Sabtu, 16 November 2019

MELEPAS KERINDUAN KEPADA ORANG YANG TELAH TIADA



OLeH: Ustadz Syahrawi Munthe

           💘M a T e R i💘

Assalamu'alaykum wr. wb
Segala puji bagi Allah,  atas segala karunia-Nya.  Solawat dan salam semoga selalu tercurah pada Rasulullah Muhammad saw. 

InsyaAllah materi kita sore ini tentang kerinduan.

🌸MELEPAS KERINDUAN KEPADA ORANG YANG TELAH TIADA


Kerinduan kepada seseorang  yang telah tiada rasanya sangatlah pilu. Perih bercampur  tangisan menyatu saat kerinduan itu datang. Yang ada hanya memorial kenangan saat bersama dulu, baik kenangan indah maupun pahit. Apalagi kenangan itu sangat membekas dan sulit terlupakan. Saat teringat, saat itu pula air mata mengalir deras.

Kerinduan yang sangat dalam kepada orang-orang yang telah tiada, takkan mungkin lagi bertemu di alam nyata. Kerinduan itu hanya bisa terobati saat ruh saling bertemu di alam mimpi. Saat itu biasanya akan terjadi dialog yang seolah-olah terjadi di alam dunia. 

Alloh ﷻ masih memberi kesempatan kepada manusia yang masih hidup untuk melepas kerinduan dengan orang-orang yang ia cintai yang telah wafat. Sekalipun yang bertemu tidak secara fisik, tetapi pertemuan tersebut akan jadi obat pelepas rindu. Firman Alloh ﷻ:

اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) ruh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah ruh (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan ruh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (QS. Az-Zumar: 42)

Ulama tafsir memberi penjelasan terkait dengan ayat ini bahwa ruhnya orang hidup dapat bertemu dengan ruhnya orang yang telah wafat. Dalam kitab tafsir At Thabari, Al Qurthubi dan tafsir lainnya dijelaskan bahwa:

إِنَّ أَرْوَاحَ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ تَلْتَقِي فِي الْمَنَامِ فَتَتَعَارَفُ مَا شَاءَ اللَّهُ مِنْهَا، فَإِذَا أَرَادَ جَمِيعُهَا الرُّجُوعَ إِلَى الْأَجْسَادِ أَمْسَكَ اللَّهُ أَرْوَاحَ الْأَمْوَاتِ عِنْدَهُ، وَأَرْسَلَ أَرْوَاحَ الْأَحْيَاءِ إِلَى أَجْسَادِهَا

“Sesungguhnya ruh orang yang hidup dan ruh orang mati bertemu dalam mimpi. Mereka saling mengenal sesuai yang Allah kehendaki. Ketika masing-masing hendak kembali ke jasadnya, Allah menahan ruh orang yang sudah mati di sisi-Nya, dan Allah melepaskan ruh orang yang masih hidup ke jasadnya.”

Begitulah cara Alloh ﷻ mempertemukan ruh manusia yang masih hidup dengan yang telah wafat. Di alam mimpi, ruh-ruh itu bertemu, sekadar untuk melepas rindu bagi orang yang masih hidup.

Pertemuan ruh-ruh itu mungkin juga sebagai pengingat bahwa semua manusia akan 'berpindah' dari alam dunia ke alam kubur. Jasad akan dikubur di tanah, sedang ruh akan kembali kepada Alloh ﷻ. Semoga saja saat kita meninggal, ruh-ruh itu dipuji dilangit dan 'wangi' saat naik kepada Alloh ﷻ. Sebab ruh-ruh orang yang shalih dan taat kepada Alloh ﷻ selama di dunia, akan dipuji-puji penduduk langit saat naik kepada Alloh ﷻ sedang ruh-ruh orang kafir dan banyak dosa, akan berbau busuk dan dilaknati penduduk langit.

Wallahu'alam

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Lisa ~ Malang
Afwan ustadz,

Ketika kita ziarah kubur, apakah ahli kubur mengetahui kehadiran kita ya? Lantas bagaimana jika saat ziarah selalu tidak bisa nahan tangis, basah air mata.

Apakah air mata kita itu memberatkan mereka ahli kubur?

Afwan atas pertanyaan saia yang fakir ilmu ini ustadz.

🔷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Ada pendapat yang mengatakan tentang mayit bisa mendengar atau melihat peziarah, tetapi pendapat lainnya mengatakan bahwa mayit tidak bisa mendengar atau melihat.  (Lihat QS. An Naml : 80)

Nangis adalah fitrah rasa yang melekat di manusia.  Tapi sebaiknya tidak meraung-raung dikuburan. Sekadar sedih dan menangis tidak mengapa. 

Wallahu'alam

0⃣2⃣ Mala Hasan ~ Lampung
Afwan tadz, jika kangen  sekali rasanya ingin jumpa dengan mereka yang telah tiada. Tapi kenapa mimpi bertemu atau melihat itu jarang sekali ya tadz.

Apakah Allah tidak menghendaki adanya pertemuan itu?

🔷Jawab:
Jika tidak pernah bermimpi dengan ahli kubur dalam mimpi, bisa jadi ahli kubur bahagia dengan do'a yang dikirimkan oleh keluarganya.

Atau karena pahala yang mengalir dari sedekah yang diberikan atas nama si mayit tersebut. Atau mungkin juga Allah tidak menghendaki pertemuam itu di alam ruh, karena manusia yang masih hidup itu banyak berbuat maksyiat. 

Wallahu'alam

0⃣3⃣ Fitri ~ Gresik
Ustadz, "sesungguhnya ruh orang yang masih hidup dan ruh oraneg mati bertemu dalam mimpi."

Jika kita manusia tidak bermimpi bertemu dengan almarhum artinya itu kita tidak bertemu kemudian apakah ada caranya jika ingin bermimpi bertemu almarhum?
Bagaimana kita tahu yang didalam mimpi itu bukan setan?

Terimakasih

🔷Jawab:
Jika tidak pernah bermimpi dengan ahli kubur sebenarnya tidak mengapa juga. Tapi biasanya seseorang yang begitu rindu dengan ahli kubur, akan bertemu di alam ruh. 

Biasanya bertemu syetan dalam mimpi biasanya sifatnya mengganggu manusia. Dan hal ini bisa dihindari dengan baca doa-do'a sebelum tidur.

Wallahu'alam

0⃣4⃣ Han ~ Nganjuk
Assalamu'alaikum,

Tadz, ketika ingin berhijrah tetapi ternyata alm telah di panggilnya sebelum sempat lihat berhijrah. Apakah beliau (alm) di sana mendapatkan dosa kita sebelum berhijrah tersebut?

🔷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Seorang yang mukallaf,  dosanya ditanggung oleh masing-masing yang berbuat dosa. Dan seseorang dihukumi berdosa sesuai dengan batasan kewajibannya.

Jika orang tua, misalnya sudah mengajarkan anak kebaikan, tetapi anak tersebut tidak mengindahkan dan malah jauh dari kebaikan, maka setelah mukallaf, anak itu menanggung dosanya. 

Wallahu'alam

0⃣6⃣ Yeyen ~ Bandung Barat
Assalamuallaikum wr.wb ustadz.

Jika seorang ibu sudah meninggal sedari saya kecil, tapi saya tidak pernah melihat wajah ibu, tidak ada foto untuk dilihat juga. Saya ingin sekali bertemu walaupun dalam mimpi. Adakah do'a agar saya dapat bertemu dengan ruh ibu saya di alam mimpi?

🔷Jawab:
Wa'alaykumussalam wr.wb. 

Tidak ada do'a khusus sebenarnya. Cukup do'akan saja semoga almarhumah lapang dalam kubur. Jika punya rezeki lebih,  bersedekahlah atas nama almarhumah. Tentang perjumpaan dengan beliau, mungkin akan sulit karena tidak sempat kenal. Tetapi sesungguhnya, ruh itu akan saling mengenali di alamnya. 

Wallahu'alam

0⃣7⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualikum pak ustadz, 

Bukanya kalau ruh orang yang sudah meninggal itu tidak datang dalam mimpi-mimpi itu katanya hanya sebagai bunga tidur saja dan kita juga tidak boleh terlalu percaya dalam mimpi kadang apa yang ada didalam mimpi itu adalah setan atau jin yang menyerupai orang yang sudah meninggal.

Nah terus bagimana cara kita mengatasai atau mempercayai mimpi tersebut kalau itu adalah benar dan orang yang sudah meninggal memang merindukan sanak saudaranya. Arti dalam rindu orang yang sudah meninggal itu apa butuh do'a kita?

Terimakasih, mohon pejelesanya ustadz.

🔷Jawab:
Wa'alaykumussalam,

Ruh orang yang sudah meninggal, bisa bertemu dengan ruh yang masih hidup di alam ruh. 

Mimpi memang ada 3 jenis sumbernya:
√ Dari Allah,
√ Bunga tidur (karena aktivitas di siang hari),
√ Dan dari setan. 

Supaya mimpi tidak diganggu syetan, maka sebaiknya baca doa dan bacaan-bacaan lain misal ayat kursi, al ikhlas, al falaq dan an nas. Semoga tidak diganggu jin dalam mimpinya. 

Wallahu'alam

0⃣8⃣ Erni ~ Jogja
Assalamualaikum ustadz,

Benarkah ruh setiap malam jumat dilepas ke dunia untuk melihat kerabatnya yang masih hidup?

Dari pemaparan ustadz diatas berarti siksa kubur maupun nikmat kubur yang diperoleh setelah meninggal bukan di kuburan jasad yang sering kita kenal tanah makam?

Mengapa masyarakat pada umumnya jika kangen dngan orang yang sudah tiada atau terhalang jarak diisyarohkan untuk kirim surat al fatihah?

Bolehkah sebelum tidur punya keinginan yang dipanjatkan pada Alloh agar dipertemukan dengan ruh seseorang baik yang sudah tiada maupun yang terhalang jarak dan waktu? 

Mohon pencerahannya.
Nuwun.

🔷Jawab:
Wa'alaymussalam,

Pembahasan ini memang ada perbedaan pendapat ulama. Bahwa ada yang berpendapat mayit mengetahui kondisi keluarganya sedang ulama yang lain mengatakan bahwa tidak bisa mayit mengetahui kondisi keluarganya sebab ruhnya ada di alam lain, sedang keluarga ada di alam dunia.

Jadi nasehat para ulama, agar kita tidak disibukkan dengan hal-hal seperti ini.  Sebaiknya yang masih hidup fokus dengan amalan shalihnya. Karena mayit juga sibuk dengan urusannya di dalam kuburan. 

Mayit disiksa atau mendapat nikmat kubur di alam barzakh. Alam barzakh makanya dikuburan, tempat mayit di kubur. Tetapi ada yang berpendapat bahwa alam barzakh adalah suatu tempat yang Allah tentukan tempat mayit di siksa atau dikubur. Karena tidak semua yang mati bisa dikubur, ada yang tenggelam, atau jasadnya musnah, karena dimakan binatang buas, dan sebagainya.

Kalau keluarga kirimkan surah al fatihah, tidak mengapa, terutama anak-anaknya untuk orang tua. Karena tidak hanya al fatihah, doa anak yang shalih dinanti oleh orang tuanya yang sudah wafat. 
Tidak ada doa khusus agar bisa bertemunya ruh yang masih hidup dengan ruh mayit. 

Wallahu'alam

0⃣9⃣ Nina ~ Makasar
Titipan teman ustadz,

Bagaimana kalau semalam ada 2 orang atau lebih yang mimpi almarhum ayahnya. Bagaimana keadaan ruhnya sebenarnya?

🔷Jawab:
Ya mungkin saja, ruh-ruh itu saling bertemu satu sama lainnya. Yaa tidak apa-apa. Ruh yang saling bertemu, mungkin saja muncul dalam mimpinya masing-masing.

Wallahu'alam

1⃣0⃣ Serra ~ Malang Assalamualaikum, 

Ketika merasa kehilangan terlalu parah, bolehkah Kita berusaha dengan sekuat tenaga melupakan atau bagaimana?

🔷Jawab:
Wa'alaykumussalm wr.wb. 

Ya jangan pula dilupakan, sebab ziarah kubur perlu juga, selain untuk mengunjungi si mayit,  juga untuk mengingatkan kita akan kematian. 

Wallahu'alam

1⃣1⃣ Ramlah ~  Jambi
Assalamu'alaikum pak Ustadz,

Maaf saya mau bertanya melenceng sedikit dari tema. Tentang Talak.

Jika suami berucap; "kalau kamu besok pagi kerumah orang tuamu, maka jatuhlah talak satu untukmu."

Namun si istri tidak kerumah orang tuanya keesokan paginya.
Apakah talak tetap jatuh, pak Ustadz?
Ada yang mengatakan; walaupun si istri tidak kerumah orang tuanya tetap talak sudah jatuh. Tidak harus si istri pulang kerumah orang tuanya dulu. Karena si suami sudah mengucapkan talak.

Bagaimana jawaban yang sebenarnya dalam islam ya pak ustadz, untuk kasus seperti ini?

🔷Jawab:
Wa'alaykumussalam wr.wb.

InsyaAllah talaknya belum jatuh, karena ada kalimat syarat yang diucapkan. Jika pergi ke rumah orang tuanya. Jika tidak jadi, ya talak tidak jatuh. Kecuali jika suami berucap tegas, bahwa "saya menalakmu atau menceraikanmu." Maka jatuh talak 1.

Wallahu'alam

🌷Tapi temen saya sudah dirumah orang tuanya pak ustadz jam 11 pagi. Karena tetangganya sudah bilang jatuh. Bagaimana ini pak ustadz?

🔷Waduuh, harusnya jangan pergi. 
Yaa semoga baik-baik sajalah.

Jikapun sudah sempat jatuh talak satu, upayakan biar rujuk kembali.

1⃣2⃣ Frin ~ Surabaya
Assalamualaikum warahmatullah wabarokatuh

Dikala kita merasa rindu dengan orang kita cintai namun beliau telah tiada,  apa yang harus kita lakukan?

Mohon pencerahannya.

🔷Jawab:
Wa'alaykumussalm, 

Banyak-banyak mendoakannya.  Mendoakan kepada Allah agar kelak dikumpulkan dengannya di surga. 

Amin

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Saat kerinduan datang pada yang tidak bisa ketemu lagi di dunia,  maka berdoalah padanya. 

Jika itu orang tua, maka jadilah anak yang shalih dan shalihah untuk selalu mendo'akannya dan bersedekah atas namanya. Sebab itulah yang bisa membantunya di alam barzakh. 

Semoga sehat semua yaaa...

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar