Sabtu, 30 Maret 2019

SEBUTAN ALLOH TENTANG ANGKA 1-10 DALAM AL QUR'AN



OLeH: Ustadz Syahrawi Munthe

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
           ๐Ÿ’ŽM a T e R i๐Ÿ’Ž

Assalamu'alaykum warohmatullahi  wabarokatuh

Segala puji bagi Allah atas karunia-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah atas Rasulullah Saw. 

Insya Allah tema materi kajian kita sore ini adalah
"Sebutan Allah tentang Angka 1 sampai 10 dalam Al Qur'an"

Banyak hal menarik sekaligus menjadi bahan tadabbur dalam Al Qur'an. Salah satunya terkait dengan sebutan angka dalam beberapa peristiwa di dalamnya, yaitu angka 1 sampai dengan 10. Angka ini ada yang disebut  berulang di beberapa ayat.

Para mufassir mengatakan sebutan angka-angka dalam Al Qur'an adalah simbolisasi dari ukuran-ukuran, karena memang Al Qur'an mengajarkan kita untuk selalu belajar dan berkembang.  Sebut saja misalnya tentang keberadaan ashabul kahfi dalam gua. Firman Allah :

ูˆَู„َุจِุซُูˆุง ูِูŠ ูƒَู‡ْูِู‡ِู…ْ ุซَู„َุงุซَ ู…ِุงุฆَุฉٍ ุณِู†ِูŠู†َ ูˆَุงุฒْุฏَุงุฏُูˆุง ุชِุณْุนًุง

"Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi)." (QS. 18 : 25)

Seolah Allah ingin mengajarkan agar manusia berhitung, makanya tidak langsung disebut 309 tahun. Dan masih banyak lagi di ayat lainnya misteri angka-angka yang digunakan dalam Al Qur'an. Berikut penyebutan angka numerik yang Allah gunakan di beberapa ayat untuk angka 1 sampai 10.

◼Allah sebutkan angka 1 untuk menyebutkan banyak hal, diantaranya bahwa manusia adalah umat yang satu.

  ูƒَุงู†َ ุงู„ู†َّุงุณُ ุฃُู…َّุฉً ูˆَุงุญِุฏَุฉً

(QS. 2 : 213)

Di ayat lainnya, terkait dengan perkembangbiakan  manusia, yang asalnya dari diri  yang satu.

ู‡ُูˆَ ุงู„َّุฐِูŠ ุฎَู„َู‚َูƒُู…ْ ู…ِู†ْ ู†َูْุณٍ ูˆَุงุญِุฏَุฉٍ..

"Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu..."
(QS. 7 : 189)

Disisi lain, Allah menggunakan kata satu untuk menjelaskan peristiwa kiamat, saat nanti malaikat Israfil meniup sangkakala.

ูَุฅِู†َّู…َุง ู‡ِูŠَ ุฒَุฌْุฑَุฉٌ ูˆَุงุญِุฏَุฉٌ

"Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah satu kali tiupan saja" (QS. 79 : 13)

◼Selanjutnya angka 2, Allah sebutkan untuk menjelaskan antara lain; tentang perempuan yang dapat dinikahi ( QS. 4 :3),  jumlah sayap malaikat (QS. 35 :1),  dan banyak lagi yang bentuknya kata benda yang jumlahnya dua.

◼Angka 3, Allah gunakan untuk menyebutkan antara lain : bahwa wanita yang ditalak harus menunggu tiga kali quru' (QS. 2 : 228),  menggambarkan ucapan orang kafir yang menyebutkan bahwa Allah adalah salah seorang dari tiga (QS. 5 : 73),  penciptaan manusia yang berada dalam tiga kegelapan (QS 39 : 6) dan tiga golongan manusia di akhirat nanti (QS. 56 :7)

◼Sedangkan untuk angka 4, ayat-ayat Al Qur'an digunakan untuk menjelaskan antara lain terkait dengan kisah empat ekor burung yang hidup kembali setelah dicincang dan ditaruh di bukit (QS. 2 : 260), perlunya empat orang saksi atas tuduhan pada wanita yang berbuat keji (QS. 4 :15)

◼Angka 5 digunakan untuk menyebutkan beberapa perbedaan pendapat orang-orang tentang jumlah pemuda ashabul kahfi (QS. 18 : 22).  Di ayat lainnya menjelaskan bahwa tidak ada pembicaraan rahasia kecuali Allah jadi tambahannya, yaitu tidak ada pembicaraan rahasia dua orang kecuali Allah lah yang ketiganya, dan seterusnya.

