Sabtu, 15 Desember 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS iBu HaMiL) With : Bidan Devi Inggerianie,S.ST.,M.Kes



OLeH: Devi Inggerianie,S.ST.,M.Kes

Sabtu, 15 Desember 2018
OLeH : Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
Moderator : Sinda
Notulensi   : Bund Haniek
➖➖➖➖➖➖➖➖

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ

اعوذبالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Puji syukur kehadirat Allah ﻋﺰّﻭﺟﻞّ  atas segala nikmat dan karuniaNya sehingga kita bisa berjumpa  di kajian ini, dalam kafaah keilmuan kita untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi dalam bertaqarrub kepada Allah, menguatkan Azzam dalam jamaah, memaksimalkan potensi dakwah, menyemaikan syariah dalam bermuamalah hingga dunia bersemai indah.

Shalawat dan salam kita haturkan pada baginda Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ , yang berahklak mulia, uswatun hasanah.
Semoga terus memotivasi kita untuk terus menjadi lebih baik.

Semoga pada hari yang barokah ini, insyaAllah mampu menerangi kita untuk selalu dekat dengan-Nya untuk menuju Jannah yang Abadi...
Aamiin ya robbal alaamiin.

🌸🌷🌸

0⃣1⃣ Ria
Anak saya usia 6 bulan,
1.Kalau lagi flu bagusnya anak mandi 2x sehari, atau pagi saja atau jangan mandi dulu?

2. Kalau sudah umur 6 bulan kan bayi sudah boleh MPASI yaa... Nah apakah semua buah dan sayur bayi boleh makan? buah-buahan dan sayuran apa saja yg baik buat bayi yang baru mulai makan makanan tambahan selain ASI?

💊Jawab:
1. Baiknya mandinya 2x. Tidak hanya itu, pada dasarnya mandi saat sakit tetap dianjurkan karena bisa menghindari anda terkena infeksi lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah suhu airnya. Mungkin Anda menganggap bahwa air dingin bisa memberikan rasa nyaman pada tubuh yang sedang “kepanasan”. Akan tetapi, dokter dan tenaga kesehatan di seluruh dunia tidak menyarankan Anda untuk mandi air dingin saat sedang sakit atau barang tidak fit. Ini justru bisa memperburuk kondisi Anda.

2. Untuk usia 6 bulan ke atas, Selain kita kasih ASI, MPASI bisa kita berikan. Asal teskturnya halus yah.
Banyak jenis. Bisa bunda kasih pisang, pepaya, bubur, pir, pure kacang merah. Buat Tim... Kacang panjang dan lain-lain.

Karena buat bunda lebih aman. Tanpa pengawet pastinya juga buah dan sayur yang di pilih adalah yang terbaik.

0⃣2⃣ Bund Sasi
Assalamualaikum bubid Devi

a. Sebenarnya bolehkah ibu hamil minum cdr dan susu hamil? (Maaf sebut merek)

b. Bubid sayang, pemakaian iud itu maksimal berapa tahun ya?
Saya masih pakai tapi sudah 5 tahun lebih. Belum pernah check up baru konsul sedikit dengan bubid dekat rumah. Kata beliau bisa sampai 8 tahun. Benarkah?

Jazakillah khoiron.

💊Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Mba Sasi Salam kenal salam Persaudaraan.
1. Untuk CDR Dibolehkan Bunda. Asal diusahakan jangan terlalu sering, karena Tinggi vit C yang berlebihan. Berdasarkan pengalaman bisa mengakibatkan ari-ari lebih nempel. Takutnya manual plasenta jika bunda terlalu sering. Baiknya cukup 1 botol 1 bulan. Atau dirasa perlu. Dan untuk Susu hamil, Usahakan trimester 1 dan 2 lebih di butuhkan. Karena sebagai pelengkap. Tetapi pada trimester 3, jika Dirasa TBJ (Tapsiran Berat Badan Janin) sudah cukup, Bisa diubah ke vitamin kalsium saja. Karena Protein pada susu pada trimester 3 memicu alergi pada debay.

2. Salam sayang lagi untuk mu Ibu
Saat IUD bunda pakai. Merek apa? Karena ada yang merek Nova. T dari bayer hanya 5 tahun. Tapi kalau dari Pemerintah. Andalan, Biasanya 10 tahun tapi dianjurkannya 8 tahun.

Bunda cek yah... Pemakaiannya yang mana.

🌴Ma sya Allah bubid
Saya lahiran terakhir dan di pasang iud itu di RS Fatmawati, bubid, jadi lebih condong dari pemerintah kan?
Saya mau lepas dalam waktu dekat. Kira-kira harus usg dulukah untuk memastikan letak iud-nya?

Sejauh ini tidak ada keluhan berarti sih di seputar perut dalam.

Nb: Saya lahiran secara sc 2x.

💊Bunda. Jika Bidannya berkompeten. Insa Allah saat bunda menstruasi pelepasannya. Tidak perlu USG.
Tapi jika Bunda ingin lebih merasa yakin, Boleh USG terlebih dahulu.

0⃣3⃣ Rini
Assalamualaikum bubid Devi.

Minggu ke 27 kemarin ambeien saya pecah dan seharusnya dioperasi. Tapi saya memilih untuk menundanya karena demi keselamatan baby saya. Apakah mungkin dengan keadaan seperti ini bisa melahirkan normal?

💊Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Untuk partus normal atau tidak itu ditentukan nanti jika sudah mau Inpartu (mau melahirkan). Kebijakan akan dilihat saat melihat kondisi ibu dan bayinya.

0⃣4⃣ Rizki
Assalamu'alaykum,

1. Saat ini saya hamil 24 week , tulang selangkangan sering sakit akhir-akhir ini, kenapa ya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Kehamilan-kehamilan sebelumnya sakit-sakit begitu muncul di uk 35 an ke atas soalnya.

2. Di kehamilan ini kulit juga jadi kering dan menghitam di wajah leher dan lipatan-lipatan, apakah wajar dan kadang gatal bagaimana mengatasinya?

Jazakillahu khairan.

💊 Jawab:
Wassalamu'alaikum, bunda rizki.

1. Kalau selangkangan terasa sakit tapi kehamilan sehat dan tidak ada kista, cuma ada nyeri panggul di trimester pertama, itu bisa disebabkan pembesaran rahim dan peningkatan aliran darah ke panggul. Akibatnya, kandung kemih mampat dan bumil pun jadi merasa nggak nyaman.

Beranjak memasuki trimester kedua, ada lebih banyak alasan bunda mengalami sakit di selangkangan, seperti meningkatnya bobot dan senam intrauterine bayi. Senam intrauterine bayi tidak terasa seperti tendangan di leher rahim ya, Bun. Selain itu, varises juga bisa jadi penyebab selangkangan sakit karena varises bisa muncul di labia dan vagina selama kehamilan.

Beberapa ahli juga percaya kekurangan magnesium bisa membuat nyeri di selangkangan memburuk karena terkait fungsi saraf di area vagina. Sayangnya, peregangan di akhir kehamilan biasanya membuat gejala selangkangan nyeri makin buruk. Makin dekat waktu persalinan, kemungkinan nyeri tambah terasa makin besar, Bun.

"Saat bayi turun ke jalan lahir, tekanan pada saraf lebih besar ketimbang sebelumnya sehingga nyeri yang menusuk bisa meluas ke rektum atau bahkan kaki. Jujur, seperti stretch mark dan heartburn dan pergelangan kaki bengkak, mungkin tidak ada cara untuk benar-benar lolos dari sakit ini," kata para ahli.

Ilustrasi hamil atau Foto: thinkstock

Sakit di Selangkangan yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Oh iya, Bun. Kalau nyeri di selangkangan disertai gejala berikut ini saat usia kehamilan Bunda kurang dari 37 minggu, hati-hati dan segera hubungi dokter kandungan ya. Dilansir Romper, berikut beberapa gejala yang perlu diwaspadai ibu hamil ketika muncul berbarengan dengan sakit di selangkangan.

1) Demam
Menurut Parenting, demam tidak selalu merupakan tanda ada sesuatu yang salah selama kehamilan Bun, tapi bisa juga jadi tanda infeksi bakteri berbahaya.

2) Keputihan Banyak dan Tidak Normal
American Pregnancy Association (APA) menyebutkan keputihan selama kehamilan umumnya normal walau jumlahnya banyak. Tapi, kalau warnanya berubah dari putih jadi hijau atau kuning dan berbau busuk, itu bisa menjadi tanda infeksi.

3) Perdarahan
Perdarahan terutama berupa flek selama kehamilan, terutama di trimester pertama kehamilan sering terjadi. Tapi menurut APA perdarahan yang lebih berat bisa jadi tanda adanya polip serviks, keguguran, atau masalah lainnya. Kalau terjadi perdarahan, segera kasih tahu dokter yang menangani Bunda ya.

4) Sakit Punggung
Umumnya sakit punggung nggak berbahaya. Tapi, kalau ini Bunda alami terus-terusan, Baby Center melaporkan dalam beberapa kasus kondisi ini bisa jadi tanda persalinan prematur atau infeksi ginjal.

5) Ada Cairan
Selama kehamilan Bunda mungkin sering menemukan cairan yang terasa bocor di celana dalam. Memang, kita bisa jadi kesulitan menentukan itu urine atau ketuban. Setidaknya, kalau baunya menyengat dan pesing itu bisa jadi urine. Apalagi dalam kondisi hamil kita kan jadi lebih susah menahan pipis ya, Bun. Tapi, kalau Bunda khawatir dan ragu menentukan cairan itu apa, ada baiknya berkonsultasi ke dokter.

6) Muntah
Mual dan muntah pada dasarnya lumrah dialami ibu hamil. Tapi kalau tubuh Bunda terasa nggak enak, bisa jadi ada masalah lain. Menurut doula dan penulis Robin Elise Weiss, PhD, mual muntah disertai rasa sakit dan nggak nyaman bisa jadi gejala radang usus buntu. Untuk memastikannya sudah pasti kita perlu cek ke dokter ya, Bun.

Untuk pertanyaan no,
2. Jaga personal hygene Itu karena faktor hormon. Biasanya akan menghilang jika sudah 3 bulan persalinan.
Untuk sekarang, Pastikan suhu ruangan jangan terlalu panas. Pakai pakaian yang menyerap keringat.
Bunda juga bisa luluran 1 minggu sekali. Gunakan sabun yang sesuai kebutuhan.

0⃣5⃣ Diana
Assalamualaikum Ibu Bidan .

1. Saat ini Uk saya 37 Weeks.
Jika saya berjalan terlalu jauh, kaki kanan saya dari bagian atas sampai betis terasa begitu sakit sekali bu. Biasanya tidak pernah merasakan sakit. Tapi tidak ada pembengkakan diarea kaki. Hanya terasa ngilu dan sakit saja bu.
Bagaimna cara mengatasi hal tersebut bu?

2. Bu Bidan. jika seandainya saya ingin melahirkan di usia kehamilan 37-38 Weeks sedangkan belum ada tanda - tanda persalinan.  Apakah boleh untuk di induksi bu bidan?
Mohon jawabannya.

Terimakasih sebelumnya.

💊 Jawab:
Wassalamu'alaikum,

1. Hampir sama dengan pertanyaan no. 4. Jika bunda sudah merasakan sakit, baiknya segerakan Istirahat ya Bunda.

2. Bisa bunda, tetapi induksi alami Seperti hubungan badan dengan kita therapy senyum.
Yoga cat and chow.
.
Therapy akupresur pada ahlinya. Karena ada titik tubuh setelah 2 hari therapy biasanya akan merasakan tanda persalinan.

0⃣6⃣ Erika
Asalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Berikut ada beberapa pertanyaan titipan ya, Bu Bidan. Jadi antar pertanyaan tidak berkorelasi. hehehe...
1. Kalau masih dalam masa menyusui anak yang pertama dan belum 2 tahun kemudian hamil lagi, apa produksi ASI akan tetap sama seperti sebelum hamil atau malah berkurang?

2. Jika nifas sudah selesai tapi belum haid dalam waktu lama, bagaimana mengetahui kapan sedang masa subur dan tidaknya?

3. Jika UK sudah melewati HPL dan belum ada pertanda akan melahirkan sama sekali, biasanya prosedur apa yang akan disarankan oleh obgyn atau bidan?

Terima kasih.

💊Jawab:
Wa'alaikumsalam,

1. Biasanya tergantung individunya. Jika Ibu tidak stres, cukup istirahat dan kontak menyusui durasinya tidak di ubah  atau berubah. Jumlah Air susu pasti masih Sama.

2. Bagusnya Menstruasi untuk memastikan kesuburan. Atau metode lain seperti: Menggunakan kalkulator masa subur Metode lendir serviks, di mana pada saat masa subur diproduksi lendir serviks atau cairan vagina yang berwarna bening, licin, elastis, dengan konsistensi menyerupai putih telur mentah. Adanya lendir serviks ini dapat menjadi penanda bahwa Anda sedang berada dalam masa subur.Metode suhu basal, yaitu dengan pengukuran suhu basal tubuh setiap hari. Suhu basal tubuh diukur pada pagi hari saat baru bangun tidur dan belum beranjak dari tempat tidur, di mana nilai normalnya adalah 35,-36,6 derajat Celsius. Pada saat ovulasi terjadi kenaikan suhu basal sekitar 0,3 derajat Celsius. Menggunakan alat prediksi masa subur yang dijual bebas di apotek.

3. Biasanya di USG ulang dan di test CTG. Untuk mengetahui kesejahteraan debay. Jika hasilnya bagus, Insa Allah dilakukan Induksi.

0⃣7⃣ Esa
Bubid, biasanya kita bisa merasakan pergerakan janin di usia kehamilan berapa minggu?

💊Jawab:
Ia Mba Esa. Umumnya-umumnya ibu hamil atau bumil bisa merasakan sendiri gerakan janin ketika usia kehamilan berkisar antara 16-22 minggu. Namun, calon ayah harus bersabar sedikit lebih lama untuk bisa ikut merasakan kelincahan Si Kecil dalam kandungan.

0⃣8⃣ Annisa
Bu bidan, anak saya ada ruam putih di muka kenapa ya?
Sejak lahir sudah ada ruam putih di kening pas di bawa pulang jadi banyak ruam putihnya, bahaya tidak ya?

💊Jawab:
Bisa faktor alergi atau sensitif. Pada debay bun. Evaluasi juga pemakaian sabun dan lain-lainnya. Jangan diberikan salap jika tidak yakin diagnosanya. Karena dengan sendirinya akan Sembuh.

HOME PREGGIESPRA KEHAMILAN SEBELUM HAMIL RENCANA KEHAMILAN KEHAMILAN TENTANG JANIN MAMA HAMIL & KEHAMILAN GAYA HIDUP MASA HAMIL KELAHIRAN NORMAL SESAR PASCA PERSALINAN LI'L ANGELS BABY NEW BORN MENYUSUI Q & A BABY BEAUTY & STYLE MAMA CANTIK FOOD ISMTREND MAMA'S TIME TRAVEL KIDDIES BATITA BALITA KESEHATAN TUMBUH KEMBANG SUPER & SMART KIDSKIDS VIDEOSN-TERTAINMENT LOKALASIA + DUNIA MOM VERSATION GLORY STORY DUNIA MAMA BUAT PAPA JUGA HOME SWEET HOME NEWS SHOP AHOLIC PRODUK MAMA PRODUK BAYI & ANAK

Bercak Putih di Pipi Bayi Benarkah Sisa ASI? Ternyata Ini Faktanya!

Fadhila AfifahMinggu, 7 Januari 2018 | 14:51 WIB

Bercak putih seperti panu yang dikira tumpahan susu ini dinamakan pitiriasis alba dan termasuk dalam jenis alergi demartitis atopik.

Nakita.id - Moms, mungkin pernah atau sering melihat ada bercak putih atau kemerahan di pipi bayi sehabis Si Kecil minum ASI?

Melihat keadaan ini, mungkin Moms khawatir dan bertanya-tanya apakah hal ini membahayakan atau tidak.

Banyak yang mengatakan hal ini disebabkan oleh ASI yang terkena pipi Si Kecil. Sampai ada pula Moms yang mengira ini panu dan segera memberikan obat panu pada Si Kecil.

Moms, tahan dulu, jangan langsung memberi obat panu sebab hal ini akan membuat masalah baru bagi Si Kecil.

Lantas benarkah hal ini disebabkan oleh sisa ASI atau panu? Moms, ternyata bercak putih seperti jamur atau kemerahan berbintil ini bukan disebabkan oleh sisa ASI yang menempel dikulit bayi.

Bercak tersebut lebih karena gejala alergiyang dialami Si Kecil.

Jika Si Kecil mengalami bercak putih seperti panu, kondisi ini dinamakan pitiriasis alba. Termasuk ke dalam jenis alergi namun lebih sering dikenal dengan dermatitis atopik.

Dikutip dari IDAI eksim susu atau dermatitis atopik adalah radang kulit berulang yang disertai gatal pada bayi dan dan anak

0⃣9⃣ Jannah
Bubid, saat melakukan pekerjaan rumah, ibu hamil kesetrum itu berbahayakah bagi janin?

💊 Jawab:
Baiknya periksa ya Bunda...

🌴Pengaruh ke janin apa ya bubid? Kesetrum cuma efek kaget, tidak mengalami luka atau lecet.
Saya baru kontrol ke dokter spog dan usg 3 hari lalu.

💊Kalau kejanin tidak banyak pengaruh Bun. Selagi Ibunya tidak kenapa-kenapa bunda. Tidak pingsan kan? Atau ada luka bakar?

Tetapi kadang dari kita yang kaget dan lain-lain. Ada beberapa yang buat debay Stres. Makanya saya menyarankan Bunda periksa agar bunda lebih yakin dengan kondisi bunda dan debaynya.
Tapi jika bunda merasa tidak kenapa-kenapa cukup atur napas dan istrirahat.

1⃣0⃣ Arni
Assalamu'alaikum,

Semenjak hamil kedua ini saya lebih sering terkejut atau kagetan. Kalau sudah terkejut kan jantung debar-debar kencang begitu dan perut jadi agak nyeri. Apa ini berpengaruh buat janin tidak ya?

Terima kasih

💊 Jawab:
Wa'alaikumsalam wr.wb.

Bunda perbanyak mengatur Hati, diri, kurangi rasa cemas berlebihan. Dengan tidak bermudorot. Dengan kita menghipnotis diri sendiri untuk lebih tenang.

Pengaruh atau tidaknya pasti berpengaruh nantinya. Kerasa cemas atau lebih mudah menangis. Kalau untuk kesehatan semoga tidak.

^^^_^^^

Mari kita tutup dengan beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...

Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...

Dan Do'a Khafaratul Majelis...

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum wr.wb.

➖➖➖
🌷bkc🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar