Senin, 03 Desember 2018

PENTINGNYA BELAJAR ILMU AGAMA



OLeH: Ustadzah Dini Inayati

           💘M a T e R i💘

بسم الله الرحمن الرحيم

🌷Definisi ilmu :
Ilmi adalah ibadah. Dan menurut sebagian ulama ilmu adalah sholat yang rahasia, yaitu ibadah hati.

Adapun syarat syarat ibadah :
1. Ikhals , niat karena Allah.
2. Mempraktekkan semua ilmu untuk kebaikan dunia dan akhirat.
3. Rajinlah menuntut ilmu sebagaimana para salafus sholih.
4. Membiasakan takut kepada Allah (menghindari maksiat).
5. Membiasakan untuk selalu merasa diawasi.
6. Menghindari pamer dan sombong.
7. Qannaah dan zuhud.


Muslimah harus cerdas. Sebagai muslimah kita harus cerdas dalam hal apapun.
Kenapa? Karena muslimah mempunyai peran penting dan banyak di kehidupan. Sebagai muslimah kita harus bisa mandiri, bisa menjadi istri dan ibu yang berwawasan keilmuan kita.

Ilmu agama sangat penting dan harus kita dapatkan, selain untuk beribadah kepada Allah, juga untuk bermuamalah kepada setiap makhluk ciptaan Nya.

Kepada muslimah harus belajar agama? Karena belajar agama adalah suatu kewajiban bagi kita muslimah pada khususnya, dan semua umat nabi Muhammad pada umumnya.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh ibnu majah,

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ ، قَالَ : حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ سُلَيْمَانَ ، قَالَ : حَدَّثَنَا كَثِيرُ بْنُ شِنْظِيرٍ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ ". (سنن ابن ماجه ، المقدمة،  باب : فضل العلماء والحث علي طلب العلم).

Seorang muslimah wajib belajar ilmu agama untuk bekal dirinya sendiri, dan juga masyarakat. Seorang muslimah wajib belajar ilmu agama karena dia merupakan pendidik pertama bagi anak-anak nya, dia harus menyiapkan generasi terbaik, generasi rabbani yang kelak bisa memenangkan agama Allah.

Adapun keutamaaan belajar ilmu agama pertama Allah akan mengangkat derajat hamba hamba Nya yang menuntut ilmu. Kedua, Allah mudahkan jalan hamba hamba Nya yang menuntut ilmu agama ke surga. Dan jika hamba Nya bersungguh sungguh dalam belajar agama, Allah akan mudahkan urusannya di dunia, Allah berikan kelapangan pada kehidupannya, Allah mudahkan dalam memahami ilmu. Sebagaimana Firman Allah dan hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Firman Allah surah al-mujadilah ayat 11,

يرفع الذين ءامنوا منكم والذين اوتوا العلم درجت

Hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا ؛ سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ ". ( سنن الترمذي،  مسند احمد)

Zuhud yaitu meninggalkan kesenangan duniawi,

Kenapa kita sebagai muslimah harus bisa mandiri, jadi istri dan ibu yang berwawasan luas?  Karena:
1. Sebagai wanita mandiri,
Dengan mandiri kita bisa membentengi diri kita dari hal kemaksiatan, bisa menjaga kehormatan kita.

2. Sebagai istri
Kita sebagai wanita harus bisa menjadi istri sholehah buat pasangan, karena dengannya kita bisa meraih surga Nya.

3. Sebagai ibu
Karena ibu adalah pendidik pertama, oleh karena itu kita harus punya wawasan yang luas. Kita harus mempunyai bekal ilmu agama untuk kita ajarkan kepada anak anak kita sehingga nantinya mereka bisa menjadi anak anak yang faham akan aqidah mereka, menjadi generasi rabbani.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Dinda
Assalamu'alaikum ustadzah,

Ustadzah bagaimana cara kita menghindari rasa sombong dan pamer dalam bertholabul ilmi?

Jujur terkadang saya ingin apa yang saya dengar tentang ilmu agama.
Saya ingin share ke sosmed dengan niat berbagi,,, karena siapa tahu ada yang mau mengamalkan apa yang saya tulis dengan niat lillah karena Allah.

Tapi terkadang,, Malah di buat salah ustadzah.
Ada seorang teman seperti ada masalah lalu dia malah meminta pendapat dari saya,,,
Saya malah bingung,,, saya niat berbagi malah disangka saya pintar dalam ilmu agama.

Hal seperti itu yang membuat hati saya bertanya tanya ustadzah,,,
Lanjutkan atau tidak dengan keinginan saya yang seperti ini,, berbagi kepada semuanya ini!

Al fakir... jazzakallah khoiron ustadzah.

🌷 Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Sampaikan saja ilmu yang kita dapat, ilmu yang kita tahu dengan tetap santun dalam menyampaikannya. Jangan terlalu berbangga diri atas ilmu yang kita punya.

Sehingga tidak menimbulkan riya' atau ke sombong kepada kita atas ilmu tersebut.
Dan selalu meminta kepada Allah agar dihindarkan dari sifat sombong.

💎Bertanya tentang terbersit  masalah sombong itu terkadang apa benar bisikan syetan ya ustadzah?

Saya sering dalam hati itu berniat baik semisal Lillah karena Allah
Begitu senang hati ini bisa beramal lalu dalam waktu yang tidak lama ada bisikan,,, Seperti halnya menyombongkan diri sendri begitu ustadzah.

Lalu bagaimana kita harus menangkisnya ustadzah?

🌷Ya memang benar sombong itu bisikan syaithon. Karena sombong adalah salah satu sifat syaithon. Selalu berlindung kepada Allah dari godaan syaithon, dari bisikan bisikan syaithon. Perbanyak istighfar.

0⃣2⃣ Riana
Assalamu'alaikum,

Karena kita karena sering keluar rumah untuk datang ke kajian yang beda-beda materi, jadi tetangga pada nanyain  kemana saja setiap hari tidak ada di rumah, kalau jujur dikira sombong tapi kalau bohong kepikiran terus. Bagaimana menyikapinya ustadzah?

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Jujur saja sampaikan kepada mereka, masalah sombong itu masalah hati, kita tidak, yang terpenting jangan terbersit sedikit untuk sombong. Dan doakan supaya mereka mau memahaminya.

💎InsyaaAllah tidak ada terbesit rasa sombong di hati saya, niat saya mumpung masih ada waktu saya nyari ilmu yang banyak buat bekal di akhirat soalnya tidak tahu ajal kapan datang ...

0⃣3⃣ Lolita
Assalamualaikum ustadzah,

Bagaimana persiapan untuk menjadi ibu dan istri yang baik? Saya masih sangat fakir ilmu ustadzah.

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Perbanyak ilmu agama, perbaiki diri, selalu meminta kepada Allah untuk dijadikan ibu dan istri yang baik.

💎Apakah ada doa atau amalan khususnya?

🌷Tidak ada

0⃣4⃣ Yayi
Assalamu'alaikum ustadzah,

Saya menuntut ilmu hanya dari rumah saja, apa boleh? Seperti sekarang ini... Ikut kajian online yang bisa tanya jawab seperti ini, sekali kali memang ikut ta'lim yang dekat dekat rumah tapi hampir jarang sekali karena bahasannya itu itu saja dan kadang suka terganggu dengan rengekan anak-anak kecil yang dibawa ikut jadi kurang fokus. Apa tindakan saya salah dan jika salah bagaimana seharusnya?

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Menuntut ilmu dimana saja sah-sah saja. Menyesuaikan dengan kondisi kita. Jika memungkinkan untuk mendatangi majlis ta'lim itu lebih baik, tapi jika kondisinya tidak memungkinkan tidak apa-apa.

0⃣5⃣ June
Assalamualaikum....

Maaf ustadzah apabila pertanyaan saya melenceng.....
Bolehkah menerima pinangan pemuda yang belum memiliki pekerjaan tetap atau freelancer tetapi dia terus meyakinkan saya bahwa dia akan berusaha untuk tetap berpenghasilan apapun caranya.

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Boleh saja. Karena rizqi itu sudah Allah atur. Dan Allah juga sudah menjanjikan rizqi bagi siapa saja yang mau menikah وتزودا فإن خير زاد التقوي . Dan menikah juga membuka pintu rizqi.

Kalau boleh, saya izin cerita sedikit nih. Dulu pertama kali ada ikhwan, teman seangkatan saya kuliah di Sudan ini, dia belum punya penghasilan sendiri. Dia hanya jualan kripik pisang, itu juga kadang-kadang karena sibuk kuliah dan mengikuti kajian-kajian para masyayikh disini. Tetiba suatu saat atas saran dari temannya, dia memberanikan diri untuk melamar saya kepada keluarga saya, dan dia meyakinkan kepada keluarganya dan keluarga saya meskipun dengan penghasilan yang bisa dibilang kurang. Karena kami yakin rizqi itu semua sudah diatur oleh Allah. Alhamdulillah, Allah izinkan kami untuk bersama. Dan setelah menikah, kami masih tinggal berpisah, saya sendiri tinggal di asrama Putri, dan suami juga tinggal di asrama putra itu selama satu tahun pernikahan. Alhamdulillah setelah setahun pernikahan, kami bisa menyewa kontrakan, ada saja rizqi Allah yang datang. Ada orang yang tanpa kita kenal ngasih kita kulkas, kasur dan sebagainya. Intinya kita harus selalu yakin dengan janji Allah. Terus perbaiki diri, dan meminta kepada Allah, dan hanya berharap kepada Nya.

💎Masya Allah mbak... sangat menginspirasi dan memotivasi skali ceritanya mbak. Makasih banyak mbak. Jazakillah khair.

0⃣6⃣ Regita
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Apakah boleh ustadzah, menuntut ilmu dengan berharap syurgaNya Allah atau balasanNya yang lainnya?

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Boleh kita menuntut ilmu dengan berharap surga. Karena menuntut ilmu adalah cara kita supaya kita tahu bagaimana cara beribadah kepada Allah dengan benar, sehingga surga Nya bisa kita gapai.

💎Kalau berharap yang lain selain syurga bagaimana ustadzah?

🌷Jika yang diharapkan suatu kebaikan atau untuk memperbaiki diri sah-sah saja.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Alhamdulillah Allah izinkan kita untuk berbagi ilmu kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Dan jika ada kebaikan itu datangnya dari Allah. Jazaakumullah untuk semua yang sudah mau meluangkan waktunya. Mari kita tutup halaqoh kita hari ini dengan membaca hamdalah, doa kaffarotul majlis dan surah al'ashr.

الحمد لله رب العالمين..

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ وَالْعَصْرِ * إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ * إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

سبحانك اللهم وبحمدك نشهد ان لا إله انت نستغفرك ونتوب اليك.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tidak ada komentar:

Posting Komentar