◼Angka 6, Allah gunakan untuk menjelaskan antara lain tentang penciptaan langit dan bumi dalam enam masa.

ูˆَู„َู‚َุฏْ ุฎَู„َู‚ْู†َุง ุงู„ุณَّู…َุงูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ْุฃَุฑْุถَ ูˆَู…َุง ุจَูŠْู†َู‡ُู…َุง ูِูŠ ุณِุชَّุฉِ ุฃَูŠَّุงู…ٍ ูˆَู…َุง ู…َุณَّู†َุง ู…ِู†ْ ู„ُุบُูˆุจٍ

"Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan." (QS. 50 : 38)

◼Angka 7,  digunakan untuk menyebutkan antara lain langit yang tujuh (QS. 2 : 29),  pahala yang berlipat atas orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (QS. 2 : 261),  dan jumlah pintu neraka Jahannam (QS. 15 : 44)

◼Angka 8,  untuk menyebutkan azab Allah yang diturunkan kepada kaum 'Aad selama delapan hari secara terus-menerus (QS 69: 7) dan jumlah malaikat yang menjunjung 'Arsy pada hari kiamat (QS. 69 : 17)

◼Kemudian angka 9, Allah gunakan untuk menyebutkan jumlah mukjizat yang diterima Nabi Musa ( QS. 17 : 101) dan jumlah orang yang berbuat kerusakan di zaman Nabi Salah. (QS. 27: 48)

◼Dan terakhir angka 10, Allah gunakan dalam Al Qur'an tentang hukum kaffarat sumpah yaitu memberi makan sepuluh orang miskin
(QS. 5 : 89), jumlah kelipatan pahala atas kebaikan, yaitu sepuluh kali (QS. 6 :160) dan tantangan Allah kepada orang-orang kafir agar membuat sepuluh surah saja seperti Al Qur'an yang dibawa Nabi Muhammad.  (QS. 11 : 13)

Sebutan angka-angka dalam Al Qur'an masih banyak lagi, tidak hanya angka 1 sampai 10. Tentunya tidak tanpa makna Allah sebutkan angka-angka tersebut. Tinggal kita hambaNya bagaimana bisa mentadabburinya.

Wallahu'alam


๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
        ๐Ÿ’ŽTaNYa JaWaB๐Ÿ’Ž

0⃣1⃣ Atin ~ pekalongan
Maaf jika gagal paham. Bukankah itu sekedar angka untuk memaknai isi al Qur'an? Seperti lambang bilangan biasa?

๐ŸŒทJawab:
Iya betul sekali, tetapi sebenarnya ada makna tersirat di dalamnya kenapa Allah menggunakan angka-angka itu.

Seperti contoh pada awal materi di atas, Allah tidak langsung menyebutkan 309 tahun lama waktu ashabul kahfi di gua. Tetapi sebutkan 300 tahun ditambah 9 tahun. 

Atau mengapa Allah menyebutkan bahwa awalnya manusia dari umat yang satu. Yang menyiratkan bahwa harusnya manusia itu harusnya bersatu, tidak berpecah belah, apalagi saling membunuh.

Wallahu'alam

0⃣2⃣ Ren ~ Irak
Ustadz apa hikmah di balik masing-masing angka tersebut?

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan jazakallahu khair ustadz.

๐ŸŒธ Jawab :
Salah satu hikmahnya sudah disebutkan di awal materi
Sebenarnya ada makna tersirat di dalamnya kenapa Allah menggunakan angka-angka itu. Seperti contoh pada awal materi di atas, Allah tidak langsung menyebutkan 309 tahun lama waktu ashabul kahfi di gua. Tetapi sebutkan 300 tahun ditambah 9 tahun. 

Atau mengapa Allah menyebutkan bahwa awalnya manusia dari umat yang satu. Yang menyiratkan bahwa harusnya manusia itu harusnya bersatu, tidak berpecah belah, apalagi saling membunuh.

Wallahu'alam

0⃣3⃣ Fari ~ Jakarta
Assalaamualaikum Ustadz,

Mohon bimbingannya.. Terkadang kita pernah menemui suatu hal besar kemudian dikait-kaitkan dengan QS. berapa, ayat berapa, bahkan hingga kalimat ke berapa.

Misalnya: Kejadian 11 september dikaitkan dengan QS. dan ayat tertentu.
Kemudian pemilihan tanggal 212 yang dianggap kultus bagi beberapa orang.

Atau nama seseorang bila diutak atik sedemikian rupa akan mengahasilkan suatu angka kemudian dikaitkan dengan QS. dan ayat tertentu.

Nah, apakah itu diperbolehkan dan dibenarkan dalam Islam? Dan apabila makna yang terkandung di QS. atau ayat tertentu tersebut "mengena" dengan suatu kejadian, apakah memang tafsirnya bisa dipercaya atau hanya kebetulan?

Mohon maaf dan terima kasih sebelumnya Ustadz.

๐ŸŒทJawab :
Wa'alaykumussalam warohmatullahi wabarokatuh.

Kisah-kisah dalam Al Qur'an mungkin saja akan berulang,  peristiwanya hampir sama. Tetapi nuansa, orang atau pelaku, serta waktunya yang berbeda. Sebagai misal, kisah kaum sodom di era Nabi Luth, yang dihancurkan oleh Allah. Jika nantinya LGBT merebak, bisa saja Allah akan menghancurkannya juga seperti halnya kaum sodom. 

Namun untuk peristiwa-peristiwa yang dikaitkan dengan ayat-ayat tertentu, memang kurang ahsan walaupun kalau dikaitkan-kaitkan kok rasanya pas. Tetapi sebaiknya mendasarkan al qur'an itu sebagai dalil sesuai dengan asbabun nuzul nya. Jadi bukan tafsir yang dibuat-buat untuk mencocok-cocokkan keadaan.

Wallahu'alam

0⃣4⃣ Puri ~ Madiun
Assalammualaikum ustadz,

Apa hukumnya mencari makna tanggal lahir dan dicocokkan dengan surat dan ayat al Qur'an untuk mengetahui jalan kehidupan atau takdir atau nasib yang akan dilalui?

Jazakallah khoir

๐ŸŒทJawab :
Wa'alaykumussalam,

Dalam Islam semua tanggal, hari insya Allah semua baik. Sedang jalan kehidupan, akan ditempuh dengan pilihan-pilihan, dan takdirpun sudah ditetapkan sejak di alam rahim. Jadi jalani saja hidup ini dengan optimis, bekerja keras mencari rizki, dan selalu taat ibadah. InsyaAllah kehidupannya akan baik.

Wallahu'alam

๐Ÿ”ทJadi, tidak boleh ya ustadz menggunakan alquran sebagai semacam 'primbon' untuk menerka-nerka takdir.

๐ŸŒทiya tidak boleh.

0⃣5⃣ Lisa ~ Malang
Bagaimana dengan istiqoroh Al Qur'an? Ada sebagian orang yang melakukannya dengan cara membuka Al Qur'an secara acak untuk mendapat petunjuk.
Astaghfirullahaladzim

๐ŸŒทJawab :
Masya Allah.
Semua isi Al Qur'an adalah petunjuk. Tidak boleh beriman pada sebagian ayat lalu ingkar pada ayat yang lain. Tidak boleh menjadikan al Qur'an jadi alat permainan.

Al Qur'an adalah petunjuk bagi kita, beriman kepadanya, membacanya, mentadabburinya dan melaksanakan isinya agar selamat di dunia dan akhirat


๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
๐Ÿ’ŽCLoSSiNG STaTeMeNT๐Ÿ’Ž

Semoga kita semua jadi pecinta Qur'an. Sering membacanya. Dan selangkah lebih maju, mentadabburinya dan insya Allah melaksanakan isinya. Mudah-mudahan kelak Al Qur'an memberika syafa'at buat kita semua.
Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar