Rabu, 28 November 2018

HALAL DAN HARAM



OLeH: Ustadz Ahmad Jumadi Toha, Lc

           💎M a T e R i💎

🌷Kaidah Halal - Haram Dalam Islam

Oleh: A. Jumadi Toha, LC

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات. والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهداه. أما بعد.

Tiada kata yang patut saya ucapkan setelah mendapatkan nikmat berupa iman, islam, kesehatan dan kesempatan selain dari ucapan alhamdulillah, atas segala nikmat dan rahmat Allah SWT yang selalu dilimpahkan tanpa putus kepada segenap mahlukNya. Semoga kita selalu diberikan tuntunan dalam beramal soleh dan istiqamah menjadi hamba Allah SWT yang taat hingga akhir hayat. Amin.
Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad shalallahu'alahi wasallam yang kedatangannya membawa pelita iman dan cahaya islam, sehingga dengan izin Allah beliau berhasil mengeluarkan manusia jahiliah dari gelapnya kekufuran dan kedzaliman menuju indahnya keadilan Islam dan persaudaraan dalam ikatan iman, keluarga, para sahabat setianya, baik Muhajirin maupun Anshar, para tabi'in, tabiut tabi'in dan semoga terlimpahkan untuk kita semua dan orang-orang beriman setelah kita.

Saudaraku yang dimuliakan Allah, tema halal-haram adalah tema penting untuk diketahui, dipahami dan dijadikan pedoman agar  masyarakat tetap berjalan di atas koridor hukum. Masih banyak di antara kita yang belum memahami hakikat halal-haram sebagai salah satu prinsip ajaran Islam yang sangat pokok dan fundamental, akibatnya dengan mudah ditemukan pelanggaran terhadap norma-norma kemanusiaan dan sosial kehidupan. Karena kedudukan halal-haram dalam dalam Islam sangat menentukan baik-buruknya kehidupan yang dijalani, maka sudah sepantasnya tidak dipandang sebelah mata. Karena membiarkan diri menjalani hidup tanpa pengetahuan adalah lebih berbahaya dari berjalan di tengah kegelapan malam tanpa lentera. Seorang muslim baru dapat dikatakan sempurna Islam dan imannya bila berjalan on the track sebagaimana yang telah digariskan oleh Al-Qur'an dan As-Sunnah. Bila tidak memahami track hidup seseorang akan berpotensi merusak tatanan kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat yang menjadi ukuran dan barometer keimanan dan keislamannya. Nabi Muhammad bersabda:
"Orang Islam adalah orang yang memberikan rasa aman bagi orang lain dari kejahatan lisan dan tangannya." (HR. Bukhari).

Maka dalam pembahasan kali ini tema halal-haram akan saya petakan ke dalam beberapa kaidah dasar penting sebelum membahas secara rinci dan mendetail:

◼Pertama : Pengertian Halal
~ Halal artinya sesuatu yang boleh dikerjakan dalam Islam baik berupa ucapan maupun perbuatan, tidak mengandung konsekuensi pahala atau keutamaan dan dosa atau hukuman.

Contoh : Makanan dan minuman halal, pekerjaan halal, tempat tinggal halal, pasangan halal, penginapan halal, perjalanan halal, perbuatan halal, ucapan halal dan lain-lain. Maka berdasarkan definisi di atas halal adalah legitimasi hukum yang diberikan oleh Islam, dalam konteks ini Allah dan Rasulullah sebagai pembuat hukum membolehkan sesuatu untuk dikerjakan.

~ Pengertian Haram : Adalah sesuatu yang dilarang oleh Islam untuk dikerjakan baik berupa ucapan maupun perbuatan dengan konsekuensi hukuman dan dosa.

Contoh : makanan-minuman haram, pasangan haram, pekerjaan haram, perjalanan haram, tempat tinggal haram, hiburan haram, ucapan dan perbuatan haram.

◼Kedua : Pembuat Hukum.
Pembuat hukum halal-haram adalah Allah dan RasulNya. Maka perkara halal-haram bukan kewenangan manusia untuk menghukumi sesuatu itu haram. Manusia tinggal mematuhi rambu-rambu yang telah digariskan dan tidak mudah mengeluarkan hukum halal-haram terkait persoalan tertentu. Sebab Islam melarang kita untuk mudah berkata halal-haram tanpa dasar hukum karena besarnya tanggung jawab di hadapan Allah SWT.

◼Ketiga : Wilayah Pembahasan.
Halal-haram mencakup ucapan, perbuatan dan keyakinan. Sehingga apapun yang berupa ucapan, perbuatan dan keyakinan mengandung salah satu konsekuensi hukum, halal ataupun haram. Semua itu kembali kepada hukum asal sesuatu. Bila hukum asalnya adalah halal maka menjadi halal selama tidak ada indikasi yang merubah hukum asalnya. Misalnya adalah berkata-kata, hukum asalnya adalah halal atau boleh, karena manusia adalah mahluk sosial yang dilengkapi dengan kemampuan berbicara secara lisan. Namun jika kalimat atau kata yang akan diucapkan mengandung unsur hinaan, cacian, fitnah, gunjingan, dusta, khianat dsb maka berubah menjadi haram.

Contoh perbuatan : hukum asal perbuatan adalah boleh, selama tidak mengandung hal yang terlarang. Namun jika diketahui seseorang akan melakukan hal yang dapat merugikan orang lain secara fisik akan berubah menjadi haram, seperti menendang, menampar, membunuh, melukai dan lain-lain. Namun perlu diingat jika tindakan kekerasan itu dilatarbelakangi oleh alasan hukum yang membolehkan, maka tidak diharamkan, seperti hukuman mati yang dijatuhkan terhadap pelaku pembunuhan, maka ini berdasar pada hukum legal dan on the track law baik negara maupun agama seperti yang berlaku di Saudi (hukuman qishas).

◼Ke Empat : Penerapan.
Dalam menerapkan hukum halal-haram tidak hanya berlaku pada makanan dan minuman, namun juga meliputi perbuatan dan ucapan yang mengandung hukuman tertentu bergantung pada jenis dan tingkatannya. Semakin besar jenis pelanggaran yang dilakukan, semakin besar pula hukuman yang harus dijalani.

Kesimpulan : Hukum asal segala sesuatu adalah halal selama tidak terjadi pelanggaran hukum asalnya. Sedangkan haram adalah pelanggaran hukum yang dilakukan berupa ucapan dan perbuatan dengan konsekuensi hukuman terhadap pelakunya.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه
Banjarmasin, 29/11/2018

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Yayi
Assalamu'alaikum,

Jika seseorang mendapatkan rezekinya dari cara melegalkan sesuatu yang sama sekali tidak sah menurut hukum, apakah rezeki yang didapatnya termasuk halal atau haramkah?

🌴 Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Inilah induk dosa yang dilarang dalam Alquran, yaitu mengharamkan yang halal dan menghalalkan yang jelas haram. Bertentangan dengan ketentuan hukum negara dan ketetapan Allah SWT.

🔹 Uangnya diberikan kepada kita sebagai nafkah sementara kita tidak tahu asal muasalnya. Apakah yang menikmati uang tersebut juga berdosa?
Afwan...

🌴Hendaknya seorang istri bertanya kepada suaminya perihal sumber penghasilannya berasal dari mana, sehingga suami-istri terlebih dahulu memastikan sumber penghasilan sebelum dinikmati demi keselamatan seluruh anggota keluarga dari neraka.

0⃣2⃣ Ummi Azfiarry
Assalamualaikum ustadz,

Bagaimana hukumnya jika membeli daging yang kita tidak tahu apakah dagingnya disembelih dengan nama Allah atau tidak?
Mohon penjelasanya.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Tidak wajib meneliti dan bertanya kepada penjual apakah waktu menyembelih hewan itu membaca basmalah ataukah tidak kecuali jika si pembeli mengetahui secara pasti yaitu melihat langsung proses penyembelihannya tanpa membaca basmalah.

0⃣3⃣ Serra
Assalamualaikum,

Ketika tahu kita berkumpul dengan orang yang salah satunya kerjanya tidak halal tapi masih di beratkan oleh mertua. Baiknya bagaimana menjelaskannya?
Terima kasih.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam

Bagaimana jenis pekerjaan tidak halal yang dilakukannya?
Jika sudah dipastikan keharaman tempat kerjanya atau melakukan suatu pekerjaan yang dilarang agama amaka wajib melepaskan diri dari pekerjaan tersebut dan mencari pekerjaan yang halal.

Sebagai seorang muslim hendaknya ia taat kepada Allah dengan menjauhkan diri dari dosa dan segala sesuatu yang dibenci Allah SWT dan RasulNya, bukan justru bersikap sebaliknya, tidak peduli terhadap agamanya sendiri. Sikap membiarkan keluarga memakan penghasilan haram sangat membahayakan keluarganya. Nabi mengingatkan bahwa daging yang tumbuh dari uang yang haram neraka adalah tempat yang pantas baginya. Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari segala sesuatu yang dilarangNya.
Amin.

0⃣4⃣ Bund Yudith
Assalamualaikum ustadz,

1.  bagaimana hukumnya bila kita minum obat yang mengandung alkohol? Semetara obat itu resep dokter dan tidak bisa di ubah?
Biasanya obat batuk yang ada alkoholnya.

2. Lalu bagaimana dengan obat gosok yang mengandung alkohol? Jika menempel pada kulit kita apa haram di pakai shalat?

Mohon penjelasannya.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Untuk jawaban nomor 1 & 2 yaa...

Hukum obat yang mengandung alkohol tidak masalah selama tidak membahayakan jiwa dan kesehatan.

0⃣5⃣ Mama nofal
Afwan ustadz, jika penyewa kamar kost putri kita kerjanya tidak tahu, tapi suka keluar malam, apakah uang yang kita terima halal?

🌴Jawab:
Kesalahan atau dosa orang lain tidak berpengaruh pada uang sewa yang mereka berikan setiap bulannya, maka statusnya adalah halal. Namun sebagai pemilik kos berkewajiban menyampaikan tata tertib yang harus dilaksanakan dengan konsekuensi tertentu jika terjadi pelanggaran.

0⃣6⃣ Evi
Assalamualaikum,

1. Bagaimana hukumnya jika ada seseorang yang mendapatkan undian berhadiah? Apakah hadiah tersebut halal atau haram?

2. Lalu bagaimana menyikapi tawaran teman tentang pekerjaan sebagai sales minuman yang mengandung alkohol?

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

1. Undian termasuk jenis maisir atau judi yang terlarang, di antara alasannya adalah karena mengandung unsur garar atau spekulatif, di mana untung-rugi tidak dapat dipastikan meskipun dia telah banyak mengeluarkan biaya untuk mendapatkan nomor undian, sebaliknya ada kemungkinan orang lain yang akan keluar namanya dalam undian tersebut meskipun ia mendapatkan nomor undian dengan biaya ringan saja. Inilah induk perjudian yang dilarang dalam Alquran. Maka dengan skema seperti tersebut, jelaslah bahwa hukumnya adalah haram dan wajib ditinggalkan serta bertawakal sepenuhnya kepada Allah SWT Yang Maha Memberikan rezeki.

2. Pada dasarnya bekerja sebagai sales makanan dan minuman adalah pekerjaan yang halal, kecuali jika pekerjaan tersebut mengandung unsur-unsur yang diharamkan, seperti perjudian, mengundi nasib, alat-alat musik, lokalisasi prostitusi dan sebagainya-na'udzu Billah min dzalik-.

Bagaimana dengan sales alkohol? Apakah minuman beralkohol tersebut dapat menyebabkan orang yang meminumnya mabuk ataukah tidak? Jika menyebabkan mabuk, maka hukumnya sama dengan miras, namun jika tidak memabukkan, maka kembali kepada hukum asal semua jenis minuman, yaitu halal atau mubah. Sebab illat atau alasan hukum khamar diharamkan adalah lantaran ia memabukkan. Atas dasar ini, maka meminum khamar atau jenis minuman lainnya yang memabukkan hukum adalah haram, terlepas dari banyak-sedikitnya zat alkohol yang terkandung di dalamnya. Ini berdasarkan kepada hadits "Apa saja yang memabukkan dalam jumlah banyak, maka sedikitpun haram pula." Sehingga jika diketahui bahwa pada dasarnya alkohol dapat memabukkan dalam kadar tertentu, maka kadar yang sedikit pun menjadi haram, sebagai konsekuensi logis dari minuman yang memabukkan.
Wallahu alam.

0⃣7⃣ Yerma
Kalau dapat barang temuan seperti di kantong sampah dan pembuang itu kita tahu seperti tetangga kita awalnya memang sudah rusak tapi karena kita perbaiki bisa lagi digunakan!
Syukran jawabannya.

🌴Jawab:
Memungut barang yang sudah dianggap tidak lagi digunakan atau tidak lagi diperlukan oleh pemiliknya, tidak ada larangan, bila ditemukan di tempat pembuangan yang dikenal umum.

0⃣8⃣ Dewi
Apabila dalam rumah tangga suami bekerja dengan perkerjaan halal namun disisi lain dia juga punya perkerjaan sampingan yang hukumnya haram tanpa sepengetahuan istri, apakah berdosa bila istri memakan uang hasil haram karena ketidaktahuanya itu? Karena yang istri tahu suami dapat uang dari pekerjaan yang halal?

🌴Jawab:
Jika diketahui oleh istri bahwa suaminya mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang haram, maka hendaknya istrinya tersebut tidak berdiam diri, namun memberitahukan suaminya bahwa pekerjaan yang dia lakukan adalah diharamkan dan berdampak buruk bagi keluarga dan keturunan.
Dalam kasus di atas terdapat indikasi bahwa anda mengetahui pekerjaan haram yang dilakukan suami anda, namun bersikap diam atau pura-pura tidak mengetahui, maka sikap seperti ini lebih berbahaya jika dibandingkan dengan orang yang pada dasarnya tidak mengetahui sama sekali.

0⃣9⃣ Bund Lisa
Assalamualaikum ustadz.

Bagaimana jika sakit dan diberikan resep obat yang memakai kapsul yang tidak diketahui halal haramnya? Apakah meminumnya dibuka saja dipisahkan antara isi dan pembungkusnya agar hati juga tentram, atau bagaimana ustadz?
Afwan atas pertanyaan saya yang fakir ilmu ini ustadz.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Jika sesuatu yang haram bercampur dengan yang halal maka hukumnya melebur jadi haram. Maka wajib meninggalkannya dengan catatan setelah diketahui secara pasti menurut keterangan medis dan agama.
Wallahu a'lam.

1⃣0⃣ Mariam
Bismillah, ustadz apakah imunisasi itu haram?
Ada yang mengatakan dalam bungkusnya tertulis "obat ini bersentuhan dengan babi." ?
Wallahuallam.

🌴Jawab:
Jika diketahui secara pasti dan berdasarkan keterangan ahli medis dan agama bahwa terdapat kandungan zat haram di dalamnya, maka harus dihindari, kecuali dengan alasan darurat, yaitu tidak terdapat zat lain selain zat yang telah direkomendasikan dan keadaan pasien sudah sangat kritis, maka menggunakannya adalah diperbolehkan, berdasarkan kaidah fiqih "Kondisi darurat membolehkan perkara yang diharamkan." Semoga Allah SWT selalu menjaga keluarga kita dari makanan dan minuman yang haram.
Amin.

1⃣1⃣ Mala hasan
Assalamualaikum ustadz.

Bagaimana jika di dalam pekerjaannya, suami di beri imbalan setelah membantu orang lain dalam mengerjakan tugasnya?
Apakah halal pemberian tersebut? Bagaimana pula jika kita yang meminta bayaran untuk sebuah pekerjaan, apakah apakah upah tersebut halal hukumnya?

Syukron.

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Jika pemberian hadiah tersebut erat kaitannya orang yang diberikan hadiah, maka pemberian tersebut adalah sogokan yang diharamkan secara tegas dalam Hadits Nabi shalallahu alaihi wassalam "orang yang menyogok dan yang disogok keduanya di neraka."
Tapi jika tidak ada sangkut pautnya dengan orang yang diberikan hadiah namun sebagai ungkapan terima kasih, maka menerimanya tidak dilarang.
Wallahu a'lam.

1⃣2⃣ Mama Arry
Ustadz, bagaimana hukumnya makan tape ketan? Kalau lebaran di rumah suka bikin?  Lama-kelamaan kan keluar alkohol nya. Nah buat ngilangin biasanya saya panasin dan tambah gula putih. Apa masih boleh di konsumsi?

Mohon penjelasannya.

🌴Jawab:
Jika tidak menyebabkan mabuk maka mengkonsumsinya tidak dilarang, sebab illat larangan (dasar hukum larangan) adalah karena memabukkan.
Wallahu a'lam.

1⃣3⃣ Rahmi
Assalamu'alaykum ustadz.

Bagaimana hukum jual hasil bumi dari petani yang afdhol yang tidak mendatangkan hasil jual yang haram dari pembeli?

🌴Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Maksudnya?

🔹Afwan ustadz, pernah dengar jika jual hasil panen yang memang nampak jika hanya di beli secara kseluruhan tanpa ada satuan di kg, katanya sah jual belinya. Namun jika yang akan di jual kira tanaman yang tidak nampak, contoh: kentang, kemudian di jual saja secara keseluruhan masih dalam ladang dan itu baru tidak sah. Bagaimana penjelasannya ustadz. Yang benar-benar jual beli yang sah?
Syukron jawabanya.

🌴Di antara jual-beli yang dilarang adalah jual-beli yang mengandung unsur garar (spekulatif), seperti menjual ikan yang masih dalam air, menjual buah yang belum keluar dan sebagainya, itu contoh jual-beli terlarang, termasuk jual-beli kentang yang tidak terlihat karena pola jual kolektif tanpa timbangan atau takaran, sebab keadaan tersebut menimbulkan banyak kemungkinan dan ketidak jelasan.
Wallahu a'lam.

1⃣4⃣ Bunda Atin
Ustadz,
1. Seorang guru yang saat tidak ada jam mengajar dia gunakan untuk sholat dhuha dan tilawah apakah termasuk korupsi waktu sehingga gajinya bercampur haram?

2. Saat masuk waktu sholat dhuhur tapi dia ada jam mengajar sampai pukul 13.30 apakah harus sholat dulu atau tunggu selesai kelas?

🌴Jawab:
1. Pada dasarnya melanggar kesepakatan kerja tidak boleh dilakukan seseorang, sebab menjalankan kesepakatan bersama adalah perintah dalam ajaran Islam, "Wahai orang beriman, penuhilah janji-janji itu..."
Jika dia telah menyelesaikan tugasnya dengan baik maka melakukan pekerjaan di luar tugasnya tidak terlarang dengan waktu yang tidak mengganggu tugas pokoknya, dan tanpa menggunakan fasilitas kantor untuk pekerjaan pribadinya.

2. Shalat harus dikerjakan pada waktunya, maka seorang muslim harus meninggalkan segala bentuk kesibukannya demi mendahulukan perintah Allah dan Rasulullah, "Wahai orang yang beriman, janganlah kalian mendahului Allah dan RasulNya, dan bertaqwalah kamu kepada Allah...."

Oleh sebab itu jika terdapat aturan yang melarang seorang pekerja muslim mengerjakan kewajiban agamanya pada waktu yang telah diketahui secara umum, maka hendaknya dia mencari pekerjaan lain dalam rangka mendahulukan perintah Allah dan RasulNya di atas tugas manusia, namun jika aturan memberikan kebebasan bagi karyawan muslim untuk mengerjakan perintah shalat, maka tidak masalah dia tetap bekerja di sana.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Halal-haram adalah salah satu prinsip dasar ajaran Islam agar berhati-hati dalam melakukan, mengucapkan serta meyakini  sesuatu, sehingga tetap berjalan on the track dengan sikap kehati-hatian, khususnya berkaitan dengan sumber pendapatan, makanan, minuman, tempat tinggal dan sebagainya. Akhirnya kita berdoa kepada Allah SWT agar kita semua dijaga dari segala sesuatu yang membahayakan keselamatan diri, keluarga dan masyarakat.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar