Kamis, 18 April 2019

SIFAT TEMAN YANG BAIK



OLeH: Bunda Tiwi

         💘M a T e R i💘

🌷Sifat Teman Yang Baik
Ibnu Qudamah Al Maqdisi rahimahullah berkata:

وفى جملة، فينبغى أن يكون فيمن تؤثر صحبته خمس خصال : أن يكون عاقلاً حسن الخلق غير فاسق ولا مبتدع ولا حريص على الدنيا

“Secara umum, hendaknya orang yang engkau pilih menjadi sahabat memiliki lima sifat berikut : orang yang berakal, memiliki akhlak yang baik, bukan orang fasik, bukan ahli bid’ah, dan bukan orang yang rakus dengan dunia.” (Mukhtasar Minhajul Qashidin 2/36).

Kemudian beliau menjelaskan : “Akal merupakan modal utama. Tidak ada kebaikan berteman dengan orang yang bodoh. Karena orang yang bodoh, dia ingin menolongmu tapi justru dia malah mencelakakanmu. Yang dimaksud dengan orang yang berakal adalah orang yang memahami segala sesuatu sesuai dengan hakekatnya, baik dirinya sendiri atau tatkala dia menjelaskan kepada orang ain. Teman yang baik juga harus memiliki akhlak yang mulia. Karena betapa banyak orang yang berakal dikuasai oleh rasa marah dan tunduk pada hawa nafsunya, sehingga tidak ada kebaikan berteman dengannya. Sedangkan orang yang fasik, dia tidak memiliki rasa takut kepada Allah. Orang yang tidak mempunyai rasa takut kepada Allah, tidak dapat dipercaya dan engkau tidak aman dari tipu dayanya. Sedangkan berteman denagn ahli bid’ah, dikhawatirkan dia akan mempengaruhimu dengan kejelekan bid’ahnya." (Mukhtashor Minhajul Qashidin, 2/ 36-37)

Wallahu a'lam


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
            💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Setya ~ Karanganyar
Apakah alasannya orang yang tidak takut kepada Alloh tidak boleh dipercaya? 
Syukron.

🔷 Jawab:
Mba setya yang baik...
Tentu saja tidak bisa dipercaya. Sama Allah saja yang Maha Segala-galanya tidak ada takutnya apalagi terhadap sesama manusia yang sudah pasti dia pun memandangnya tidak bernilai apa-apa.

0⃣2⃣ Kiki ~ Tanjungpinang
Apakah kita bisa menilai seseorang itu baik atau tidaknya dari melihat siapa teman-teman dekatnya ya dzah?

🔷 Jawab:
Mba kiki sholehah...
Bisa jadi seperti itu karena siapa kita bisa dilihat dari teman-temannya.

🌸Dzah,  mkalau begitu,  bagaimana jika dari teman-teman kita ada yang tidak memiliki dari ke 5 sifat teman yang baik diatas ya dzah?

🔷Manusia tidak ada yang suci,  tetapi Allah menghargai orang-orang yang mau mensucikan diri untuk menjadi lebih baik dalam kepribadian maupun akhlaknya. Kalau bisa kita ajak mengaji, rangkul dia jangan malah dijauhi.

0⃣3⃣ Fitri ~ Gresik
Bagaimana menghadapi seorang teman yang dulu pernah dekat (sahabat), karena suatu hal sekarang menjauh dan malah lebih sering membully, menceritakan kisah masa lalu sahabatnya ke orang-orang. Penjelasan, klarifikasi 4 mata sudah dilakukan namun tidak berpengaruh.

Terimakasih

🔷Jawab:
Mba fitri cantik, berarti dia bukan sahabat yang baik, kalau perbuatannya seperti itu. Bersyukur Allah menunjukkan siapa sebenarnya dia, kalau sudah segalanya dilakukan untuk memperbaiki tapi tidak berhasil yaa sudah lupakan saja dan carilah sahabat yang lebih baik lagi.

🌸Enggeh ustadzah, berarti kita diam saja atas pembullyan dia.

🔷Kita tidak bisa mengendalikan setiap orang untuk sesuai dengan apa yang kita mau mba. Kalau usaha kita sudah maksimal tapi masih seperti itu yaa serahkan saja kembali kepada Allah.

Dan ingat orang-orang yang membully kalau memang tidak benar, jangan kita bereaksi secara berlebihan, jangan ditanggapi, toh nanti dia capek sendiri.

0⃣4⃣ Lisa ~ Malang

Bunda, ponakan saya pulang kuliah di Jakarta mengalami depresi berat, kebetulan orang tuanya sibuk dunia nyata, kurang memperhatikan kebutuhan batin anak, namun selalu memenuhi kebutuhan lahir saja. Apakah jaman sekarang seperti itu?

Banyaknya aliran-aliran diluaran sana yang bisa mempengaruhi anak? Padahal ponakan sebelum kuliah, dibekali pengetahuan agama.

Jazakillahu khyairan sebelumnya atas penjelasannya bunda.

🔷Jawab:
Mba lisa tante yang baik. Inilah akhir zaman dimana situasinya seperti itu. Pertebal keimanan, jaga selalu keluarga kita, bentengi dengan ilmu agama dan komunikasi yang paling penting diterapkan agar anak-anak kita percaya terhadap orang tua dibanding orang lain.


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Kita hidup didunia ini untuk mengumpulkan bekalan menuju akhirat, maka kumpulkan sebanyak-banyaknya dengan selalu belajar agar kita dan keluarga serta saudara-saudara seiman kita dapat selamat dunia dan akhirat.

Banyaklah bersyukur karena itulah kunci bahagia

Ituh...

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar