pada IUD, bisa juga sebab lain, misalnya infeksi.

C. Bisa ya bisa tidak, tergantung kondisi kesehatan si ibu.

Wa iyyaki

0⃣4⃣ Yeni
dr. Valleria,

Assalamualaikum bu dokter,
Apakah kalau sebelumnya melahirkan secara sc di hamil berikutnya harus Sc lagi dok? Dan apakah benar info yang saya dapat kalau lahiran sc hanya boleh 3 kali melahirkan?

Jazakillah khoiron

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Tidak selalu dan tidak benar.

0⃣5⃣ Yuli Haryani
dr. Barry,

Assalamualaikum dok.
Anak saya usia 6 bulan, mudah sekali muncul biang keringat, bagaimana ya dok cara mengatasinya?
Terima Kasih.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Biang keringat muncul kalau kulitnya lembab. Untuk itu dibiasakan secara berkala untuk mengeringkan kulit dengan cara di lap secara berkala.

0⃣6⃣ Yuli Haryani
drg. Selly,

Assalamualaikum dok,
Saya sedang menyusui apakah aman kalau saya melakukan perawatan gigi, pembersihan karang gigi, menambal dan lain-lain?
Terima Kasih

🌴Jawab:
Waalaikumussalam warrahmatullahi wabarakaatuh

Aman.
Asal berobatnya jangan sambil menyusui. Dokternya nanti bingung.

0⃣7⃣ Sasi
drg. Selly,

Assalamualaikum, dok.
Anak saya berumur 5,5 tahun.

Dia termasuk rajin gosok gigi, tapi pernah ketika demam sampai 2-3 hari tidak sikat gigi. Itu ketika berumur 4 tahunan. Sekarang muncul lubang tapi tidak terlalu dalam di 2 tempat atau gigi (kiri bawah dan kanan atas). Setelahnya sering mengeluh sakit giginya.

Namun ketika saya ganti pasta giginya dengan merek en*z*m tidak pernah mengeluh sakit gigi lagi.

Apakah ini perlu dibersihkan dan ditambal?
Atau bagaimana penanganannya?

Apakah harus sering sikat gigi? Maksimal sikat gigi berapa kali ya, dok?

Jazakillah khoiron

🌴Jawab:
Waalaikumussalam warrahmatullahi wabarakaatuh.

Perlu ditambal supaya giginya tidak sensitif.

Sikat gigi sesering mungkin tidak masalah. Pasta gigi enzim memang yang paling aman buat yang punya alergi. Sikat gigi terutama setelah makan-makanan manis atau jam makan dan sebelum tidur.

0⃣8⃣ Astri
dr. Valleria,

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Beberapa bulan lalu saya menjalani hsg, dengan hasil tubapalopi kiri tersumbat dan kanan hidrosalping.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Selain laporoscopi tindakan apa yang bisa saya lakukan?
2. Apakah normal untuk yang mengalami hidrosalping saat awal haid merasakan nyeri dan ngilu di perut bawah hingga pinggul? Dan saat seperti apa yang harus saya lakukan?
Terima Kasih dok.

و السلام عليكم ورحمه الله وبركاته

🌴Jawab:
Wa’alaikumsalam.

1. Laparoskopi itu tujuan utamanya untuk memastikan apakah betul ada sumbatan, jika betul ada sumbatan, maka akan diusahakan untuk memperbaikinya. Hasil hag itu belum tentu benar 100%, jadi harus dibantu laparoskopi untuk membuktikan sekaligus memperbaikinya jika masih mungkin diperbaiki.

2. Hidrosalping itu tidak normal dan memang bisa menimbulkan keluhan nyeri perut bawah atau pinggul. Jika sedang nyeri dan tidak tahan dengan nyerinya, silahkan minum obat pengurang nyeri seperti parasetamol 500 mg.

0⃣9⃣ Mumuy
dr. Valleria,

Dok dalam satu tahun ini saya keguguran 2x dalam usia kandungan 3 bulan. Kira-kira penyebabnya apa ya dok? Apakah saya perlu periksa tokso atau tidak dok? Lalu  cara apa jika saya hamil lagi, tidak mengalami keguguran?
Terima Kasih sebelumnya.

🌴Jawab:
1. Penyebabnya buanyaaaak.
Penyebabnya bisa diketahui saat ibu memeriksakan diri, karena memerlukan bantuan usg.
Tidak hanya infeksi TORCH yang perlu diperiksa, tapi ada sejumlah item lain yang juga harus diperiksa sebelum ibu merencanakan kehamilan berikutnya.

2. Cari tahu dulu sebab keguguran sebelumnya dan diobati dulu (jika ada), sebelum terlanjur hamil lagi.

1⃣0⃣ Bunda iKa
dr. Barry,

Assalamualaikum dok...
Putri saya usia  0 bulan, ada bintik-bintik merah di badannya,mau disebut biang keringat, cuaca di sini dingin sekali. Kira-kira kenapa ya dok, apa sabun mandinya tidak cocok?

Satu lagi, bagaimana mengatasi perut kembung pada bayi 0 bulan?

Terima Kasih.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Mengatasi perut kembung dengan cara posisi minum bayi harus benar sehingga udara tidak ikutan masuk kedalam perut karena posi minum yang tidak tepat.

1⃣1⃣ Bila
dr. Fendi,

Assalamu'alaikum dok,
Di leher bagian belakang saya tumbuh benjolan kecil seperti gigitan nyamuk agak besar si udah 3 hari ini dok,
tidak sakit namun kadang sesekali kepala bagian situ pegal dan senut-senut. Memang dari berberapa minggu sebelum benjolan itu muncul sudah sering pegal daerah situ. Kemarin saya sudah ke dokter umum tapi dikasih vitamin dok, katanya si karena minum es. Bagaimana yaa dok?

🌴Jawab:
Waalaikumsalam.

Mungkin karena minum es nya tidak dibagi, hehehe...
Jika benjolannya dirasakan semakin besar periksakan ke dokter bedah, nyeri kepala bagian belakang bisa karena hipertensi juga, sementara boleh minum obat nyeri kepala yg ada, vitamin dilanjut saja.

1⃣2⃣ Fari
Rif'atul Amini,

Assalaamualaikum.
Bunda mohon penjelasan dan bimbingannya, bagaimana cara menakar jumlah asupan kalori yang ideal bagi pekerja atau karyawan yang lebih banyak duduk di depan komputer? Terima kasih sebelumnya.
Wassalaamualaikum.

🌴Jawab:
Waalaikumslaam,

Mohon maaf br sempat terjawab ya bunda..
Untuk aktivitas tersebut dikategorikan aktivitas ringan, bisa menggunakan rumus cepat :
25 kkal x kg BB.

Misalnya BB bunda 50 kg,  maka kebutuhan energi (AMB)  = 1250 kkal.

Selanjutnya dikalikan dengan faktor aktivitas ringan maka :
1250 kkalx 1.55 (std untuk perempuan)  = 1938 kkal.

1⃣3⃣ Yeni
dr. Barry,

Assalamualaikum dok.
1. Anak Saya usia 17 bulan, bb nya 11 kg, apakah bb segitu termasuk kurang atau standar dok?

2. Saya perhatikan anak saya setiap mau tumbuh gigi selalu demam dok. Apakah demamnya itu ada hubungannya dengan tumbuh gigi? Kata orang tua setiap anak mau tambah kepintaran selalu dibarengi dengan demam, benarkah itu dok?

3. Bagaimana solusi agar anak tidak ngedot pas mau tidur (sudah tidak ASI)
Terima Kasih.

🌴Jawab:
Wassalamu'alaikum,

1. Termasuk standar, target berat badan usia 2 tahun adalah 13 kg.

2. Ada hubungan dengan tumbuh gigi walaupun tidak selalu.

3. Kalau khawatir tertelan, sebaiknya tidak usah pakai pasta gigi, cukup sikat gigi saja.

1⃣4⃣ Yeni
drg. Selly,

Assalamualaikum dok...
1. Saya perhatikan anak saya setiap mau tumbuh gigi selalu demam dok. Apakah demamnya itu ada hubungannya dengan tumbuh gigi? Kata orang tua setiap anak mau tambah kepintaran selalu dibarengi dengan demam, benarkah itu dok?

2. Sekarang anak saya giginya sudah banyak tumbuh sudah 13.. Adakah pasta gigi buat anak usia 17 bulan dok? Karena kalau diajarin sikat gigi maunya pakai pasta gigi tapi belum tau yang aman buat bayi 17 bulan.

Terima Kasih.

🌴Jawab:
Waalaikumussalam warrahmatullahi wabarakaatuh

1. Demam itu tergantung kondisi anak,  ada yang pakai demam ada yang tidak. Sejauh ini saya perhatikan bayi pasti ada fase demamnya minimal sebulan sekali. Sedia parasetamol sirup buat p3k. Jika demam lebih dari 38*c harap segera kedokter. Khawatirnya mengganggu tumbuh kembang.

2. Saya tidak bisa kasih merek karena nanti dikira iklan. Pilih aja pasta gigi buat anak. Cari yang ada kandungan fluoride (kecuali anak alergi fluoride). Perlu diperhatikan jenis gigi anak juga kalau giginya putih berarti aman pakai pasta gigi apa saja tapi jika warnanya kekuningan perlu perawatan khusus tapi dikonsultasikan dengan dokter dulu. Sikat gigi dengan bulu halus, kalau masih belum bisa pakai sikat bisa dibasuh dengan washlap atau kain kasa steril. Pasta gigi pakai seukuran biji jagung saja atau lebih kecil dari itu jika anak masih bayi. Pasta gigi buat bayi trial dan eror karena ada anak yang sensitif dan ada yang tidak.

1⃣5⃣ Fildzah
drg. Selly,

Assalamualaikum dok,
Apa gigi tambalan bisa rusak lagi, kalau rusak apa tambal lagi apa bagaimana?

🌴Jawab:
Waalaikumussalam warrahmatullahi wabarakaatuh.

Awet atau tidaknya gigi tambalan tergantung penggunaan. Jika tambalan rusak bisa diperbaiki. Oleh karena itu cek ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali karena pasien tidak tahu giginya sudah mulai berlubang atau tidak. Tahu-tahu sudah sakit dan lubang besar.

1⃣6⃣ Fatma
dr. Barry,

Assalamualaikum dok...
Anak Usia 2 tahun 4 bulan tidurnya sudah mendengkur (ngorok) seperti orang dewasa. Ada masalah tidak dok dengan tubuhnya? Sedangkan si anak tidak sedang flu.

Terima Kasih.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Iya, bisa jadi karena amandelnya membesar.

1⃣7⃣ Astri
dr. Barry,

Dok, anak saya 7 bulan, saat usia 6 bulan saya beri MPASI. Setelah sekitar seminggu, dia muntah-muntah. Saya bawa ke dokter, kata dokter distop dulu makannya. Seminggu kemudian saya beri lagi bubur, tapi muntah lagi dok. Sampai sekarang belum saya kasih bubur lagi, saya takut dia muntah lagi.

Itu kenapa ya dok? Apa lambungnya bermasalah? Saya harus bagaimana kalau mau memulai lagi MPASI nya?

🌴Jawab:
Mungkin tidak cocok dengan makan yang terlalu kasar, coba makanannya disaring dahulu.

1⃣8⃣ Tri
Rifa'atul Amini,

Assalamualaikum kak,

Makanan awal untuk MPASI sebaiknya perkenalkan buah-buahan dulu atau langsung pure bubur saring?
Dan bagaimana jadwal MPASI yang benar?

🌴Jawab:
Waalaikumslaam,

Bisa dimulai dari kuantitas yang sedikit dan tekstur encer mirip apa yang sebelumnya mereka "makan" tapi lebih "berisi".

Mulai umur 6 bulan bisa dipilih makanan lumat,  bubur halus dan lumat contoh bubur tepung beras, bubur beras yang dibuat encer dan dsaring.
Frekuensi: 2-3 kali sehari,
Porsi: 2-3 sdm (30-45 ml)  per kali makan. 

Kapasitas lambung bayi hanya 200 ml makanan sehingga tidak perlu dipaksa habis untuk makan dalam porsi besar. 

Bisa mengenalkan bayi dengan makanan secara single aturan tunggu 4 hari (untuk melihat reaksi tubuh bayi). 
Panduan WHO terbaru menyarankan makanan pertama dari serealia (beras).

Jadwal bisa dimulai dari jam saat biasa bayi menyusu, lalu mulai sedikit dengan ASI, lalu lanjut pengenalan MPASI.


1⃣9⃣ Mala Hasan
Bidan Nisa & Devi,

Sewaktu saya sc tahun 2004 lahiran anak bungsu saya.
Saya diberi tahu jika ada miom sebesar telur ayam dalam rahim saya, sampai saat ini alhamdulillah tidak ada keluhan.
Hanya jika haid hari ke-2 dan ke-3 saya akan memgalami kram perut dan perdarahan yang lumayan hebat. Seiring sakit perut yang kadang tidak bisa saya tahan. Darah yang keluar akan berwarna merah kehitaman juga bergumpal.

1. Apakah itu berbahaya?

2. Apakah sakit saat haid juga dapat menurun pada anak saya yang juga perempuan?
Terima Kasih bu bidan.

🌴Jawab:
Bunda mala hasan

Mau tanya dulu,
1) Berapakah usia bunda sekarang?
2) Apakah menggunakan alat kontrasepsi saat ini?
3) Total lama haid berapa hari?

🍓1) Usia saat ini 43 tahun.
2) Saat ini tidak menggunakan alat kontrasepsi.
3) Total 7 hari hari pertama hanya sedikit flek kecoklatan lanjut hari ke-2 dan ke-3 yang lumayan sakit, hari ke-4,5 hanya sedikit, hari ke-6,7 selesai bersih.

🌴1) Nyeri haid (dismenorea) berlebihan disebabkan oleh kontraksi rahim, di mana rahim mengalami kondisi mengencang dan melemas sehingga darah luruh dari rahim, makanya saat bunda mala merasakan nyeri perut, darah haid bunda juga keluar lebih deras.

Lapisan rahim melepas zat kimia khusus yang disebut prostaglandin. Ketika zat kimia ini dilepas dari dinding rahim, kekuatan kontraksi pun bertambah. Hal ini biasanya terjadi selama berhari-hari pada masa menstruasi. Kadar prostaglandin yang tinggi dapat menyebabkan nyeri perut dan kram yang parah.

Ada baiknya bunda mala memeriksakan kembali ke dokter SpOG jika nyeri haidnya semakin menghebat juga untuk mengetahui status miomanya.

2) Dismenorea bisa karena keturunan juga, insyaallah.

2⃣0⃣ Fahnaz
dr. Barry,

Assalamualaikum,
Anak saya berumur 2 tahun, mudah sekali terkena bapil, bila sudah sakit agak lama terutama batuknya. Bagaimana mencegah supaya tidak mudah kena bapil dok?
Terima Kasih dokter.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Mungkin pemicunya adalah alergi. Sebaiknya diperiksakan ke dokter, nanti akan dijelaskan hal-hal apa saja yang perlu dihindari.

2⃣1⃣ Fildzah
dr. Fendi,

Saya juga pernah ada benjolan di leher dan alhamdulillah benjolannya sudah tidak ada, apa bisa muncul lagi dok?

🌴Jawab:
Mungkin benjolannya karena pembesaran kelenjar saja, jadi bisa muncul lagi.

2⃣2⃣ Annisa
dr. Barry,

Dok, anak saya lahir prematur dan sekarang usianya 14 bulan.
1. Anak saya suka melihat ke atas seperti ada sesuatu di atas!

2. Anak saya malam suka tidak tidur, kadang sudah menguap tapi di paksa melek. Adakah solusinya?

3. Anak saya juga suka masukin tangan ke mulut tapi di songgrok dok ntar jadi muntah. Kenapa ya dok?

4. Sampai sekarang kalau tengkurap pasti kadang suka muntah atau gumoh, kenapa begitu ya dok?Wajar tidak ya?

🌴Jawab:
1 & 2. Sepertinya hanya kebiasaan saja ya. Jadi solusinya tinggal dilatih saja secara bertahap.

 3 & 4. Nampaknya sama juga. Tinggal dibiasakan pada hal-hal lain yang mungkin bisa menarik perhatian anak.

2⃣3⃣ Putri
dr. Barry

Assalamualaikum
Dok, anak saya kan usianya sudah 10 bulan berarti sudah diijinkan naik pesawat kan ya, Dok?
Nah, apa perlu perlindungan untuk telinganya atau tidak perlu kah dok?
Terima kasih.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Tidak perlu, tidak ada masalah.

2⃣4⃣ Santi
dr. Valleria,

Assalamualaikum
Dok kenapa yah saya sering keluar flek hampir setiap bulan selalu keluar bisa seminggu lamanya, dan maaf bila berhubungan dengan suami dan saya puas, besoknya pasti keluar flek. Oh.. iya dokter saya pasang cover T. 
Terima Kasih.

🌴Jawab:
Wa’alaikumsalam.

Mungkin ada radang di mulut rahim. Silahkan memeriksakan diri ke ahli kandungan terdekat.

2⃣5⃣ Bund Adek
dr. Lilis,

Assalamu'alaykum.
Saya ingin bertanya apakah ada hubungannya antara penyakit Magh dan vertigo?
Terima Kasih

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Pada umumnya penyakit asam lambung tidak berhubungan dengan vertigo secara langsung. Bisa saja saat mengalami vertigo juga disertai dengan kambuhnya asam lambung karena ada gejala yang mirip yaitu mual muntah. Namun asam lambung sendiri tidak secara langsung menyebabkan vertigo.

Vertigo bisa dicetuskan oleh banyak faktor seperti kelelahan, stress, kurang tidur atau begadang, lingkungan tidak nyaman misalnya terlalu dingin atau panas, terlambat makan, konsumsi makanan atau obat tertentu, dan lain-lain. Faktor ini juga bisa mencetuskan sakit maagh.

2⃣6⃣ Andriani
dr. Valleria,

Assalamualaikum
Umur 46, P3 A0 (desember 18)
Siklus haid saya memang pendek ,dulu 22-24 hari.
Bulan ini siklus 17 hari. Tidak nyeri ,darah normal.
Bagaiman Dokter?
Terima Kasih.

🌴Jawab:
Wa’alaikumsalam.

Saya tidak bisa kasih komentar, karena saya perlu data usg rahim dan indung telur untuk menjawab pertanyaan tersebut.

2⃣7⃣ Andriani
 dr Fendi,

Apabila tensi 140/90
Apakah harus minum obat penurun tensi selama nya?
Mohon maaf
Terima Kasih

🌴Jawab:
Waalaikumsalam...

Tergantung tensi sebelumnya dan kondisi pasien, kalau sudah menimbulkan gejala pusing perlu minum obat, tapi pada kebanyakan orang tidak perlu diturunkan.

🔷Tapi apa benar dok kalau sudah terkena Hypertensi itu harus terus minum obat hypertensi kah?

🌴Iya bu, karena hipertensi harus terkontrol jadi minum obat terartur.

🔷Kalau misal berhenti minum karena merasa sudah baikkan bagaimana dok? Apakah bisa kambuh dan bisa lebih parah lagi tensinya!

🌴Hipertensi tidak bisa disembuhkan, tapi harus terkontrol jadi tetap minum, jika tidak terkontrol bisa naik lagi.

🔷Jazakallah dok

2⃣8⃣ Nuranisofie
dr. Valleria,

Assalamualaikum,
Dokter saat ini kandungan saya sudah 36 weeks, kemaren malam di usg berat baby baru 2,7 kg, kata dokter saya ,babynya kecil, saya suruh makan banyak, susu dan lain-lain. Padahal dok berat saya sudah naik 15 kg dan sekarang saya sudah 76 ,makan minum juga banyak, itu kenapa ya dok? Apa bayi tidak bisa menyerap makanan?

🌴Jawab:
Wa’alaikumsalam.

BB janin masih dalam batas normal. Rata-rata berat janin usia kehamilan 36 minggu adalah 2,5 kg.

2⃣9⃣ Yory
dr. Valleria,

Assalamualaikum
Dok, 2 tahun lalu saya melahirkn dengan cara SC, jadi ada keloid di bekas jahitan sc saya. Kadang-kadang ada rasa sakit di keloid SC itu. Apakah itu bermasah dok? Dan berapa tahun bagusnya jarak kehamilan setelah SC?

Terima Kasih dok

🌴Jawab:
Wa’alaikumsalam.

Tidak apa-apa, keloid bukan penyakit. Jarak antar kehamilan minimal 2 tahun, baik pada yang bekas SC atau sblmnya lahir per vagina.

3⃣0⃣ Nanik
drg. Selly,

Maaf dok saya ada sakit di tengkuk kanan sampai ke kepala belakang, sakitnya itu tidak sakit sekali, tapi selalu & sudah berbulan-bulan, pernah ke dokter lalu sama dokter umum di rujuk ke dokter gigi, setelah periksa di rujuk lagi ke bedah mulut.Singkat cerita saya sekitar 4 bulan yang lalu oprasi Bedah Mulut diambil 5 gigi (kata dokter sakitnya dari gigi itu). Yang ingin saya tanyakan, setelah bedah itu kenapa sakit d tengkuk kanan & kepala belakang itu tetap belum sembuh juga ya dok?Sebenarnya apakah itu?

🌴Jawab:
Kontrol lagi setelah bekas pencabutan sembuh. Banyak kemungkinan karena diwajah ada organ-organ penting gigi dan mulut, hidung dan tenggorokan, mata dan otak. Dan semuanya satu kesatuan di sarafnya.

Biasanya kalau pasien ke saya ada yang nyeri ditengkuk dan kepala kalau tidak ada lagi pencetusnya di rongga mulut kemungkinan nyeri berasal dari peredaran darah, bisa karena hipertensi atau ada penyumbatan. Tapi sebaiknya kontrol dulu untuk diperiksa lebih lanjut.

3⃣1⃣ Ratu
drg. Selly,

Assalamualaikum dokter,
Kakak saya umur 28 tahun punya masalah gigi keropos.
Sehingga gigi dibagian depannya itu lubang dok & sekarang sudah ditambal permanen.
Tetapi setelah beberapa bulan, muncul Garis kuning diantara tambalan gigi itu dok.
Pertanyaannya: Penyebab garis kuning itu apa ya dok? & bisakah dihilangkan?

🌴Jawab:
Wa'alaikusalam,

Kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali,  buat yang bermasalah dengan gigi ataupun tidak. Karena pasien tidak tahu kapan gigi mulai berlubang dan tambalan mulai rusak. Bahan tambal gigi menyerap warna dari makanan, minuman dan rokok jadi bisa saja warna kuning yang timbul dari hal tersebut. Selain itu bisa saja tambalan retak. Sebaiknya tetap kontrol 6 bulan sekali ya.

3⃣2⃣ Mala
drg. Selly,

Saya akhir-akhir ini sering mengalami  gusi bengkak bagian belakang sebelah kiri. Sakit hilang timbul, kira-kira apa penyebabnya? Memang gigi geraham terakhir berlubang dan setiap mau di cabut selalu tidak jadi, karena tensi selalu naik.

Kira-kira apa yang mesti saya lakukan?

Terima Kasih dokter.

🌴Jawab:
Kontrol tensinya.
Konsultasi sama dokter penyakit dalam untuk bisa segera dilakukan pencabutan gigi belakang.

^^^_^^^


@Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar