Kamis, 18 April 2019

CTS (Carpal Tunnel Syndrome)



OLeH: dr. Fendi F.G.,Sp.BS

           💎M a T e R i💎

🌸Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan atau lorong karpal) adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk. Gejala yang muncul biasanya berkembang secara perlahan dan akan bertambah parah pada malam hari.

Carpal tunnel atau lorong lorong sempit pada pergelangan tangan dengan ujung terbuka di telapak tangan. Lorong ini dikelilingi oleh tulang-tulang pergelangan tangan di bagian bawah dan jaringan ikat (ligamen) yang melintang di atasnya. Saraf median berjalan melalui lorong ini untuk memberikan sensasi perasa atau sentuhan pada telapak ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah dari jari manis. Selain itu, saraf median juga memberikan tenaga pada otot tangan untuk menjepit atau mencubit benda oleh ibu jari dan ujung jari-jari yang lain.

◼Carpal Tunnel Syndrome

Ketika terjadi pembengkakan pada bagian saraf, tendon, atau bahkan keduanya, saraf median akan tertekan dan mengakibatkan kondisi carpal tunnel syndrome. Selain itu, beberapa kondisi seperti kehamilan, radang sendi, dan gerakan berulang juga dapat memicu terjadinya penekanan saraf median. Saat saraf median ini  terhimpit atau terjepit, maka akan menimbulkan mati rasa, sensasi kesemutan, dan terkadang muncul rasa sakit pada bagian-bagian yang terpengaruh oleh saraf ini.

◼Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Selain sensasi rasa kesemutan, mati rasa atau kebas, dan rasa sakit  pada tiga jari tangan (ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah), berikut ini adalah beberapa gejala lain yang mungkin terjadi.

~ Ibu jari melemah.
~ Muncul rasa seperti tertusuk pada jari tangan.
~ Muncul rasa sakit yang menjalar ke tangan atau lengan.

Gejala yang muncul bisa terjadi pada salah satu atau kedua tangan sekaligus, tapi pada kebanyakan kasus, CTS akhirnya memengaruhi kedua tangan.

◼Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel syndrome terjadi karena saraf median tertekan atau terhimpit. Pada kebanyakan kasus CTS, penyebab tertekannya saraf median ini masih belum diketahui. Tapi ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang menderita CTS. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena carpal tunnel syndrome.

◼Faktor keturunan keluarga yang menderita CTS

~ Cedera pada pergelangan tangan.

~ Kehamilan. Hampir setengah dari wanita hamil mengalami CTS. Namun, gejala ini biasanya menghilang sesaat setelah bayi lahir.

~ Pekerjaan berat dan berulang-ulang dengan memakai tangan, seperti mengetik, menulis, atau menjahit.

~ Kondisi medis lain, misalnya rheumatoid arthritis dan diabetes.

◼Diagnosis Carpal Tunnel Syndrome

Diagnosis terhadap CTS bisa dilakukan oleh dokter secara langsung dengan pemeriksaan fisik pada tangan dan pergelangan, serta mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gejala yang Anda alami.

Dokter  biasanya akan melakukan penekanan lembut pada daerah saraf medianus di pergelangan tangan. Selain itu, dokter mungkin akan meminta anda untuk mengangkat pergelangan tangan sampai di atas kepala, dengan posisi pergelangan tangan tertekuk ke dalam (fleksi).  Penderita CTS biasanya akan merasa mati rasa, kesemutan, atau nyeri pada saat dokter melakukan pemeriksaan ini. Namun untuk memastikan diagnosa CTS, dokter mungkin menyarankan Anda untuk melakukan beberapa pemeriksaan tambahan di bawah ini:

~ Tes darah.
~ Elektromiografi atau studi konduksi saraf.
~ Pencitraan dengan ultrasonografi.
~ Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome

Terkadang, carpal tunnel syndrome tidak membutuhkan pengobatan khusus dan akan pulih dengan sendirinya. Khususnya pada wanita hamil, CTS akan membaik dalam waktu tiga bulan pasca melahirkan.

Gejala CTS yang ringan dan sedang bisa ditangani dengan cara membalut pergelangan dengan papan kecil. Pembalutan tangan ini bertujuan untuk meminimalisir gerakan yang dapat memicu penekanan saraf medianus, terutama gerakan menekuk pergelangan tangan ke arah dalam.

Apabila metode pembalutan tangan ini kurang efektif, dokter mungkin akan memberikan suntikan kortikosteroid langsung pada daerah yang sakit. Suntikan ini bertujuan untuk mengurangi reaksi peradangan pada saraf medianus.

Jika kedua hal ini tidak berhasil, prosedur operasi mungkin akan dilakukan. Operasi mungkin menjadi pilihan pertama apabila dokter mencurigai adanya tanda-tanda kerusakan saraf permanen.

Pemulihan pasca operasi akibat CTS mungkin butuh waktu lama jika kasus CTS yang terjadi sudah cukup parah. Bahkan, ada kemungkinan tidak ada perkembangan dari penanganan yang sudah dilakukan.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Kiki ~ Tanjungpinang
Apakah ada batasan usia yang bisa mengalami CTS ini,
Dan apakah ada upaya-upaya pencegahan agar tidak mengalaminya ya dok?

🍓Jawab:
Biasanya usia dewasa muda, terutama pada pekerjaan yang sering menggunakan aktifitas tangan
Kurangi aktifitas yang berlebihan pada tangan.

💎Apakah ada pengaruhnya dari makanan ya dok?

🍓Makanan bukan penyebab langsung tapi bisa sebagai faktor resiko rematoid yang bisa menyebabkan CTS.

0⃣2⃣ Erika ~ Bogor
Perbedaan CTS dgn trigger fingers apa ya, Dok?
Terima kasih.

🍓Jawab:
Kalau CTS pada ligamen transervum pada pergelangan tangan, sedangankan trigger pada tendon jari-jari tertentu.

0⃣3⃣ Neng Ella ~ Plered
Bagaimana caranya mengobati tangan yang bekas kecelakaan. Sepertinya tangan sekarang sering sakit pegal-pegal begitu. Apakah itu pengaruh dari saraf-saraf yang tidak normal?

🍓Jawab:
Selama fungsi gerak dan saraf tidak bermaslah tidak apa-apa, bisa minum vitamin atau olahraga ringan.

💎Vitaminnya sejenis apa ya dok?

🍓Bisa neurobion dan lain-lain.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Gajala CTS biasanya dianggap sepele.
Terutama bagi ibu-ibu yang sering menggunakan tangan sebagai aktifitas pekerjaan yang sering, seperti naik motor, menjahit, mengetik, lebih memerhatikan keluhan-keluhan pada tangan.

Mudah-mudhan semuanya sehat-sehat semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar